Di larang klik kanan

Senin, 18 April 2011

Panduan -> Harvestmoon: Back To Nature



Dimasa kita kecil siapa yang tidak tahu dengan game yang fenomenal ini. Sejak kemunculannya yang pertama pada consul PS One, game Harvestmoon : Back To Naure ini mampu menyorot jutaan pengemar dan menjadi trand topic yang membuat game ini pantas di mainkan

Saat kecil pun saya dan teman-teman seumuran sangat sering memainkannya dan saya juga pernah belajar begadang hanya untuk bermain dengan permainan ini. Berbeda dari permainan RPG pada umumnya, Harvest moon : Back to Nature sendiri mempunyai alur cerita yang berbeda setiap harinya yang bergantung kepada apa anda memilih dan memutuskan kehidupannya, tentu saja menurut saya game ini membantu kita belajar mengatur waktu dan uang untuk kehidupan yang real ini.

Dalam game ini kita memulai sesuatu berawal dari tidak mempunyai apa-apa, lalu harus bekerja keras untuk sampai pada akhirnya mempunyai uang untuk membangun rumah, membeli ternak, bibit, dan lain-lain sebagai seorang petani.

Singkat kata, game ini adalah salah satu game simulasi kehidupan terinovatif dan paling asyik untuk dimainkan dari semua kalangan. Pastikan memainkan game ini setidaknya sekali dalam hidup! anda pasti akan mengenangnya walaupun suatu hari tidak memainkannya lagi.

________Pernikahan__________ 
Pada bagian ini saya akan mengulas tentang pernikahan anda dengan seorang perempuan yang nanti akan menjadi istri anda di game HM back to nature ini, tentunya hal tersebut termasuk persentase keberhasilan anda dalam permainan ini.

Ada 7 warna icon hati atau bentuk hati setiap pasangan wanita yang anda sukai, yang artinya menunjukkan parameter kesukaan mereka terhadap dirimu sebagai seorang karakter utama dan tentunya anda harus berusaha merubah warna hati perempuan yang anda sukai tersebut dari hati berwarna hitam yang artinya dia tidak sama sekali mengenal anda dan tidak ada perasaan sedikit pun padamu sampai ke tingkat ankhir dari hati berwarna merah yang menandakan bahwa perempuan tersebut sangat menyukai anda dan sangat ingin sekali melamar anda.
  1. Hati berwarna Hitam, berarti ia tidak mengenal anda sama sekali, dan berharap anda tidak pernah berada di kota ini lagi.
  2. Hati berwarna Ungu, berarti sikapnya terhadap anda biasa saja dan sewajarnya.
  3. Hati berwarna Biru, berarti sikapnya terhadap anda mulai berubah dan dia menganggap anda sedikit menarik perhatiannya.
  4. Hati berwarna Hijau, berarti ia sepertinya jatuh Cinta padamu
  5. Hati berwarna Kuning, berarti ia mulai menyukaimu dan mau mengajakmu kencan agar dapat mengenalmu lebih dekat lagi.
  6. Hati berwarna Orange atau Jingga, berarti sikap dan perilakunya mulai benar-benar berubah tentang dirimu dan dia berharap dapat menikah denganmu kelak.
  7. dan tingkat akhir adalah hati berwarna Merah, yang berarti bahwa ia sangat tergila-gila denganmu dan sangat ingin mau menikah denganmu sekarang.
Dalam Harvest Moon : Back To Nature ini ada 5 orang perempuan lajang dari desa yang dapat anda jadikan istri dan tinggal anda saja menyukai yang mana kiranya yang baik dan sukai tentunya. Kelima orang tersebut adalah Karen, Marry, Elli, Ann, dan Popuri. Setiap karakter yang dapat anda jadi istri pun memiliki kesukaan masing-masing yang harusnya anda ketahui apabila anda ingin berteman atau menjadikan istri anda nantinya kelak.

 Karen
Karen (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo
Hari Ulang Tahun
15 Fall (23 Fall, Jika ulang tahunmu tanggal 15 Fall)
Tempat Tinggal
Supermarket (lihat Map no.10)

Bekerja di
(?)
Supermarket (lihat Map no.10)


Rival anda
Rick

Hadiah Terbaik
Wine atau Minuman anggur, Moondrop Flowers

Menyukai
Telur, Masakan Rumah

Kepribadian
Karen adalah salah satu perempuan dengan semangat yang besar  dari perempuan lajang di desa lainnya, mungkin karena penampilannya yang terlihat seperti anak laki-laki yang nakal.

Tetapi sebenarnya, ia adalah orang yang senang membantu sesama dan merupakan pendengar yang baik. Ia sangat menghormati kedua orang tuanya, Jeff dan Sasha.

Karen adalah orang terpayah didesa dalam soal memasak, karena setiap ia memasak, tidak diragukan lagi bahwa hasilnya akan pasti akan mengalami kegagalan. Tetapi, tidak sampai disitu, ia memiliki tekad kuat untuk dapat memasak, tidak pernah mencoba menyerah dan berharap suatu saat memenangkan lomba masak yang diadakan di alun-alun desa.

Mary
 Mary (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo
Hari Ulang Tahun
20 Winter (25 Winter, jika ulang tahunmu tanggal 20 Winter)
Tempat Tinggal
Mary's House (lihat Map no.14)

Bekerja di
(?)
Perpustakaan (lihat Map no.13)


Rival anda
Gray

Hadiah Terbaik
Semua jenis Bunga, Jamur beracun, Bamboo Shots

Menyukai
Jamur biasa, Anggur

Kepribadian
Saat pertama melihatnya, ia terlihat seperti gadis pandai, kutu buku dan sedikit aneh. Tetapi sebenarnya dibalik semua itu, Mary atau Maria ini merupakan gadis yang baik dan mampu memberikan pendapat yang bermanfaat bagimu, walaupun terkadang ia juga orang yang mempunyai sifat pemalu dan pendiam.

Marry atau Maria sendiri bekerja di perpustakaan, dan ia juga tinggal bersama dengan ayahnya Basil dan Ibunya Anna, mereka berdua adalah orang tua yang bisa kau minta saran dalam berkebun.

Elli
Elli (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo
Hari Ulang Tahun
16 Spring (20 Spring, jika ulang tahunmu tanggal 16 Spring)
Tempat Tinggal
Ellen's House (lihat Map no.12)

Bekerja di
(?)
The Clinic (lihat Map no.9)


Rival anda
Doctor

Hadiah Terbaik
Semua jenis bunga, Strawberry

Menyukai
Orange Cup Fruit, Aksesoris

Kepribadian
Ia merupakan gadis yang manis, baik dan memiliki sifat keibuan. Elli sendiri tinggal bersama dengan Ellen neneknya, dan adik laki-lakinya Stu.

Elli bekerja dengan Doctor, di klinik dekat supermarket, disana ia bekerja sebagai perawat. Datanglah ke klinik disaat jam kerjanya, maka ia akan memberi beberapa saran tentang bagaimana menjaga kesehatan dari memilih pola makananmu.

 Ann
Ann (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo
Hari Ulang Tahun
17 Summer (22 Summer, jika ulang tahunmu tanggal 17 Summer)
Tempat Tinggal
Penginapan (lihat Map no.8)

Bekerja di
(?)
Penginapan (lihat Map no.8)


Rival anda
Cliff

Hadiah Terbaik
Apple, Telur Rebus

Menyukai
Telur, Bamboo Rice, Salad, Omelet, Sushi

Kepribadian
Ann merupakan gadis tomboy yang memiliki selera humor yang payah, ia tidak dapat menanggapi candaan anda saat ia bekerja atau tidak mau diganggu.

Ann juga merupakan salah satu pesaing terberat kedua setelah ayahnya Doug dalam lomba memasak, ia sangat handal dalam memasak, tidak heran kalau ia mampu menciptakan resep-resep masakan yang begitu hebat.

Ann sendiri tinggal bersama dengan Ayahnya, Doug. Ia merupakan orang tua tunggal yang merawat dan menjaga Ann sejak masih kecil, karena ibu Kandung Ann telah meninggal dunia sejak melahirkannya.

Doug sangat menyayangi putri satu-satunya ini, ia tidak segan untuk memberikan waktu dan tenaganya untuk melihat putrinya ini bahagia.

Popuri
 Popuri (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo
Hari Ulang Tahun
22 Summer

Tempat Tinggal
Poultry Farm (lihat Map no.2)

Bekerja di
(?)
Poultry Farm (lihat Map no.2)


Rival anda
Kai

Hadiah Terbaik
Semua Jenis Bunga, telur, Apel, Susu hangat

Menyukai
Rumput liar, Masakan rumah, dan coklat

Kepribadian
Ia adalah gadis yang cenggeng, mudah tersinggung dengan pendapat orang lain dan gadis yang manja. tetapi, ia sebenarnya melakukan hal tersebut karena ingin di perhatikan orang lain.

Popuri juga merupakan gadis yang sedikit membuat kakaknya Rick sedikit kesal dengan tingkahnya karena sangat sulit menuruti perintahnya, entah ia merasa bahwa kakaknya tersebut selalu menganggap dirinya adalah anak kecil terus yang selalu dijaga.

Ia memiliki ibu bernama Lillia, dan ayahnya bernama Rod. Ayahnya sendiri, pergi meninggalkan keluarga ini karena alasan tertentu, yaitu mencari obat untuk sang ibu yang terkena penyakit yang sudah lama ia derita sejak lama.


________Syarat Menikah__________
Sebelum anda menikahi salah satu gadis lajang di desa, ada beberapa syarat yang harus terpenuhi sebelum menikahinya, yaitu :

1. Syarat pertama, adalah dengan meng-upgrade tempat tinggalmu atau memperluasnya, dengan melalui beberapa tahap yang harus dilakukan, berbicaralah kepada Gotz si tukang kayu (lihat map no.1), kemudian lakukan tahap demi tahap memperluas kandang ayam, memperluas tempat tinggal atau rumahmu menjadi tahap ke pertama, kemudian berikutnya memperluas kandang sapi dan domba. Setelah semua terpenuhi dengan beberapa syarat yang ada, akhirnya anda dapat membangun dan memperluas tempat tinggal anda menjadi tahap kedua, yang artinya di dalam akan memiliki kamar tambahan dan dua ranjang/ tempat tidur.

2. Syarat Kedua, adalah dengan membuat gadis pujaan anda mutlak memiliki hati berwarna merah, yang artinya ia mau menikah dan hidup menjadi pasanganmu.

3. Syarat Ketiga, adalah dengan memberikan Blue Feather (bulu burung biru) kepada salah satu gadis pujaan anda di desa. Cara mendapatkannya yaitu ada dua, pertama anda dapat membelinya di supermarket dengan harga 1.000G. Kedua dapat anda beli dengan Won dengan harga 30.000G.

Jadi, disarankan untuk tidak membelinya dengan Won, karena ia mematok harga mahal untuk Blue Feather tersebut. Setelah semua syarat-syarat diatas telah terpenuhi, pergilah dan temui gadis pujaan anda dengan membawa Blue Feather yang anda miliki untuk diserahkan kepada gadis yang memiliki persentase hati merah. Setelah sang gadis menerima lamaranmu, maka ceklah kalender di rumahmu, disana akan terdapat simbol berbentuk hati merah yang ditandai sebagai upacara pernikahanmu.

Akan dihitung 7 hari, sejak pertama anda memberikan lamaran kepada gadis pujaan. Jadi, upacara akan diadakan minggu depannya. Disarankan untuk meminta bantuan para peri Harvest atau kurcaci untuk mengurus perkebunanmu, karena saat hari upacara pernikahanmu, kamu otomatis tidak akan dapat bekerja di perkebunan.

________Heart Scene__________ 

Pada bagian ini saya membahas tentang beberapa event atau kejadian yang berkaitan langsung dengan para gadis lajang yang ada di desa yaitu Ann, Karen, Popuri, Mary dan Elli. Yang Mana kejadian tersebut berhubungan dengan kecepatan penambahan dari parameter gadis pujaan yang anda sukai.

Tentu saja, hal tersebut akan membantu anda untuk mempermudah mendapatkan gadis pujaan anda sebagai seorang istri anda kelak. Tentu, tidak luput juga bahwa kejadian-kejadian di bawah ini malah dapat menambah parameter orang-orang sekitar yang berhubungan langsung dengan kejadian atau event di dalamnya yang membuat hubungan anda dengan orang-orang tersebut atau masyarakat sekitar semakin lebih baik.

_______Karen___________
Karen (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo

  • Perkenalan dengan Karen, Jeff menjual secara kredit
Saat anda pertama kali memasuki supermarket, disana anda akan melihat Jeff, ayah karen menjual barang dagangannya secara kredit. Awal mula datanglah Doctor dengan membeli barang dengan meminta Jeff menulis bon hutangnya disana, tetapi sepertinya Jeff sedikit khawatir akan hal tersebut, karena Jeff adalah orang yang tidak enakkan, maka ia tidak dapat menagih hutang-hutang sebelumnya yang dimiliki oleh Doctor. Tidak berapa lama kemudian, Sasha istri dari Jeff sedikit marah karena sepertinya ia menjual barang dagang secara kredit lagi, lalu ia pun pergi ke klinik untuk menagih hutang-hutang sang Doctor.

Kemudian di lain waktu juga datang Duke ke dalam supermarket dengan membeli barang dagang disana dengan cara yang sama, yaitu kredit atau ngutang. Setelah Duke mau pergi ia menyempatkan berbicara denganmu, ada dua pilihan yang mempengaruhi kedekatanmu dengan Jeff dan Karen yaitu pilihan pertama adalah "Tidak apa-apa", atau "Kau seharusnya membayar barang tersebut", kemudian tidak waktu lama juga Karen keluar dan meminta agar Duke membayar barang yang ia beli dari supermarket tersebut. Karena merasa takut akan ancaman Karen, ia pun membayar barang yang tadi ia sempat beli dengan cara kredit tersebut.

Lalu Karen pun berterima kasih kepadamu dan memperkenalkan diri, kemudian meminta ijin untuk bekerja kembali, dengan kejadian tersebut membuat hubunganmu dengan Jeff dan Karen pun membaik.
  • Pertanyaan dari Karen
Saat anda memasuki kawasan pemandian air panas, disana anda akan berjalan secara otomatis atau dengan sendiri mendekati sungai di tempat tersebut. Kemudian beberapa waktu, datanglah Karen menemuimu dan bertanya tentang apa yang mengganggu pikiranmu. Kamu mempunyai 3 pilihan jawaban yaitu "Pekerjaan", "Masalah Cinta", dan "Tidak ada apa-apa".

Jika kamu menjawab tentang pekerjaan, maka ia akan menyarankanmu untuk berbicara dengan Barley untuk mendapat tips-tips seputar pekerjaan di perkebunanmu. Tetapi jika kamu menjawab tentang "Masalah CInta", maka ia akan dengan senang hati mendengarkannya, dan hubungan pertemanan anda dengannya pun semakin baik.
  • Bibit Bunga Moondrop dari Karen (yang dibutuhkan hati biru)
Karen akan menemuimu dan memberikanmu sebuah bibit bunga Moondrop. Tanamlah bibit tersebut di perkebunanmu dan siram terus hingga bunga tersebut tumbuh. Sewaktu bunga tersebut tumbuh, Karen akan datang dan sangat senang melihat kamu memelihara bunga yang ia berikan kepadamu.
  • Karen Menjadi Pelatih Dansa (Tahun Kedua)
Sebelum Festival Goddess musim semi, Karen akan datang dan bertanya apakah kamu mau belajar berdansa? Katakan kamu mau belajarm maka kamu dan Karen akan mulai berlatih berdansa bersama. Pada hari berikutnya di Festival Goddess musim semi, kamu dapat mengajak gadis pujaanmu untuk berdansa bersama denganmu.

_______Mary___________
Mary (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo

  • Mary Menulis sebuah buku
Pergilah ke dalam perpustakaan, temukan Mary yang sedang menulis sebuah buku. Ada dua pilihan yaitu "apa yang kau tulis?" atau "Aku suka membaca buku", pilihlah pernyataan yang mana saja.
  • Pertanyaan dari Mary (yang dibutuhkan hati ungu)
Kejadian ini terjadi saat anda memasuki perpustakaan, disana ia akan bertanya kepadamu sedang apa kau disini? pilihlah jawaban kedua, yaitu ingin membaca sebuah buku. Kemudian ia akan merasa senang mendengarnya dan hubunganmu dengan Mary akan semakin baik.
  • Mary Mengijinkanmu untuk membaca Buku (yang dibutuhkan hati biru)
Suatu hari Mary akan datang ke perkebunanmu dan memberikan sebuah buku untuk kau bacpilihlah jawaban kedua, maka Mary akan meminjamkan buku tersebut kepadamu untuk di baca, dan dapat kau kembalikan setelah kau membacanya nanti.

Isi buku tersebut bercerita tentang pohon tua dan power berry, kisah penebang kayu dan sang raja.

Setelah beberapa hari setelah anda membaca buku tersebut, kembalikan buku tersebut kepada Mary. Kemudian ia akan bertanya pendapatmu tentang buku tersebut, pujilah buku tersebut dan dia akan merasa senang dan mulai menyukaimu.

_______Elli_____________
Elli (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo

  • Perkenalan dan pemberian Perban (Bandage) dari Elli
Saat pertama kali anda memasuki sekitar depan klinik disana anda akan bertemu dengan Elli dan kemudian ia bertanya tentang keadaanmu karena sepertinya kau terluka. pilihlah jawaban kedua, maka ia akan memberikan perban (Bandage) kepadamu dan kemudian masuk kembali bekerja di klinik.
  • Perban (Bandage) dari Elli untuk Stu
Saat anda memasuki daerah perumahan walikota atau di depan rumah ellen, disana anda akan melihat seorang anak laki-laki menangis karena kaki terluka. Berikan perban (Bandage) yang anda dapatkan dari Elli tersebut kepada anak tersebut, kemudian ia akan berhenti menangis dan memperkenalkan diri sebagai Stu.

Tidak lama kemudian, muncullah Elli dari dalam rumah dan mengucapkan terima kasih banyak kepadamu karena mau membantu Stu, adik laki-lakinya tersebut.
  • Pertanyaan dari Elii (Yang dibutuhkan hati ungu)
Saat pagi hari, ketika anda melewati daerah klinik. Disana anda akan bertemu dengan Elli, dan bertanya tentang keadaan perkebunanmu. Ada 3 pilihan yaitu "Berat", "Menyenangkan" dan terakhir "Melelahkan".

Pilihlah jawaban kedua, maka dia akan mengatakan juga kepadamu bahwa ia pun sangat senang bekerja di klinik, dan berterima kasih kepada neneknya, Ellen yang telah membantu selama ini.
  • Roti Isi (Sandwiches) buatan Elli (Yang dibutuhkan Hati biru)
Kejadian ini terjadi di perkebunanmu, saat anda keluar dari dalam rumah. Elli akan datang dan membawakan roti isi selama tiga hari mendatang, jadi ia akan datang dari jam 12 siang hingga 5 sore.

Roti isi tersebut ia buat untuk adik laki-lakinya stu, tetapi sebelum ia berikan kepadanya. Ia meminta pendapat dahulu selama 3 hari mendatang untuk mencicipi buatannya.

Hari pertama ia akan membawa roti isi buatan pertamanya kepadamu, dan meminta maaf kalau buatannya sedikit kurang enak karena ia baru saja berlatih membuatnya. Kemudian pada hari kedua keesokkannya pun, ia sedikit merasa percaya diri dengan roti isi buatannya dan memberi semangat kepadamu untuk bekerja dengan giat di perkebunan. Dan pada hari terakhir, yaitu hari ketiga berikutnya, ia akan memberikan roti isi (Sandwiches) Combo kepadamu dan menurutnya rasanya jauh lebih enak dari buatan sebelumnya.

_______Ann____________
Ann (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo

  • Perkenalan dengan Ann
Saat pertama kali anda memasuki penginapan pada siang hari, Doug akan bertanya kepadamu pendapat tenatang putri kesayangnya Ann. Ada dua pilihan yaitu "dia penuh semangat" dan "dia manis", pilihlah jawaban kedua, maka Doug akan memperkenalkan putrinya tersebut kepadamu.
  • Pertanyaan dari Ann (Yang dibutuhkan hati ungu)
Kejadian ini dapat anda temukan saat ada memasuki sekitar depan penginapan, dan disana anda akan bertemu dengan Ann. Disana ia mengatakan bahwa ayakan Doug memberitahukan kepadanya untuk mencari pasangan hidup dan menikah, kemudian ia bertanya kepadamu, bagaimana jadinya kalau gadis sepertinya suatu saat menikah, dapatkah kau bayangkan ? pilihlah jawaban kedua, maka dia akan sedikit malu dan tersenyum kepadamu, kemudian meminta ijin pergi untuk kembali bekerja di penginapan lagi.
  • Permintaan dari Ann (Yang dibutuhkan hati biru, memilki 3+ Ayam dikandang)
Saat anda keluar dari rumah anda, pagi-pagi sekali Ann akan datang ke perkebunanmu dan kemudian meminta bantuanmu untuk menyediakan 3 telur ayam ke penginapan. Sanggupi permintaannya, kemudian ia akan mengatakan kepadamu untuk mengantar telur-telur tersebut setiap hari ke penginapan dimulai besok harinya, dan akan membayarkan langsung setelah anda mengantar telur-telur tersebut sekitar jam 5pm atau 5 sore hari.
  • Pesta Ulang Tahun Ann (yang dibutuhkan hati biru atau hijau)
Pada awal musim panas, periksalah kotak surat yang terdapat di perkebunanmu, disana anda akan mendapatkan surat undangan pesta ulang tahun Ann yang di adakan di penginapan pada tanggal 17 Summer (22 Summer, jika ulang tahunmu tanggal 17 Summer), segera persiapkan hadiah dan bungkus dengan kertas kado di supermarket sebelum jam 6 sore.

_______Popuri__________
Popuri (Harvest Moon: Back to Nature)'s Photo

  • Pedebatan Popuri dan Rick
Pergilah ke kandang di perkebunan Poultry tempat tinggal Popuri atau Rick, disana anda akan melihat kejadian perdebatan antara Popuri dan dan Rick, kemudian Popuri pergi dari tempat tersebut dengan menangis. Bicaralah dengan Rick, kemudian ia menceritakan perdebatan apa yang mereka permasalahkan tadi, yaitu Popuri kemarin malam lupa memasukkan salah satu ayam kekandangnya dan anjing liar pun membunuhnya. Karena hal tersebutlah yang membuat Rick marah dengan adik perempuannya tersebut.

Kemudian Rick memintamu untuk menemui Popuri dan mengajaknya kembali pulang. Temui Popuri di pemandian air panas yang berada di air terjun sebelah perkebunanmu, disana anda akan menemukan Popuri sedang sendiri. Bicaralah denganya, kemudian ada dua pilihan yang dapat mempengaruhi kesan perkenalanmu dengannya Popuri yaitu "Ini semua sudah berakhir" atau "Aku turut berduka". Pilihlah jawaban kedua, kemudian Popuri akan bercerita banyak hal denganmu disana, setelah itu ia berterima kasih karena telah mau mendengarkan keluh kesah bersamanya.
  • Popuri ingin Meninggalkan desa
Pada tahun pertama, pergilah ke arah Pertenakan Poultry, disana anda akan menemukan Popuri sedang merasa kecewa dan mengatakan bahwa ia merasa bosan berada di desa ini dan ingin segera pergi dari sini. Ada dua pilihan yaitu "Jangan Pergi" atau " Itu pasti akan menyenangkan", pilihlah jawaban kedua, tetapi tenang saja ia tidak akan benar-benar pergi dari desa, karena ia hanya merasa sedikit bosan dan bermimpi suatu saat bertemu dengan ayahnya jika ia meninggalkan desa ini.
  • Permintaan dari Popuri (yang dibutuhkan hati biru)
Popuri akan datang kerumahmu dan memberikanmu sebutir telur. Jangan dimakan!! Letakkan telur tersebut di inkubator di dalam kandang ayam selama tujuh hari lamanya. Pada saat menetas beri nama anak ayam tersebut dengan nama "Popuri". Kemudian pada hari berikutnya, Popuri akan datang kembali melihat anak ayamnya tersebut. Begitu iua tahu, bahwa anda memberi nama yang sama dengan namanya, maka Popuri akan merasa senang denganmu dan hubunganmu dengannya pun semakin  baik.


[...Coming Soon...]

Terus Bagi Kelanjutan Postingan ini ada di sini cek di disini Part 2 

18 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

18 komentar:

  1. aku suka nee HM back to Nature .. yang cowok,,
    ahhhahh ingat mainan masa lalu deeh, aku ingatbanget nikah ma karen karna dia manis banget dan cantik kayak aku gtoo hohoho.

    tapi sifat nya bedah deh ma aku yang suka minum minuman..emm BTW kk apa benar ya kalau kita nikah ma karen tooo kita dapetin susu coklat???
    kalau bener kyk pa caranya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya Rumor, jangan di percaya !

      hal tersebut tidak benar adanya, jadi nggak usah di tanggapi, pribadi dari saya jangan di percaya ;)

      Hapus
  2. kk saya mau tanya kayak apa mau dapat strowberry seed, labu sama bibitnya bayam too kk ?? kalau tahu tolong dishare juga sama keterangan musim panennya ditnggu yaa kk ..

    salam piss << Ikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan benih langka cek aja di part 2 postingan ini.

      1. stroberry seed --> Jual 100 buah lobak, kentang, kubis dan mentimun.. entr ada di kotak surat dikirim kok ma supermarket.

      2. Labu Seed --> Jual 100 buah bawang, tomat, jagung sama nanas.. sama yng diatas entr ada dikotk surat..

      3. Bayam --> Jual 100 buah wortel, terong, sweet potato atw kentang manis dan green pepper.

      Hapus
  3. kk donny sya mau tanya ne.
    kan katanya kita bisa ya minta pengambunan digereja itu?? trus caranya??
    kata temen saya sihh kita bisa minta pengampunan tapi pas, pastornya nggak ada dimimbar depan itu..
    emang bener ya kk ???
    hari apa ja kita dapat masuk minta pengampunan?trus pengambunan apa2 aja disana ???

    maaf kalau panjang nanyanya .. makasih
    salam Gamerz.

    BalasHapus
  4. Amelya McDonald : PeDenya tinggi amaat haha...

    perasaan ku gak dapet deh kalau kita nikah ma karen itu kita dapetin susu coklat soal nya itu bukan event scene yang ada di harvestmoon Back to nature ne..

    oh ya kk saya mau nanya kyk apa supaya rumah kaca kita gk rusak truus ??soalnya aku udah bikn sampai 3x dalam musim winter v rusak trus.

    mohon pencerahannya kk.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipsnya mudah kok, bawa anjing peliharaanmu kedalam rumah kaca, jangan keluarkan kemana-mana.

      Rumah kaca sekarang gk bakalan rusak kok, saya jamin :)

      Hapus
  5. hai kk katanya ada kok susu coklat caranya:
    (Belum dikonfirmasi) Menikah dengan Karen sebelum tahun ketiga dan punya anak sbelum tahun ke-4. Kemudian ambil coklat yang kamu peroleh saat Thanksgiving dan campurkan dalam makanan sapi. Sapi-sapi akan menghasilkan susu coklat yang laku dijual seharga 2000G.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu hanya Rumor -Butiran debu

      tidak benar adanya !

      Hapus
  6. siapa tau dapat tea relaksasi aku tau cranya:
    Relaxation Tea Leaves (Daun Teh untuk Relaksasi)

    jam 03.00PM di musim semi kunjungi rumah harvest sprite, berikan hadiah pada semuanya. Sprites akan mengundangmu ke acara minum teh dan kamu akan mendapat daun teh yang berharga itu. Item ini bisa kamu gunakan untuk memenangkan lomba masak.

    BalasHapus
  7. oya don q mw nanya gmna cara'a bwt nikah am aja :)
    klo bza gmn cra'a ?
    biar pasti q tw nie bner ada'a atw cuma hoax

    BalasHapus
  8. Jangan mnikah sampai tahun ke10,untuk mempermudah pke cheat memajukan tahun

    BalasHapus
  9. Sy blom ngerti gan main harvest BTN sy jadi boring
    Yg saya mengerti hanya save the homeland . Hero of leaf fally . Sama a wonder full life kalo yg ini sy gk ngerti cara nya gmnh dh gtu tulisan nya gk jelas gan banyak banget item2 nya puyeng
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  10. Bagaimana ya cara supaya dapat kuda lain???
    Katanya harus tanam 30 rumput
    Yang jadi masalah nya 30 benih atau 30 kotak???
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  11. Saya juga sama nih gan nulis event cewek di harvest moon back to nature, ditunggu kunjungan baliknya ke blog saya di amangudan.com ya gan :D makasih

    BalasHapus

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih