Di larang klik kanan

Kamis, 30 Mei 2013

Panduan -> Final Fantasy Type-0 (ZERO)


Empat kristal, empat kerajaan dan satu ambisi dari pria yang bernama Cid Aulstyne. Cid memimpin pasukannya dari Milites Empire, yang berasal dari Byakko Peristylium, untuk menghancurkan kristal yang dimiliki kerajaan lain. Class 0, yang berasal dari Suzaku Peristylium, berniat menghentikannya. Namun, benarkah semuanya hanya merupakan perang perebutan kristal?

TIPS:
  1. Untuk mendapatkan SP atau PP, kamu harus bermain di multiplayer. Karena ada beberapa questyang menuntut hal ini, mau tidak mau kamu harus mengaktifkan multiplayer. Saat memulai misi, ada pilihan untuk multiplayer. Pilih pilihan 3 untuk tidak mengaktifkannya.
  2. Pastikan kamu meng-equip Cure (ケアル) untuk heal (defense magic). Jika kamu berada di tempat yang aman, HP kamu akan pulih perlahan-lahan.
  3. Tidak perlu cemas kalau kamu tidak bisa membuka semua event atau pembicaraan di saat bermain pertama kali. Beberapa event serta summon baru akan terbuka setelah bermain lebih dari 2x. Saat bermain kedua kali, pilihan 2 adalah Crimson Codex Mission yang akan membuka Alternate ending, namun hanya bisa dilihat di History.
  4. Setiap kali memulai Free Time, mulailah dengan mengikuti pelajaran MOG. Mengikuti pelajarannya akan memberikan beberapa bonus, mulai dari status sampai ke item.
  5. S Rank dipengaruhi oleh seberapa cepat misi selesai, berapa banyak Phantoma yang dikumpulkan dan berapa banyak teman satu tim yang KO.
  6. Jika salah satu karakter KO, hidupkan dia kembali dengan item Phoenix Down (フェニックスの尾) atau kunjungi kota terdekat. Magic-magic tertentu, seperti Raise atau Haste, hanya bisa didapatkan melaluimultiplay atau menyelesaikan Mission dengan tingkat kesulitan Hard/Impossible (pilih Mission List di Menu Awal).
  7. Jalan di game cukup mudah diikuti, ikuti saja tanda panah di peta sebelah kanan atas untuk mengetahui ke mana kamu harus pergi.
  8. Karena keterbatasan halaman, saya tidak bisa membahas quest. Silahkan kontak saya di FB atau e-mail dan saya akan menjawab semaksimal mungkin.

BATTLE
Saat melakukan battle, kamu bisa menyerang dengan berbagai tipe serangan (tergantung padaability yang dipasang). Magic memakan MP dan Ability memakan AG (bar yang terisi saat melawan musuh, di atas command). 

Saat bertarung, usahakan untuk selalu bergerak. Untuk Lock On, tekan R. Saat berlari, tekan X untuk melakukan dash. Untuk melakukan heal, tahan X dan lepaskan jika karaktermu memiliki ケアル.


Jika tidak, tekan SELECT untuk menggunakan item yang sudah diset. Untuk menset item, masuk ke Menu. Pilih アイテム, kemudian pilihan ke tiga dan pilih item yang diset dengan O. Terkadang saat battle kamu akan melihat Leader (ditandai dengan tanda panah merah lebih banyak). Leader lebih kuat dari musuh biasa, namun jika kamu bantai dia terlebih dulu, maka sisa pasukan musuh akan menyerah. Jika ini terjadi, kamu bisa berbicara dengan mereka dan jika beruntung, mereka akan memberikan item.

KILL SIGHT
Saat bertarung, siapkan lock-on ke musuh. Perhatikan saat warnanya berubah menjadi kuning atau merah. Jika kamu menyerang di saat ini, kamu langsung membunuh musuh seketika. Jika musuh terlalu kuat, maka mereka tidak akan langsung KO, namun health yang habis saat terkena serangan di saat tersebut akan jauh lebih besar. Manfaatkan selalu saat ini karena sangat membantu di pertarungan boss. Namun, waspadai karena kamu juga bisa terkena status yang sama. Tubuhmu akan menjadi merah dan beresiko KO sekali hajar dari musuh. Menghindar dulu sampai warna tubuhmu kembali normal.

Saat memulai permainan, kamu akan diberikan Free Time. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan dengan menjelajahi Akademi. Jika keluar ke World Map, kamu akan menghabiskan waktu minimal 6 jam. Mengikuti pelajaran Moggle akan menghabiskan waktu 2 jam. Quest tidak akan menghabiskan waktu, kecuali jika Quest tersebut mengharuskan kamu menuju ke World Map.


Jika ingin kabur dari battle, gunakan Teleport Stone (テレポストーン), namun harus dibeli dulu. Terkadang kamu akan melihat ikon tertentu di atas kepala seseorang. Berikut adalah penjelasan ikon penting:

! : Bicara dengan karakter ini akan menghabiskan waktu selama 2 jam. Biasanya akan mendapatkan itematau cutscene.
? : Karakter tersebut akan memberikan penjelasan mengenai berbagai hal di dalam game.
係 : Karakter yang memegang informasi mengenai beberapa hal di dalam game, misalnya Airship atau Training. Biasanya ikon tersebut berwarna biru.
必 : Ikon ini menandakan lokasi atau orang yang harus diaktifkan saat Mission Mode. Pergilah ke area tersebut atau bicara dengan orang tersebut untuk mengaktifkan Mission Mode. Jika berada di World Map, kamu harus menuju ke lokasi tersebut.
店: Karakter dengan ikon ini (biasanya berwarna biru) akan menjual item.
頼: Karakter dengan ikon ini (biasanya kuning) akan menawarkan Quest. Pilih pilihan pertama untuk menerimanya.
済 : Setelah menyelesaikan misi, bicara dengan karakter dengan ikon ini dan dia biasanya akan memberikanitem.

Sebelum memulai misi, kamu harus memilih karakter yang akan dibawa serta party. Kamu kemudian harus memilih salah satu support yang bisa digunakan. Pilihan pertama adalah Trinity Attack, pilihan kedua adalah summon dan pilihan ketiga adalah Suzaku Attack. Ketiga pilihan ini hanya muncul saat misi. Setelah memilih support yang diinginkan, untuk mengaktifkannya, tekan Segitiga dan O (tahan untuk melakukan summon atau Suzaku Attack).

Jika kamu mengaktifkan summon, kamu akan kehilangan karakter tersebut.  Summon mampu menimbulkandamage besar dan  hanya bisa digunakan untuk waktu yang terbatas. Trinity Attack merupakan serangan gabungan antara karakter yang kamu kendalikan dengan 2 karakter lainnya. Serangan ini tidak sekuat serangan summon, tapi bisa digunakan berkali-kali. Suzaku Attack bisa digunakan berkali-kali di mana kamu harus menekan tombol untuk melakukan charge.

COMBAT PRACTICE
Combat Practice terdiri dari 2 tipe. Tipe pertama adalah map battle, di mana kamu harus mengadu pasukan dari Akademi dengan pasukan musuh. Kamu harus menyerang musuh yang menyerang agar pasukanmu bisa bergerak maju. Markas musuh yang dilindungi oleh pelindung energi tidak bisa dimasuki sampai pasukanmu sukses menghancurkan pelindungnya.

Tugasmu adalah menghalau semua musuh yang berniat menyerang pasukan atau markasmu. Jika semua markasmu diduduki musuh, maka game over. Kamu juga hanya mengendalikan satu karakter, saya sarankan gunakan Cater karena dia mampu bergerak cepat dan mampu menembak musuh yang terbang. Jika berada di kota milikmu, MP-mu juga akan pulih.

Tipe kedua adalah menyerang ke dalam kota dan mengikuti jalan sambil menghabisi musuh yang kamu temui. Untuk mengaktifkan Combat Practice, pergi ke Front Gate dan di dekat gerbang merah kamu akan melihat seorang laki-laki. Bicara dengannya untuk mengaktifkan Combat Practice. Menyelesaikan Combat Practice akan membuka kota baru atau memberikan berbagai item baru.
           
CHOCOBO
Di Chocobo Stall, bicara dengan murid di dekat kandang Chocobo. Dia akan membantumu untuk mengawinkan Chocobo. Kamu bisa menaiki Chocobo di World Map. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyerang musuh saat Combat Practice. Chocobo juga bisa ditangkap di World Map, cukup hampiri untuk menangkapnya. Saat mengendarai Chocobo, waktumu terbatas dan mereka akan menghilang seterusnya setelah beberapa saat.

ABILITY
Beberapa ability yang sama bisa dikuasai oleh tiap karakter. Untuk ability khusus tiap karakter, saya masukkan di bawah nama masing-masing. Untuk membuka ability baru, kamu biasanya harus membuka ability lain terlebih dulu atau menaikkan level.

スピードアップ : Meningkatkan kecepatan.
ツインマジック: Meng-equip 2 magic sekaligus.
ラ系キャンセル魔法 : -RA Magic Cancel  
----- ガ系キャンセル魔法: -GA Magic Cancel        
三連回避 : Menghindar sebanyak 3x
----- 無限回避: Menghindar berkali-kali.
回避ガード: Kemampuan menghindar bertambah.
ライブラ: Libra (Melihat status musuh)
キャンセル回避: Membatalkan ability.
近接攻撃 : Melee Attack
キャンセル魔法壱型: Magic Cancel First Style

_____KARAKTER UTAMA_____
ACE
FFType0-AceRender2
チャージ攻撃: Charge Attack
----- チャージ攻撃Lv.2 : Charge Attack Level 2.
通常攻撃強化: Peningkatan Normal Attack
デッキオープン: Deck Open(menambah jumlah kartu yang di-summon)
アタックデッキ: Attack Deck(menambah jumlah kartu attack yang di-summon)
サポートデッキ: Support Deck(menambah jumlah kartu support yang di-summon)
ライフデッキ: Life Deck (menambah jumlah kartu yang akan menyembuhkan HP)
スピリットデッキ: Spirit Deck(menambah jumlah kartu yang akan menyembuhkan MP)
トラップカード: Trap Card(meletakkan kartu yang akan meledak sesuai keinginan Ace)
----- TC時間延長: Meningkatkan waktu penggunaan TC
----- TC消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan TC
キャノンレーザー: Cannon Laser, serangan dengan sinar laser.
----- CL強化: Meningkatkan daya serang CL           
----- CL時間延長: Meningkatkan waktu aktif CL    
----- CL消費AG減 : Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan CL
トライレーザー : Tri-Laser, serangan dengan 3 laser.
----- TL消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan TL
テレポカード: Teleport Card
----- テレポ威力増大: Meningkatkan kekuatan TC
----- テレポ強化: Meningkatkan TC
----- テレポ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan TC

DEUCE
FFType0-DeuceRender2                                                         
音塊配置攻撃: Inkai Haichi Kougeki, mengeluarkan bola energi yang akan meledak saat mengenai target (tekan analog bawah dan Segitiga)
----- 音塊配置配化: Inkai Haichi Haika.
演奏強化: Enhanced Performance, meningkatkan kekuatan serangan normal.
-----演奏強化改: Enhanced Performance EX.
コンチェルト: Concerto, menyerang musuh sekaligus memberikan status Protect dan Aura ke ally.
----- CONガード: Saat diserang ketika mengaktifkan CON, Deuce tidak akan bergeming.        
----- CON消費AG減 : Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan CON
コンチェルトff: Concerto ff           , mengalihkan serangan musuh dari dirimu ke ally.
----- Cff消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Cff
黒のレクイエム: Black Requiem, ledakan akan terjadi selama tombol ditahan.
----- Reqガード: Saat diserang ketika mengaktifkan Req, Deuce tidak akan bergeming.    
----- Req威力増大: Meningkatkan kekuatan Req
----- Req消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Req
不協和音のソナタ: Dissonant Sonata, memberikan damage dan stun ke musuh yang mengelilingi Deuce.
 ----- Sonガード: Saat diserang ketika mengaktifkan Son, Deuce tidak akan bergeming.
----- Son効果増大: Meningkatkan efek Son
----- Son消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Son
白のセレナーデ: White Serenade, menyembuhkan HP ally.
----- SERガード: Saat diserang ketika mengaktifkan Ser, Deuce tidak akan bergeming.
----- SER回復増加: Pemulihan SER meningkat       
----- SER消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SER
クレシェンド: Crescendo, meningkatkan kekuatan daya serang normal.
----- クレシェンド強化: Meningkatkan level kekuatan Crescendo

TREY
FFType0-TreyRender2                                                
チャージショット: Charge Shot
----- チャージLv.4: Charge Lv.4
----- チャージLv.5: Charge Lv.5
----- チャージLv.MAX: Charge Lv.MAX   
アローシャワー: Arrow Shower, menembakkan hujan panah dari atas.
----- AS威力増大: Meningkatkan kekuatan AS        
----- AS消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan AS
フリーズショット: Freeze Shot, panah dengan elemen es.
----- FS時間延長: Meningkatkan durasi waktu FS
----- FS消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan FS
バーストエリア: Burst Area, meletakkan magic spot di tanah yang akan menyerap HP musuh.
グランド・トライン: Grand Train, sama seperti Burst Area, hanya lebih kuat.
アローダイナマイト: Arrow Dynamite, menempelkan peledak ke musuh yang akan meledak setelah beberapa saat.    
----- AD威力増大: Meningkatkan kekuatan AD      
----- AD消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan AD
スナイプモード: Snipe Mode, membidik musuh yang berada di kejauhan.
----- SM消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SM
ヒット&シールド: Hit & Shield, menimbulkan damage sekaligus membentuk Fire Wall.
----- HS威力増大: Meningkatkan kekuatan HS
----- HS時間延長: Meningkatkan waktu penggunaan HS    
----- HS消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan HS
精神統一: Power Up, meningkatkan daya serang Trey sesaat.
----- 精神統一効果増大: Menambah kekuatan Seishin Toitsu
----- 精神統一時間延長: Menambah waktu penggunaan Seishin Toitsu

CATER
FFType0-CaterRender2                                                         
キャンセル行動: Action Cancel
チャージショット: Charge Shot
----- チャージ強化: Meningkatkan kemampuan Charge
爆発弾: Exploding Bullet, menembakkan peluru yang akan meledak.  
----- 爆発弾強化: Meningkatkan kemampuan Exploding Bullet      
通常射撃強化: Meningkatkan kekuatan serangan normal  
属性弾: Attribute Bullet, memberikan elemen ke peluru, tergantung penekan analog dan O atau kotak.
----- 火災弾威力増大: Meningkatkan kekuatan Fire Bullet 
----- 氷結弾: Ice Bullet, peluru berelemen es.
----- 氷結弾強化: Meningkatkan kemampuan Ice Bullet      
----- 雷光弾: Lightning Bullet, peluru berelemen petir.
----- 雷光弾威力増大: Meningkatkan kekuatan Lightning Bullet
地雷弾: Mine Bullet, menembakkan peluru ranjau
----- 地雷弾威力増大: Meningkatkan kekuatan MB
----- 地雷弾消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan MB
弱体弾: Weak Bullet, menembakkan peluru yang akan mengurangi defense musuh.
 ----- 弱体弾効果増大: Meningkatkan efek WB      
----- 弱体弾消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan WB
静止弾: Stop Bullet, menembakkan peluru dengan efek Stop.
----- 静止弾時間延長: Meningkatkan efek waktu SB
----- 静止弾消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SB
スナイプモード: Snipe Mode, menembak musuh dikejauhan secara manual.      
----- SM消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SM
毒性弾: Poison Bullet, menembakkan peluru dengan status poison.
----- 毒性弾時間延長: Meningkatkan efek waktu PB
----- 毒性弾消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan PB

CINQUE
FFType0-CinqueRender2                                                       
チャージ攻撃: Charge Attack
----- チャージLv.2: Charge Lv.2
----- チャージLv.3: Charge Lv.3
アースクエイク: Earthquake, menghantamkan mace ke tanah.
----- EQ効果増大: Meningkatkan efek EQ
----- EQ効果増大改: Meningkatkan efek EQ lebih tinggi lagi
----- EQガード: Saat melakukan EQ dan diserang musuh, Cinque tidak akan bergeming.
アースインパルス: Earth Impulse, sama seperti EQ tapi dalam satu jalur.
----- EI効果増大: Meningkatkan efek EI      
フルスイング: Full Swing, menekan tombol akan meningkatkan daya serang Cinque.
----- フルスイング溜め: Meningkatkan kemampuan Full Swing    
----- フルスイング溜め改: Meningkatkan kemampuan Full Swing Charge lebih jauh       
----- フルスイング強化: Meningkatkan data serang Full Swing     
気合: Shout, meningkatkan kekuatan serangan Cinque yang berikutnya.
----- 気合効果増大 : Meningkatkan efek Shout
----- 気合消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Shout
メイスハリケーン: Mace Hurricane, berputar sambil mengayunkan mace
----- MH強化: Meningkatkan kekuatan serangan MH          
メイスサイクロン: Mace Cyclone
----- MSガード: Ketika diserang saat menggunakan MC, Cinque tidak akan bergeming.
リベンジブラスト: Revenge Blast, semakin rendah HP, semakin tinggi serangan.
----- RB強化: Meningkatkan kekuatan RB   

SICE
FFType0-SiceRender2                                                  
通常攻撃強化: Meningkatkan daya serang Normal Attack
----- 通常攻撃強化改: Meningkatkan daya serang Normal Attack lebih jauh
----- 通常攻撃強化改二: Meningkatkan daya serang Normal Attack lebih jauh lagi.
移動攻撃: Movement Attack            , bergerak sambil menyerang
怨念吸収: Absorb Hatred, setelah mengalahkan musuh maka serangan Sice akan meningkat
----- 怨念吸収強化: Meningkatkan kemampuan AH
----- 怨念吸収強化改: Meningkatkan kemampuan AH lebih jauh.  
----- 怨念吸収改: Meningkatkan kemampuan AH lebih jauh lagi
ダークネビュラ: Dark Nebula, serangan yang mengarah lurus ke depan
----- DN効果追加: Meningkatkan efek DN
----- DN消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan DN
ダークゾーン: Dark Zone, menyerang musuh yang berada di sekitar Sice
----- DZ効果追加: Meningkatkan efek DZ   
----- DZ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan DZ
ダークネメシス: Dark Nemesis, menyerang musuh dengan kemungkinan instant death.
ポイズンウォール: Poison Wall, menciptakan dinding kabut yang berefek poison
----- PW消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan PW
サイコボルテックス: Psycho Vortex, menciptakan tornado yang akan mengikuti target
----- PV威力増大: Meningkatkan kekuatan PV
----- PV時間延長: Meningkatkan waktu PV
----- PV消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan PV
ブラックホール: Black Hole, mengumpulkan musuh di satu area
----- BH消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan BH

SEVEN
                                                         
前方攻撃: Forward Attack, menyerang dengan gerakan menusuk
----- 前方攻撃Lv.2: Forward Attack Lv.2
----- 前方攻撃Lv.3: Forward Attack Lv.3    
範囲攻撃: Wide Attack, menyerang dengan gerakan memutar
----- 範囲攻撃Lv.2: Wide Attack Lv.2
----- 範囲攻撃Lv.3: Wide Attack Lv.3
スタンフィニッシュ: Stun Finisher           , menimbulkan damage besar ke musuh dengan efek stun
キャッチ: Catch, menangkap musuh dengan cambuk dan menghampirinya
----- キャッチ効果追加: Meningkatkan efek Catch
----- キャッチ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Catch
ヘッドストライク: Head Strike, melemparkan cambuk ke udara agar menyerang musuh dari atas
----- HS威力増大: Meningkatkan kekuatan HS        
エレメントウィップ: Elemental Whip, menyerang dengan cambuk berelemen (pilih dengan analog dan O atau kotak) 
-----EW炎威力増大: Meningkatkan kekuatan EW Fire
-----EW冷気効課追加: Menambahkan efek es ke EW
-----EW冷気威力増大: Meningkatkan kekuatan EW Ice     
-----EW雷効課追加: Menambahkan efek petir ke EW         
-----EW雷威力増大: Meningkatkan kekuatan EW Thunder
ボンデージウィップ: Bondage Whip, mengeluarkan serangan dengan efek Stop ke musuh yang terkena
----- BW時間延長: Meningkatkan waktu BW          
----- BW消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan BW
ドレインウィップ: Drain Whip, menyerap HP musuh
----- DW威力増大: Meningkatkan kekuatan DW
アスピルウィップ:             Aspil Whip, menyerap MP musuh
----- AW威力増大: Meningkatkan kekuatan AW

EIGHT
FFType0-EightRender2                                                          
特殊回避: Sidestep, menghindar ke kiri atau ke kanan dengan gabungan analog dan Segitiga
バックアタック: Back Attack, meningkatkan kemungkinan critical hit jika menyerang dari belakang musuh
ダウンカウンター: Down Counter. Saat Eight terjatuh, bisa melakukan counter.
裏拳: Backfist. Tekan analog bawah dan Segitiga untuk serangan dengan efek stun.
疾風の型: Shippu no Kata, mampu melakukan kombinasi serangan tanpa menghabiskan AG
----- 疾風の型改: Serangan area Shippu no Kata dengan menekan analog bawah dan O atau kotak
----- 疾風の型改二: Meningkatkan daya serang Shippu no Kata     
烈火の型: Rekka no Kata, mampu melakukan kombinasi serangan tanpa menghabiskan AG
----- 烈火の型改: Mengeluarkan pilar berelemen api
----- 烈火の型改二: Charging tackle dengan menekan analog atas dan O atau kotak.
迅雷の型: Jinrai no Kata, mampu melakukan kombinasi serangan tanpa menghabiskan AG
-----迅雷の型改: Menyembuhkan HP           
-----迅雷の型改二: Sliding kick dengan analog atas dan O atau Kotak
爆裂拳: Bakuretsu-ken, menghajar musuh dengan damage besar namun sangat pelan
----- 爆裂拳威力増大: Meningkatkan kekuatan Bakuretsu-ken       
----- 爆裂拳ガード: Ketika diserang saat Eight menggunakan Bakuretsu-ken, dia tidak akan bergeming
捨て身パンチ: Sacrifice Punch, mengorbankan HP untuk serangan dengan damage besar
光速拳: Kousoku-ken, Serangan cepat namun damage rendah
----- 光速拳改: Melakukan teleport ke dekat musuh.
----- 光速拳改二 : Meningkatkan daya jangkauan teleport.
背水の陣: Haisui no Jin, memberikan efek Aura, Haste dan Kill Sight.
----- 背水の陣消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Haisui no Jin
夢幻闘舞: Mugen Tōbu, menghiraukan serangan musuh saat berlari
----- 夢幻闘舞消費AG減 : Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Mugen Tōbu

NINE
 FFType0-NineRender2                                                
範囲攻撃: Range Attack, mampu menyerang lebih jauh.
----- 範囲攻撃Lv.3: Range Attack Lv.3
移動攻撃: Movement Attack            , mampu menyerang sambil bergerak
----- 移動攻撃Lv.2: Movement Attack Lv.2
ジャンプ:  Jump, melompat untuk menimbulkan damage besar ke musuh.
----- ジャンプ威力増大: Meningkatkan kekuatan Jump
----- ジャンプ強化: Meningkatkan kesempatan critical hits Jump
----- ジャンプ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Jump
セーフティガード: Safety Guard, menciptakan pelindung untuk menyembuhkan HP
----- SG消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SG
スパイラルランス: Spiral Lance, menarik musuh sambil terus menimbulkan damage
----- SL消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SL
ハイジャンプ: Hi-Jump, versi lebih kuat dari Jump           
----- HJ威力増大: Meningkatkan kekuatan HJ         
----- HJ威力増大改: Meningkatkan kekuatan HJ lebih jauh 
スローランサー: Throw Lancer, melemparkan tombak ke musuh.
----- スローランサー強化: Meningkatkan kemampuan TL 
ストライクランサー: Strike Lancer          , versi upgrade dari Throw Lancer
----- SL威力増大: Meningkatkan kekuatan SL
咆哮: Houkou, memberikan efek stop ke musuh
----- 咆哮時間延長: Meningkatkan waktu Houkou  
----- 咆哮消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Houkou

JACK
FFType0-JackRender2                                                
一の太刀: Ichi no Tachi. Meningkatkan kesempatan Critical Hit saat menyerang dari belakang musuh.
通常攻撃強化: Meningkatkan daya serang Normal Attack
集中: Concentration, power up.
----- 集中強化: Meningkatkan kemampuan Concentration   
見切り: Mikiri. Counter attack dengan melee attack.
----- 見切り威力増大: Meningkatkan kekuatan Mikiri
----- 見切り強化: Meningkatkan kesempatan critical hit Mikiri       
----- 見切り消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Mikiri
無常紅吹雪: Mujyou Kousuisetsu, mengorbankan HP untuk menambah damage ke musuh.
----- 紅吹雪威力増大: Meningkatkan kekuatan Kousuisetsu
----- 紅吹雪威力増大改: Meningkatkan kekuatan Kousuisetsu lebih jauh  
----- 紅吹雪消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Kousuisetsu
電光石火: Raikou Sekka, serangan slash berkali-kali.
----- 電光石火強化: Meningkatkan kekuatan Raikou Sekka
----- 電光石火消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Raikou Sekka
引渡し: Hikiwatashi, menyerang  musuh dengan status Kill Sight secepatnya.
----- 引渡し消費AG減:  Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Hikiwatashi
一閃突破: Issen Toppa, mengurangi defense musuh.
----- 一閃突破効果増大: Meningkatkan efek kekuatan Issen Toppa
----- 一閃突破威力増大: Meningkatkan kekuatan Issen Toppa       
----- 一閃突破消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Issen Toppa
明鏡止水: Meikyou Shisui, counter attack yang lebih kuat
----- 明鏡止水威力増大: Meningkatkan kekuatan Meikyou Shisui
----- 明鏡止水効果追加: Menambah efek Kill Sight ke Meikyou Shisui     
----- 明鏡止水消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Meikyou Shisui

QUEEN
FFType0-QueenRender2                                                         
突進攻撃: Rush Attack, menyerang dengan gerakan menusuk dan maju
----- 突進攻撃Lv.2: Rush Attack Lv.2
後退攻撃: Retreat Attack, menyerang kemudian melompat mundur
----- 後退攻撃Lv.2: Retreat Attack Lv.
ロスジャッジ: Cross Judge, menyerap HP musuh dan menyembuhkan ally yang berada di sekitar Queen.
----- CJ強化: Meningkatkan kecepatan putaran CJ
----- CJ威力増大: Meningkatkan kekuatan CJ      
----- CJ回復量増大: Meningkatkan pemulihan CJ
----- CJ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan CJ
エナジーシェア: Energy Share, menyedot HP namun memulihkan MP
----- ES強化: Meningkatkan kemampuan ES
----- ESガード: Ketika Queen diserang saat menggunakan ES, dia tidak akan bergeming
ダッシュ: Dash, bergerak cepat ke arah musuh       
----- ダッシュ消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Dash
エナジーコンボ: Energy Combo, mengeluarkan bola energi ke musuh
----- EC威力増大: Meningkatkan kekuatan EC        
----- EC強化: Meningkatkan kemungkinan critical hit EC
----- EC消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan EC
エナジーボム: Energy Bomb, menyerap HP dan menimbulkan damage ke musuh yang mengeluarkan magic
----- EB威力増大: Meningkatkan kekuatan EB        
----- EB強化: Meningkatkan kemungkinan critical hit EB
リフレクトガード: Reflect Guard, counter attack.
----- RG威力増大: Meningkatkan kekuatan RG
----- RG消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan RG

KING
FFType0-KingRender2                                                 
射撃: Marksmanship, semakin dekat musuh, semakin besar damage. Namun dipengaruhi cuaca juga.
リロード: Reload, mengisi ulang dengan menekan analog bawah dan Segitiga
----- リロード射撃: Masih bisa menembak sambil melakukan Reload         
キック攻撃: Kick Attack, melee attack dengan menekan analog atas dan segititga          
----- 格闘射撃: Menembak dan dilanjutkan dengan Melee Attack
マガジン弾数増加 : Meningkatkan isi peluru dari 12 ke 18
----- マガジン弾数増加改: Meningkatkan isi peluru dari 18 ke 24
パワードバレット: Powered Bullet, menimbulkan damage besar ke musuh yang dekat.
----- チャージLv.1: Charge Lv.1
----- チャージLv.2: Charge Lv.2      
----- チャージLv.3: Charge Lv.3
----- PB強化: Meningkatkan kemungkinan critcal hits PB    
----- PB消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan PB
マガジンボム: Magazine Bomb, melemparkan isi peluru yang akan meledak dengan menekan O atau kotak     
----- MB威力増大: Meningkatkan kekuatan MB      
----- MB消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan MB
エンドレスワルツ: Endless Waltz, menembak terus menerus (tahan tombol)
----- EW消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan EW
クイックドロウ: Quick Draw, counter attack.
----- QD強化: Meningkatkan kemungkinan critical hit QD  
----- QD消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan QD
スナイプモード: Snipe Mode, membidik musuh dikejauhan        
----- SM消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SM
ネバーギブアップ: Never Give Up, mampu membatalkan instant death.
----- NG時間延長: Meningkatkan waktu NG           
----- NG消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan NG

MACHINA
FFType0-MachinaRender2                                                   
通常攻撃強化: Enhanced Normal Attack
スピンドライブ: Spin Drive, terus menimbulkan damage selama AG masih tersisa
----- SD威力増大: Meningkatkan kekuatan SD
----- SD威力増大改: Meningkatkan kekuatan SD lebih jauh           
----- SD強化: Menambahkan tendangan di serangan terakhir SD     
----- SD強化改: Meningkatkan kemungkinan critical hits di tendangan SD
----- SD消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SD
アサルトモード: Assault Mode, menyembuhkan HP dan mengubah normal attack menjadi Rush Blade sampai terkena damage.
----- AM威力増大: Meningkatkan kekuatan AM     
----- AMガード: Ketika Machina diserang saat mengaktifkan AM, dia tidak akan bergeming.
----- AM消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan AM
スタンブレイド: Stun Blade, menyerang dengan kemungkinan efek stun ke musuh
----- SB効果増大: Meningkatkan efek SB    
----- SB消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SB
ソードフィールド: Sword Field, men-summon pedang di sekitar Machina
----- SF消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan SF
ドレインソード: Drain Sword, menyerap HP musuh sambil menyerang
----- DS威力増大: Meningkatkan kekuatan DS        
----- DS消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan DS
ダークサイド: Darkside, menyerap HP musuh sekaligus menambahkan efek stun           
----- ダークサイド強化: Meningkatkan kesempatan critical hit Darkside   
----- ダークサイド対象増: Menambah jumlah target Darkside

REM
FFType0-RemRender2                                                  
弱フィニッシュ: Weak Finisher, tekan analog bawah dan Segitiga ditengah combo.
強フィニッシュ: Strong Finisher, tekan analog atas dan Segitiga ditengah combo.
アスピルベノム: Aspil Venom, menyerap MP dari musuh.
----- AV射程延長: Meningkatkan jarak dari AV      
----- AV時間延長: Meningkatkan waktu penggunaan AV   
コンバート: Convert, menyembuhkan MP party dengan mengorbankan AG
----- CO消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Convert
死なないで: Don't Die!, menimbulkan efek Reraise ke party untuk sementara
 ----- SN消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan Don't Die!
マジックサテライト: Magic Satellite, menyerang dengan laser dari udara
----- MS威力増大: Meningkatkan kekuatan MS
----- MS速度増加: Meningkatkan kecepatan menggunakan MS      
----- MS消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan MS
アスピルフィールド: Aspil Field, menciptakan area yang menyedot MP
----- AF威力増大: Meningkatkan kekuatan AF        
----- AF消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan AF
ブーメランダガー: Boomerang Dagger, menyerang dengan melemparkan senjata         
----- BD消費AG減: Mengurangi keperluan AG untuk menggunakan BD
ダガーショット: Dagger Shot, versi upgrade dari Boomerang Dagger.   
----- DS威力増大: Meningkatkan kekuatan DS

_____WALKTHROUGH_____
Masukkan Disc 1, dan pilih OK. Kemudian pilih はい untuk membuat save data. Selesai event super panjang, pilih New Game. Jika kamu sempat memainkan Demo, maka selanjutnya pilih pilihan 1. Jika tidak, pilih pilihan 2.

Chapter I
War- Three Hours that Changed the World

Selesai event, kamu akan mengendalikan Ace, yang didampingi Queen dan Nine.  Stage ini merupakan stage tutorial dan untuk saat ini, kamu memiliki status Reraise (bangkit dari KO secara otomatis). Pertama adalah cara mengendalikan kamera, tekan R untuk kembali ke arah pandang karakter dan d-pad untuk melihat sekitar. Hampiri gerbang dan tutorial cara menyerang dan cara menyerap Phantoma.

Selanjutnya penjelasan Energy Wall dan Lock On. Kalahkan musuh agar Energy Wall menghilang, maju untuk penjelasan cara berganti karakter (L+Dpad kanan), kemudian Kill Sight. Kalahkan 2 musuh, maju untuk penjelasan Leader Battle dan pusatkan untuk mengalahkan Leader. Setelah menang, injak lingkaran biru yang akan menyembuhkanmu. Lingkaran ini hanya bisa dipakai 1x, jadi gunakan dengan bijak.

Lanjutkan untuk mengalahkan pasukan musuh dan kamu akan bertemu Dark Suzaku. Kamu tidak bisa mengalahkannya, jadi menghindar saja sampai dia pergi. Hampiri switch dan tekan O, lalu masuk. Habisi semua target di area ini dan waspadai para penembak di sisi kiri serta kanan. Lanjut untuk menemui Relic yang merupakan save point. Di area berikutnya, segera aktifkan switch di ujung jalan dan kamu bisa langsung mengejar Leader.

Naiki lift, kalahkan semua musuh yang menghalangimu. Kamu bisa menghancurkan barikade. Area berikutnya masih berlaku hal yang sama, hampiri mesin besar dan periksa, kemudian kembali ke pintu masuk. Kalahkan musuh dan segera hampiri pintu keluar. Selama pintu tidak dihalangi oleh Energy Wall, kamu bisa menghiraukan musuh dengan berpindah area. Ikuti jalan dan save game sebelum melanjutkan.

Selesai event, hancurkan 2 mesin yang menghalangimu. Perhatikan bahwa status Reraise kamu sudah menghilang, jadi jangan sampai KO. Tekan SELECT untuk menggunakan Potion jika perlu. Setelah mengalahkan kedua mesin, lanjutkan untuk event.

BOSS: ダーインスレイヴ
Kamu akan mengendalikan Odin. Tahan O untuk melakukan charge, hampiri boss dan lepaskan O untuk mengeluarkan Zantetsuken. Kalau gagal, ulangi lagi. Selanjutnya kamu akan melawan boss dengan Ace, Jack dan Seven. Serang terus dengan semua kemampuanmu dan menghindar saat muncul cahaya putih. Saat health bar-nya habis, kamu harus menyerangnya saat Kill Sight.

Setelah menyelesaikan Chapter I, kamu akan pindah ke Disc 2.


Chapter II
Raise the Vermillion Banner
Free Time I : 6 Hour
Kamu akan berada di Peristylium Suzaku (Magic Academy). Maju untuk bertemu dengan Aki (アキ) dan masuki Academy. Tekan START untuk melihat peta Academy, perhatikan simbol yang menandakan ke mana kamu harus pergi. Saat ini kamu harus ke kiri untuk bertemu dengan Alecia (アレシア). Save jika mau dan masuki Class 0, hampiri podium untuk bertemu Kurasame (クラサメ).

Bicara dengan MOG dan Aria (アリア), murid perempuan di depan podium, kamu bisa membeli itemdarinya. Masuki pintu sebelah kanan, kemudian periksa gerbang yang akan membawamu ke Graveyard. Kembalilah ke ruang utama untuk kembali bertemu Aki. Dia akan menjelaskan mengenai ruangan di Magic Academy. Pintu di seberang lorong Class 0 akan membawamu ke Crystarium (クリスタリウム) alias Perpustakaan.

Ruangan berseberangan dengan pintu masuk akan membawamu ke Naval General Operation Staff 2nd Division (軍令部第二作戦課) atau Operation Room bagi saya. Simbol Suzaku yang bersinar akan membawamu ke salah satu tempat yang kamu inginkan, yaitu:
1.      魔法局: Magic Department
2.      武装大六研究所: Arms Research Institute. Salah satu pria di sini menjual weapon.
3.      リフレッシュルーム: Refreshing Room
4.      サロン: Salon
5.      テラス: Terace
6.      チョコボ牧場: Chocobo Ranch
Saya sarankan kamu kunjungi semuanya untuk melihat CG perkenalan tiap lokasi. Keluar dari dalam Akademi, jika kamu ke kanan maka kamu akan berada di Arena (闘技場). Bicara dengan perempuan di sebelah kiri untuk berlatih melawan musuh non-stop, sarana ok untuk menaikkan level. Jika ingin berhenti, tekan START lalu pilih pilihan ke dua dari bawah. Pria di kanan akan mengaktifkan Sleep Mode, tapi saya tidak pernah memakainya.

Berseberangan dari Arena, kamu akan tiba di Airship Landing Pad (飛空艇発着所). Kamu bisa menggunakan pesawat untuk mencapai beberapa kota, namun kamu harus ‘membuka’ dulu kota-kota tersebut dengan menyelesaikan Combat Practice. Berseberangan dengan pintu masuk Academy adalah Front Gate (正面ゲート) di mana kamu bisa menuju World Map dan kelak mengaktifkan Combat Practice.

Terkadang kamu akan melihat benda atau orang bertanda ‘?’ dan tidak akan hilang walaupun sudah kamu periksa. Hal ini karena kamu tidak menggunakan orang yang tepat untuk memeriksanya. Setelah waktu habis, kembali ke Class 0 untuk menerima misi dari Kurasame. Save, atur karakter yang ingin kamu kendalikan lalu keluar ke World Map melalui Front Gate.

MISSION: 初陣の候補生 – Level 12
Reward: Fire SHG
Mumpung HP dan MP kamu akan pulih selama di World Map, naikkan level dulu. Setelah battle, biasanya kamu akan mendapat 2 pilihan. Pilihan 1 untuk terus bertarung dan pilihan 2 untuk berhenti. Jika kamu memilih terus, musuh akan semakin kuat sebelum akhirnya berhenti setelah beberapa gelombang. Berhentilah jika kamu rasa cukup dan masuki kota pertama yang kamu lihat, Makutai (マクタイ).

Di dalam kota, tujuanmu adalah mencapai area terakhir sambil membersihkan area yang kamu lewati dari musuh. Jika gerbang belum bisa terbuka, maka kamu harus mengalahkan Leader terlebih dulu. Di akhir area, kamu harus mengalahkan ウォーリア. Tidak sulit, sering-seringlah bergerak dan habisi musuh biasa terlebih dulu jika mau. Setelah menang, kamu akan kembali di luar kota.

Masuki lagi kota tersebut untuk berbicara dengan orang-orang atau membeli sesuatu dari salah satu penduduk. Setelah beres, kamu bisa kembali ke Academy secara manual atau masuk ke Menu dan pilih pilihan ke dua dari bawah.

Free Time II: 12 Hour
Tiba di halaman, bicara dengan Celestia (ホシヒメ) di dekat Deuce. Kembali ke Class 0 untuk mengikuti pelajaran dari Mog. Kamu bisa menemui Machina di Crystarium jika mau. Setelah waktu habis, temui Kurasame di Class 0, lalu pergilah ke Front Gate.

MISSION: レコンキスタ作戦 - Level 13
Reward: Mega Remedy bisa dibeli di Aria Shop
Misi kali ini merupakan misi map battle pertamamu. Lihat di bagian Combat Practice untuk jelasnya. Saat ini masih tergolong mudah, jadi tidak perlu khawatir. Mulailah dengan menyerang kota di seberang kota milikmu, serang semua pasukan musuh sampai pasukanmu menghampiri kota musuh. Biarkan pasukan menyerang markas musuh sampai kota ini dikuasai olehmu.

Setelah kota dikuasai, bergerak ke hutan untuk menangani misil musuh. Hancurkan kemudian kembali ke kota yang baru kamu kuasai. Tekan O dan pilih pilihan 1 sebanyak 2x untuk mengalihkan serangan pasukan ke kota musuh di sebelah selatan. Tunggu sampai energi kota ini habis dan tekan O, lalu pilihan 1 untuk menyerbu masuk. Kalahkan semua musuh sebelum waktu habis untuk menguasai kota ini. Kembali ke kota sebelumnya dan kali ini atur pasukanmu agar menyerang kota di sebelah kanan atas.

Saat itu pasukan musuh pasti sedang menyerang markas utamamu di dekat Academy. Segera lari ke sana (atau panggil Chocobo) dan pukul balik musuh sampai markas musuh di kanan atas dikuasai. Kamu kemudian bisa mengatur agar semua pasukan musuh menyerang kota musuh yang terakhir. Sama seperti sebelumnya, setelah energi kota menghilang, masuk ke dalam dan habisi semua musuh untuk meraih kemenangan.

Masuki kota yang baru kamu kuasai, yaitu Korushi (コルシ) dan Acuvi (アクヴィ). Kunjungi kedua kota ini, dan setelah puas, kembalilah ke Academy.

Free Time III: 1 Hari 12 Jam
Sempatkan diri ke Arena untuk menaikkan level dan mengambil beberapa Phantoma. Gunakan semua karakter agar kamu mengetahui mana yang sebaiknya kamu kendalikan. Kamu juga mulai bisa mengaktifkan Quest mulai saat ini, beberapa di antaranya mengharuskanmu untuk menuju ke World Map. Kamu hanya bisa menerima 1 Quest dan harus membatalkan atau menyelesaikannya, sebelum berniat menerima Quest lain.

Mampirlah ke Chocobo Ranch untuk mulai mengembang biakkan Chocobo. Pergilah ke Class 0 untuk bertemu Alecia yang akan menerangkan mengenai Alto Crystarium. Lalu mulailah menjelajah untuk berburu Quest, cutscene dan item. Jangan lupa pelajaran dari Mog sebelum waktu habis.

MISSION: トゴレス要塞攻略戦  - Level 13
Reward: Shiva (Summon)
Terima misi dari Kurasame di Class 0 dan pergi ke World Map. Semoga kamu menyempatkan diri untuk mengembang biakkan Chocobo. Saat menuju ke tujuanmu, kamu akan melihat banyak monster. HINDARI! Mereka terlalu kuat untuk kamu hadapi saat ini. Tiba di kota tujuan, yaitu Togua (トグア), pilih pilihan 1 untuk memulai misi. Kalahkan musuh sambil mengikuti arah yang ditunjukkan.

Saat tiba di area yang berubah warna, lihat ke kanan dan hancurkan ‘jam’ di dinding. Terus ikuti jalan sampai kamu tiba di lorong panjang, waspadai penembak dari sisi atas, dan di area selanjutnya bicara dengan salah satu murid. Dia akan mengajarkan cara melakukan summon, jangan panggil dulu. Habisi musuh dengan cara biasa, lalu di area berikutnya kamu akan melihat Golem.

Hancurkan dulu jam di belakangnya, kemudian kamu bisa men-summon Ifrit. Jika tidak mau mengorbankan karaktermu, masuki ruangan di balik jam dan periksa mesin. Save, keluar dan lanjutkan ke ruangan berikutnya sambil menghindari Golem. Saat mengikuti jalan, kamu harus menghadapi sebuah pesawatcarrier kecil. Gunakan magic jika kamu tidak membawa karakter penyerang jarak jauh.

Di akhir jalan kamu akan melihat Leader yang kabur ke dalam, habisi sisa musuh dan kejar dia ke dalam. Ada save point serta healing point di dalam. Terus saja mengejar Leader sambil menghabisi pasukan untuk tambahan Phantoma. Setelah sukses memojokkannya, habisi dia.

BOSS: ガブリエル
Gabriel merupakan musuh yang merepotkan, dia sangat gesit dan sering terbang ke sana ke mari. Menghindar dari serangannya dan saat dia berhenti, segera serang. Incar Kill Sight karena jika sukses, boss akan terjatuh sesaat dan kamu mampu menimbulkan critical damage yang cukup besar saat Kill Sight aktif. Wall cukup efektif untuk berlindung sesaat jika kamu menemukan posisi yang sesuai. Jangan lupa saja untuk melakukan heal.

MISSION: 敵中突破作戦 – Level 34 (2nd Playthrough)
Reward: Shankara (Summon)
Misi ini bisa diaktifkan dengan memilih pilihan kedua saat kamu tiba di kota tujuan. Misi ini mirip dengan versi pertama, hanya saja sekarang kamu harus mengaktifkan mesin, sementara di misi pertama kamu harus mematikan mesin. Setelah mengaktifkannya, habisi atau hindari Golem dan masuki ruangan di kanan atas, kiri atas dan tengah untuk mengumpulkan bukti yang diminta.

Bukti tidak bisa diambi jika musuh masih ada, jadi habisi dulu mereka. Hampiri benda bersinar dan pungut dengan O sebelum gelombang musuh berikutnya datang. Musuh akan terus berdatangan, jadi antara kamu kabur atau panen Phantoma sebelum kabur. Setelah semua bukti terkumpul, kamu akan berpindah tempat. Habisi semua musuh di sini untuk mengakhiri misi.

Chapter III
Weapons of Mass Destruction
Free Time I: 3 Hari 12 Jam
Bicara dulu dengan Kurasame di Operation Room untuk Trinity Attack dan summon. Mereka hanya bisa diaktifkan saat Mission. Dengan menggunakan Ace, periksa bangku di dekat Graveyard. Dengan menggunakan Rem, temui Alecia. Kamu bisa memasuki gua tidak jauh dari Acuvi, namun usahakan level minimalmu adalah level 20. Kamu juga bisa melakukan Combat Practice.

Hampiri tujuan dan pilih pilihan pertama untuk memulai misi. Jika kamu memilih 3 karakter berarti ini misi pendudukan kota, di mana kamu menjelajah kota. Jika kamu memilih 1 karakter, berarti ini misi map battle. Dua Combat Practice akan membuka kota Kizaia (キザイア) dan Mikou (ミィコウ). Pergi ke Class 0 setelah waktu habis dan bicara dengan Kurasame. Dia akan memberikan Protect (プロテス) sebagai magic defense.

MISSION: イスカ潜入作戦 - Level 17
Reward: Golem (Summon)
Hal pertama yang kamu ketahui adalah area berkabut dan kamu akan kesulitan membidik musuh. Tujuan misi ini ada 2, pertama menemukan Valve yang akan mengeringkan air serta meletakkan peledak di tiap mesin yang kamu temui. Di salah satu area kamu akan dibatasi waktu, cepatlah aktifkan Valve dan setelah air turun, capai area berikutnya. Teruslah bergerak secepat mungkin, habisi musuh secepatnya sampai kamu memasuki kota.

Gunakan heal point dan terus lari ke lapangan luas yang dipenuhi musuh. Sambil terus bergerak, habisi mereka satu persatu sampai si Leader muncul. Gunakan magic dan Trinity Attack untuk menjatuhkannya sebelum waktu habis. Masuki kembali Isuka untuk melihat sekitar dan bicara dengan Atora. Dia akan membacakan Oriens untukmu jika kamu memilikinya.

Free Time II: 3 Hari 12 Jam
Kembali ke Academy setelah urusanmu beres. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke Magic Department. Jalani Quest di sini dengan memberikan Purple Phantoma [パープルファントマ] dan kamu akan mendapatkan Suzaku Magic, salah satu support dalam Mission. Pastikan kamu mengikuti pelajaran Mog untuk mempelajari magic defense, Esuna (エスナ).

Sebagai Ace, duduk dikursi dekat Graveyard. Sebagai Machina atau Rem, bicara dengan salah satu dari mereka di Terace. Combat Practice akan membuka kota Isuka (イスカ) dan Rokoru (ロコル).

MISSION: 魔導アーマー破壊命令  - Level 22
Reward: Fire (ROK)
Pergilah ke Rokoru dan masuki kota tersebut. Bicara dengan prajurit Byako di akhir jalan, save dulu dan periksa mesin di dekat gerbang untuk memulai misi. Secepatnya bergerak ke tujuan. Di sini sebaiknya kamu tidak ketahuan mesin yang mondar-mandir dan hindari radarnya. Jika ingin menembaknya, lakukan dari belakang dan hancurkan juga semacam tong mesin merah, lakukan saat mesin pengawas tersebut berada jauh dari posisi tong tersebut.

Ikuti jalan dan saat jalan hancur, turuni tangga yang ditandai oleh tanda panah. Kamu akan tiba di saluran bawah tanah. Jika kamu bertemu dengan musuh putih seperti siput raksasa, hindari! Musuh ini merupakan musuh yang kuat. Dari awal kamu memulai, ambil jalan kanan, lalu kiri atas (hindari musuh putih) dan ikuti jalan untuk tiba di tangga yang akan membawamu ke save point, naiki tangga.

Ada tiga tanda panah yang harus kamu ikuti, pilih salah satu dulu. Kamu akan tiba di ruangan dengan 3 ilmuwan. Di ruangan ini terdapat alarm yang akan dibunyikan oleh ilmuwan, secepatnya hancurkan sebelum dinyalakan salah satunya. Salah satu ilmuwan akan menjatuhkan ID Card. Gunakan di komputer di ruangan itu, kemudian lanjutkan ke area tujuan berikutnya. Jika ketahuan, tidak perlu khawatir. Habisi saja semua musuh.

Setelah menyelesaikan 3 posisi, ikuti jalan ke tujuan berikutnya untuk melakukan save. Naiki tangga, kalahkan musuh dan di area berikutnya jalanmu akan tertutup. Jangan panik, balik badan dan ikuti jalan (jadi jangan bersikeras melewati barikade di depanmu). Ikuti jalan sambil menghadapi musuh dan saat menemuisave point berikutnya, siap-siap saja karena saat kamu melanjutkan, kamu akan bertemu Nimbus.

Kamu tidak bisa melakukan apa pun, pasrah saja dan kamu akan kehilangan karakter yang kamu kendalikan. Gantikan dengan sisa karakter yang kamu miliki dan teruskan perjalananmu. Kamu akan menghadapi 4 mesin beserta Leader di salah satu mesinnya, kemudian Leader lagi dengan pasukannya.Save point lagi setelah menang dan buka pintu berikutnya untuk menghadapi.

BOSS: ブリューナク
Boss besar yang mampu menimbulkan damage besar. Kamu bisa berlindung di lorong belakangmu saat dia menyapu platform dengan cakarnya. Hajar kepalanya (dengan magic atau serangan jarak jauh) dan hindari serangannya. Ace atau Cater akan mudah menghindari serangan boss karena gerakan mereka cukup cepat. Setelah healthnya habis, serang ketika  Kill Sight untuk mengakhiri pertarungan.

Kamu harus berhadapan dengan Nimbus setelah menang. Kamu TIDAK AKAN bisa menang melawannya. Yang harus kamu lakukan adalah menghindari semua serangannya sampai dia mundur dan chapter ini berakhir.

MISSION: トゴレス要塞攻略戦  - Level 13
Reward: Shiva (Summon)
Terima misi dari Kurasame di Class 0 dan pergi ke World Map. Semoga kamu menyempatkan diri untuk mengembang biakkan Chocobo. Saat menuju ke tujuanmu, kamu akan melihat banyak monster. HINDARI! Mereka terlalu kuat untuk kamu hadapi saat ini. Tiba di kota tujuan, yaitu Togua (トグア), pilih pilihan 1 untuk memulai misi. Kalahkan musuh sambil mengikuti arah yang ditunjukkan.

Saat tiba di area yang berubah warna, lihat ke kanan dan hancurkan ‘jam’ di dinding. Terus ikuti jalan sampai kamu tiba di lorong panjang, waspadai penembak dari sisi atas, dan di area selanjutnya bicara dengan salah satu murid. Dia akan mengajarkan cara melakukan summon, jangan panggil dulu. Habisi musuh dengan cara biasa, lalu di area berikutnya kamu akan melihat Golem.

Hancurkan dulu jam di belakangnya, kemudian kamu bisa men-summon Ifrit. Jika tidak mau mengorbankan karaktermu, masuki ruangan di balik jam dan periksa mesin. Save, keluar dan lanjutkan ke ruangan berikutnya sambil menghindari Golem. Saat mengikuti jalan, kamu harus menghadapi sebuah pesawatcarrier kecil. Gunakan magic jika kamu tidak membawa karakter penyerang jarak jauh.

Di akhir jalan kamu akan melihat Leader yang kabur ke dalam, habisi sisa musuh dan kejar dia ke dalam. Ada save point serta healing point di dalam. Terus saja mengejar Leader sambil menghabisi pasukan untuk tambahan Phantoma. Setelah sukses memojokkannya, habisi dia.

BOSS: ガブリエル
Gabriel merupakan musuh yang merepotkan, dia sangat gesit dan sering terbang ke sana ke mari. Menghindar dari serangannya dan saat dia berhenti, segera serang. Incar Kill Sight karena jika sukses, boss akan terjatuh sesaat dan kamu mampu menimbulkan critical damage yang cukup besar saat Kill Sight aktif. Wall cukup efektif untuk berlindung sesaat jika kamu menemukan posisi yang sesuai. Jangan lupa saja untuk melakukan heal.

MISSION: 敵中突破作戦 – Level 34 (2nd Playthrough)
Reward: Shankara (Summon)
Misi ini bisa diaktifkan dengan memilih pilihan kedua saat kamu tiba di kota tujuan. Misi ini mirip dengan versi pertama, hanya saja sekarang kamu harus mengaktifkan mesin, sementara di misi pertama kamu harus mematikan mesin. Setelah mengaktifkannya, habisi atau hindari Golem dan masuki ruangan di kanan atas, kiri atas dan tengah untuk mengumpulkan bukti yang diminta.
Bukti tidak bisa diambi jika musuh masih ada, jadi habisi dulu mereka. Hampiri benda bersinar dan pungut dengan O sebelum gelombang musuh berikutnya datang. Musuh akan terus berdatangan, jadi antara kamu kabur atau panen Phantoma sebelum kabur. Setelah semua bukti terkumpul, kamu akan berpindah tempat. Habisi semua musuh di sini untuk mengakhiri misi.

Free Time I: 3 Hari 12 Jam
Bicara dulu dengan Kurasame di Operation Room untuk Trinity Attack dan summon. Mereka hanya bisa diaktifkan saat Mission. Dengan menggunakan Ace, periksa bangku di dekat Graveyard. Dengan menggunakan Rem, temui Alecia. Kamu bisa memasuki gua tidak jauh dari Acuvi, namun usahakan level minimalmu adalah level 20. Kamu juga bisa melakukan Combat Practice.
Hampiri tujuan dan pilih pilihan pertama untuk memulai misi. Jika kamu memilih 3 karakter berarti ini misi pendudukan kota, di mana kamu menjelajah kota. Jika kamu memilih 1 karakter, berarti ini misi map battle. Dua Combat Practice akan membuka kota Kizaia (キザイア) dan Mikou (ミィコウ). Pergi ke Class 0 setelah waktu habis dan bicara dengan Kurasame. Dia akan memberikan Protect (プロテス) sebagai magic defense.

MISSION: イスカ潜入作戦 - Level 17
Reward: Golem (Summon)
Hal pertama yang kamu ketahui adalah area berkabut dan kamu akan kesulitan membidik musuh. Tujuan misi ini ada 2, pertama menemukan Valve yang akan mengeringkan air serta meletakkan peledak di tiap mesin yang kamu temui. Di salah satu area kamu akan dibatasi waktu, cepatlah aktifkan Valve dan setelah air turun, capai area berikutnya. Teruslah bergerak secepat mungkin, habisi musuh secepatnya sampai kamu memasuki kota.

Gunakan heal point dan terus lari ke lapangan luas yang dipenuhi musuh. Sambil terus bergerak, habisi mereka satu persatu sampai si Leader muncul. Gunakan magic dan Trinity Attack untuk menjatuhkannya sebelum waktu habis. Masuki kembali Isuka untuk melihat sekitar dan bicara dengan Atora. Dia akan membacakan Oriens untukmu jika kamu memilikinya.

Free Time II: 3 Hari 12 Jam
Kembali ke Academy setelah urusanmu beres. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah pergi ke Magic Department. Jalani Quest di sini dengan memberikan Purple Phantoma [パープルファントマ] dan kamu akan mendapatkan Suzaku Magic, salah satu support dalam Mission. Pastikan kamu mengikuti pelajaran Mog untuk mempelajari magic defense, Esuna (エスナ).

Sebagai Ace, duduk dikursi dekat Graveyard. Sebagai Machina atau Rem, bicara dengan salah satu dari mereka di Terace. Combat Practice akan membuka kota Isuka (イスカ) dan Rokoru (ロコル).

MISSION: 魔導アーマー破壊命令  - Level 22
Reward: Fire (ROK)
Pergilah ke Rokoru dan masuki kota tersebut. Bicara dengan prajurit Byako di akhir jalan, save dulu dan periksa mesin di dekat gerbang untuk memulai misi. Secepatnya bergerak ke tujuan. Di sini sebaiknya kamu tidak ketahuan mesin yang mondar-mandir dan hindari radarnya. Jika ingin menembaknya, lakukan dari belakang dan hancurkan juga semacam tong mesin merah, lakukan saat mesin pengawas tersebut berada jauh dari posisi tong tersebut.

Ikuti jalan dan saat jalan hancur, turuni tangga yang ditandai oleh tanda panah. Kamu akan tiba di saluran bawah tanah. Jika kamu bertemu dengan musuh putih seperti siput raksasa, hindari! Musuh ini merupakan musuh yang kuat. Dari awal kamu memulai, ambil jalan kanan, lalu kiri atas (hindari musuh putih) dan ikuti jalan untuk tiba di tangga yang akan membawamu ke save point, naiki tangga.

Ada tiga tanda panah yang harus kamu ikuti, pilih salah satu dulu. Kamu akan tiba di ruangan dengan 3 ilmuwan. Di ruangan ini terdapat alarm yang akan dibunyikan oleh ilmuwan, secepatnya hancurkan sebelum dinyalakan salah satunya. Salah satu ilmuwan akan menjatuhkan ID Card. Gunakan di komputer di ruangan itu, kemudian lanjutkan ke area tujuan berikutnya. Jika ketahuan, tidak perlu khawatir. Habisi saja semua musuh.

Setelah menyelesaikan 3 posisi, ikuti jalan ke tujuan berikutnya untuk melakukan save. Naiki tangga, kalahkan musuh dan di area berikutnya jalanmu akan tertutup. Jangan panik, balik badan dan ikuti jalan (jadi jangan bersikeras melewati barikade di depanmu). Ikuti jalan sambil menghadapi musuh dan saat menemuisave point berikutnya, siap-siap saja karena saat kamu melanjutkan, kamu akan bertemu Nimbus.

Kamu tidak bisa melakukan apa pun, pasrah saja dan kamu akan kehilangan karakter yang kamu kendalikan. Gantikan dengan sisa karakter yang kamu miliki dan teruskan perjalananmu. Kamu akan menghadapi 4 mesin beserta Leader di salah satu mesinnya, kemudian Leader lagi dengan pasukannya.Save point lagi setelah menang dan buka pintu berikutnya untuk menghadapi.

BOSS: ブリューナク
Boss besar yang mampu menimbulkan damage besar. Kamu bisa berlindung di lorong belakangmu saat dia menyapu platform dengan cakarnya. Hajar kepalanya (dengan magic atau serangan jarak jauh) dan hindari serangannya. Ace atau Cater akan mudah menghindari serangan boss karena gerakan mereka cukup cepat. Setelah healthnya habis, serang ketika  Kill Sight untuk mengakhiri pertarungan.

Kamu harus berhadapan dengan Nimbus setelah menang. Kamu TIDAK AKAN bisa menang melawannya. Yang harus kamu lakukan adalah menghindari semua serangannya sampai dia mundur dan chapter ini berakhir.

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih