Di larang klik kanan

Senin, 22 Juli 2013

Panduan -> Final Fantasy The 4 Heroes of Light


Yang namanya petualangan terkadang datang tanpa diduga. Hal yang sama dialami oleh Brandt. Di hari saat dia dianggap sebagai individu dewasa, dia langsung ditugaskan untuk menolong sang Putri. Namun petualangan menolong sang Putri tidak berhenti setelah dia menyelamatkannya. Petualangan Brandt malah membawanya ke petualangan yang lebih rumit dari perkiraannya.

________Tips Bermain_______
  1. Jika kamu tidak tahu tujuan selanjutnya, jangan ragu untuk mengajak bicara setiap orang yang kamu jumpai, karena mereka akan memberi info tentang tujuanmu selanjutnya. Beberapa orang perlu diajak bicara sampai 2x sebelum memberikan info yang berguna.
  2. Jika kamu kekurangan uang, jangan jual gem -mu. Untuk mencari uang, lawan saja musuh dan jual barang yang mereka jatuhkan. Jadi kamu sekalian mendapatkan uang plus exp.
  3. Gunakan gem yang ada untuk meng-upgradecrown dengan bijak. Jangan habiskan gem yang ada sekaligus, tetapi pikirkan job apa yang akan kamu pilih untuk karaktermu.
  4. Upgrade equipment- mu secara berkala. Karena akan sangat menentukan kemenangan di pertarungan pertengahan cerita sampai akhir game.
  5. Gunakan ability dengan bijak. Jangan hanya mengandalkan serangan fisik, perhatikan juga ability dari tiap job yang ada. Jangan lupa untuk selalu melihat AP-mu.
  6. Manfaatkan elemental equipment yang ada, karena sangat membantumu dalam pertarungan-pertarungan sulit, terutama boss.
________CERITA_______
Disuatu kerajaan kecil bernama Horne, Brandt terbangun pada pagi hari dimana saat itu adalah hari ulang tahunnya yang keempat belas. Hari dimana ia telah menjadi seorang dewasa, dan tradisi yang melekat pada kerajaan disini adalah saat seseorang beranjak dewasa, ia harus pergi ke istana untuk menampilkan dirinya kepada raja.

Namun ketika ia tiba di istana ia melihat raja sedang bingung dan sedih, yang ternyata seorang putri kesayangannya telah menghilang diculik oleh Penyihir dari Utara. Dengan tidak ada lagi orang lain yang bisa diminta bantuan, raja membuat permintaan mengejutkan kepada Brandt untuk menyelamatkan sang putri?

Dan dengan demikian petualangan Brandt dimulai ! Akhirnya ia bergabung dengan tiga jiwa muda pemberani lainnya. Bersama-sama mereka akan mengalami perjalanan penuh Kesulitan, menggembirakan dan duka bersama.

Meskipun pada awalnya mereka tidak saling percaya satu dengan yang lain, tetapi keempat Heroes of Light ini mulai membangun ikatan kepercayaan dan rasa peduli dengan yang lain begitu kuat dan pada akhirnya mereka menyadari, bahwa mereka lah orang-orang terpilih yang harus menyelamatkan dunia dari kejahatan.

________Karakter_______

The Four Heroes

BRANDT                                                                                              
Brandt adalah anak yang baik hati, memiliki kepribadian kuat yang membuatnya menarik orang lain untuk didekati, karakter yang penuh semangat juang tinggi.


Crowns 1 Crowns 2
JUSQUA                                                                                               
Jusqua adalah orang mempunyai intelektual yang tinggi dan selalu berpikir realistis, tidak heran setiap langkah dan aksi yang ia ambil selalu berjalan baik. Tapi dia dapat sangat kekanak-kanakan saat ia tidak ingin melakukan sesuatu.


Crowns 1 Crowns 2
YUNITA                                                                                            
Yunita adalah ksatria wanita, yang memiliki ketabah dan kesetia yang tinggi kepada keluarga kerajaan. Kemampuannya untuk tetap waspada dan memperhatikan hal yang terincian sekecil apapun membuatnya menjadi karakter yang mengesankan, tapi dia sedikit pemarah karena hal-hal sepele yang bertentangan dengan pemikirannya.


Crowns 1 Crowns 2
AIRE                                                                                                 
Aire adalah seorang putri dari kerajaan Horne. Dia sangat suka sekali berbicara, menghibur dan bercanda dengan yang lain. Kebanyakkan orang tidak menyangka bahwa ia adalah seorang putri, karena sifatnya tersebut yang sedikit menginginkan kebebesan yang selalu membantu orang orang.


Crowns 1 Crowns 2

Karakter Lain (Others)
LOUHI                                                                                 
Ia adalah orang yang menculik putri dari kerajaan Horne, Aire. Orang yang sangat tidak bisa di tebak kemauannya, lalu ia memiliki banyak misteri yang sulit di jelaskan.

 Crowns 1
KRINJH                                                                                 
Seorang pemuda yang dapat kamu temui di tengah Gurun (Desert of the Moon). Matanya berkilau dengan kekuatan magis yang aneh.

Crowns 1 Crowns 1
THE ADVENTURER                                             
Seorang pria misterius yang berkeliling dunia dengan pasangan rubah setianya. Dia selalu muncul di mana pun petualangan membawamu.

Crowns 1 Crowns 1
LILIBELLE                                                                                         
Seorang peri ajaib yang berteman dengan salah satu dari empat pahlawan dan mengantar mereka menuju The Great Tree.


TORTE                                                                                        
Satu kesalahan percobaan besar yang menyebabkan Torte berubah menjadi tikus kecil. Meskipun sedikit sedih akan kejadian dimasa lalu, ia masih bekerja tanpa lelah untuk menjadi seorang bijaksana dan baik.


Crowns 1 Crowns 1
REKOTEH                                                                                   
Seorang gadis muda ras Dragonier yang tinggal di Invidia. Dia putus asa mencari cara untuk menjangkau Spelvia.

Crowns 1 Crowns 1
DRAGON                                                                               
Keturunan terakhir dari spesies naga yang hampir punah.

Crowns 1 Crowns 1
ROLAN                                                
Rolan tidak lagi mempercayai manusia untuk beberapa alasan yang tidak diketahui. Tetapi hal tersebut mulai berubah ketika ia bertemu Brandt dan para sahabatnya.

Crowns 1

________Mini-Games_______
  • Tukang Jaga Toko
Berbicara kepada orang yang berada di depan Toko Senjata di Urbeth untuk memulai pekerjaan menjaga sebuah Toko. Kamu harus menetapkan harga dari item-item yang kamu ingin jual dalam permainan ini untuk membuat uang sebanyak yang Anda bisa! Mainkan minigame ini untuk membuang item-item yang tidak perlu lagi atau tidak terpakai lagi. Cobalah menghasilkan uang untuk membeli euipment baru.

Crowns 1 Crowns 3
  • Multiplayer (Bermain Bersama Teman !)
Kamu dapat menjelajahi dunia Final Fantasy : The 4 Heroes of Light ini bersama-sama dengan teman-temanmu, dengan cara menggunakan kemampuan wireless dari Nintendo DS.

Kamu akan mengumpulkan Battle Points ketika bermain bersama dengan teman-temanmu dalam multiplayer mode. Dengan menukarkan Battle Points tersebut untuk semua jenis item langka pada Hadiah di Wireless Hub, yang terdapa di masing-masing kota di game ini.




Crowns 1 Crowns 2

Crowns 3



________WALKTHROUGH_______
Horun, town of beginnings =
Setelah bisa mengontrol Brandt, cek perapian untuk Potion. Keluar dari rumah, lakukan save dengan berbicara ke pria bertopi merah dengan serigala. Bicara dengan ksatria di depan pintu kota untuk Phoenix Down dan wanita di sebelah tempat save untuk Potion. Lantai paling atas Inn ada Torch yang bisa dipungut. Pergilah ke utara, ke tempat di mana ada domba dan Menara terkunci.

Cek jurang di kanan menara untuk Potion. Pergi ke kiri kemudian ke utara untuk menuju istana. Jalan lurus terus untuk bertemu dengan raja. Setelah selesai, bicara dengan councelor untuk 100 Gil. Di ruangan ini masuki pintu di sebelah kanan bawah, bicara dengan wanita di sini untuk Phoenix Down.Keluar dari Throne Room, masuki pintu merah kanan di belakang Throne Room untuk Wood Shield dan Potion.

Kemudian pintu di sebelah kiri untuk Phoenix Down. Setelah selesai, tinggalkan istana dan pulang untuk bicara dengan ibunya Brandt. Kamu akan mendapatkan Inherited Ring. Keluar dari kota jalan ke kanan, lalu utara sedikit, maka kamu akan melihat gua, masuki menuju North Caves.

North Caves =

Gua ini sangat gelap, maka gunakan Torch dari inventory -mu. Jalan terus, ambil cabang atas untuk Potion. Di cabang berikut, ambil kiri untuk Phoenix Down. Turuni tangga ke North Caves B1, bersiap menghadapi Boss pertamamu!

Boss Fight: Minotaur (HP: 120)

Usahakan Brandt berada pada level 3-4. Brandt akan dibantu oleh Jusqua dengan Magic-nya. Jusqua cukup menggunakan Fire, Brandt attack. Lakukan Heal bila perlu.

Setelah bertarung, beri item pada Jusqua agar dia bisa menyembuhkan diri. Pilih Potion di inventory Brandt, lalu pilih Give. Lanjutkan perjalanan menuju North Caves 1F North. Jalan terus sampai ada cabang, pilih jalan ke kiri untuk 2 item, Hatchet dan Phoenix Down. Kembali ke percabangan dan jalan ke atas. Ikuti jalan sampai bertemu tempat save. Sesampainya di World Map, masuki satu-satunya tempat yang bisa kita tuju.

= Witch Mansion =

Dari pintu masuk ada tangga di sebelah kiri, naik lalu masuki pintu menuju Witch Mansion 2F. Jalan terus sampai melihat treasure chest berisi Cure. Set abilities pada Brandt sehingga dia bisa melakukan Heal. Ikuti jalan, jangan menuju tangga, masuk pintu bawah sampai ke tempat dengan 2 kotak harta. Kotak di sebelah kiri berisi Potion, dan di kanan merupakan monster Mimic (Steel Armor).

Naiki tangga sampai ke Witch Mansion 3F. Ikuti terus jalannnya sampai melihat kotak berisi Phoenix Down. Lanjutkan ke Witch Mansion 2F. Jalan ke kanan terus, nyalakan lilin di sana. Balik ke arah pintu masuk sampai melihat Yunita. Bantu dia melawan semua monster. Setelah selesai, Yunita akan pergi, pilih jawaban [Wait!], agar dia bergabung dengan kita.
Sekarang kembali ke pintu utama, masuki pintu yang tadinya terkunci. Ambil Horne's Bow di sana. Ada pintu yang terkunci, naiki tangga yang ada. Ambil Dragon Wing. Naiki tangga, jalan terus sampai melihat tempat save. Masuki pintu, bicara dengan Aire di sana. Setelah Aire bergabung, pastikan equipment dan item sudah terpasang. Coba tinggalkan ruangan ini. Bersiaplah melawan Boss.
Boss: Greaps (HP: 279)
Cukup serang dengan pukulan biasa dan Fire seperlunya. Cure sangat membantu bila HP kritis. Saat Greaps mulai terbang, Brandt dan Aire melakukan Heal, Jusqua dan Yunita menggunakan Fire. Ulangi terus strategi ini.
Setelah mengalahkannya, kamu akan mendapat Crown Of Wayfarer. Masuki teleporter yang disediakan, kamu akan di transport keluar dari Witch Mansion. Kamu bisa menggunakan Dragon Wing, tetapi ada baiknya jika berjalan lagi di North Caves agar levelmu meningkat. Sampai di kota, pergi ke kastil lalu ke Throne Room. Bicara dengan satu-satunya orang di sana.
Lihat event kemudian keluar dari kota. Bergeraklah ke kanan, ke arah padang pasir. Berjalan terus sampai ada event di sana. Krinjh akan bergabung denganmu. Jalan ke arah kiri-atas sampai ke Moon Light Tower.

Moonlight Tower =
Ada 4 jalan di sini. Pertama ke kanan, naiki tangga, ambil kotak berisi Tempest Pike. Kembali lagi ke 1F lalu jalan ke atas untuk tangga lainnya dan mengambil Phoenix Down di sebelah kiri. Turun ke 1F lagi, kemudian ke kiri untuk naik tangga lagi. Ikuti jalan dan naik tangga lagi sampai 3F. Akan ada cabang ke kiri dan kanan. Ambil kiri, naik ke 4F dan ikuti jalan untuk mengambil Rising Sun.
Balik arah menuju cabang tadi, ambil ke kanan. Save game-mu bila perlu dan ikuti jalannya. Cek altar dan lihat scene. Setelah selesai, keluar dari Moonlight Tower.Dari Moonlight tower, pergi ke bawah. Jika bingung, tekan Y untuk melihat peta. Kamu akan melihat kota Guera.

=Guera=
Masuki Guera pada siang hari, belanja dan lengkapi equipment -mu. Jalan ke utara untuk sampai di Guera Palace. Masuki teleporter dan bicara dengan raja. Tinggalkan kota, lakukan leveling hingga malam hari. Kembali ke Guera Palace, masuki teleport pertama, lalu ke kanan 2x. Setelah itu masuki pintu di pojok kanan yang dijaga di siang hari. Jalan terus ke bawah menuju Guera Caverns.
Gunakan Torch jika mau. Misimu di sini adalah mencapai Water Tome. Dari pintu masuk, ke kanan untuk mengambil Torch. Selanjutnya ke kiri menuju area berikutnya. Ke kiri sampai ujung, selanjutnya ke bawah lalu ke kanan untuk ke area selanjutnya. Dari sini, ke kanan terus sampai pojok. Selanjutnya ke atas, abaikan cabang ke kiri dan kanan, terus ke atas untuk mendapat Water Tome.
Ingat cabang yang sebelumnya saya suruh abaikan? Sekarang ambil cabang ke kiri dan ikuti jalan sampai ke area berikutnya. Di area selanjutnya jalan ke atas terus untuk mengambil Phoenix Down di ujung. Setelah itu ke kiri untuk lompat ke pintu masuk lagi. Sekarang keluar Guera, ke arah kanan atas menuju Quicksand Castle.

= Quicksand Castle =
Area ini cukup membingungkan karena banyak pasir hisap yang akan membuatmu kembali ke lantai bawah. Dari pintu masuk, ambil jalan ke kanan, lalu atas. Kemudian ke kiri lalu ke atas lagi menuju area selanjutnya. Lanjutkan ke kiri ujung lalu ke bawah untuk ke area berikut. Pergilah ke utara untuk melanjutkan, naiki tangga di kanan. Kamu akan tiba di tengah pasir hisap.
Jalan ke bawah sebanyak 2x dan save game mu. Perlu diperhatikan bahwa Krinjh akan meninggalkan party setelah ini. Pastikan mengambil Sword, Robe dan item dari inventory -nya. Tiba di atas, kamu akan melawan boss.
Boss: Sand Devil (HP: 600)
Mulailah dengan melakukan cast Water spell, kemudian attack sekuat tenaga. Setiap 2 turn, akan ada message "sand begins to flow ". Hal ini berarti kamu harus mengulangi menggunakan magic Water ke boss. Sand Devil bisa menggunakan sandstorm yang menyerang semua member. Heal teman-temanmu dan jaga AP mu.
Setelah mengalahkannya kamu akan mendapat Crown Black Mage dan White Mage. Kembali ke Guera. Istirahat di Inn karena Palace tertutup dan lihat scene.

= Liberte=
Kamu akan mengendalikan Aire. Keluar dari rumah lalu jalan ke kiri, ikuti jalan sampai masuk ke sebuah rumah. Bicara dengan seorang anak bernama Apollo dan ibunya. Di lantai bawah rumah ini ada Giant Ring. Setelah itu, kembali ke tempat Jusqua. Setelah Jusqua bergabung, set kembali equipment- mu. Sebaiknya pasangkan Aire menjadi White Mage dan Jusqua menjadi Black Mage. Setelah beres, keluar dari Liberte. Jalan ke kanan untuk melihat Pirate Hideout.

Pirate Hideout =
Dari pintu masuk, passwordnya "Freedom ". Jalan ke atas untuk menemukan tangga. Di 2F, kamu akan melihat 2 cabang. Di cabang kiri ada 300 Gil, kemudian ambil cabang ke kanan dan ikuti jalan sampai melihat save. Ada 3 jalan di sini, di sisi kanan ada Terra Stave, di kiri ada Rock Lance dan tengah untuk melawan Boss.
Boss: Trollud (HP: 400)
Usahakan Aire dan Jusqua mencapai lvl 11 untuk memudahkan pertarungan. Aire tetap melakukan Healthgiver dan Cure, sementara Jusqua menggunakan Fire. Hati-hati dengan Whirling Bludgeon dan Berserk Up status, karena bisa mengakibatkan 1 karaktermu berada dalam kondisi kritis.
Setelah menang, jalan terus untuk mendapat banyak item. Bicara dengan semuanya dan kembali ke Liberte.

=Liberte=
Masuki rumah Apollo, bicara dengannya untuk mendapat Apollo Talisman. Kembali ke rumahmu untuk menyembuhkan diri. Sebelum melanjutkan, ada baiknya jika kamu cek kembali equipment- mu dan membeli item untuk menyembuhkan status di dungeon berikutnya. Lihat scene lalu keluar dari Liberte, tunggu hingga malam. Masuk ke Liberte, ke utara dan masuki Whirlpool.

??? (Liberte Whirlpool) =
Dari pintu masuk, lurus terus sampai menemukan tanah hijau. Ada lever di kanan untuk membuka pintu yang tertutup di atas. Pintu tersebut berisi Mimic, kalahkan untuk mendapatkan Stream CapeEquip pada Aire sebelum melanjutkan ke kanan. Selanjutnya kamu akan menemukan lever lagi, aktifkan dan terus berjalan ke kiri sampai ada lever lagi, maka pintu pertama akan terbuka.
Jalanmu akan terhalang lagi. Ada cabang kanan dan kiri, masing-masing ada 2 lever tersedia. Cukup mudah karena hanya 1 jalan saja. Setelah pintu terbuka, bersiap untuk melawan boss.
Boss: Brainshark (HP: 550)
Seperti pertarungan boss sebelumnya, Aire melakukan Healthgiver dan Jusqua tetap menggunakan Fire. Waspadai Waterspray yang bisa menimbulkan berbagai status. Setelah selesai, buka treasure dan lihat scene.

Liberte/Animal Burrow/Guera =
Bicara dengan Apollo dan Lilibelle. Setelah mendapat World Map, keluar dari Liberte. Jalan ke atas dan ke kiri, di sepanjang pantai. Ikuti jalan, akan ada ujung di antara gunung-gunung (agak tersembunyi). Masuki Animal Burrow dan cukup ikuti jalan sampai kita harus melawan Ogre Bear. Jangan berusaha,karena kamu tidak akan menang. Setelah itu kita mendapat Crown Bard dan Bandit.
Keluar dari Animal Burrow, ke kiri terus untuk sampai di Guera. Masuki Guera pada malam hari, bicara dengan Brandt di depan Inn. Selanjutnya keluar dari Guera, pergi ke ujung barat laut dari padang pasir ini, menuju Fairy Path.

= Fairy Path =
Dari pintu masuk, ke kiri ada Spirit Ring. Kembali dan ikuti jalan ke atas untuk Spring Gauntlet. Setelah itu ikuti jalan lagi untuk keluar. Selanjutnya ke utara terus untuk sampai di Arbor. Lihat scene.

Liberte/Hunting Caves =
Kamu akan mengendalikan Jusqua lagi. Bicara dengan kucing 4x agar dia "bergabung" dengan kita. Keluar dari Liberte jalan ke atas terus sampai melihat gua. Masuki Hunting Caves. Jalan lurus ke atas, kemudian ke kiri dan ke atas lagi. Kemudian ke atas dan kanan sampai melihat pintu keluar. Lanjutkan berjalan ke arah atas kiri sampai melihat kota dengan menara yang tinggi, itulah Urbeth.

Urbeth =
Kamu bisa mulai berkeliling di kota besar ini. Masuki Urbeth di siang hari. Misi kita adalah Sorcerer's House di bagian ujung timur laut kota ini. Bicara dengan Sorcerer dan setuju untuk membayar 10000 Gil. Karena kita tidak punya uang sebanyak itu, maka kita akan mulai mencari pekerjaan. Di setiap shop ada pekerjaan. Perlu diketahui bahwa setelah membayar 10000 Gil dan pergi ke Inn semua quest akan hilang kecuali Thauzand Quest. Untuk melanjutkan story, kamu harus memberikan sejumlah uang ke penyihir tadi. Berikut cara menyelesaikan tiap quest:
  • Trylion, Accessory shop di bagian Timur laut: Misimu menjual 3 cincin, setelah berhasil kamu akan dibayar 2500 Gil.
  • Wanita di rumah di sebelah kiri, dekat dermaga juga
  • Pria di dekat Inn/Upgrade Shop di tenggara
  • Mylion, Armor shop di bagian Timur Laut:
Misi kita memberi Bomb Fragment yang bisa di Steal dari Hellhound. Setelah selesai kamu akan dibayar 2500 Gil. Kamu bisa mencari Hellhound di Tower to The Sky atau di luar Urbeth.
  • Bylion, Item shop #3, di bagian Barat daya:
  • Thauzand, Weapon shop di bagian Timur Laut:
Kamu akan dipinjami toko untuk menjual barang-barang di storagemu. Kamu bisa mendapat uang sebanyak-banyaknya di sini.
  • Mylion, Armor shop di bagian Timur Laut:
  • Bylion, Item shop #3, di bagian Barat daya:
  • Thauzand, Weapon shop di bagian Timur Laut:
  • Mylion, Armor shop di bagian Timur Laut:
  • Bylion, Item shop #3, di bagian Barat daya:
  • Thauzand, Weapon shop di bagian Timur Laut:
Setelah mendapat cukup uang, pergi ke tempat Sorcerer untuk membayar. Setelah itu pergi ke Inn. Sebelum ke Inn saya anjurkan untuk membeli equipment dan item terlebih dahulu. Beli Darksteel Shield untuk memudahkan pertarunganmu kelak. Pergi ke Inn setelah siap. Akan ada banyak monster di sekeliling kota, namun bossnya adalah monster di depan Weapon Shop milik Thauzand. Bicara dulu dengan Yunita untuk merekrutnya dan persiapkan dia dulu sebelum berniat melawan boss (atau musuh lainnya)..
Boss: Demon (HP: 450)
Darksteel Shield akan melindungimu dari Dakra. Tetap serang secara konstan, perhatikan AP dan jangan lupa melakukan Heal.
Setelah menang kamu akan mendapat Crown Merchant dan Salve-Maker. Kembali ke Weapon Shop dan bicara dengan Thauzand, kemudian ke Inn. Keesokan harinya keluar dari Urbeth, hiraukan Yunita, dan naiki kapal yang tersedia. Pergi ke atas untuk melihat scene.

= Arbor =
Kita kembali menggunakan Aire. Masuki pintu utama Arbor. Saya sarankan membeli Red Shot untuk memudahkan perjalanan. Pergi ke sebelah kanan bawah Inn untuk sampai di Great Tree Root.

= Great Tree Roots =
Jalan ke kanan untuk menemui Torte, dia akan bergabung denganmu. Teruslah ikuti jalan ke kanan untuk sampai ke B2. Tetaplah ikuti jalan ke kanan. Di cabang pertama yang kamu temui, ambil ke kiri, bawah, kemudian ke kanan lagi. Di cabang selanjutnya pilih ke atas untuk mendapatkan Animal Staff yang kita cari. Sekarang kembali ke tempat Brandt untuk menjemputnya lagi.

= Arbor =
Jalan ke puncak untuk berbicara dengan Queen of Arbor. Setujui usulnya untuk menemui Arbaroc. Dari Queen's Throne pergi ke kiri untuk masuk ke Great Tree.

Great Tree =
Jalan ke kanan terus, dan tetap ke kanan di cabang pertama. Di perempatan, ambil jalan ke atas untuk Phoenix Down. Kembali ke perempatan, ke kiri menuju tangga untuk mengambil Wind Cape di 2F. Kembali ke cabang pertama kita tadi, kali ini ambil jalan ke bawah. Terus ikuti jalan sampai ke tangga menuju 2F. Dari sini ke kiri lalu ke atas, masuki pintu, kemudian ke kiri lalu bawah untuk masuk pintu lainnya, jalan ke bawah lalu ke kiri untuk mengambil Phoenix Down.
Ikuti jalan ke kanan untuk menemukan tangga menuju 3F. Kita akan kembali ke B2. Ikuti jalan ke kanan sampai menemukan tangga ke 3F. Ambil jalan ke bawah di cabang pertama untuk mengambil Hi-Potion. Kemudian ke atas untuk menaiki tangga ke 4F untuk melawan Mimic (Wood Lance). Kembali ke 3F ambil jalan ke kanan. Cabang pertama menuju Phoenix Down.
Kembali ke jalan utama tadi, jalan ke kanan, lalu ke atas, masuki pintu lainnya. Ambil Ether di sebelah kanan, kemudian ke kiri. Di cabang berikutnya jalan ke kiri lalu ke bawah untuk mencapai 4F. Ikuti jalan ke bawah sampai ujung. Di kanan ada Hi Potion, kemudian di kiri ada tangga menuju Fairy Cape. Kembali ke 4F, ke kanan, atas, lalu kiri sampai kamu melihat tempat save. Bersiaplah untuk melawan Boss!
Boss: Arbaroc (HP=500)
Pastikan Wind Cape di-equip pada healer- mu dan Fairy Cape pada Brandt. Healer selalu melakukan Healthgiver, terlebih ketika Arbaroc sedang di udara karena ia akan melakukan Thundaga dan Airstorm yang akan mengenai semua member.
Setelah mengalahkannya kamu akan mendapat Crown Elementalist dan Ranger. Masuki teleporter untuk kembali ke kota. Jangan bicara dulu dengan Queen! Pergi ke Storage Shop dan lepaskan semua equipment milik Torte. Setelah itu, bicara dengan Queen untuk mendapat Transform Staff. Setelah event, bicara kembali dengan Queen untuk mengetahui arah perjalanan selanjutnya. Setelah selesai, masuki pintu sebelah kanan untuk menuju ke Summit.

=Path to Summit/Summit=
Tidak ada penjelasan apapun karena jalan yang ada lurus-lurus saja. Sesampainya di puncak (Summit), gunakan Transform Staff untuk berubah menjadi binatang, lalu lompat.

= Overworld =
Kamu seorang diri di Overworld. Kalau kamu kurang pede dengan kemampuanmu, rubah job menjadi Wayfarer. Jadi kamu bisa melakukan Runaway dari musuh yang sulit. Kembali ke Arbor, tetapi jangan masuki kotanya. Jalan ke arah barat, kemudian ke utara. Masuki gua di daerah yang bersalju.

Ice Caverns =
Ambil jalan ke kanan, ambil lilin dan tempatkan di candle holder kosong di bawah untuk Hi Potion. Kemudian ambil lilin lainnya dan cairkan es di atas untuk membuka jalan menuju B1 West. Pekerjaanmu di sini hanyalah menempatkan lilin-lilin yang ada untuk mencairkan es yang menghalangi. Ke bawah untuk mengambil lilin di kiri, kemudian ke bawah untuk mencairkan es batu yang pertama.
Pilih di antara ketiga lilin yang tersedia untuk mencairkan 2 es. Selanjutnya ambil lilin terakhir untuk mencairkan es menuju treasure chest berisi Intellect Ring. Kemudian masuki pintu. Gunakan Transform Staff dan masuki lubang yang ada..

Overworld =
Sebagai Jusqua, kembali lanjutkan perjalanan ke arah barat laut. Akan ada pantai di dekat daerah bersalju (Lihat World Map). Kemudian masuki gua yang ada di sana.

Ice Caverns (East) =
Save di pintu masuk. Jalan ke kiri, ambil lilin untuk mencairkan es di atas untuk Ether. Kemudian cairkan es di bawah untuk melanjutkan perjalananmu. Dari pintu masuk ke bawah lalu ke kiri atas untuk mengambil 1 dari 3 lilin yang tersedia. Jalan ke kanan untuk mencairkan es di kanan pintu masuk kita tadi. Kembali lagi untuk mengambil lilin, cairkan es di bagian atas.
Dari sini ke bawah untuk mengambil lilin untuk membuka jalan ke atas menuju Flame Spear. Selanjutnya ikuti jalan ke bawah. Pergi ke kanan, ambil lilin dan jalan ke kanan lalu bawah. Pasang lilinnya kemudian lanjut ke area berikutnya. Ada 4 pintu di sini. Pintu pertama mulai dari kiri. Ambil pintu paling kiri untuk Darkening Harp. Kemudian pintu ke tiga untuk save. Tentunya kita sudah tahu apa yang menanti di sana.
Boss: Sorcerer (HP=150)
Tidak ada strategi khusus. Ia bisa menimbulkan status confuse dan poison. Serang beberapa kali untuk mangalahkannya
Belum selesai. Boss yang sebenarnya pun muncul! Bersiaplah
Boss: Behugemoth (HP=500)
Bertahan selama 3 turn dan Brandt akan bergabung denganmu. Pertarungan yang cukup mudah. Jaga HP-mu dan serang seperti biasa. Setelah HP-nya berkurang 250, ia akan berubah warna dan menggunakan Thundaga. Tetap melakukan heal secara konstan untuk menjaga HP mu dan 1 orang sebagai attacker. Akan lebih baik jika salah 1 menjadi Black Mage atau Elementalist.
Setelah bertarung, Brandt akan bergabung denganmu. Kamu juga akan mendapat 10000 Gil mu kembali. Jalan terus sampai di pintu keluar. Di Overworld jalan ke kanan untuk melihat Invidia.

Invidia =
Kamu bisa mulai berkeliling dan berbelanja di sini. Kamu bisa mendapatkan Crown Beastmaster jika menyelesaikan Math game di dekat beruang kutub.

Jika sudah selesai, masuki rumah paling besar di atas, kemudian naiki tangga di kiri. Bicara dengan Rekoteh untuk membuatnya bergabung. Setelah itu cek telur raksasa di luar. Kamu memiliki 2 pilihan untuk melanjutkan cerita:
  • Ambil Firaga Tome di Urbeth
  • Lawan Mythritoise di Overworld untuk mendapat Mythril, yang dapat ditukar dengan Mythril Hammer. Mythritoise hanya terdapat di malam hari. Setelah mendapat Mythril, tukar di Weapon Shop. Tidur di Inn dan ambil Mythril Hammermu keesokan harinya.
Setelah melakukannya salah satu, bicara dengan Chief untuk mendapatkan Magic Key. Buka pintu di dekatmu dan masuki.

= Invidia Underground =
Dari pintu masuk jalan ke kanan lalu ke bawah untuk Inferno Stave. Equip pada healer atau black mage -mu. Kemudian ikuti jalan ke kiri sampai melihat tangga. Di lantai ini, ke kanan, lalu ke bawah, kemudian ke kiri lagi untuk mengambil Book Of Shiva. Kemudian turun ke bawah ke lantai B3. Di lantai ini tidak ada musuh. Tekan tombol kanan atas dan kanan bawah masing-masing sekali, sementara kiri atas dan kiri bawah masing-masing 3 kali. Jalan akan terbuka. Save game mu sebelum maju memasuki pintu.
Boss: Ice Dragon (HP = 550)
Ice Dragon memiliki pertahanan untuk Dark element dan menghisap Water/ice element. Jadi hindari menggunakan keduanya.

Equip party dengan Ice Shields untuk meminimalkan damage. Mythril Hammer juga cukup membantu untuk memberikan damage besar.
Setelah mengalahkannya, kamu akan mendapat Crown Fighter dan Scholar. Keluar dan cek telur di pintu masuk kota. Jangan lupa untuk mengambil barang-barang milik Rekoteh. Cek naga tersebut dan lihat scene.

Urbeth =
Kamu akan kembali mengendalikan Yunita... ya, sendiri! Bicara dengan Thauzand, pilih untuk mendapat Steel Sword (+5). Ke Accessory shop, bicara dengan Trylion untuk mendapat Trylion Ring. Bicara dengan Bylion di item shop untuk Potion gratis. Lawan Mythritoise untuk mendapatkan Mythril yang bisa ditukar di Armor Shop dengan Rainbow Boots. Setelah itu masuki Menara yang ada di tengah kota.

Tower To The Sky =
Jalan terus ke kiri, lalu ke atas sampai melihat tangga menuju 2F. Di 2F, jalan ke kanan sampai ujung, kemudian ke bawah, lalu ke kiri sampai melihat tangga. Jangan masuk dulu, tetapi ke atas untuk mengambil Cura Tome, lalu kembali ke tangga sampai 3F. Abaikan jalan ke bawah, terus ke kanan untuk mengambil Dark Cape. Kembali dan ambil jalan ke bawah dan pergi ke tangga sebelah kiri untuk mengambil Star Earring di 4F.
Kembali ke 3F dan pilih tangga di kanan. Di sini jalan ke kiri terus, lalu ke atas untuk menuju tangga ke 5F. Jalan ke kanan terus untuk mengambil Raise Tome. Kemudian ambil jalan ke bawah di tengah, kemudian ke kanan. Kita telah sampai di 6F sekarang. Naik, masuki pintu tengah untuk Ether, kemudian kembali dan lanjutkan ke kiri untuk sampai di 7F.
Ada dua pintu di sini. Pintu di kiri berisi Hi Potion dan pintu kanan berisi Soil Cape. Turun ke bawah dan masuki tangga di kiri menuju 8F. Ada 800 Gil di ruangan tengah, kemudian ikuti jalan ke kanan sampai 9F. Save game mu kemudian lanjutkan ke atas. Naiki pelangi di 10F untuk melanjutkan perjalanan.

= Spelvia Dungeon =
Kita sampai di B4. Ada guci untuk melakukan heal di sini. Masuki tangga dan cek kucing di sana. Aire akan bergabung denganmu. Save game mu kemudian ikuti jalan ke kanan, lalu ke kiri. Di cabang, ambil ke kanan untuk Phoenix Down atau ke kiri dan atas untuk menuju B2. Hiraukan tangga di atas. Ke kanan terus lalu ambil jalan menuju B3. Ke bawah lalu kiri, kemudian ke atas untuk mengambil Shining Axe.
Kemudian kembali menuju tangga yang tadi kita abaikan. Di B1, ada 3 jalan. Di kanan ada Book Of ramuh dan di kiri ada Shine Cape. Kamu harus mengalahkan Mimic terlebih dulu sebelum mendapatkan keduanya. Setelah itu, ambil jalan tengah menuju Spelvia.

= Spelvia =
Jika ingin menggunakan toko atau berbicara dengan Golem di sini, lakukan dalam bentuk binatang. Kalau tidak, mereka akan menyerangmu. Lumayan sih untuk menambah exp. Masuki Throne Room, bicara dengan Rolan. Setelah itu bicara dengan Witch Of The Sky dekat makam di pintu masuk. Masuki kolam di kanan.

Rolan's Soul =
Bicara dengan Rolan dan dia akan bergabung. Ada treasure chest di belakang tangga berisi Hero Armor. Masuki ke-3 pintu di atas. Di sini kamu harus mengejar siluet Rolan dengan cepat. Setelah ke tiga pintu telah berhasil kamu selesaikan, maka pintu di tengah akan terbuka. Save game-mu untuk melawan Boss.
Boss: Geri (HP = 470) Freki (HP= 450)
Pertarungan yang cukup sulit. Kamu harus membunuh mereka sekaligus. Jika tidak, mereka akan hidup kembali dengan separuh HP mereka. Pastikan healer tetap melakukan heal, sementara Black Mage melakukan Fire dan Rolan menyerang dengan serangan biasa. Perlu diingat bahwa serangan biasa akan menyerang Geki dan magic akan menyerang Freki.
Setelah itu keluar. Beristirahatlah dulu (dalam bentuk binatang, jangan lupa), lakukan save lalu bicara dengan Rolan di Throne Room.
Boss: Rolan (HP=800)
Dengan 4 anggota, kemungkinanmu untuk kalah sangat kecil. Pertarungan akan lebih mudah jika kamu meng-equip party- mu dengan Darksteel Shield.
Setelah mengalahkan Rolan, lihat event dan dapatkan Crown Party Host serta Hero. Sekarang kamu bisa berkeliling World Map dengan Naga dan mencari Legendary Item. Kamu bisa mulai dari mana saja. Tempat yang sudah kamu kunjungi akan memiliki ikon di World Map.

Guera / Moonlight Tower =
Kita akan mencari Shield of Light di sini. Masuki Guera, bicara dengan raja dan selanjutnya pergi ke Moonlight Tower. Ulangi jalan yang sama sewaktu pertama kali kita datang ke sini. Sesampainya di puncak, bicara dengan Krinjh dan kalahkan musuh yang ada. Setelah itu pergi ke Quicksand Castle.

=Quicksand Castle =
Ulangi jalan yang sama sewaktu kita melawan Sand Devil. Bicara dengan raja untuk boss battle.
Boss: King Guera (HP = 500)
Battle ini akan berakhir dalam 3 turn. Kamu bisa bertahan atau mengalahkannya dalam waktu 3 turn untuk mendapat +100Exp. Gunakan spell blizzard atau water. Untuk job, Elementalist, Salve-Maker atau White Mage merupakan pilihan yang cocok.
Boss: Asmodeus (HP =2700)
Tetap gunakan water/blizzard spell di pertarungan ini. Jika kamu memiliki Elementalist, gunakan Mysterio, Black Mage menggunakan Mirror dan Blizzaga. Sementara healer tetap melakukan heal dan cure status.
Kamu akan mendapat Crown Spell Fencer setelah ini. Bicara dengan Krinjh untuk mendapat Shield Of Light.

Invidia / Invidia Underground =
Masuki Invidia, bicara dengan Rekoteh di dekat telur naga dulu. Setelah itu, bicara dengan Chief di rumah paling besar di utara. Kemudian buka pintu di kiri. Sebelum memasuki dungeon ini, ada baiknya kamu membeli Ice Shield dan Confuse Cape Kamu bisa membeli Ice Cape di Invidia dan Confuse Cape di Urbeth Trylion Shop. Masuki dungeon setelah kamu siap.
Ikuti jalan terdahulu sampai B3 di mana di mana ada puzzle dengan 4 patung Naga. Tekan tombol di kiri atas sekali, kemudian kiri bawah dua kali, dan kanan bawah tiga kali. Setelah itu pintu akan terbuka.
Boss: Ice Dragon (HP = 1200)
Tidak ada yang baru di sini. Kamu bisa gunakan kemampuan Mysterio Elementalist di sini untuk meminimalkan damage, bahkan kamu juga bisa memanfaatkan Ice Breath-nya untuk melakukan heal.
Setelah bertarung dan memperoleh Dragon's Mark, keluar dan bicara pada Rekoteh. Kembali bicara dengan Chief lalu ikuti Rekoteh ke kamarnya lalu bicara dengannya. Keluar Invidia, kemudian terbang menuju gua di bawah.

Sun Temple =
Cek gerbangnya untuk membuka pintu. Ikuti jalan yang panjang sampai B2.
Di B2, ambil jalan ke kanan untuk membuka kotak berisi Growth Egg yang dijaga Death Trap. Kembali ke cabang, ambil jalan ke kiri. Kemudian ambil jalan ke atas. Sebelum ke tempat save, belok ke kiri untuk mengambil Fossil ring, kemudian ke kanan sampai ujung untuk mengambil Death Cape. Kembali, lalu pilih jalan ke atas untuk melawan Boss.
Boss: Mammon (HP = 2150)
Tetap gunakan ability Mysterio untuk menerima damage 0 atau mendapatkan heal gratis. Gunakan Firaga atau Blade blitz. Setelah semua tangan Mammon hilang, ia akan mencoba melakukan confuse. Tetapi dengan Confuse Cape, kamu tidak akan terpengaruh.
Kita mendapat satu crown lagi dari pertarungan ini, Crown Shaman. Keluar dari Sun Temple, kemudian kembali ke Invidia. Bicara dengan Chief dua kali untuk mendapatkan Armor Of Light.

Spelvia =
Masuki Spelvia dungeon. Di B1 lurus terus sampai menuju B2. Dari sini, ke bawah lalu ke kiri sampai melihat tangga. Kemudian ikuti jalan memutar, lalu ke kiri kemudian terus ke bawah sampai melihat tempat save. Ikuti jalan sampai ke B4 dan bicara dengan Rolan di sini. Kembali ke Spelvia dan masuk ke kolam menuju Rolan's Soul.

Rolan's Soul =
Pintu tengah terkunci, jadi masuki 3 pintu di atasnya untuk melawan Arch Demon di masing-masing ruangan. Di pintu paling kanan, Arch Demon ada di kanan bawah, Di pintu kiri, ada di kiri bawah. Sementara di pintu tengah kamu bisa melawan Arch demon di kanan atas.
Boss: Arch Demon (HP =1200)
Arch demon bisa melakukanWorld Of Dark yang bisa menimbulkan status Silence dan Curse, serta Blade blitz yang menyerang pasrty membermu. Gunakan Mysterio untuk meminimalkan damage dan gunakan Thundara. Healer tetap pada posisi melakukan heal.
Setelah mengalahkan 3 Arch demon, bicara dengan Rolan, lalu masuki pintu tengah yang terhalang Dark Aura tadi untuk melawan boss.
Boss: Lucifer (HP = 2000)
Lucifer menggunakan Thundaga dan Aeroga. Jika ia terbang, maka dia akan menggunakan Judgement Bolt. Gunakan Mysterio untuk meminimalkan elemental damage, sementara helaer tetap menggunakan Lifegiver dan Cura untuk berjaga-jaga. Tetap lihat AP dan HP-mu, apalagi setelah Lucifer menggunakan Judgement Bolt.
Setelah itu kamu akan mendapatkan Crown Paladin. Pergi ke Throne Room dan bicara dengan Rolan untuk mendapat Sword Of Light.

Arbor / Great Tree Roots / Arbor =
Masuki Arbor dan bicara dengan orang di dekat tempat save. Kemudian pergi ke Great Tree Roots. Ikuti jalan sampai melihat NPC??? Pilih Yes dan Sure untuk membantunya. Ikuti dia ke bawah kanan menuju tangga. Dari tangga ikuti jalan ke kanan, kemudian ke kiri. Di cabang berikutnya, ambil ke kiri lagi untuk melihat Treasure Chest. Cek treasure chest, lihat scene.
Keluar dari Great Roots dan pergi ke Throne Room untuk bicara dengan Queen kemudian Torte. Cek equipment -mu. Pastikan party member menggunakan Flame Shield dan senjata / spell dengan element water. Bawa juga senjata tambahan untuk Black Mage-mu, karena pada saat melawan boss nanti kita tidak menggunakan Black Mage (atau ganti Job). Keluar dari Arbor, naiki naga untuk terbang menuju gua yang ada di tengah pegunungan.

Mount Gulg =
Dari pintu masuk ke kanan terus untuk mengambil Flame Blade. Kemudian ke kiri terus, lalu ke atas untuk mengambil Fire Axe. Dari treasure chest, ke bawah kanan, lalu ikuti jalan ke atas menuju lantai berikutnya. Ikuti jalan ke kanan, tetapi ambil jalan yang atas. Ikuti ke kanan terus sampai melihat tombol. Tekan untuk mengubah aliran lava. Dari sini jalan ke bawah, lalu ke atas, kemudian ke atas lagi.
Lihat jalan yang tidak terhalang lava untuk mengambil Burning Harp. Ikuti jalan ke kanan terus sampai melihat tombol pengubah arah lava. Setelah menekan tombol, ikuti jalan ke atas, lalu ke kiri atas sampai ujung. Kemudian ke kanan, akan ada cabang kecil ke atas menuju Flame Cape. Jalan ke kanan terus untuk melihat tombol di bawah. Tekan tombol. Sekarang jalan menuju Flame Cape tadi terhalang lava, ke kiri terus lewati lava tadi untuk naik ke 3F.
Ambil jalan ke dua ke bawah, kemudian tekan tombol yang ada di tengah atas. Kemudian ke bawah untuk menekan tombol di bagian tengah lantai ini. Ikuti jalan ke bawah terus, kemudian belok kiri untuk menekan tombol terakhir. Ke kanan sedikit untuk melihat tangga. Naiki untuk menuju 4F. Di lantai 4 ini ambil jalan ke kanan untuk mengambil Elf Cape yang dijaga Death Trap. Kemudian ikuti jalan ke kiri, kemudian kanan lalu ke kiri lagi untuk menemukan save point. Ke atas untuk melawan boss.
Boss: Belphegor (HP = 2300), Cube (HP = 500)
Belphegor akan ditemani 3 Cube yang senantiasa melakukan cast Fire kepadamu. Elementalist sangat diperlukan di sini. Kamu bisa menggunakan Hero untuk menimbulkan damage ke Cube dengan Blade Blitz.
Crown Monk pun kamu dapatkan setelah pertarungan panjang ini. Kembalilah ke Arbor dan bicara dengan Queen serta Torte untuk mendapatkan Lux Tome.

= Urbeth / Hunting Caves =
Masuki Weapon shop dan bicara dengan Thauzand. Kemudian pergi ke tempat Apothecary yang menghuni tempat Sorcerer terdahulu. Setelah bicara dengan Aphotecary, keluar dari Urbeth dan masuk ke Hunting Caves. Dari pintu keluar dari Urbeth, ambil jalan ke kanan terus sampai menuju B1. Di cabang di B1, pilih jalan ke kiri, kemudian di B2 ambil jalan ke kanan. Kemudian di B3 ambil satu-satunya jalan ke bawah menuju B4.
Kemudian bicara dengan Apothecary dan lawan Orc Lord di sini. Setelah menang, cek semak-semak untuk menemukan Hi-Elixir. Kembali ke Urbeth, lalu pergi ke Weapon Shop dan beri Hi-Elixir pada Thauzand. Kemudian ke inn untuk beristirahat. Keesokan harinya bicara dengan Thauzand dua kali sampai ia pergi ke Tower to The Sky. Susul dia ke sana!

= Tower to the Sky =
Naik ke Tower Of The Sky sampai puncak. Di lantai 9 jangan lupa save di tempat yang disediakan. Di 10F, bicara dengan Apothecary untuk melawan boss yang paling jelek di game ini.
Boss: Beelzebub (HP= 2800)
Jangan gunakan senjata dengan element, Beelzebub tahan serangan semua element. Jika kamu memiliki Black Mage, gunakan Magic Leafra / Leafga ditambah Spell Focus. Setelah terkena damage yang cukup tinggi, Beelzebub akan naik ke udara untuk melakukan Fall Of Angels yang menimbulkan 100 damage ke semua member.
Hadiah dari pertarungan ini adalah Crown Alchemist. Keluar lewat teleporter, bicara pada Thauzand di Weapon Shop untuk mendapat Cape Of Light.

= Liberte/Animal Burrow =
Masuki rumah Pione, di sebelah kiri rumah party mu (rumah dengan hiasan luar pink). Bicara dengan Pione dan masuki Animal Burrow. Akan lebih cepat masuk dari sisi kanan Guera. Transform partymu menjadi binatang, kemudian bebaskan Lilibelle dari jaring laba-laba, kemudian kembali ke Liberte. Kembali bicara dengan Pione dan pergi ke Inn untuk beristirahat. Keesokan harinya berangkat ke Pirate Hideout.

= Pirate Hideout =
Password yang sama, Freedom. Kembali ke tempatmu melawan Trollud untuk melawan Seadevil. Setelah pertarungan, bicara dengan Drake dan maju terus untuk mengambil treasurc Chest. Pastikan kamu mengambil Rusty Compass. Keluar dan kembali ke Liberte.

= Liberte/Overworld =
Kamu bisa save game-mu dulu sekarang. Pergi ke bagian paling utara dari Liberte, di sebelah Lighthouse. Masuki King's House dan cek pedastal di tengah ruangan untuk memasukkan Rusty Compass di dalamnya. Kamu akan mendapatkan kendali dari Cetus. Sama halnya seperti menaiki Dragon, mengendarai Cetus tidak akan mengalami Random Encounter. Dari sini pergi ke kanan, melewati Pirate Hideout, kemudian ambil jalan ke atas. Akan ada lubang di air tempat melawan boss.
Boss: Leviathan (HP =10000)
Pastikan meng-equip semua member dengan Ice Shields dan Stream Cape. Gunakan juga ability Mysterio milik Elementalist. Gunakan Spell Fira/Ga atau attack dengan element Fire. Leviathan akan mengalami break sampai 4 kepalanya muncul dari air. Setelah itu ia akan keluar dari air. Serangan Leviathan bisa menimbulkan Instant Death, jadi siap-siap saja dengan Arise atau Phoenix Down! Berhati-hati saat ia melakukan Charge. Pastikan semua anggota party menyerang agar Chargenya gagal.
Setelah itu kamu akan mendapat Cetus dan Crown Dancer. Untuk melanjutkan, kamu harus memiliki Sword of Light, Armor of Light, Shield of Light, Cape of Light, Lux Tome dan Cetus setelah mengalahkan Leviathan. Sekarang pergi ke Horne. Saya sarankan berada di level 40-an di sini.

Horne's Magic laboratory =
Masuki istana dan masuki pintu di tengah (yang ada penjaranya) yang sebelumnya dijaga untuk sampai ke Magic Laboratory. Dari pintu masuk, masuki tangga menuju B1. Kemudian ambil jalan ke atas untuk melihat tempat save. Masuk dan dekati Raja dan Minister untuk scene. Keluar dari Horne menuju Witch's Mansion.

Witch Mansion =
Ulangi jalan yang sama saat pertama kali ke sini. Nyalakan lilin dan masuki pintu utama. Masuk ke tempat kamu melawan Greaps.
Boss: Greaps (HP = 1000)
Strategi yang sama seperti sebelumnya. Gunakan Magic Might milik Black Mage ditambah Mysterio untuk pertahanan.
Setelah itu Rolan akan memberikan Master Key. Kita akan mencari Lamp Of Truth di sini. Turun ke 1F, buka pintu yang terkunci dengan Master Key. Kamu akan melihat banyak lukisan di sini. Ambil tangga di atas kanan menuju B1. Kamu akan sampai di ruangan dengan lilin berwarna biru. Turun ke bawah sampai melihat lilin yang tidak dinyalakan. Nyalakan, maka pintu di sebelah kiri akan tertutup.
Lanjutkan ke atas tempat kita datang tadi, nyalakan lilin yang belum nyala untuk menutup pintu di bawah. Lanjut ke kiri untuk menyalakan lilin ketiga. Turun ke bawah untuk menyalakan lilin keempat. Kemudian kamu akan sampai di ruangan dengan 4 lilin. Masuki pintu di atas untuk melihat Treasure Chest yang dijaga.
Boss: Doppleganger (HP = 600)
Bladeblitz dan Magic Might akan sangat membantu dalam pertarungan ini. Doppleganger bisa melakukan heal, karena itu, pastikan menyerang dengan konstan.

Kamu akan mendapatkan Lamp Of Truth seusai pertarungan. Keluar dari sini dan kembali ke Horne.

= Horne =
Equip party- mu dengan Darksteel Shield. Saya sarankan membawa senjata dan Spell dengan element Light. Masuki Horne Laboratory. Dari sini masuki tangga menuju B1. Tujuan kita adalah ke atas, pintu yang tertutup dengan gambar domba. Jalan terus sampai B3. Ambil jalan ke bawah lewat kiri / kanan, kemudian memutar ke atas untuk mengambil Star Earring.
Kembali ke B3, kemudian ambil jalan bawah menuju B4. Selanjutnya ikuti jalan ke atas lewat kiri/kanan menuju B5. Ada 4 jalan di sini. Tangga di kiri atas menuju Darkness Staff, sedangkan di kanan atas menuju Evil Lance. Tangga di kanan dan kiri bawah adalah sama. Kamu bisa pilih yang manapun. Saya akan mengambil jalan ke kanan bawah terlebih dahulu. Ikuti jalan sampai menuju B3.
Ada item Black Book di sini. Lanjutkan ke B2, lalu B1. Di sini ada 4 patung domba. Domba no 1 adalah yang paling kanan, yang menghadap ke kiri. Cek domba dengan urutan 2, 4,1, 3 (depan, kanan, kiri dan belakang). Setelah itu maka pintu yang tadi tertutup akan terbuka. Sekarang keluar dari tangga di kiri karena ada Darkaga Tome yang menanti di B3.
Kamu bisa pilih mengambil Darkaga Tome atau Black Book dulu. Sesampainya di B5. Ikuti jalan kembali ke B1 tadi sampai menuju pintu yang tadinya tertutup. Save game-mu untuk bersiap melawan Boss.
Boss: Satan (HP = 3500)
Seperti biasa, Mysterio adalah jalan terbaik untuk bertahan. Untuk menyerang, pastikan Black Mage memiliki Banishga dan Spell Focus. Satan memiliki 2 mode, Demon Lord yang kebal magic attack dan Sword God yang kebal dengan spell. Tetapi dengan Mysterio dan Lux, ditambah Darksteel Shield maka Satan tidak akan menjadi masalah.
Kamu akan mendapat Crown Dark Fencer di sini. Kembali ke Throne Room, masuki pintu di kanan atas. Bicara dengan Raja untuk mendapat black Magic Desolator. Sekarang kita akan menuju pertempuran terakhir! Naiki Cetus dan pergi ke bawah (perairan di antara Arbor dan Urbeth, tetapi lebih ke bawah lagi). Ada baiknya kamu melakukan upgrade senjata dan armor. Bawa juga beberapa Torch untuk dungeon ini. Jika siap masuki lubang yang ada di tengah air.

= Star Chamber =
Begitu masuk ke area ini, Crownmu akan lenyap semua. Kamu bisa mendapatkan mereka denganmengalahkan AsmodeusBeelzebubBelphegorLeviathanMammon dan Satan untuk kedua kalinya. Atau kalau kamu sudah mendapatkan Crown yang kamu inginkan kamu bisa skip ke B5. Mekanisme di Star Chamber adalah kalahkan boss untuk mendapatkan beberapa Crown.

  • Jika kamu hanya mengalahkan 1 boss: Wayfarer, White Mage, Black Mage.
  • Jika kamu mengalahkan 2 boss: Bandit, Bard, Merchant, Salve-maker.
  • Jika kamu mengalahkan 3 boss: Elementalist, Ranger, Fighter, Scholar.
  • Jika kamu mengalahkan 4 boss: Party Host, Hero, Spell Fencer, Monk.
  • Jika kamu mengalahkan 5 boss: Dancer, Paladin, Alchemist, Shaman.
  • Jika kamu mengalahkan semua boss: Dark Fencer dan sisa Crown yang ada.
Dari pintu masuk, masuk ke B1. Kamu bisa ke kiri untuk melawan Belphegor (HP = 3500) dan ke kanan untuk Asmodeus (HP = 400). Kembali ke tangga, ambil jalan ke bawah. Di B2, ambil jalan ke atas, kemudian ikuti jalan ke kanan atas, kemudian ke kiri. Kamu akan melihat pintu menuju Leviathan (HP = 4700). Dari tempat Leviathan keluar ke kiri terus sampai B3. Jalan ke kanan, kemudian kamu akan melihat jalan ke atas.
Ambil jalan ke atas, ikuti jalan ke kiri sampai ke tempat Satan (HP = 4500). Gunakan strategi yang sama untuk melawan mereka, hanya dengan HP yang lebih banyak. Setelah mengalahkannya, keluar sampai ke tempat kita masuk tadi, sekarang ke kiri, kemudian ke bawah masuk ke pintu dengan tangga menuju B4. Dari sini ada 2 jalan. Jalan pertama ke bawah.
Kemudian, ke kanan, akan ada cabang ke bawah, ikuti dan ambil jalan ke kiri bawah, maka kamu akan melihat pintu menuju Mammon (HP = 3500). Jalan ke dua yaitu ke kanan, kemudian ke atas, kemudian ke kanan terus, hiraukan cabang ke atas. Ke bawah sedikit maka kamu akan sampai ke tempat Beelzebub (HP = 4500). Setelah mengalahkan mereka, kamu bisa melanjutkan ke B4.
Dari B4 sampai B7 perjalananmu lurus dan linear. Di B7, jalan ke kiri terus, kemudian ambil jalan ke bawah ke B8. Selanjutnya ikuti jalan terus yang membuatmu berputar-putar di antara B7 dan B8.
Boss: Chaos (HP = 5500)
Mysterio, Lux dan Spell Focus+Desolator sangat diperlukan di pertarungan ini. Chaos menggunakan spell dark dan light. Jika levelmu antara 50-60, maka kamu akan baik-baik saja dalam pertarungan ini.
Boss: Chaos 2nd Form (HP = 6500)
Gunakan strategi yang sama dengan sebelumnya. Hanya saja HP Chaos lebih banyak dan serangannya lebih kuat. Dipertarungan ini Chaos lebih banyak menggunakan Light Spell.
Setelah ini akan ada scene, dan party- mu akan disembuhkan. Bersiaplah karena ini adalah pertempuran terakhir...
Final Boss: Right Hand (HP = 5500)
Final Boss: Left Hand (HP = 4500)
Final Boss: Chaos (HP = 10000)
Ingat, kamu tidak bisa memilih target saat melawan musuh. Saat pertama kali mulai, pastikan menggunakan Lux dan Mysterio sebagai permulaan. Chaos' Arm bisa melakukan Hurl yang menimbulkan efek damage yang cukup besar, jadi healer harus tetap menjaga HP party agar tidak dibawah setengah. Saat kedua tangannya musnah, kamu akan menghadapi Chaos dengan HP yang sangat banyak. Healer tetap melakukan tugas Lifegiver/Healthgiver Cure/ Cura atau Healthcare X-Potion/Remedy. Chaos bisa menggunakan Big Bang yang menimbulkan damage besar dan Blackhole yang menghilangkan 1 dari party- mu. Tetap lakukan healattacker tetap menyerang dan Black Mage gunakan Desolator.
Setelah menang, masuk ke portal untuk kembali ke B5. Jalan ke kiri atas untuk menemukan teleporter lainnya. Bicara dengan Naga yang ada dan lihat scene akhir, Tamat !

________Bonus Tower_______
Ada 3 bonus Tower yang tersebar di beberapa tempat. Tiap Tower memiliki lay outdungeon yang acak. Tidak ada save point dan kamu baru bisa meninggalkan tempat ini setelah mencapai lantai dengan kelipatan 10. Kamu akan melawan boss di 10F, 30F, 50F, 80F dan 100F. pada 40F kamu bisa membeli item.

*F = Floor artinya lantai.
  1. Lokasi: Utara dari Witch's Mansion. Boss: Behugemoth (10F), Demon Lord (30F), Sand Devil (50F), Bahamut (80F), Krinjh (100F).
  2. Lokasi: Pulau berbentuk bulan Sabit di sisi barat Arbor, membutuhkan Cestus. Boss: Seadevil (10F), Nue & Wraith (30F), Goblin Lord (50F), Red Dragon (80F), Torte (100F) Reward: Crown Sage.
  3. Lokasi: Di dalam Cestus, menara yang ada di sisi utara kota. Boss: Minotaur (10F), Mythril Golem (30F), Geri & Freki (50F), Dragon (80F), Rolan & Rekoteh (100F) Reward: Crown Storyteller.

2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih