Di larang klik kanan

Senin, 18 April 2011

Panduan -> Harvestmoon: Save The Homeland


Harvest Moon : Save The Homeland telah memiliki grafik 3 dimensi yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya, sudah dapat dipastikan telah banyak mengalami banyak perubahan. Efek kameranya telah disempurnakan sehingga kita dapat mengontrol gerakan karakter dengan menggunakan tombol analog. Game ini juga memanfaatkan teknik ''Cel-Shading" yaitu sebuah teknik yang biasa digunakan dalam game bergaya kartun.

____________PERUBAHAN____________
Banyak perubahan yang terjadi pada Harvest Moon : Save The Homeland, data-data berikut ini akan menjelaskan perbedaan game ini dengan versi sebelumnya, Cekeedoot :
  • Diawal permaianan kita tidak akan memiliki seekor anjing, bila ingin memilikinya kita harus menangkapnya terlebih dahulu.
  • tidak menggunakan peralatan palu (Hammer) dan Kapak (Axe).
  • kebun selalu bersih, tidak ada batang kayu dan batu.
  • banyak rumput yang tumbuh dikebun untuk dijadikan makanan ternak.
  • semua benih dapat tumbuh pada setiap musim.
  • tidak ada kotak penyimpanan untuk menjual  hasil panen, jadi kita harus menjualnya sendiri ke tempat-tempat yang telah ditentukan (toko-toko, supermarket atau tempat lainnya).
  • tidak ada tempat pemandian air panas untuk beristirahat.
  • tidak ada bel untuk mengumpulkan sapi, kita harus mendorongnya keluar masuk kandang, atau menggunakan seekor anjing untuk menggiringnya ke kandang.
  • tidak ada PERNIKAHAN, jadi tidak perlu bersusah payah untuk memikat seorang gadis, cukup bersahabat saja dengan semua orang.
  • tidak ada Klinik, bila jatuh sakit kita harus berbaring seharian di rumah.
  • ada tiga tipe cuaca : Sunny (Cerah) kemungkinan hujan 0%; Gloomy (mendung) kemungkinan hujan 50%; dan Rainy (Hujan) kemungkinan hujan 100%
  • Ransel dapat memuat item lebih banyak.
  • tidak ada walikota dan festival-festival khusus.
  • waktu berjalan lebih cepat, tetapi waktu akan tidak akan berjalan ketika berada di dalam ruangan.
  • ada 9 akhir cerita yang harus kita selesai minimal 1 per tahunnya (9 ending).
 ____________CERITA AWAL____________
Suatu hari Jack mendapat sepucuk surat dari ayahnya. Dalam suratnya sang ayah mengingatkan kembali masalah tanah perkebunan milik almarhum kakeknya. Ia juga mengatakan bahwa para Developer akan membangun sebuah taman hiburan disana, pelaksanaannya akan dimulai tahun depan. Jack diperintahkan ayahnya untuk mempertahankan tanah perkebunanan itu. Selain itu Jack harus menyampaikan beberapa pesan ayahnya untuk penduduk desa, jadi Jack harus bercakap-cakap dengan mereka.

Movie berawal dari Jack yang tengah bergegas menuju kesebuah rumah. Tampaklah Jack tengah berdiri disamping sebuah pohon besar. Kini Jack tengah berada di depan sebuah dataran yang cukup luas, terlihat sebuah rumah yang berada tidak jauh darinya. Tak lama kemudian keluarlah seorang pria setengah baya dari rumah tersebut. Jack melambaikan tangan lalu menghampirinya, kemudian bercakap-cakap di halaman rumah. Setelah Jack berlari melalui jalan tanah disamping bukit menuju ke perkebunan peninggalan kakeknya.

Setelah berada disana, Jack berdiri sejenak sambil mempertikan keadaan di sekelilingnya. Tampak dihadapannya sebuah kebun yang dikelilingi pagar dan dipenuhi rumput hijau. Di sampingnya ada ada beberapa bangunan kayu yang sepertinya sudah tidak terawat lagi. Jack kemudian berkeliling untuk mengamati tempat tersebut satu persatu. Sepertinya ia lebih tertarik pada sebiah rumah kecil yang berada di dekat pinttu masuk perkebuanan tersebut, setelahg mengamati dari luar, ia memutuskan untuk memasukinya.

Persis seperti dugaaannya, rumah tersebut telah lama tidak terurus, semua tampak berdebu dan lembab. Banyak hal yang harus dipelajarinya di tempat ini. Jack menemukan peta di dalam salah satu laci lemari tua disana, dan Jack pun terus mengamati tempat tersebut yang seuatu saat akan ia tinggali.

Saat Jack berada di luar ia melihat beberapa peri harvest yang berada di depan halamannya, para peri harvest pun merasa kebinggungan karena Jack dapat melihat mereka, akhirnya mereka kembali menghampirinya dan tidak merasa takut terhadapa Jack. Ketiganya memperkenalkan diri, ternyata mereka adalah Harvest Spirites (Peri-peri harvest), kemudian mereka bercakap-cakap dan menjelaskan masalah ini terhadap Jack. mereka tidak mau tempat ini hilang, jadi  mereka meminta Jack untuk menghentikan pembangunan taman hiburan tersebut dan bersedia menyelamatkan tempat itu. Selanjutnya muncul sebuah pertanyaan yang harus dijawab Jack.

Pertanyaan dari Harvest Spirites
*Accept the Request ?
Apakah kita mau menerima permintaan mereka ?
- Yes
-No

Jika kita menjawab "Yes", maka permainan akan dilanjutkan. Tetapi sebaliknya jika anda menjawab "No" maka Harvest Spirites akan mengulangi pertanyaan itu beberapa kali, jika jawabannya tetap saja "No" maka permaianan tidak akan dilanjutkan dan tampilan kembali ke awal menu. Setelah Jack menerima permintaan mereka dan bersedia membantunya, mereka pun terkesan dan kagum terhadap sikap Jack tersebut.



Tidak lama kemudian munculah Harvest Goddess (Dewi Harvest), ia menyapa Jack lalu memperkenalkan dirinya. Harvest Goddess tinggal di Harvest Goddess Lake. Ia memberikan beberapa pertanyaan kepada kita yaitu memberi nama sesuai selera kita masing-masing seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Selanjutnya kita harus menjawab tiga pertanyaan lain sebagai berikut :

Dalam Bahasa Inggris
Dalam Bahasa Indonesia
* A puppy has been abandoned in the rain. What would you do?
-take him Home
-ignore

* Some One has trown trash on the ground. What would you do?
-pick up
-ignore


* You’ve found someone else’s money on the ground. What  would would you do?
-turn it in
-take it home

*Seekor anak anjing kehujanan. Apa yang akan kamu lakukan?
-bawa ke rumah
-biarkan

*Seseorang membuang sampah sembarang. Apa yang akan kamu lakukan?
-memungutnya
-biarkan

*Kamu menemukan uang di jalanan. Apa yang akan kamu lakukan?
-mengembalikannya
-bawa pulang

Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut maka Harvest Goddess akan menilai semua jawabannya. Jawaban yang dipilih akan berhubungan langsung dengan sifat Jack sebagai karakter utama. jika memilih semua jawaban pertama maka akan mempermudah kita dalam bersahabat dengan semua karakter di permaianan ini, dan sebalinya jika kita memilih semua jawaban kedua maka kita akan mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan semua penduduk di desa.

 ____________PETA____________



1) Clove's Villa dan Hutan Praria
Clove's Villa adalah tempat tinggal Dia bersama Gina dan Martha neneknya. Disini juga terdapat tempat rahasia yang menuju hutan Praria

2) Perkebunan Brownie
Tempat ini adalah tempat tinggal Bob dan adik laki-lakinya bernama Tim, serta seluruh daerah ini dari perumahan, perkebunan serta toko yang berada di tempat ini merupakan tempat perkebunan Brownie milik Bob.

3) Flower Shop dan Tool Shop
Di lokasi ini terdapat toko bunga milik Lyla (anda dapat membeli bibit disini) dan toko peralatan milik Louis yaitu tempat menjual beberapa peralatan yang dapat dipakai di perkebunanmu.

4) Ronald's Supermarket
Tempat ini terdapat supermarket milik Ronald di bagian kiri layar sebelah anda, di sebelah terdapat perkebunan sayur miliknya dan di ujung bagian kanan tempat ini terdapat peternakan ayam miliknya Ronald juga.

5) Perkebunan Jack (anda)
Lokasi ini adalah tempat tinggal mu dan serta seisi peternakannya, di lokasi ini terdapat berbagai macam bangunan seperti rumah ayam, sapi dan kuda, tempat air, dan masih banyak lagi.

6) Harvest Goddes Lake
Danau tempat Dewi Harvest berada, dan disini juga terkadang terlihat beberapa peri-peri Harvest yang sedang asyik bermain ditempat ini.

7) Carpenter
Lokasi ini terdapat rumah tukang kayu Woody serta di sampingnya terdapat rumah tempat tinggal Joe dan adiknya Kurt.

8) Cafe dan Bar
Di lokasi ini terdapat Sunny Garden Bar dan Cafe milik Wallace, dan cucu perempuannya tinggal yaitu Katie. Disini juga saat kita dapat menemukan Danau Maple Lake, saat pertama kali memasuki daerah ini.

 ____________TV CHANNEL____________
Ada 3 saluran televisi yang dapat digunakan, lihat bahasan tombol kontrol mengenai televisi untuk memilih salurannya. Berikut ini penjelasan saluran TV yang ada.



1. Saluran : Ramalan Cuaca
Saluran ini menyajikan ramalan cuaca untuk hari esok. Ramalan Persentase kemungkinan datangnya hujan. ketepatan dari Ramalan cuaca tersebut berhubnungan dengan kalender yang dipakai. Kadang pula ada saatnya ramalan itu tidak benar sama sekali, tetapi hal ini sangat jarang sekali terjadi. Mungkin karena ramalan cuaca mengatakan 100% hujan, tetapi kenyatannya tidak turun hujan, biasanya hali ini karena muncul suatu even, denikian pula sebaliknya.

Persentase
Kemungkinan Hujan
Maksudnya (?)
0%
Jangan takut untuk meninggalkan hewan ternak semalaman di luar kandang karena hari esok tidak akan hujan.

20%
Kemungkinan besar hari esok akan hujan sangat tipis atau kecil.

40-50%
Jangan mengambil resiko dengan persentase seperti ini dengan meninggalkan hewan ternak di luar kandang.

65-70%
Jangan meninggalkan ternak di luar kandang karena resikonya sangat besar hari esok akan turun hujan.

80%
Persentase ini sangat tinggi, jadi masukkanlah hewan ternak ke dalam kandang. Sebab jangan mengambil resiko besar tersebut dengan meninggalkan hewan ternak di luar kandang.

100%
Hari esok pasti hujan, jangan meninggalkan hewan ternak di luar.

 
2. Saluran : Tips Petani
Saluran ini memberikan tips untuk mengurus perkebunan seperti merawat ternak, benih dan lain sebagainya. Pada tahap awal permainan, saluran ini perlu untuk diperhatikan.

3. Saluran : Horoskop
Saluran ini memberikan ramalan bintang seperti Capricorn, Scorpion, Aquarius dan sebagainya. Ramalan ini tidak di ketahui kegunaannya, kemungkinan besar hanya untuk bersenang-senang saja atau tambahan di serial ini.

 ____________KARAKTER____________
Karakter yang ditampilkan dalam Harvest Moon : Save The Homeland pada umumnya sangat menyenangkan dan bersahabat. sifat dan kebiasaan mereka berbeda-beda satu dengan yang lainnya tentunya mereka dibedakan pula usia dan profesinya.

Dalam game ini, kita diharapkan dapat berinteraksi dan berhubungan dengan mereka semua. Tujuan utamanya adalah untuk membina hubungan sosial yang baik dan lebih lanjut dapat bersahabat dengan mereka.

Respon mereka terhadap kita dapat dilihat dari percakapan yang muncul, bila respon mereka membaik maka akan terjadi pergantian percakapan sampai akhirnya muncul sebuah icon hati. Bila hubungan dengan salah seorang dari suatu kejadian. Kejadian tersebut berhuhungan dengan salah satu cara penyelesaian game ini (ada 9 ending).

Tips
Sebelum memberikan hadiah sebaiknya bercakap-cakaplah dahulu dengan mereka untuk mendapatkan respon yang baik, dua hari kemudian barulah kita memberikannya hadiah.

JACK (Karakter Utama) 
Usia*

21 tahun.
Tanggal Lahir*

1 Spring.
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Anjing, kuda, sapi dan ayam.
Tidak Menyukai*

Masakan tidak lezat (Bad Cooking.
Keterangan*

Harvest Moon : Save the Homeland memiliki karakter utama yang bernama Jack. Yang dimaksud dengan “Karakter Utama” adalah karakter yang digerakan atau dikontrol oleh kita selama memainkan game ini.

KATIE
Usia*

16 tahun.
Tanggal Lahir*

29 Fall.
Hadiah Favorit*

Full-Moon Berry
Kegemaran*

Kue, Keju, telur, VeryBerries, bunga, blueberries, memasak, makanan manis.
Tidak Menyukai*

Diperlakukan seperti anak kecil.
Keterangan*

Katie bekerja sebagai pelayan di Walace’s Teahouse milik kakeknya. Ia sangat lincah dan cekatan juga memiliki sifat yang serba ingin tahu, untuk ukuran seorang gadis tindakannya seringkali sangat berani.

Ia Seorang gadis belia yang selalu bertingkah laku seperti orang dewasa dan tidak suka diperlakukan seperti anak kecil, tetapi memang pola berfikirnya cukup baik dan sangat dewasa. Ia pun memiliki keahlian membuat kue.

LYLA
 
Usia*

22 tahun.
Tanggal Lahir*

27 Spring.
Hadiah Favorit*

Bunga Pink Cat-Mint.
Kegemaran*

Blueberri, kue keju special, full moon berri, Herbal, membaca, membuat kue.
Tidak Menyukai*

Orang Sombong.
Keterangan*

Lyla adalah pemilik toko bunga. Ia sangat menyukai bunga Pink Cat dan Blueberri. Ia adalah gadis periang yang selalu tersenyum, tetapi bukan berarti ia tidak pernah marah.

GINA
 
Usia*

17 tahun.
Tanggal Lahir*

20 Fall.
Hadiah Favorit*

Telur Emas.
Kegemaran*

Full-Moon berri, ikan, telur, bersih-bersih, mencuci, memancing, serta bunga.
Tidak Menyukai*

Musik yang berisik.
Keterangan*

Gina bekerja sebagai pelayan di sebuah Villa, tepatnya di tempat Dia. Gina merupakan cucu Martha, ia sangat rapid an memperhatikan segala hal dengan sangat cermat.

Ia terlihat sangat lambat, tapi sebenarnya gesit dalam bekerja. Ia adalah tipe gadis pemalu, sulit ditebak dan tidak mudah bersahabat dengan orang lain.

DIA
 
Usia*

17 tahun.
Tanggal Lahir*

9 Winter.
Hadiah Favorit*

Blueberri.
Kegemaran*

Selai Blueberri, Full-Moon berii, bunga, dan membaca.
Tidak Menyukai*

Petir.
Keterangan*

Dia adalah dari keluarga yang sangat terpandang, tinggal di Villa Clove. Ia Senang belajar karena ingin menjadi gadis yang baik. Meski sulit didekati, Tapi ia sangat menghormati orang yang tidak mementingkan diri sendiri.

Cita-citanya adalah ingin menjadi orang yang bebas.

GWEN
 
Usia*

18 tahun.
Tanggal Lahir*

8 Summer.
Hadiah Favorit*

Semua jenis Selai.
Kegemaran*

Cranberri, Blueberri, VeryBerri, Full-Moon Berri, buah-buahan, Susu emas.
Tidak Menyukai*

Menunggang Kuda, binatang.
Keterangan*

Cucu tukang kayu ini adalah seorang gadis yang kuat, perilakunya terlihat seperti seorang anak laki-laki. Meski terlihat sangat dingin tetapi ia penuh perhatian terhadapa orang lain. Ia tidak pernah pergi jauh dari rumahnya, kegemarannya adalah berjalan-jalan di perkebunan sambil melihat hewan-hewan kesukaannya.

Keberanian untuk mengungkapkan pikirannya mungkin kurang menyenangkan tapi hal ini yang menjadikannya istimewa.

RONALD
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

11 Spring.
Hadiah Favorit*

Telur Emas.
Kegemaran*

Kue Tart, kue.
Tidak Menyukai*

-
Keterangan*

Ronald adalah pemilik Supermarket. Ia menjual makanan manis pemulih tenaga.

Kegemarannya memelihara ayam, juga sangat suka menyanyi, menari dan bersenang-senang. Supermarketnya berada di sebelah utara perkebunan Jack.

WALLACE
 
Usia*

62 tahun.
Tanggal Lahir*

1 Summer.
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Ikan, the dan bercakap-cakap
Tidak Menyukai*

Tempat yang bising.
Keterangan*

Pemilik Café & Bar. Seperti kebanyakan Bartender, ia adalah seorang pendengar yang baik, sifatnya pendiam dan tenang.

Wallace adalah kakek dari seorang gadis yang bernama Katie.

LOIS
 
Usia*

24 tahun.
Tanggal Lahir*

2 Fall.
Hadiah Favorit*

Telur emas dan susu emas.
Kegemaran*

Herbal, Omelet, mandi matahari, penelitian dan eksperimen.
Tidak Menyukai*

Berlatih.
Keterangan*

Sepertinya prira ini sangat tampan, ia menjadi idaman para gadis. Louis ada
Lah pemilik took peralatan, sehari-hari ia berkeliling desa untuk menjual barangn bekas. Kita dapat memperoleh beberapa item penting darinya.

Ia juga seorang pencipta dan musisi, menyukai buku dan aktifitas tenang lainnya. Louis adalah seorang pendengar yang baik, pemalu dan mudah gugup, ia sering tersesat di desa sendiri.


PARSLEY
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

16 Spring.
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Herbal, teh herbal
Tidak Menyukai*

-
Keterangan*

Parsley adalah seorang petualang yang ingin mengelilingi dunia untuk mencari tanaman-tanaman yang sangat langka. Pengetahuannya mengenai dunia tanaman sangat tinggi dan menakjubkan. Ia Senang menyelidiki seluruh penjuru desa karena banyak tanaman yang beraneka ragam.

Ia sangat menyenangkan bila dapat berjalan bersamanya di dalam hutan.

BOB
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

1 Summer.
Hadiah Favorit*

Telur emas.
Kegemaran*

Makanan manis, kue tart, telur dan binatang seperti kuda
Tidak Menyukai*

-
Keterangan*

Bob adalah pemilik Brownie Farm yang terletak di  sebelah perkebunan Jack, ia juga memiliki sebuah took di perkebunannya.

Sehari-hari ia sibuk dengan semua pekerjaannya, meskipun demikian ia penuh perhatian terhadap binatang.

TIM
 
Usia*

12 tahun.
Tanggal Lahir*

12 Fall.
Hadiah Favorit*

Telur emas.
Kegemaran*

Telur, kue tart, teh, petualang, serangga.
Tidak Menyukai*

Makanan pedas.
Keterangan*

Tim adalah adik dari Bob, ia sangat menghormati kakaknya. Ia senang berkhayal bertualang mengeliling dunia untuk memburu harta karun, ia tidak pernah putus asa untuk mewujudkan impian gilanya.

MARTHA
 
Usia*

56 tahun.
Tanggal Lahir*

25 Winter.
Hadiah Favorit*

Keju Special
Kegemaran*

Semua jenis selai, telur, keju, bunga, menari, anak-anak.
Tidak Menyukai*

Katak, serangga.
Keterangan*

Martha bekerja sebagai kepala pelayan di Vila milik Dia.

Gina adalah cucu kesayangannya, ia sangat melindungi cucunya dan sedikit cemas terhadap setiap orang yang baik terhadap Gina.

WOODY
 
Usia*

60 tahun.
Tanggal Lahir*

2 Winter.
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Sayur-sayuran, Minuman.
Tidak Menyukai*

Kentang
Keterangan*

Woody adalah salah satu tetua di desa dan kakek dari Gwen. Ia adalah pemilik Carpentry Shop. Ia adalah seorang tukang kayu Veteran yang memiliki disiplin sangat tinggi sehingga kadang-kadang lupa usianya yang sudah tua.

JOE
 
Usia*

23 tahun.
Tanggal Lahir*

10 Summer.
Hadiah Favorit*

Masakan Ikan.
Kegemaran*

Ikan, memancing.
Tidak Menyukai*

Yogurt.
Keterangan*

Joe adalah seorang yang periang, sangat bersahabat, senang bersosialisasi dan sangat ramah terhadap wanita.

Ia adalah kakak dari Kurt dan ia sangat gemar memancing, ia sangat menyukai alat pancingnya pemberian kawan baiknya.

KURT
 
Usia*

21 tahun.
Tanggal Lahir*

10 Winter.
Hadiah Favorit*

Tomat.
Kegemaran*

Sayur-sayuran dan berkebun.
Tidak Menyukai*

Orang yang banyak bicara.
Keterangan*

Kurt adalah adik dari Joe, sifatnya sangat tenang, dingin dan pemilih. Ia lebih banyak bertindak daripada berbicara.

Ia sangat ahli dalam membuat kerajinan tangan dari tempatnya bekerja di toko kayu, Ia sangat suka alam dan berkebun.


HARVEST GODDESS
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

-
Hadiah Favorit*

Sayur-sayuran.
Kegemaran*

Bunga-bunga.
Tidak Menyukai*

-
Keterangan*

Seperti dalam game Harvest Moon sebelumnya, Harvest Goddess akan menolong kita dengan nasihat-nasihatnya.

Kita akan menjumpainya diawal permainan, ia memberikan harapan dan mungkin mengabulkanb keinginan kita.

Ia tinggal di di Harvest Goddess Lake’s.


NIC (HARVEST SPIRITES)
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

-
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Jamur, berdansa, dan festival.
Tidak Menyukai*

Makhluk-makhluk ganas.
Keterangan*

Nic adalah pemimpin dari para peri Harvest, tapi ia tidak terlalu otoriter.


NAK (HARVEST SPIRITES)
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

-
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Jamur, memasak.
Tidak Menyukai*

Makanan yang berbahaya.
Keterangan*

Nac adalah peri Harvest yang termuda dan sangat kekanak-kanakan, ia mengatasi masalah dengan menangis atau tertawa.


FLAK (HARVEST SPIRITES)
 
Usia*

-
Tanggal Lahir*

-
Hadiah Favorit*

-
Kegemaran*

Jamur, memasak.
Tidak Menyukai*

Makanan yang berbahaya.
Keterangan*

Nac adalah peri Harvest yang paling lamban, tapi ia memiliki lidah yang tajam dan kadang-kadang suka memotong komentar orang lain.

Hal yang paling ia sukai adalah tidur di bawah terik matahari.

 ____________PERALATAN____________
1. HOE- Cangkul
Untuk menggemburkan tanah sebelum menabur benih tanaman, satu ayunan akan mencangkul satu petak tanah. Peralatan dasar yang sudah diperoleh diawal permainan.
2. SICKLE- Sabit
Untuk memotong rumput (Makanan ternak), satu ayunan akan memotong satu petak rumput. Peralatan dasar yang sudah diperoleh diawal permainan.

3. SUPER SICKLE- Sabit Super
Untuk memotong rumput, satu ayunan akan memotong tiga petak rumput. Dapat dibeli di Louis's Tool Shop seharga 4,500G.

4. WATERING CAN- Emrat
Untuk menyiram tanaman, satu ayunan menyiram satu petak tanah atau tanaman. Peralatan dasar yang sudah diperoleh diawal permainan.


5. BRUSH- Sikat
Untuk menyikat sapi dan kuda. Dapat dibeli di Louis's Tool Shop seharga 300G.


6. MILKER- Pemerah Susu
Untuk memerah susu sapi. Dapat dibeli di Louis's Tool Shop seharga 1,800G.

____________BERCOCOK TANAM____________



Tersedia 8 kolom tanah yang dapat di garap masing-masing kolom terdiri dari 8 petak tanah. Jadi jumlah tananman yang ada di perkebunan kita maksimal 64 pohon.



Ada 4 macam tanaman sayur-sayuran yang dapat ditanam, benihnya dapat di beli di Flower's Shop milik Lyla. Benih-benih tersebut dijual dengan harga yang berbeda-beda setiap kantungnya, benih kentang adalah yang termurah dan benih sukun adalah yang termahal.

Nama
Tanaman
Harga
Benih
Waktu
Tanam
Tipe
Tanaman
Harga
Hasil Panen
Kentang
(Potato)*


20 G
6 Hari
Sekali
Panen !
60 G
Tomat
(Tomato)*

30 G
9 Hari
Dipanen
Ulang
90 G
Jagung
(Corn)*

30 G
11 Hari
Dipanen
Ulang
120 G
Sukun*
40 G
10 Hari
Dipanen
Ulang
100 G

*Catatan : Semua benih di atas dapat di tanam di setiap musimnya.

Hasil panen akan terus bertumpuk bilamana tidak dijual. Setiap hasil panen yang dikumpulkan memiliki jumlah maksimal, yaitu 99 buah. Jadi setelah mencapai jumlah 99 buah, maka jumlahnya tidak dapat bertambah lagi. Jadi sebaiknya jangan biarkan hasil panen bertumpuk terlalu banyak, jual hasil panen jika sudah berjumlah cukup banyak atau tertentu agar tidak menjadi masalah nantinya.

TEMPAT MENJUAL HASIL PANEN
KENTANG (POTATO)*
Ronald’s Supermarket
Lyla’s Flower Shop
Moon Garden Bar
Clove’s Villa

JAGUNG (CORN)*
Ronald’s Supermarket
Lyla’s Flower Shop
Moon Garden Bar
Clove’s Villa

TOMAT (TOMATO)*
Ronald’s Supermarket
Lyla’s Flower Shop
Moon Garden Bar
Clove’s Villa

SUKUN*
Ronald’s Supermarket
Clove’s Villa
Sunny Garden Café


____________HEWAN PELIHARAAN & TERNAK____________
Ada 4 jenis hewan yang dapat dipelihara, tetapi jumlahnya yang dapat kita miliki dari setiap jenis berbeda-beda. Meskipun hewan yang ada lebih sedikit tetapi tanggung jawab kita lebih besar. kita tidak boleh meninggalkan hewan peliharaan kita dan ternak diluar kandang saat hujan dan setiap hari mereka selalu diberi makan bila berada di dalam kandangnya. Bila terkena hujan atau tidak diberi makan maka sudah dapat dipastikan mereka akan sakit.

TOTAL HEWAN PELIHARAAN & TERNAK
*Anjing (Dog)_______________________

*Kuda (Horse)______________________

*Ayam (Chicken)____________________

*Sapi (Cow)__________________________

* 1 Ekor

* 1 Ekor

* 6 Ekor

* 5 Ekor

Mereka akan bersahabat bilamana dirawat dengan baik, usahakan jangan sampai mereka sakit. Kepercayaan merke terhadap kita akan berkurang bilamana mereka sakit, jadi kita akan membutuhkan waktu lebih lama untuk bersahabat dengan mereka.

Kita harus langsung mengobatinya bila mereka sakit, bila dibiaarkan maka mereka akan mati dalam waktu tiga hari. Untuk mengatasinya kita harus dapat memberinya obat dan makanan yang cukup agar mereka sehat kembali. Perlu diketahui pula bahwa ternak yang sakit tidak dapat dijual.

____Sapi (COW)_____
Sapi adalah bagian terpenting dalam permainan ini. Cukup sulit mendapatkan seekor sapi karena harganya 2500 G, tetapi pengorbanan yang kita keluarkan akan sebanding dengan hasil yang akan diperoleh. Sebelum memutuskan untuk membelinya, siapkanlah sikat (Brush) dan alat pemerah susu (Milker). Keduanya dapat dibeli di Louis's Tool Shop, sikat (Brush) seharga 300 G dan alat pemerah susu (Milker) seharga 1800 G. Selain itu kita juga perlu menyiapkan sejumlah rumput untuk makanannya dan Animan Medicine untuk mengobatinya bilamana sakit. Sapi dapat dibeli di Farmer's Shop milik Bob. Bila kita membeli seekor sapi, Bob akan mengantarkan sendiri sapi itu dan sapi akan langsung berada di dalam kandangnya.



Sapi-sapi akan bertambah bahagia bila berada diluar kandangnya, terutama pada hari cerah. Bercakap-cakaplah dengannya, sikat badannya setiap hari, lalu perah susunya bila telah dapat menghasilkan susu. Setiap kali melakukannya akan muncul sebuah icon hati yang menandakan bahwa sapi itu menyukai kita. Bila dilakukan setiap hari dengan baik, maka sapi-sapi itu akan semakin bersahabat dengan kita.

TINGKAT PERTUMBUHAN
SAPI (COW)*
*Tingkat Pertama, “Not exactly sure, something like ….”



**Tingkat Kedua, menghasilkan Small Milk.


***Tingkat Ketiga, menghasilkan Medium Milk.



****Tingkat Keempat, menghasilkan Large Milk.



*****Tingkat Kelima, menghasilkan Golden Milk.


*Hal ini berarti bahwa sapi masih dalam tahap pertumbuhan dan belum dapat menghasilkan susu.


**Small Milk dijual seharga 150 G.




***Medium Milk dijual seharga 200 G.



****Large Milk dijual seharga 300 G.



*****Golden Milk dijual seharga 400 G.

____Ayam (CHICKEN)_____



Ayam adalah hewan ternak pertama yang harus dimiliki. Mereka lebih mudah diurus dan harganya lebih murah. Ayam dapat dibeli di perkebunan Brownie seharga 500 G per ekor. Peliharalah ayam tersebut hingga dewasa sampai dapat menghasilkan telur, selanjutnya tetaskan telurnya di inkubato yang berada di dalam kandang ayam, telur tersebut akan menetas setelah tiga hari berada di inkubator atau tempat penetasan telur.

Jangan lupa untuk memberikan makan ayam-ayam setiap hari. Belilah Chicken Fooder di Farmer's Shop seharga 10 G per Unitnya. letakkan makanan di kotak yang tersedia di dalam kandang. Bila hari cerah maka kita dapat melepaskan diluar kandang, hal ini akan mempermudah perawatan karena tidak perlu memberinya makanan lagi dan juga membuat ayam-ayam itu bertambah bahagia.

TINGKAT PERTUMBUHAN
AYAM (CHICKEN)*
*Tingkat Pertama, “ I’ll take good care of you”

**Tingkat Kedua, “Are you getting Stronger?”

***Tingkat Ketiga, “You are One happy chicken are you? “

****Tingkat Keempat, Maybe you Will produce a golden Egg….."


*Egg dijual seharga 50 G.

*Golden Egg dijual seharga 200 G.

____Anjing (DOG)_____

Untuk mendapatkan seekor anjing, kita harus berusaha untuk menangkapnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menyediakan makanan diluar rumah, letakkan makan diluar rumah, letakan makanan anjing ditempatnya (Mangkuk biru). mungkin pada hari pertama akan lebih mudah untuk menggunakan rumput liar yang di ambil di suatu tempat atau herbal yang bisa ditemukan di setiap musimnya. Lakukanlah setiap hari, akan membutuhkan waktu kurang lebih seminggu penuh.

  

Ada dua jenis anjing yang mungkin muncul,anjing dengan ikat leher merah (sebelah Kiri layar) dan biru (sebelah kanan layar). Banyak anjing-anjing yang tidak memiliki tuan, kita dapat menemukannya di beberapa tempat sepeti di dekat toko kayu dan dekat Harvest Goddess Lake.

Seekor anjing akan datang setiap hari untuk menyantap makanan yang disediakan di mangkuk biru. Bila waktunya sudah tepat kejar salah satu anjing tersebut dan menekan (X). bila berhasil menangkapnya maka kita dapat memeliharanya dan ia akan setia kepada kita selamanya.

Selanjutnya kita harus memiliki sebuah Flute agar dapat mengajarkan beberapa trik pada anjing peliharaan kita. Flute tersebut tidak dapat dibeli, tetapi kita dapat memperolehnya dari Louis. Jadi bersahabatlah dengannya, berilah Louis apa yang menjadinya hadiah favoritnya atau kegemarannya. Hingga pada suatu hari kita melihat Louis sedang memainkan Flute miliknya di  Maple Lake, hal ini berarti pertanda bahwa Louis akan memberikan sebuah Flute kepada anda.

Setelah mendapatkan sebuah Flute dariLouis maka selanjutnya kita dapat melatih beberapa trik pada anjing kita, dengan menekan tombol-tombol di bawah secara berurutan saat bersama anjing kita :

MELATIH - TRIK
TOMBOL ARAH
*Rebah
(X)+ Atas, bawah, bawah.
*Duduk
(X)+ Atas, kiri, bawah.
*Mengiring Sapi
(X)+ Kanan, kiri, kanan
*Berdiri
(X)+ Kiri,kanan, kanan.
*Lompat
(X)+ Kiri, atas, Kanan.
*Menggonggong (Guukk)
(X)+ Kiri, kanan, kiri, kanan.
*Ikut
(X)+ Kiri, kanan, kanan
(Stop=angkat sekali).
*Lari
(X)+ Kanan kiri, kanan.
*Stop
(X)+ Bawah, atas, atas.

____Kuda (HORSE)_____

Kuda adalah hewan yang paling bergunadalam permainan ini, dengan menunggang kuda kita dapat menghemat waktu diperjalanan. Kuda tidak dapat dibeli, tetapi kita dapat memperolehnya dari Bob pemilik Brownie Farm sebagai hadiah telah membantunya dalam pekerjaan paruh waktu (Part Time).



Hal yang baik untuk dilakukan pada saat bekerja adalah menyikat semua kuda yang ada di Brownie Farm dan ajaklah mereka bercakap-cakap,selanjutnya sikatlah juga sapi yang ada dan perah susunya. Jangan lupa untuk waktu meletakkan makanan ternak di dalam kandang. Pilihlah hari yang cerah untuk seminggu penuh, karena bila kita mau mendapatkan seekor kuda. Berikan hadiah pada Bob untuk mempercepat hal ini, suatu hari nanti Bob akan datang dan memberikan seekor kuda secara acak.



Tetapi ada satu trik yang dapat kita pakai jika menginginkan warna kuda yang sesuai dengan kenginan kita sendiri. Saat hari pertama bekerja di Brownie Farm, sikatlah dahulu seekor sapi disana (ingat bukan kuda) dan ajaklah bercakap-cakap serta perahlah susunya. Kemudian cari seekor kuda yang kita inginkan, ajaklah bercakap-cakap dan sikat kuda tersebut untuk pertama kali, jangan hiraukan kuda lain untuk hari pertama.

Jangan lupa untuk mengisi rumput pada kotak makanan ternak yang berada di dalam kandang. Pada hari berikutnya sikatlah seekor sapi dan ajaklah bercakap-cakap serta janganlupa perah susunya, kemudian sikat semua kuda disana dan jangan lupa yang pertama adalah kuda pilihan warna kita.

Pada Saat menyikat dan mengajak bercakap-cakap kuda, kata-kata yang diucapkan oleh Jack adalah "I hope he doesn't bite" atau bahasa indonesianya "Saya harap dia tidak menggit". Setelah beberapa hari kata-kata yang terucapkan oleh Jack akan berubah menjadi "You are looking nice today" atau bahasa indonesianya " Kamu baik sekali hari ini" atau bisa juga seperti ini "You are actually really Cute" atau bahasa indonesianya " Kamu ternyata lucu juga". Hal ini menandakan bahwa sebentar lagi seekor kuda yang kita inginkan akan diberikan oleh Bob kepada kita.

Setelah seekor kuda tersebut telah menjadi milik anda, berilah ia makanan rumput setiap hari dan jangan lupa ajaklah bercaka-cakap serta sikatlah ia setiap hari. Untuk membuatnya dapat berlari semakin cepat, tunggangilah kuda tersebut sekurang-kurangnya satu jam sehari pada saat hari cerah. Tekan tombol (X) di sebelahnya bila kita ingin menungganginya.

____________POWER BERRIES____________



Sayur-sayuran yang diperoleh dari kebun atau buah-buahan yang diperoleh dari hutan dapat dipakai untuk memulihkan tenaga, tetapi yang terbaik adalah Power Berrie karena dapat memulihkan semua tenaga sehingga siap kembali untuk melakukan kegiatan apapun.

Lokasi Power Berries
Kebun anda
(rerumputan)
#1

Pada saat anda memotong rumput di perkebun anda.

Hadiah Harvest 
Goddess #2

Pergilah suatu hari ke Harvest Goddess Lake, lempar satu sayur mayur milik anda, lalu mintalah Pernyataan “Energy” lalu dia akan memberikan Power Berrie kepada anda sebagai hadiah permintaan anda.

Tetapi ingat jangan memakan atau meminum energy apapun saat anda lelah di hari itu dan sebagai hadiahnya mintalah dengan Harvest Goddess, ia akan anda Power Berrie karena anda telah berusaha bekerja dengan giat tanpa memakan atau meminum energy apapun hari itu

Maple Lake
#3
Pada saat anda memacing di danau, tetapi sebelum itu dapatkan dahulu pancingan dari Joe

Hutan Paria 
Sacredland #4

Pada saat anda memasuki daerah rahasia saat anda mau menyelesaikan ending the Treasure Hunt Part 2 , dimana disana anda harus akan mencangkul tanah untuk mendapatkan power berrie yang dicari.

Peri Harvest 
kuning #5

Saat di malam anda sedang tidur, anda akan dibangunkan oleh kedua peri Harvest berwarna merah dan biru, bahwa peri Harvest kuning menghilang.

(Anda harus melatih anjing anda terlebih dahulu agar mendapatkan Even ini) disana anjing peliharaan anda akan menemukan peri Harvest kuning dan keesokannya anda akan mendapatkan Power Berrie


Selama saya memainkan game ini secara pribadi, saya sendiri tidak pernah mendapatkan Power Berrier yang satu ini atau yang dikabarkan isu aneh tentang keberadaan power berrie ke-6 yang ada dapat kita temukan di depan perkebunan kita saat kita menggali dengan cangkul. Lalu setelah saya mengecek langsung dari sumber terpercaya yaitu Natsume sendiri mengatakan bahwa dalam game ini hanya ada 5 Power Berries yang dapat diperoleh, lantas benarkah tebakkan saya akan Power Berrie ke-6 tersebut hanya sebuah tipuan? ternyata memang benar dan ternyata kabar tentang power berry ke--6 itu hanya sebuah tipuan.

Jadi, kesimpulan besarnya dalam game ini hanya terdapat 5 Power Berrie yang dapat kita temukan dalam game serial game Natsume kali ini. Selebihnya kabar yang beredar harap hanya jadi bahan pelajaran bagi yang lain.

____________MEMANCING____________

Ini saat yang menyenangkan bagi kita yang memiliki hobi memancing. Memancing dapat dilakukan di Maple Lake yang berada dekat Sunny Garden Cafe. Tetapi sebelumnya kita harus memiliki sebuah alat pancing terlebih dahulu. Alat pancing yang pertama (Old Fishing Rod) hany dapat diperoleh dari Joe, jadi kita harus bersahabat dahulu dengannya agar ia memberikan pancingan itu.



Datanglah ke Maple Lake, suatu hari Joe akan berada disana dan ia akan memberikan sebuah alat pancing kepada anda. Dengan mengguunakan pancingan ini kebanyakan ikan yang didapat hanya berukuran dibawah 5 inci. Pancingan itu lebih sulit untuk digunakan dan tentunya ikan akan dengan mudah lepas kembali saat memancing.

Selanjutnya kita dapat membeli sebuah pancingan super (super Fishing Rod) bila telah memasuki even Ending yang menceritakan sebuah Pancingan. Belilah alat pancingan tersebut di toko Tool's Shop milik Louis.

Waktu Memancing :
 Hari Cerah
 Hari Hujan
 Pagi
 Bagus
 Pagi
 Terbaik
 Siang
 Terbaik
 Siang
 Bagus
 Malam
 Bagus
 Malam
 Sangat Buruk

Ukurang Dan Harga Ikan :
Ikan Kecil tidak dapat dijual, tetapi kita dapat memasaknha untuk dimakan sendiri atau diberikan kepada Joe, Kurt dan Woody sebagai hadih. Hanya ikan yang berukuran sedang dan besar saja yang dapat di jual.



ikan kecil (small fish)
  • Harga Jual                   : 0 G
  • Tempat menjual           : tidak bisa dijual
  • Musim terbaik mencari : Semua musim
ikan sedang (medium fish)

  • Harga Jual                   : 80 G
  • Tempat menjual           : Bar dan Villa Clove
  • Musim terbaik mencari : Musim Gugur atau Fall
ikan besar (Large fish)
  • Harga Jual                   : 120 G
  • Tempat menjual           : Bar dan Villa Clove
  • Musim terbaik mencari : Musim Dingin atau Winter

____________MENAMBAH KANDANG ANJING & DAPUR____________



Istilah up grade sudah tidak dipakai lagi, karena yan ada hanya membuat dapur di samping rumah dan kandang anjing di luar rumah. Untuk membuatnya diperlukan bantuan Woody si tukang kayu dan hanya diperlukan satu hari saja untuk menyelesaikannya. Tidak perlu untuk membeli bahan-bahan bangunan, semuanya sudah menjadi kewajiban Woody untuk menyelesaikannya. Datanglah ke Carpenter's House untuk memesannya, di dekat Gwen ada sebuah meja dan di atasnya ada sebuah kertas untuk memesannya.

____KANDANG ANJING_____

Biaya yang diperlukan untuk membuat kandang anjing adalah seharga 5,000 G. Setelah anda memilik seekor anjing, maka barulah anda bisa meminta untuk dibuatkan kandang anjing tersebut. Dengan adanya kandang tersebut maka anda tidak perlu lagi memasukkan anjing peliharaan anda kedalam rumah saat hari sedang hujan karena ia sudah memiliki rumah sendiri dan dapat berlindung di kandangnya agar ia tetap kering dan sehat saat cuaca sedang buruk.

____DAPUR_____

Biaya yang diperlukan untuk membuat dapur adalah 10,000 G. Dapur akan dibuat disebelah kiri rumah anda. Di dalamnya terdapat dapur dan dua ruangan lain yang tertutup yaitu Kamar mandi untuk anda memulihkan sedikit energy yang sebelumnya terpakai, dan satu ruang lain yaitu kamar kecil atau toilet yang fungsinya pasti anda tidak ingin tahu karena anda sudah tahu !


____________RESEP MASAKAN____________

Memasak adalah satu bagian yang menarik, selain itu juga dapat menghasilkan uang, maksudnya kita dapat mengolah makanan dari bahan-bahan tertentu dan kemudian menjualnya. Sudah tentu harga jualnya akan menjadi lebih tinggi atau bisa juga menjadi sumber energi yang baik bagi kita tentunya.

Persyaratan pertama yang harus dimiliki adalah harus memiliki dapur terlebih dahulu yang telah lengkap dengan semua peralatannya. Ada tiga jenis alat masak yang dapat dipergunakan yaitu ada Oven, Pot (panci), dan Frying Pan (penggorengan). Berikut ini adalah resep-resep yang dapat dipakai.

Oven Recipes
Cake
Milk, Egg, Breadfruit
Cheesecake
Milk, Cheese, Breadfruit
Flan
Milk, Egg
Fruit Cake
Milk, Fruit, Breadfruit
Fruit Flan
Milk, Egg, Very Berry
Honey Cake
Honey, Egg, Breadfruit
Leaf-Grilled Fish
Fish, Herb
Simple Cake
Small Milk, Egg, Breadfruit
Special Cheesecake
Milk, Special Cheese, Breadfruit
Pot Recipes
Blueberry Jam
Blueberry, Blueberry, Blueberry
Bouillabaise
Fish, Tomato
Cheese
Large Milk
Cranberry Jam
Cranberry, Cranberry, Cranberry
Cream of Corn Soup
Milk, Corn
Cream of Mushroom Soup
Milk, Mushroom
Cream of Tomato Soup
Milk, Tomato
Cream Soup
Milk, Potato
Hard Boiled Egg
Egg
Hot Milk
Small Milk
Mixed Berry Jam 1
Blueberry, Cranberry
Mixed Berry Jam 2
Cranberry, Very Berry
Mixed Berry Jam 3
Blueberry, Very Berry
Mixed Jam
Blueberry, Cranberry, Very Berry
Special Cheese
Golden Milk
Very Berry Jam
Very Berry, Very Berry, Very Berry
Yogurt
Medium Milk
Frying Pan Recipes
Cheese Omelette
Egg, Cheese
Cooked Fish
Fish
Fruit Omelette
Egg, Veryberry
Mixed Omelette
Egg, Tomato
Pancake
Egg, Breadfruit, Milk
Sandwich 1
Soft Bread, Hard Boiled Egg
Sandwich 2
Soft Bread, Tomato
Sandwich 3
Soft Bread, Cheese
Sauteed Fish w/Cream
Large Fish, Milk, Herb
Simple Omelette
Egg, Milk
Special Cheese Omelette
Egg, Special Cheese
Sunny Side Up
Egg
____________ENDING____________

Ada 9 Ending akhir yang dapat diperoleh untuk menyelesaikan game Harvest Moon : Save The Homeland ini. Setiap kali mendapatkan Ending maka permainan akan berakhir dan tujuan akhir telah tercapai yaitu menyelamatkan desa. Kita dapat melanjutkan permainan untuk mendapatkan Ending lainnya. Mulailah dengan tahun berikutnya, semua harta dan kekayaan yang telah diperoleh sebelumnya tidak akan hilang. Bila telah menyelesaikan satu Ending akhir maka akan terlihat sebuah icon kecil pada menu Memory Card. Icon itu merupakan lambang dari Ending akhir yang telah diperoleh dan akan terus bertambah jika kita berhasil menyelesaikan Ending lainnya. Semua Ending mempunyai batasan ketentuan selama satu tahun yaitu 4 musim di game ini, serta karakter-karakter yang harus menjadi sahabat selama proses penyelesaian Ending tersebut.

Setelah berhasil menjalin hubungan yang baik maka setiap karakter akan memunculkan even-even pembuka yang akan mengarahkan kita pada sebuah Ending akhir untuk menyelesaikan game ini. Setelah melihat even-even pembuka, segera temui sang dewi (Harvest Goddess) untuk meminta nasihatnya, kemudian penuhi keinginan setiap karakter-karakter yang terlibat. Permintaan setiap karakter memiliki batasan waktu yang berbeda-beda, tergantung pendekatan kita terhadap penduduk. Ingat jadikan even pembuka setiap ending yang anda jalani sebagai petunjuk ke even berikutnya.

SILVER FISH 
Karakter Kunci
Joe, Woody, dan Kurt
Item Kunci
Old Fishing Road, Silver Fishing Road dan Silver Scale

Ada jenis ikan langka yang hidup di Maple Lake, mereka menyebutnya dengan nama Silver Fish. Untuk mendapatkannya diperlukan sebuah Silver Fishing Rod. Petunjuk dari Harvest Spirites akan sangat membantu untuk mendapatkan ikan langka ini.

Pertama-tama bersahabatlah dengan Joe terlebih dahulu hingga suatu malam datanglah ke Maple lake, disana anda akan melihat Joe yang sedang memancing disana, lalu dia mengatakan bahwa kamu dapat memancing juga dengannya, kemudian ia memberikan sebuah alat pancing bernama Old Fishing Road.


Perlu diingat bahwa alat pancing yang diberikan oleh Joe ini hanya dapat menangkap ikan dibawah 5 inci saja, bahkan terkadang anda hanya mendapatkan sepatu bot bekas, atau kaleng-kaleng, sebab tidak ada yang spesial akan alat pancingan tua ini.

Bersahabatlah terus dengan Joe, lalu temui ia lagi di Maple Lake saat ia sedang memancing disana. Biasanya ia memancing disana saat hari senin, rabu dan jum'at sekitar jam 6pm atau jam 8pm atau malam. Saat anda berada disana, akan ada even lagi dimana anda akan memancing bersama dengan Joe, lalu ia mengatakan bahwa di Maple Lake ini terdapat ikan yang istemewa, dimana ikan tersebut turun dari surga, karena ia memiliki cahaya yang terang di sekujur tubuhnya. Joe pun mengatakan bahwa siapa saja yang melihat ikan tersebut akan dapat terkabul semua keinginannya. Setelah berbinjang-bincang cukup lama dengan Joe, tiba-tiba dari kejauhan datanglah Katie dan mengatakan bahwa desa ini sebentar lagi akan musnah dan tentunya danaunya juga, akan tetapi Joe mengatakan kepadamu bahwa ia akan menemukan ikan istimewa tersebut dan menyelamatkan desa ini dari pembangunan sebab ia sangat ingin sekali dan bertekad ingin melindung desa.

Setelah even di atas, tangkaplah beberapa ikan dengan alat pancingan yang Joe berikan tersebut, tidak perlu ikan besar, setidaknya ikan kecil saja dan tangkaplah beberapa sekitar 3 ikan lebih, lalu datanglah lagi saat Joe sedang memancing di Maple Lake. Lalu akan ada even dimana Joe akan menanyakan apakah kamu sudah mendapatkan ikan atau belum? lalu jawablah "Yeah, sort of". selanjutnya ia akan mengatakan kepada Jack bahwa alat yang ia berikan kepadamu tersebut adalah alat pancing yang sudah tua dan akan sulit mendapatkan ikan besar dengan alat tersebut katanya. Lalu ia mengatakan bahwa Louis sedang menjual sebuah pancing dengan kualitas yang lebih baik dari pancing tua tersebut. Pergilah ke toko Louis dan belilah alat pancingan tersebut darinya dengan harga 4,500G. mulailah memancing dengan alat pancingan tersebut karena dengan memancing dengan alat pancingan tersebut anda akan lebih mudah mendapatkan ikan dengan ukuran besar tentunya.

Masaklah hasil tangkapan ikan besar anda tersebut kepada Joe dan Woody, atau berikan hadiah kesukaan masing-masing dari mereka, jangan lupa juga untuk berteman juga dengan Kurt, berikan ia tomat, sebab tomat adalah kegemaran darinya.

Hingga suatu malam, datanglah ke Maple lake dan temui Joe disana, lalu kalian akan memancing bersama-sama dengannya, lalu tiba-tiba Joe dan Jack melihat seberkas cahaya terang di sekitar danau dan ternyata cahaya tersebut adalah seekor ikan dan ikan tersebut adalah Legendary Silver Fish yang selama ini ia cari, dan ternyata hanya muncul saat malam hari saja. Kemudian ikan tesebut pergi dan Joe mengatakan bahwa ikan istimewa tersebut ternyata tinggal di danau Maple ini dan ia bertekad untuk mendapatkan ikan tersebut untuk menyelamatkan desa ini.

Keesokan harinya datanglah ke daerah tempat Woody tinggal saat hari selasa atau kamis , disana ia akan mengatakan bahwa ikan istimewa tersebut sebenarnya turun dari surga dan hanya dapat dilihat dengan hati yang murni (pure Heart) dan itu hanyalah sebuah cerita dongeng saja, ia tidak mengetahui apa maksud dari hati murni dari cerita tersebut. Tetapi Woody bercerita bahwa sebenarnya, Joe adalah orang yang sangat hebat dalam memancing ikan di desa ini. Kemudian Woody pergi dari tempat tersebut, lalu Jack sedikit merasa binggung akan cerita tersebut dan mencoba untuk mendapat ikan istimewa tersebut. Kemudian muncullah Harvest Goddess bersama dengan ketiga peri-peri harvest, ia mengatakan kepadamu bahwa sebenarnya kamu mampu menangkap ikan tersebut dan percaya kepadamu. Lalu tiba-tiba para peri-peri harvest sedikit sibuk dengan pembicaraan mereka sendiri, lalu kemudian Harvest Goddess menegur mereka bertiga. Lalu ia menanyakan kepada mereka tentang apa yang mereka ributkan tersebut, kemudian mereka berbicara bahwa kenapa tidak Harvest Goddess saja yang menangkap ikan tersebut dan memberikannya langsung ke Jack agar ia mampu menyelamatkan desa ini. Kemudian Harvest Goddess memberikan tahukan bahwa hal tersebut jauh dari kemampuannya. tetapi ia memberi sedikit petunjuk kepada Jack yaitu sebuah kata "Toodles" dan kemudian ia menghilang.

Bertemanlah terus dengan Kurt dan Joe sampai suatu hari Kurt akan datang berkunjung kerumahmu dan mengatakan kepadamu bahwa ia membutuhkan bantuanmu untuk mencari beberapa herbal yang dibutukan bosnya yang ada di kota sana. Turuti saja permintaan Kurt, carilah beberapa tanaman herbal setiap hari untuk diberikan kepada Kurt nantinya.

Malam berikutnya datanglah ke Maple Lake, dimana disana anda akan bertemu dengan Joe. Ia rupanya sedikit mengeluh karena Silver Fish yang istimewa tersebut tidak muncul lagi saat malam hari ini. Ia menduga bahwa mungkin ada perbedaan besar dari malam ini dengan malam sebelumnya saat ia melihat ikan tersebut dengan Jack dahulu, tetapi ia tidak mengetahui dimana perbedaan malam ini dengan malam tersebut. Kemudian tiba-tiba dari arah belakang Jack dikejutkan oleh Harvest Spirites yang mengatakan bahwa ikan tersebut hanya muncul saat bulan purnama saja, lalu jack pun menjelaskan kepada Joe tentang yang dikatakan para Harvest spirites tersbut kepada Joe. Lalu Joe merasa sangat terkejut ternyata Jack dapat memecahkan masalah tersebut dengan cepat, walaupun ia tidak percaya bahwa yang memberitahukan rahasia tersebut adalah para peri harvest.

Beberapa hari kemudian, Kurt datang berkunjung kembali ke perkebunanmu. Ia memberikan sebuah alat pancing yang telah ia buatnya beberapa waktu yang lalu, Kurt mengatakan bahwa sewaktu membuatnya ia tengah membayangkan Silver Fish. Alat pancingan tersebut ia buat sebagai balasan atas jasa anda menerima dan membantunya dalam mencari beberapa herbal yang ia butuhkan, dan ia sangat berterima kasih akan hal tersebut. Lalu Kurt juga mengatakan bahwa sepertinya Silver Fish tersebut hanya mencoba mendekati dan tertarik kepada Jack saja dan bukannya Joe.

Setelah even diatas, berusalah menangkap Silver Fish tersebut di Maple Lake, walaupun sedikit sulit menangkapnya, coba terus sampai anda berhasil menangkapnya ! setelah anda berhasil menangkap Silver Fish tersebut saat malam hari, Joe akan datang melihatnya, mereka berdua mencoba memperhatikan ikan tersebut dan Joe merasa kagum akan keindahan dari ikan tersebut. Jack melepaskan kembali Silver Fish yang ditangkapnya, dan ternyata di tangannya terdapat sebuah sisik Silver Fish yang terlepas dan kemudian memberikan kepada Joe. Selanjutnya Jack akan meminta Joe untuk memperlihatkan sisik ikan tersebut kepada orang-orang dikota dan menceritakan kejadian tersebut dengan maksud untuk menyelamatkan desa agar tidak diubah menjadi taman hiburan.

Setelah hari itu akan ada kejadian dimana Katie, Kurt dan Joe akan datang keperkebunanmu dan mengucapkan terima kasih atas apa yang telah terjadi di desa dan sebagai penyelamat ! Karena kejadian tersebut Desa terselamatkan ! selesai !
___________________________________________________________

 CAKE CONTEST
Karakter Kunci
Katie, Dia, Gina dan Wallace
Item Kunci
Resep Kue, Buku Moon Drop Dew, Telur emas, dan Susu emas

Saat masih muda nenekmu adakah pembuat kue terlezat di seluruh negara bagian. Katie ingin mengikuti sebuah kontes kue dan ia bermaksud untuk meminta resep tersebut.

Bersahabatlah dengan Katie, berikan hadiah yang dia sukai. Setelah mendapat perhatiannya datanglah ke tempat Bar dan Cafe di tempat Katie tinggal, disana akan muncul even dimana ia akan menceritakan kepadamu kehebatan dari nenekmu dalam membuat kue. Katie mengetahui cerita itu dari kakeknya Wallace. Katie sepertinya ingin membuat kue yang sama seperti yang dibuat nenek Jack. Lalu Katie meminta bantuanmu untuk mencari resep kue tersebut untuknya.

Setelah Jack keluar dari Bar, tiba-tiba Gwen muncul disana, sepertinya Gwen berprasangka buruk terhadapa Katie. Ia menceritakan maksud Katie untuk mengikuti sebuah kontes Kue (cake contest) yang diadakan di sebuah kota yang jauh. Gwen juga mengatakan bahwa siapa yang memenangkan kontes tersebut akan menerima hadiah sebesar 10,000G dan juga mendapatkan hadiah untuk berkeliling kota. Lalu Gwen mengatakan bahwa sebenarnya Katie hanya menginginkan hadiah tersebut dan kemudian meninggalkan desa ini.

Setelah even diatas berakhir, segeralah kembalilah kedalam rumahmu, periksalah lemari tua yang berada di sekitar tempat ini, dan ternyata nenek Jack menyimpan resep kue tersebut disana.

 Bawalah resep tersebut ke Cafe, disana Jack akan menunjukkan buku resep tersebut kepada Katie, tetapi tidak memberikannya, lalu Jack menjelaskan tentang kontes kue tersebut dan tentang hadiahnya. Kemudian mendengar hal tersebut, Katie menjadi marah dan kesal karena Jack menuduhnya untuk berniat tidak baik akan ikut partisipasi kontes tersebut, lalu ia menjelaskan bahwa tujuannya sebenarnya kepada Jack dan bukan menginginkan hadiah dari kontes tersebut. Kemudian Jack memahami cerita tersebut, dan memberikan buku resep tersebut kepada Katie. Ia mulia menyebutkan beberapa bahan di dalam buku resep tersebut, tetapi ada beberapa bahan yang tidak ia ketahui seperti telur emas (GoldenEgg) dan susu emas (GoldenMilk), tetapi dari semua bahan tersebut yang terpenting adalah Moon Drop Dew. Kemudian Katie meminta bantuanmu untuk memberikannya susu dan telur dengan kualitas yang baik, sementara ia akan mencari Moon Drop Dew tersebut, agar dapat membuat kue tersebut.

Kemudian Katie akan membuat kue tersebut dengan bahan seadanya, tetapi ia gagal, karena masakan tidak begitu enak saat Jack mencicipinya. Lalu datanglah lagi ke Cafe untuk kedua kalinya, Katie membuat kue lagi dan memberikannya lagi kepadamu, dan hasilnya gagal lagi. Katie sedikit putus asa dan kecewa akan hal tersebut, tetapi Wallace dan Jack mencoba menghibur Katie dan menyemangati ia lagi.



Untuk Ending ini anda harus merawat sapi dan ayammu agar mereka bahagia, dan menghasilkan susu dan telur dengan kualitas yang baik, intinya sampai ayam anda bertelur emas ! dan sapi anda memiliki perahan susu emas ! secepatnya berikan kedua bahan tersebut kepada Katie, agar ia dapat membuat kue tersebut. Jangan lupa juga untuk berteman dengan Gina dan Dia, berikan hadiah kesukaan mereka. sampai suatu hari, temui salah dari mereka di Clove's Villa, Gina atau Dia akan memberikan sebuah buku Moon Drop Dew kepada Jack. Berikan buku tersebut kepada Katie, ia membaca resepnya dan menceritakan kepada Jack bahannya.

Ada dua pilihan Jack dapat membuat sendiri resep Moon Drop Dew tersebut, atau Katie sendiri yang membuatnya tanpa susah payah !

Saat kembali menunjungi Sunny Garden Cafe lagi, Jack akan diminta mencicipi sekali lagi kue buatannya. Ternyata hasil kue tersebut berhasil, dan Jack memuji kelezatan dari kue tersebut, Katie pun berterima kasih karena Jack mau membantunya dan mencicipi kue buatannya tersebut. Tetapi sepertinya disana juga Gwen tidak senang dengan kejadian tersebut dan merasa kesal.

Beberapa hari kemudian, setelah kejadian tersebut datanglah ke Sunny Garden Cafe lagi, disana terlihat Jack dan Katie sedang bercakap-cakap, kemudian beberap saat kemudian muncullah Louis dengan membawa pesanan dari Katie. Sepertinya itu adalah alat untuk memanggang kue. Kemudian Wallace menceritakan kepada Jack bahwa kue buatan Katie sekarang sama persis seperti buatan nenek Jack dahulu. Kemudian Katie mengutarakan maksudnya untuk ke kota agar ia dapat mengikuti kontes kue disana. Jadi, untuk beberapa hari maka Sunny Garden Cafe akan tutup untuk sementara waktu.

Sampai pada suatu hari, Katie akan datang ke perkebunanmu dan mengatakan bahwa kontes kue yang diadakan di kota tersebut telah berhasil ia menangkan. dan kemudian disusul Lyla yang mengatakan bahwa karena kemenangan tersebut, desa tidak jadikan taman hiburan lagi. Kemudian datang juga Gwen kesana, lalu semua merayakan kejadian tersebut, kemudian mereka meminta agar nantinya Katie dapat membuat Kue enak tersebut kepada orang-orang di desa. Setelah bercakapan tersebut Katie berterima kasih kepadamu dan memberi ciuman. Selesai !
___________________________________________________________

 AZURE SWALLOWTAIL
Karakter Kunci
Kurt, Lyla, Louis dan Parsley
Item Kunci
Blue Mist Seeds

Pada Ending ini akan memunculkan seekor kupu-kupu langka Azure Swallowtail dan untuk memikatnya diperlukan bunga biru (Blue Flower) yang disukai kupu-kupu tesebut.

Untuk Pertama-tama bertemanlah dahulu dengan Kurt, berikan hadih kesukaannya, ia menyukai Tomat. Suatu hari setelah anda melewati di Hutan Walnut tempat di depan Woody tinggal, akan muncul even pertama dimana Kurt akan menceritakan kepadamu untuk berniat menyelamatkan desa dengan menemukan kupu-kupu langka yang bernama Azure Swallowtail, dengan ditemukan kupu-kupu tersebut ia berharap dapat menyelamatkan desa dari pembangunan taman hiburan. Lalu ia berkata bahwa ia pernah mendengar seseorang telah berhasil menemukan kupu-kupu langka tersebut saat mencari bunga biru beberapa tahun lalu. Setelah memberitahukan hal tersebut Kurt pun pergi dan meninggalkanmu. Kemudian beberapa saat muncullah Harvest Goddess dan para peri Harvest di sana, Harvest Goddess mengatakan kepadamu bahwa kupu-kupu langka bernama Azure Swallowtail tersebut hanya terpikat kepada Bunga biru saja, tetapi yang jadi masalah adalah di desa ini ia tidak pernah melihat bunga berwarna biru sampai saat ini. Lalu ia pun menyarankanmu untuk menemui si tukang bunga atau Lyla ditokonya dengan maksud agar membantu mendapatkan bunga biru disana.

Selanjutnya temuilah Lyla di tokonya, Jack akan bertanya tentang bunga biru yang dicarinya tersebut kepada Lyla. Akan tetapi, ia juga sama sekali tidak tahu cara mendapatkan bunga tersebut, dan hanya mengatakan sedikit infomarsi tentang bunga biru tersebut kepadamu bahwa bunga biru tersebut hanya tumbuh di tempat yang tinggi, dan mungkin bunga biru tersebut tumbuh di gunung. Lyla juga berjanji akan memberitahukan kepada Jack apabila ia mengetahui informasi baru yang akan ia cari untuk membantu Jack mencari bunga biru ini nantinya.

Pada suatu hari setelah even diatas, Lyla dan Parsley akan datang berkunjung ke perkebunanmu, mereka bercerita mengenai bunga buri dan Azure Swallowtail. Parsley mengatakan bahwa bunga biru harus ditanam didaerah yang tinggi. Setelah kejadian ini, berkunjunglah ke toko Louis, disana anda akan menemukan Lyla yang sedang membeli sebuah kamera unuk membuat foto Azure Swallowtail.

Beberapa hari kemudian Parsley dan Lyla akan berkunjung lagi keperkebunanmu dan memberikan sekantung benih bunga biru kepadamu. Tanamlah benih tersebut di tempat Harvest Goddess Lake tepatnya di samping jempatan yang berada disana dan anda dapat menemukan satu petak kecil tempat menanam benih tersebut disana, jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari ! sampai bunga biru mekar !

Setelah bunga biru tersebut mekar dan terlihat jelas tumbuh disana, maka muncullah Parsley terlebih dahulu kesana kemudian Lyla yang berikutnya, mereka sangat senang sekali karena benih yang ditanam tersebut telah menjadi bunga biru yang sangat indah.



Beberapa kemudian setelah bunga biru tersebut mekar, maka kupu-kupu langka Azure Swallowtail yang dinanti pun muncul disana. Suasana menjadi meriah dan menyenangkan disana karena kehadiran dari Gwen, Kurt serta Louis, Lyla dan Parsley disana, yang menyaksikan kejadian tersebut.

Kemudian setelah beberapa hari setelah kejadian tersebut, Lyla akan datang ketempatmu dan mengatakan bahwa bunga biru yang telah ditanam Jack telah layu, mereka berdua pun sempat panik karena merasa binggung dengan layu bunga tersebut maka kupu-kupu langka Azure Swallowtail tidak akan datang kesana, dan hal tersbut akan memperburuk untuk menyelamatkan desa. Tetapi beberapa saat kemudian muncullah juga Louis dan menyampaikan bahwa ia telah memotret beberapa foto kupu-kupu langka Azure Swallowtail saat kemarin dan menyebarkannya dikota dan ternyata desa pun menjadi selamat karena kejadian tersebut karena desa ini di lindung karena ada hewan langka disini, dan desa pun tidak lagi menjadi tanaman hiburan. Selesai !
___________________________________________________________

 ENDANGERED WEASEL
Karakter Kunci
Gwen dan Harvest Spirites
Item Kunci
Tidak ada !

Endangered Weasel yang berarti seekor musang yang jinak! dalam ending ini akan menceritakan seekor musang imut bernama Snowball. Bersahabatlah dengan Gwen dan Para peri Harvest sampai pada suatu malam para peri Harvest akan datang ke rumah Jack, mereka membangunkanmu dari tidur. Mereka datang bermaksud meminta bantuanmu karena mereka merasa terganggu dengan mahkluk putih yang sering datang ke Harvest Goddess Lake. Mereka mengatakan kepadamu bahwa makhluk putih tersebut sangat menyeramkan dan mereka takut diserang dan dimakan oleh mahkluk tersebut. Kemudian mereka mengajakmu pergi ke sana untuk melihat mahkluk tersebut. Dan dari kejauhan muncul seekor musang bermuka putih yang sangat lucu dan  sama sekali tidak menyeramkan, Jack sangat kagum dengan keindahan dari hewan tersebut.



Sewaktu mereka mengintip hewan tersebut dari kejauhan, datanglah Gwen seorang diri. Gwen menjadi marah dan kesal terhadap Jack dan menuduhnya memiliki niat yang jahat terhadap hewan tersebut. Jack pun menyangkal dan mengatakan bahwa ia pun merasa kagum akan keindahan dari hewan tersebut. Kemudian Gwen mengatakan bahwa musang tersebut bernama Snowball. Setelah percakapan tersebut temui Harvest Goddess dan ia mengatakan bahwa Snowball adalah hewan yang langka, ia juga mengatakan kepada Jack agar memberitahukan kepada orang-orang bahwa desa ini layak untuk dilindungi karena mempunyai beragam jenis hewan-hewan langka yang pantas untuk diberitahukan dan dilindung bersama. Harvest Goddess juga mengatakan bahwa sebagai cara terbaik agar hal tersebut berjalan sesuai dengan rencana adalah dengan cara memotret Snowball sebagai bukti keberadaannya di desa ini.

Untuk selanjutnya, bersahabatlah terus dengan Gwen, hingga suatu malam ia akan datang di perkebunanmu dan mengatakan bermaksud untuk memotret Snowball sebagai bukti keberadaannya di desa ini, lalu Jack menyarankan pendapatnya untuk memberitahukan hal ini kepada orang-orang agar membantu, tetapi Gwen melarangnya dan mengatakan untuk tidak memberitahukan keberadaan Snowball, karena ia merasa takut bahwa hewan tersebut akan diburu untuk kepentingan pribadi saja. Gwen mengatakan ia akan memikirnya terlebih keputusan ini dahulu sebelum ia dan Jack bertindak.

Setelah beberapa hari Gwen akan mengunjungi Jack lagi dengan membawa sebuah kamera yang ia beli dari Louis. Gwen mengajak Jack untuk memotret Snowball pada jam tujuh malam/7pm. Tetapi, sayangnya Snowball yang dinanti tidak menampakkan kehadirannya. Mereka sedikit kecewa akan hal tersebut.

Kemudia setelah seminggu atas kejadian tersebut Gwen akan datang lagi keperkebunanmu dan mengajakmu sekali lagi untuk memotret Snowball di Goddess Lake pada jam tujuh malam/7pm. Saat berada kesana untuk kedua kalinya mereka berhasil menemukan Snowball disana, dan Gwen langsung memotret Snowball, setelah itu pulanglah kerumah. Seminggu kemudian Gwen akan datang perkunjung ke perkebunanmu untuk sekali lagi bersama Louis dan mengatakan bahwa mereka telah mengirim hasil foto Snowball ke kota untuk di diberitahukan disana. Kemudian Louis membacakan sebuah buku tentang hasil penemuan hewan langka yang berada di desa ini dan itu artinya desa menjadi terselamatkan berkat foto tersebut tentunya. Setelah mengatakan tersebut Louis mengucapkan terima kasih atas bantuanmuu untuk menyelamatkan desa, lalu berpamitan pergi. Kemudian percakapan panjang Jack dengan Gwen akan berakhir dengan ia menciummu diatas rumah saat senja hari ! Selesai !


___________________________________________________________

 BLUE BIRD OF HAPPINESS
Karakter Kunci
Louis
Item Kunci
Flute

Ending ini akan menampilakan seekor burun biru yang langka. Suara Flute yang dimainkan bersama-sama akan mengundang kedatangan burung langka itu. Pertama-tama bersahabatlah dahulu dengan Louis, berikan hadiah-hadih yang disukainya.


Pada suatu hari di tepi Maple Lake. Louis sedang berlatih memainkan sebuah Flute. Louis mengatakan kadang burung-burung datang menghampirinya sewaktu ia memainkan Flute miliknya, ia berpendapat bahwa burung-burung tersebut menyukai suara Flute yang dimainkannya, atau mungkin mereka senang berada dekat dengan danau disini karena jauh dari keramaian. Tiba-tiba Gwen datang dengan muka yang kurang bersahabat. Lalu Gwen memanggil Louis agar pembicaraan mereka tidak didengar oleh kamu, sepertinya hal itu penting dan rahasia. Sebelum meninggalkanmu Louis memberikan Flute miliknya kepadamu dan berharap kelak kalian akan bermain bersama. Lalu ia pergi meniggalkanmu.

Bersahabtlah terus dengan Louis sampai suatu hari ketika Jack pergi lagi ke Maple lake, disana anda akan menemukan Louis lagi tetapi kali ini  ia tidak memainkan Flutenya. Lalu ia memberi sekantung makanan burung kepadamu dan kalian menebarkan makanan burung tersebut ketanah sehingga burung-burung liar menghampiri dan memakan makanan tersebut. Louis bercerita bahwa ia pernah melihat burung biru yang sangat cantik yang menurutnya itu adalah burung biru yang langka yang banyak orang bicarakan. Beberapa saat kemudian muncullah Woody dan bercerita bahwa memang benar dahulu disini banyak sekali burung biru seperti itu tetapi sekarang sudah banyak musnah lantaran diburu pemburu liar. Akan tetapi Louis tidak mempercayai perkataan Woody yang mengatakan bahwa semua burung biru langka tersebut telah musnah semua, nyatanya ia sebelumnya sempat melihatnya dengan jelas.

Setelah even tersebut, bersahabatlah terus dengan Louis sampai suatu ketika anda akan melihat even dimana Louis sedang memainkan Flutenya dan dari kejauhan terlihat Lyla memperhatikan Louis bermain. Lalu Jack menghampiri Lyla dan mengajak untuk melihat Louis permainan Louis dari dekat.


Setelah itu bercakap-cakaplah mereka, Lyla sepertinya menyimpan perasaan kepada Louis karena saat itu ia merasa gugup saat berbicara dengannya, lalu ia langsung berpamitan kepada Jack dan Louis dengan tergesah-gesah, dan Louis merasa sedikit heran akan sikap Lyla tersebut, karena ia tidak tahu akan perasaan Lyla tersebut kepadanya.

Beberapa hari kemudian saat Jack keluar dari rumah, ia bertemu dengan Louis diluar dan ia mengajakmu untuk berlatih bersama dengannya bermain Flute. Pilihlah jawaban "Yes, of course" lalu ia meminta kamu datang kedanau dengannya. Sesampai disana anda akan melihat sejenis tombol arah (D-pad) diatas layar sebelah kiri anda, di tombol tersebut merupakan arahan saat memainkan Flute tersebut. Ikutilah intruksi Louis dengan benar, berlatihlah terus sampai anda merasa terbiasa dengan memainkan Flute.

Berbicara tombol arah tersebut dapat dilihat dari berbagai warnanya, yaitu :
  • Atas, berwarna hijau
  • Kanan, berwarna Merah
  • Bawah, berwarna Biru
  • Kiri, berwarna merah muda
Louis akan memainkan nada tersebut dan anda harus mengikuti nada tersebut sebanyak 56 lebih nada, dan dibatasi kesalahan sekitar 10 atau 11 tidak kurang. Jika anda gagal, maka ia akan menanyakan apakah kamu akan menyerah atau melanjutkannya, ingat jangan menyerah ! kalau anda menyerah disini maka anda tidak bisa melanjutkan Ending ini lagi.

Setelah menyelesaikan tantang ini, tiba-tiba Louis melihat seekor burung biru yang cantik terbang di atas langit dan menjatuhkan sehelai bulu yang disebut Blue Feather disana lalu ia terpikirkan sebuah ide tentang bagaimana menyelamatkan desa dari pembangunan taman hiburan, tetapi belum menjelaskan secara detail tentang rencana tersebut ia langsung pergi meninggalkan Jack.

Setelah even tersebut sekitar 1 atau 2 minggu berikutnya, pergila ke Maple Lake dimana disana anda akan melihat even Jack memainkan Flutenya sendiri, tiba-tiba datanglah Louis dengan menyampaikan kabar baik kepadamu bahwa ia telah menunjukkan sehelai bulu biru tersebut ke kota Flowerbud dan mengatakan bahwa ternyata bulu biru tersebut berguna untuk melamar seorang gadis dengan adanya burung biru langka di desa ini membuat Desa terselamatkan ! Lalu Lyla datang menghampiri dan bercerita tentang asal-mula kenapa Blue Feather tersebut dipakai untuk melamar. Setelah mendengar cerita dari Lyla tersebut Louis menyadari bahwa ternyata ia begitu menyukai Lyla. Saat Lyla beranjak dari tempat itu, Louis pun mengejar dengannya dan memberikan Blue Feather tersebut kepadanya untuk ajakkan menikah, lalu Lyla menerimanya dengan senang hati. selesai !
___________________________________________________________

 THE HORSE RACE
Karakter Kunci
Bob dan Gwen
Item Kunci
Kuda milik Jack dan Gwen's Lucky Charm

Untuk mendapatkan seekor kuda, anda harus bersahabat dengan Bob dan Gwen, selain itu anda juga harus bekerja paruh waktu (part-time work) di peternakan Bob. Datanglah ke perkebunan Bob, saat hari tidak hujan dan hari libur. Pergilah ke toko milik Bob sebelum jam 3pm atau sore, lalu mintalah bekerja paruh waktu dengannya. Dalam pekerjaan ini anda harus memberikan makan dengan cara mengisi tempat makanan di kandang tanpa terkecuali. Lalu sikat semua kuda di sana dan seekor sapi serta perah susunya karena susu tersebut bisa anda ambil sebagai hadiah tambahan. Jangan lupa juga ajak bicara semua kuda dan sapi disana serta sikat juga mereka dengan Brush pinjaman dari Bob. Setelah merasa cukup dengan pekerjaan hari ini, Bob akan membayar anda sesuai kerja keras anda selama waktu bekerja.


Lakukanlah terus pekerjaan paruh waktu ini di peternakan Bob tersebut selama seminggu lebih tanpa ada hari hujan sekali pun sampai suatu hari Bob akan datang ke perkebunanmu dengan membawa seekor kuda. Ia mengatakan bahwa kuda tersebut harus anda rawat dengan baik dan jangan lupa melatihnya serta memberinya makan setiap hari.

Setelah kuda anda dapat di tunggangi, maka suatu hari Bob dan Gwen akan datang berkunjung. Lalu Bob memuji Jack karena telah berhasil merawat kuda tersebut dengan baik. Akan tetapi Gwen mengatakan kepadamu bahwa hal tersebut hanya biasa saja, lalu ia pergi. Bob pun mengatakan kepada mu agar tidak putus asa dan terus rawat kudamu tersebut sampai ia bisa berlari dengan kencang.

Setelah kuda anda berhasil berlari dengan cepat dan telah memiliki 5 hati, maka suatu hari Bob dan Gwen akan datang berkunjung lagi di perkebunanmu dan mereka ingin melihat kehebatan kuda milik Jack tersebut secara langsung. Bob pun memuji kehebatanmu dan kuda milikmu tersebut, lalu ia mengatakan kepadamu agar dapat menjaga dan ikut berpartisipasi dalam kejuaran pacuan kuda yang di adakan di kota Flowerbud. hanya saja Gwen merasa bahwa kuda miliknya lah yang akan dikirim kesana untuk mewakili pacuan kuda tersebut. Karena tidak semua kuda di desa ini bisa ikut semua, lalu Bob menantang Gwen untuk bertarung adu cepat dengan kuda milik mu dan yang menang akan menjadi wakil dalam pacuan kuda tersebut. Lalu Gwen merasa sedikit heran kepada Bob karena mau mempercayakan desa ini kepada Jack yang orang asing. Kemudian Gwen marah dan kesal lalu meninggalkan perkebunan, lalu Bob mengatakan agar kamu tidak menghiraukan perkataan Gwen tersebut dan cobalah terus menjaga kesehatan kuda milik Jack agar tidak sakit.

Datang ke toko milik Bob dan bicaralah denganya lalu pilihlah "Tme Attack" kalahkan waktu tercepat Gwen yaitu 52 detik/satu lap. Setelah beberapa hari kemudia Bob akan  datang kerumahmu dan menantang kuda milikmu untuk perpacu dengan kuda miliknya. Jawablah "Let's do it" selanjutnya Jack dan Bob akan berpacu di perkebunan milik Bob tersebut. menangkan pacuan tersebut agar membuka even berikutnya. Lalu jika anda kalah dalam pacuan tersbut, datanglah dan tantang lah lagi Bob pada hari kamis saat ia berada dirumah.

Tips saat pacuan/mengalahkan Gwen dan Bob

  • Jangan menggunakan tombol analog saat membelokkan kuda, tetapi gunakanlah tomboh arah (D-pad). Bila menggunakan tombol analog, maka kecepatan kuda saat berbelok di pacuan menjadi melambat dan tentunya akan merugikan anda.
  • Gunakan Jalur paling dalam yaitu jalur dekat pagar agar memperpendek jalur pacuan anda, dan jangan sampai terkena pagar pembatas.
  • Saat melawan Bob atau Gwen usahakan agar anda selalu berada di barisan terdepan dan apabila mereka ingin menyusul usahakan untuk mendorong mereka kearah pagar sampai tertekan agar kecepatan kuda milik mereka melambat.

Jika anda berhasil menang makan suatu hari setelah kemenangan Jack tersebut, pergilah ke perkebunan Bob di mana tepat di tempat tersebut anda akan melihat Gwen dan Bob sedang berbicara sesuatu yang serius dan ternyata bahwa Gwen mengatakan bahwa ia merasa keberatan bahwa jika Jack yang harus ikut mewakili pacuan kuda di kota Flowerbud tersebut. Kemudian Bob mengatakan kepada Gwen untuk bersikap adil dalam kompetisi ini dan membuat kesepakatan kepadanya agar bertanding dengan Jack agar menentukan siapa yang benar-benar harus mewakili desa ini katanya. Kemudian menangkan pertandingan dengan Gwen tersebut, dan jika anda kalah dengannya datanglah lagi pada hari selasa di perkebunan Bob untuk menantang ulang Gwen.


Setelah menang dari Gwen, maka Bob akan memuji Jack dan merasa bangga akan kecepatan kuda miliknya, dan Gwen pun mengatakan bahwa hari pelaksanaan pacuan tersbut sekitar 2 minggu lagi jadi jangan sampai kuda milik anda tersebut sakit.

Kemudian setelah kejadian tersebut, suatu malam hari Gwen akan datang berkunjung ke rumah mu dan mengatakan bahwa ia sangat menyukai kuda dan memberikan sebuah wangi-wangian atau Gwen's Lucky Charm kepadamu yang didapatnya dahulu dari Lyla. Gwen mengatakan agar kamu memberikan wangian tersebut kepada kuda milikmu agar ia menjadi tenang. Setelah percakapan tersebut Gwen mengatakan bahwa ia akan percaya kepadamu dan mendoakan agar kuda milikmu bisa menang dalam pacuan kuda tersebut.

Setelah beberapa datanglah Bob ke perkebunanmu dnegan maksud untuk membawa kuda milik Jack untuk diikut sertakan kedalam pacuan yang diadakan di kota Flowerbud. jadi selama seminggu anda tidak dapat menaiki atau merawat kuda seperti biasanya. Setelah beberapa hari setelah kuda Jack di bawa kepacuan kuda di kota, datanglah Gwen dan Bob dengan mengendarai kuda di perkebunanmu dan mengatakan bahwa kuda milikmu berhasil memenangkan pacuan tersebut, dan tentu jika hal itu terjadi maka perlombaan berikutnya akan diadakan di desa ini, dan artinya Karena kejadian tersebut Desa terselamatkan ! selesai !
___________________________________________________________

 GODDES DRESS
Karakter Kunci
Gina, Katie Louis, Harverst Goddess dan Dia
Item Kunci
Slik Thread dan Rainbow Fabric

Gina sangat pandai menjahit, ia ingin sekali menampilkan gaun rancangannya pada Flower Festival yang diadakan di kota Flowerbud. Harvest Goddess dan peri-peri Harvest mencoba membantu membuatkan Rainbow Fabric yang sangat indah dari benang sutera dengan kualitas terbaik. untuk medapatkan ending ini, bersahabatlah dengan Gina. Berkunjunglah ke Clove's Villa sesering mungkin untuk menemuinya.

Pada suatu hari Gina akan datang berkunjung ke rumahmu, sepertinya ia ingin mengetahui Flower Festival yang diadakan di kota Flowerbud. Gina tahu bahwa anda berasal dari kota itu sehingga tidak salah jika mendengar penjelasan anda mengenai festival tersebut. Gina sempat mengatakan bahwa ia sangat kagum akan gaun Peri (goddess Robes) yang dipakai pemenangkan wanita tahun lalu yang dikatakan anda kepadanya, lalu kamu akan mengatakan bahwa sebaiknya Gina membuat sesuatu yang baik daripada itu agar dapat memenangkan festival tersebut.

Bersahabatlah dengan Katie, lalu beberapa hari berikutnya ia akan datang berkunjung di perkebunanmu dan memperlihatkan sebuah gambar gaun hasil rancangnya kepadamu. Ia juga meminta pendapatmu untuk mencoba memperbaiki rancangannya. Menurut Katie, Gina sangat antusias sekali dalam membuat gaun ini jadi ia ingin membantunya juga dalam membuat rancangan gaun tersebut.

Setelah even itu pergilah mengunjungi Harvest Goddess, ia ternyata telah mengetahu bahwa kamu tengah merancang sebuah Goddess Robe. Ia menjelaskan bahwa kain yang digunakannya bukanlah sembarang kain. Lalu ia memberitahukan kepadamu bahan yang digunakan untuk membuatnya, yaitu benang sutera yang diwarnai dengan menggunakan buah Very Berry lalu ditenun bersama dengan cahaya bulan. Bagiamana caranya? Lalu anda mulai merasa putus asa karena menenun benang sutera bersama cahaya bulan adalah hal yang sangat tidak mungkin dilakukan. Tetapi Harvest Goddess bersedia menolong asalkan anda memberinya benang sutera yang diperlukan untuk membuat kain tersebut.

Datanglah ke Tool's Shop milik Louis, belilah benang sutera yang dijualnya disana dengan harga 3000G. Selanjutnya berikan benang sutera tersebut kepada Harvest Goddess, lalu ia memanggil peri-peri Harvest untuk membantunya membuat kain tersebut.

Suatu hari saat berjalan du dekat Clove's Villa, anda akan melihat Gina tengah menyulam sebuah baju ditemani oleh Katie disana. Tiba-tiba datanglah Dia sambil berteriak-riak memanggil Gina. Dia meminta Gina untuk mecarikan syalnya yang hilang. Melihat kejadian itu Katie langsung berpamitan pulang dan Gina langsung bergegas masuk kedalam rumah untuk mencari syalnya Dia.

Kemudian Harvest Goddess dan peri-peri Harvest datang berkunjung kerumahmu, lalu ia memberikan sebuah kain yang telah selesai di tenunnya. Sepertinya para peri Harvest sedikit kelelahan karena dipaksa bekerja terus untuk menyelesaikannya. Lalu Harvest Goddess memintamu untuk menyerahkan Kain tersebut dengan Gina langsung agar ia dapat membuat gaun yang indah dan cantik. Pergilah temui Gina di Villa untuk memberikan kain tersebut kepadanya, Gina sempat terkejut dan mengagumi hasil kain tersebut yang anda bawa kepadanya. Lalu anda mencoba menceritakan tentang asal mula kain tersebut kepada Gina, tetapi ternyata ia sedikit tidak percaya akan ceritamu tersebut yang membawakannya sebuah kain sutera yang warna indah dan menyerupai warna pelangi tersebut.



Setelah even tersebut, sekali lagi anda akan melihat Gina yang tengah menjahit ditemani dengan Katie. Katie sangat kagum terhadap gaun yang tengah dirancang Gina dan ia memuji kemahiran Gina menjahit gaun tersebut. Tetapi tiba-tiba terdengar suara Martha yang berteriak-riak memanggil Gina. Saat itu pula Gina dan Katie langsung bergegas menghampirinya. Saat itu pula Dia muncul, Dia merasa cemburu Gina akrab dengan Katie. Dia merasa kesal, lalu ia mengatakan kepada Gina bahwa ia sering terlambat dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, tapi Gina hanya terdiam tidak berani menjawab bentakkan Dia. Lalu Katie yang berada disanapun langsung balik memarahi Dia. Dia hanya terdiam dan berlari kedalam rumah lalu berkata ia sangat membenci Gina saat ini, lalu Jack pun menghampiri mereka, Jack pun tahu bahwa hal tersebut adalah hanya salah paham semata. kemudian Jack pergi ke belakang halaman dan menemukan Dia yang menangis disana, lalu ia mengatakan bahwa ia sangat benci dengan Gina karena ia bisa akrab dengan orang lain dan tentunya hal itu akan membuatnya menjadi kesepian. Lalu anda menjelaskan permasalahan yang terjadi kepada Dia, dan ia merasa menyesal karena telah memarahi Gina tadi.

Kemudian Dia datang menghampiri Gina dan meminta maaf kepadanya, setelah keduanya berbaikkan Dia menawarkan bantuannya kepada Gina agar ia bisa membantu dalam proses pembuatan gaun tersebut. Lantas hal tersebut membuat Gina terkejut, lalu ia menyarankan kepada Dia agar menjadi model yang akan memakai gaun tersebut. Keesokkannya Gina dan Dia datanga berkunjung ke rumah Jack, dan ternyata Gina telah berhasil meneyelesaikan gaun tersebut. Lalu Gina mengatakan telah mendaftarkan gaun tersebut dalam festival yang diadakan di kota Flowerbud.



Kemudian beberapa hari berikutnya, Dia dan Gina serta Katie juga datang berkunjung kerumahmu dan mengatakan bahwa gaun yang telah dirancang mereka telah menjadi juara di festival tersebut, lalu Katie menunjukkan sebuah buku yang menceritakan gaun tersebut mendapat penawaran harga yang tertinggi di festival tersebut. Semua orang sangat menyukai Rainbow Fabric (kain berwarna pelangi), mereka sangat ingin mengetahui cara membuatnya gaun tersebut. Karena kejadian tersebut Desa terselamatkan ! selesai !
___________________________________________________________

 TREASURE HUNT #1
Karakter Kunci
Tim, Bob dan Anjing peliharaan Jack
Item Kunci
 Benih dari Sacred Land

Treasure Hunt berarti berburu harta karun. Dalam ending ini Tim menemukan peta harta karun. Setelah berteman baik dengan Tim, Tim akan datang berkunjung ke perkebunanmu dan membawa berita penting. Dia rupanya menemukan peta harta karun dan ia bermaksud untuk menggalinya bersamamu. Jack akan diajak ke Walnut Forest dekat Sunny Garden Cafe untuk menggali harta terpendam tersebut. Setelah menemukan harta karun tersebut disana terdapat kumpulan mainan. Kemudian Bob datang kesana dan memberitahu bahwa kumpulan mainan tersebut adalah harta karun ia saat kecil, tetapi saat ia beranjak dewasa ia tidak membutuhkan kumpulan mainan ini lagi.



Bersahabatlah terus dengan Tim dan Bob, beri perhatian yang lebih kepada mereka. Sampai suatu hari Tim akan kembali lag dengan membawa peta harta karun yang asli dan kemudian akan memberikan peta tersebut langsung kepadamu. Ia tidak tahu bagaimana cara masuk ke Secred Land di Prairia Forest tersebut, dan ternyata tidak ada seorang pun di desa yang dapat membantu memberikan informasi tentang tempat rahasia tersebut.

Untuk saat ini anda harus lebih bersahabat dengan anjing anda, lalui beberapa hari bersamanya. Suatu hari Tim akan berada di Clove's Villa (biasanya pukul 11am- 2pm), anda harus datang kesana dengan membawa anjing peliharaan anda, bila Tim dan anjing itu benar-benar sudah menyukai anda maka akan ditemukan semua even dimana anjing anda akan menemukan sebuah jalan rahasia menuju ke Sacred Land.

Saat berada di depan gerbang Secred Land, anda akan melihat sebuah batu besar disana dengan beberapa tulisan dan di sebelahnya ada beberapa ladang dengan 5 kotak yang terdiri dari 4 simbol berbeda-beda. Tim akan membimbingmu ke batu besar disana dan membaca tulisan tersebut, batu tersebut tertulis "Tanamalah tanaman disini dan sebuah emas akan muncul tepat disini". Tetapi, kata-kata tersebut membinggungkan Tim, dan ia pergi berpamitan meninggal Jack sendirian disana, karena tidak tahu cara menyelesaikan teka-teki tersebut.

Dibawah ini adalah arti dari beberapa simbol yang berada di beberapa petak lahan yang ada disana. Pastikan anda menanam dengan benar mengikuti kode di bawah ini. Jangan lupa juga untuk membawa sekitar 10 lebih dari setiap sayuran yang ada (Kentang, Jagung Tomat, dan Breadfruit sebanyak 10 benih). Jika anda melihat dengan jelas ciri perbedaan dari kotak-kotak yang ada di lahan sebelah batu peringatan pada tempat ini, yang mana ada 4 kotak dengan simbol yang berbeda dan anda harus menanam dengan sesuai petunjuk yang ada di bawah ini :



  • Heart/ gambar hati tanamlah Sayuran Tomat; 8 buah benih
  • Square/ gambar kotak tanamlah sayuran Jagung; 4 buah benih
  • Musical note/ gambar musik tanamlah sayuran Breadfruit; 9 buah benih
  • Star/ gambar bintang tanamlah sayuran Kentang; 4 buah benuh
Sekarang tugasmu disini adalah menanam beberapa benih yang sesui dengan petunjuk yang ada dengan benar, dan jangan lupa juga untuk menyiram sampai mereka tumbuh. Seandainya anda menanam benih ditempat yang salah, maka anda harus menggunakan cangkul untuk menghapusnya, dan menanam benih dengan benar sesuai petunjuk diatas.


Saat tumbuhan disana mulai tumbuh, akan ada even dimana Jack akan melihat sebuah peti harta karun dari kejauhan dan ia pun menghampiri peti tersebut, kemudian selang beberapa waktu muncullah Tim yang mengucapkan selamat kepada Jack karena telah berhasil menemukan harta karun yang asli. Kemudian Tim dan Jack membuka peti tersebut, mereka menemukan sebuah benih didalamnya. Lalu Jack menyerahkan benih rahasia tersebut kepada Tim untuk menanam benih tersebut.

Lalu Tim akan meminta bantuan Lyla, untuk mengijinkannya menanam benih yang didapatnya untuk ditanam pada lahan tanah disamping toko Lyla, dan ia mengijinkan hal tersebut. Kemudian berkunjunglah terus di sekitar toko Lyla, dimana akan ada even, Tim mengatakan bahwa tanaman yang ia tanam telah menjadi bunga yang mulai mekar.

Sampai suatu hari Tim akan berkunjung ke perkebunanmu dan mengatakan bahwa bunga siap untuk di petik. Ketika sampai di Flower Shop, Lyla dan Parsley sudah berada disana. Setelah itu Tim memetik buah yang ada disana, dan ia merasa heran kenapa warna buah ini mirip sekali dengan kentang. Kemudian beberapa saat pula muncul juga Woody dan cucunya Gwen untuk menyaksikan hal tersebut. Parsley bercerita bahwa buah tersebut adalah Golden Sweet Potato dan kentang itu sangat keras tetapi memiliki nutrisi yang tinggi. Parsley juga bercerita akan rumor tentang kentang ini bahwa dapat memberikan kehidupan yang abadi yang diberinama "Fruit of Happiness".

Woody kemudian bercerita bahwa ia saat pertama kali datang ke desa ini, ia memakan kentang tersebut. Kemudian Gwen mencoba menyarankan kepada semua orang yang ada disana untuk mengadakan Festival Sweet Potato dan semua orang setuju dengan pendapat Gwen tersebut.

Keesokan harinya dimana akan diadakan Festival Sweet Potato, datanglah ke Walnut Forest/ sekitar rumah Woody dan disana semua orang berkumpul bersama merayakan festival, kemudian Parsley datang dengan membawa kabar baik, ia mengatakan bahwa desa menjadi selamat karena kejadian tersebut, sebab desa ini memiliki potensi kentang tersebut bisa tumbuh dan rencana membangun tanam hiburan pun di batalkan.

Kemudian setelah even festival tersebut Tim akan datang ke perkebunanmu dengan mengucapkan terima kasih atas bantuanmu karena desa menjadi selamat dan ia bebas perpetualang di desa ini. Selesai !
___________________________________________________________

 TREASURE HUNT #2
Karakter Kunci
Dia, Tim, dan Bob
Item Kunci
Benih dari Sacred Land

Akhir cerita ini sama seperti Ending Treasure Hunt #1 hanya saja anda akan melihat bahwa Dia yang akan menemukan Secred Land bukan anjing peliharaanmu. Agar bisa mengetahui cerita ini, pertama anda harus bersahabat dahulu dengan Tim dan Bob, berikan mereka hadiah kesukaan mereka.

Setelah berteman baik dengan Tim, Tim akan datang berkunjung ke perkebunanmu dan membawa berita penting. Dia rupanya menemukan peta harta karun dan ia bermaksud untuk menggalinya bersamamu. Jack akan diajak ke Walnut Forest dekat Sunny Garden Cafe untuk menggali harta terpendam tersebut. Setelah menemukan harta karun tersebut disana terdapat kumpulan mainan. Kemudian Bob datang kesana dan memberitahu bahwa kumpulan mainan tersebut adalah harta karun ia saat kecil, tetapi saat ia beranjak dewasa ia tidak membutuhkan kumpulan mainan ini lagi.

Bersahabatlah terus dengan Tim dan Bob, beri perhatian yang lebih kepada mereka. Sampai suatu hari Tim akan kembali lag dengan membawa peta harta karun yang asli dan kemudian akan memberikan peta tersebut langsung kepadamu. Ia tidak tahu bagaimana cara masuk ke Secred Land di Prairia Forest tersebut, dan ternyata tidak ada seorang pun di desa yang dapat membantu memberikan informasi tentang tempat rahasia tersebut.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bahwa jalur cerita akan mulai berubah setelah ini, dan tentunya yang akan menemukan Secred Land pada bagian Ending Treaseure Hunt #2 ini adalah Dia, dan bukan anjing peliharaan Jack saat di ending Treasure Hunt #1.

Bertemanlah dengan Dia, berikan hadiah kesukaannya. Sampai suatu hari saat anda masuk ke villa tempat Dia tinggal saat siang hari, ia akan membantumu untuk mencari Secred Land tersebut. Bertemanlah terus dengan Dia dan kunjungilah terus di tempat ia tinggal, beberapa kali ia akan bercerita tentang dirinya, dan keluarganya.

Sampai suatu hari Dia akan berkunjung ke tempatmu dan mengatakan bahwa ia berhasil mengetahui cara masuk ke Secred Land di Praria Forest. Kemudian Jack dan Dia akan pergi ke sebelah kiri di dekat daerah Clove'sVilla, dan kalian berhasil menemukan cara masuk ke Secred Land dengan melewati gua yang berada disana.

Saat berada di depan gerbang Secred Land, anda akan melihat sebuah batu besar disana dengan beberapa tulisan dan di sebelahnya ada beberapa ladang dengan 5 kotak yang terdiri dari 4 simbol berbeda-beda. Dia akan membimbingmu ke batu besar disana dan membaca tulisan tersebut, batu tersebut tertulis "Tanamalah tanaman disini dan sebuah emas akan muncul tepat disini". Tetapi, kata-kata tersebut membinggungkan Dia, dan ia pergi berpamitan meninggal Jack sendirian disana, karena tidak tahu cara menyelesaikan teka-teki tersebut.

Dibawah ini adalah arti dari beberapa simbol yang berada di beberapa petak lahan yang ada disana. Pastikan anda menanam dengan benar mengikuti kode di bawah ini. Jangan lupa juga untuk membawa sekitar 10 lebih dari setiap sayuran yang ada (Kentang, Jagung Tomat, dan Breadfruit sebanyak 10 benih). Jika anda melihat dengan jelas ciri perbedaan dari kotak-kotak yang ada di lahan sebelah batu peringatan pada tempat ini, yang mana ada 4 kotak dengan simbol yang berbeda dan anda harus menanam dengan sesuai petunjuk yang ada di bawah ini :


  • Heart/ gambar hati tanamlah Sayuran Tomat; 8 buah benih
  • Square/ gambar kotak tanamlah sayuran Jagung; 4 buah benih
  • Musical note/ gambar musik tanamlah sayuran Breadfruit; 9 buah benih
  • Star/ gambar bintang tanamlah sayuran Kentang; 4 buah benuh
Sekarang tugasmu disini adalah menanam beberapa benih yang sesui dengan petunjuk yang ada dengan benar, dan jangan lupa juga untuk menyiram sampai mereka tumbuh. Seandainya anda menanam benih ditempat yang salah, maka anda harus menggunakan cangkul untuk menghapusnya, dan menanam benih dengan benar sesuai petunjuk diatas.

Saat tumbuhan disana mulai tumbuh, akan ada even dimana Jack akan melihat sebuah peti harta karun dari kejauhan dan ia pun menghampiri peti tersebut, kemudian selang beberapa waktu muncullah Dia yang mengucapkan selamat kepada Jack karena telah berhasil menemukan harta karun. Kemudian Dia dan Jack membuka peti tersebut, mereka menemukan sebuah benih didalamnya. Lalu Jack menyerahkan benih rahasia tersebut kepada Dia untuk menanam benih tersebut.

Lalu Dia akan meminta bantuan Lyla, untuk mengijinkannya menanam benih yang didapatnya untuk ditanam pada lahan tanah disamping toko Lyla, dan ia mengijinkan hal tersebut. Kemudian berkunjunglah terus di sekitar toko Lyla, dimana akan ada even, Dia mengatakan bahwa tanaman yang ia tanam telah menjadi bunga yang mulai mekar.

Sampai suatu hari Dia akan berkunjung ke perkebunanmu dan mengatakan bahwa bunga siap untuk di petik. Ketika sampai di Flower Shop, Lyla dan Parsley sudah berada disana. Setelah itu Dia memetik buah yang ada disana, dan ia merasa heran kenapa warna buah ini mirip sekali dengan kentang. Kemudian beberapa saat pula muncul juga Woody dan cucunya Gwen untuk menyaksikan hal tersebut. Parsley bercerita bahwa buah tersebut adalah Golden Sweet Potato dan kentang itu sangat keras tetapi memiliki nutrisi yang tinggi. Parsley juga bercerita akan rumor tentang kentang ini bahwa dapat memberikan kehidupan yang abadi yang diberinama "Fruit of Happiness".


Woody kemudian bercerita bahwa ia saat pertama kali datang ke desa ini, ia memakan kentang tersebut. Kemudian Gwen mencoba menyarankan kepada semua orang yang ada disana untuk mengadakan Festival Sweet Potato dan semua orang setuju dengan pendapat Gwen tersebut.

Keesokan harinya dimana akan diadakan Festival Sweet Potato, datanglah ke Walnut Forest/ sekitar rumah Woody dan disana semua orang berkumpul bersama merayakan festival, kemudian Parsley datang dengan membawa kabar baik, ia mengatakan bahwa desa menjadi selamat karena kejadian tersebut, sebab desa ini memiliki potensi kentang tersebut bisa tumbuh dan rencana membangun tanam hiburan pun di batalkan.

Kemudian setelah even festival tersebut Dia akan datang ke perkebunanmu dengan mengucapkan terima kasih atas bantuanmu karena desa menjadi selamat dan ia juga mengatakan senang bersahabat denganmu, karena ia merasa saat bersahabat denganmu ia menjadi tidak egois. Kemudian ia menyatakan cinta kepada Jack dan menciumnya. Selesai !

40 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

40 komentar:

  1. thanx infonya ijin copy

    BalasHapus
  2. gan emailin donk semua walktrought tentang harvestmoon please,,,,

    umayajah@gmail.com

    BalasHapus
  3. udah keren cuman crita nya klow dah slesai jgn ngulang dri awal gtu byar seru

    BalasHapus
  4. nih yang w cari2,makasih gan. izin donlot

    BalasHapus
  5. keren sih, tapi pelit amat ente gan, kagak bisa di copy. di download juga kagak bisa

    BalasHapus
  6. cara tanam bunga biru gmn gan?
    adanya di key item tp gak bisa dikeluarin dari tas..makasih gan atas infonya sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah dikeluarin... agan bediri aja di tempat yg buat nanam bunga nya.tpi harus pas dirinya. trus di tkn tombol kotak nnti muncul bacaan " tanam benih disini? " trus tinggal di yes.

      Hapus
  7. Aku dah pernah ni main harvest moon ini di ps 2 malah udah ratusan ribu uangku tapi sayangnya memoryku hilang ��������

    BalasHapus
  8. Gan di horse race,aku udah kalahin waktu gwen tapi koq,udah di suruh ulangin lagi,aku pernah cetak record 50,24 detik

    BalasHapus
  9. Saya mau ngasih tahu bahwa di harvestmoon save the homeland ini ikan legendararis yg ada di maple lake bukan hanya silver fish tapi ada ikan legendaris lain, ikan tersebut dinamakan KING OF MAPLE LAKE,ikan tersebut hanya bisa didapatkan dengan pancingan yg diberi oleh kurt.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Untuk gamers harvestmoon save homeland bahwa saya akan memberi tahu semua tentang ikan legendaris yg ada di dalam permainan ini. Ada 2 ikan legen daris yaitu silver fish dan king of maple lake.kedua ikan tersebut hanya bisa dipancing oleh pancingan super yg di beri oleh kurt.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Saya sudah mendapatkan kedua ikan tersebut dengan pancingan super. Setelah saya menyelesaikan 9 ending saya melanjutkan ke ending silver fish.setelah diberi pancingan oleh kurt lalu saya memancing di danau setiap malam dan hasilnya nihil saya tidak mendapatkan silver fish tapi pada suatu malam saat saya memancing malah mendapat king of maple lake yg langka.jika tidak salah ikan tersebut memakai mahkota dikepalanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya silver fish hanya di harvestmoon leaf of falley yang mirip sama HM save the homeland

      Hapus
  14. Untuk gamers harvestmoon save homeland bahwa saya akan memberi tahu semua tentang ikan legendaris yg ada di dalam permainan ini. Ada 2 ikan legen daris yaitu silver fish dan king of maple lake.kedua ikan tersebut hanya bisa dipancing oleh pancingan super yg di beri oleh kurt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rizaldi Ijay ente dah nyelesain misi treasure hunt 1?

      Hapus
  15. Gan kok layla nya pergi ya ? Mau kemana dia ? Apa harus dicegah ?

    BalasHapus
  16. Terima Kasih banyak gan/sist. Semoga blog ini makin ramai. AMIN ^_^

    BalasHapus
  17. Gan kok saya ga dapet silver fishnya padahal dh tiap hari mancingnya apa harus ada bulan purnama dan lempar pancinganya harus jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas cuacanya cerah Mancing nya malem"..
      Buat bedain silver fish apa bukan pas lempar kail bayangan nya jauh dari kail yg kita lempar,kita harus deketin bayanganya...

      Hapus
    2. Pas cuacanya cerah Mancing nya malem"..
      Buat bedain silver fish apa bukan pas lempar kail bayangan nya jauh dari kail yg kita lempar,kita harus deketin bayanganya...

      Hapus
  18. Bagus gan, lengkap dan tepat :))

    BalasHapus
  19. Gan anjing saya mati gimana solusinya gan,

    Tolong jawabanya gan

    BalasHapus
  20. Gan mau tanya dong....wktu balap kuda lawan bob menang,tapi lawan gwen kalah...trus udh balik lg hari selasa d.pacuan nya bob tapi kok gak ada adegan buat nantang ulang gwen...pdahal gwen nya lg ada d situ... T_T

    BalasHapus
  21. Gan mau tanya dong....wktu balap kuda lawan bob menang,tapi lawan gwen kalah...trus udh balik lg hari selasa d.pacuan nya bob tapi kok gak ada adegan buat nantang ulang gwen...pdahal gwen nya lg ada d situ... T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Ngobrol sama gwen nya gan. Disitu nnti yg akan balapan sma gwen. Klo gg selasa, kamis yaa

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Pencet x gan, bukan kotak, nanti ada piihan, pencet yes

    BalasHapus
  24. Kok layla nya gak datang datang ke rumah si hero ya di ps ku?

    BalasHapus
  25. Gan mau tanya, kok setelah nanam secred land.. gg pernah ada even lanjutanny ya :(
    Apa ditungguin semalaman disana atau gimana ?

    BalasHapus
  26. Cara mendapatkan power beri goodes harves ko susah.ane udah ulang2 terus ga mkan apapun pergi ke godes malah ga dapat apa2

    BalasHapus

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih