Di larang klik kanan

Senin, 18 April 2011

Panduan -> Harvestmoon: Innocent Life SE

Innocent Life: A Futuristic Harvest Moon SE ini adalah game yang tidak bersetting di jaman sekarang seperti Harvest Moon biasanya melainkan di tahun 2022, Anda bahkan tidak akan bermain sebagai anak yang mendadak dapat limpahan sebuah pertanian sama hal seperti game Harvestmoon lainnya, tetapi seorang android (Robot yang sangat mutakir).

Innocent Life ini pun telah sukses memperbaiki berbagai konsep dasar dalam Harvest Moon lama. Contoh pertama adalah ketika di game Harvest Moon terdahulunya anda tidak akan bisa memanen buah/sayur-sayuran yang ada di tengah  karena terhalang oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang mengelilinginya, kini Innocent Life sendiri sudah memperbaiki hal tersebut. Anda kini bisa ‘menginjak’ tanaman-tanaman anda (tentu saja tanpa merusaknya) dan menyiram sekaligus memanen segala tanaman yang ada.

Saat anda sedikit bosan berladang, anda akan bisa meminta robot bantuan anda untuk mengurus kebun di tempatmu. Jadi, anda bebas berpetualangan di tempat lain agar anda dapat menyelesaikan dan mencari hal-hal lain di game ini.



Contoh kedua yang diperbaiki oleh Innocent Life adalah tumbuhan-tumbuhan liar di dalam game ini. Ingatkah betapa menyebalkannya ketika dia terus memenuh-menuhi tas kita? Sekarang itu tidak akan terjadi.

Tumbuhan liar kini pun dikelompokkan sehingga mengambil 99 item hanya akan memenuhi satu slot. Lebih hebatnya lagi adalah anda bisa langsung mendiscardnya/membuang dari menu tas kita tanpa kesulitan sama sekali ke tempat khusus -> Sampah.

____Cerita Singkat____


Heartflame Island, sebuah pulau dimana hampir semua kegiatan dalam kehidupan dibantu dengan mesin. Tidak terkecuali dengan pertanian. Akan tetapi, mesin bukanlah jawaban dari semua itu. Para spirits marah, karena pertanian tidak lagi dilakukan dengan cara tradisional. Maka, seorang ilmuwan ternama, Dr. Hope, membuatmu, yang bernama Life, menjadi penyelamat untuk menghindarkan penduduk Heartflame dari kemarahan spirits.

Tempat Tinggal :
Tempat tinggal Anda adalah di Easter Ruins, Anda mempunyai tujuan untuk mengembalikan kondisi perkebunan dan peternakan dari keterpurukan sehingga menjadi baik dan bagus. Easter Ruins mempunyai empat lantai yang terdiri dari :
  • Lantai pertama, yang terdiri dari lantai dasar dan tempat terkunci (pintu permata merah) untuk di dalam, tempat tinggal Franco, tempat tinggal Moonlight, tempat membeli bibit jarak jauh (pintu permata biru), dan dua tempat terkunci (pintu permata oranye) untuk di luar;
  • Lantai kedua adalah The Storage Area adalah ruangan yang berisi sebagai berikut: 
-  kotak penyimpan barang (yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang)

-  sebuah tempat pengiriman berwarna hijau (dimasukkan ke dalam untuk tanaman dan hasil ternak yang akan dijual)

-  sebuah tempat pengiriman berwarna biru  (dimasukkan ke dalam hasil kayu dan batu yang akan dijual)

-  kotak penyimpanan bibit (bibit akan dikirim ke sini bila Anda membeli bibit dan Anda harus menggunakan kantong bibit
   untuk mengambil bibit)

-  tempat sampah

-  serta ruang untuk domba dan satu lagi untuk ayam dan sapi (dua tempat ini akan dibuka setelah Anda menaruh 4 jewel    biru di altar perkebunan

Di luar kandang sapi dan ayam, ada dua kolam yang mengandung roh air. Air ini dapat membantu tanaman Anda untuk tumbuh lebih cepat dan sangat diperlukan untuk membuat lahan yang ber es ketika musim dingin.
  • Lantai ketiga adalah tempat Anda akan tinggal (kamar Anda), kamar Anda dilengkapi dengan dapur, TV, tempat tidur, twmpat penyimpanan barang Anda, rumah Anjing (di mana hewan peliharaan Anda tetap ada bila malam hari, atau dalam cuaca buruk), sebuah kulkas, dan kamar mandi (dua yang terakhir tidak memiliki kegunaan).
  • Dan terakhir lantai Keempat adalah perkebunan Anda. Di tempat ini berisi beberapa bidang di mana Anda akan menanam berbagai tanaman anda (sayuran, buah, rempah-rempah dan bunga. Di sini juga memiliki sebuah kotak penyimpanan barang Anda,sebuah tempat pengiriman berwarna hijau (dimasukkan ke dalam untuk tanaman dan hasil ternak yang akan dijual), sebuah tempat pengiriman berwarna biru  (dimasukkan ke dalam  untuk hasil kayu dan batu yang akan dijual), dan sebuah kolam air untuk mengisi air watering can Anda.
Ketika Anda memulai permainan, Anda akan mengumpulkan jewel, ketika Anda memasang 4 jewel warna yang sama di altar perkebunan hingga menjadi satu bidang kotak, akan membuka perkebunan baru (lahan baru) hari berikutnya ketika Anda ada di perkebunan. Dan selain itu juga akan membuka pintu yang terkunci, misalnya jewel biru maka pintu permata biru akan terbuka.


Kehidupan  Sehari-hari di HM Innocent Life SE

35 Winter (Awal) – 6 Spring
Bicara dengan Dr. Hope dan Vita. Pakai power soles agar Anda bisa bergerak lebih cepat. Gayak akan datang dan akan mengajak Anda ke perkebunannya untuk melatih Anda dalam berkebun, Gayak akan memberikan tutorial menanam potato. Esok harinya, Anda, Gayak dan Marcia pergi ke rumah Dr. Hope. Kemudian, Moonlight akan datang dan membawa Anda ke Easter Ruins untuk memulai kehidupan di perkebunan. Esoknya, Franco akan membangunkan Anda, Franco mengawasi Anda dalam berkebun. Di perkebunan Anda juga ada beberapa penduduk kota yang datang mengunjungi perkebunan.

Gunakan strange Moss untuk membantu menyuburkan tanah (tidak perlu disiram selama beberapa hari). Untuk mendapatkan strange moss, keluar dari rumah lalu ke kanan lurus terus sampai Anda menemukan hamparan rerumputan berwarna kuning, itu strange moss. Setiap hari minggu, Anda harus mengunjungi Dr. Hope. Lihat acara memasak di tv untuk manambah skill memasak Anda. 

Pada hari ketiga, kalian akan mendapatkan Sickle dari Franco, gunakan itu untuk menebas rumput liar di lahan pertanian Anda. Bebatuan baru bisa Anda hancurkan setelah Anda mempunyai Hammer. Dalam acara memasak, Anda bisa mendapatkan resep tea, coffee, dan herbal tea. Weather Channel akan memberikan informasi cuaca, World Ranch akan menjual hewan ternak seperti sapi, kambing dan ayam, setelah Anda membuka pintu permata biru. Pastikan untuk selalu melihat acara tv setelah Anda selesai bekerja

7 – 13 Spring
Hari Minggu, Moonlight akan membawa Anda menemui Dr.Hope. Lalu Million dan Marcia akan mengajak Anda keliling ke kota, memperkenalkan rumah-rumah di kota. Setelah itu, Anda diantar pulang oleh mereka dan Marcia memberikan beberapa bibit asparagus. Hari selanjutnya Anda bebas pergi ke manapun yang Anda inginkan dan Anda juga mulai fokus pada perkebunan dengan menanam banyak tanaman. Jika watering skill Anda sudah level 2, bicara pada Masami untuk mendapatkan watering can level 2. Belilah Basket dan seed baru yang ada di toko. Menu masak yang bisa Anda pelajari adalah salad dan fruit desert.

14 – 20 Spring
Hari Minggu, Anda pergi ke rumah Dr. Hope dan bicara pada Dr. Hope. Gayak akan datang dan memberitahu Anda bahwa akan ada acara Spring Festival, jadi Anda harus menanam lebih banyak tanaman, khususnya turnip dan potato. Resep yang Anda bisa pelajari di hari berikutnya adalah sushi dan sandwich.

21 – 27 Spring
Hari Minggu, Anda pergi ke rumah Dr. Hope dan bicara pada Dr.Hope. Anda akan mendapatkan Grain Key, lalu pergilah ke terowongan yang menghubungkan kota ke Easter Ruins, di dalam terowongan Anda akan menemukan pintu yang terkunci, bukalah dengan Grain Key. Lalu telusuri dan buka semua kotak harta karun yang Anda temui dan hancurkan batu yang ada untuk meningkatkan skill hammer dan mendapatkan blue, yellow, dan red stones yang akan berubah menjadi plain ore jika Anda tidak menggunakannya. Ada 2 resep makanan yang bisa Anda pelajari di hari berikutnya yaitu stew, curry and rice.

28 – 34 Spring
Hari Minggu ada Festival Spring. Pergi ke rumah Dr.Hope, lalu Marcia akan mengajak Anda mengikuti Festival tersebut. Festival tersebut diselenggarakan di gua dekat sekolah. Bicaralah pada semua orang yang ada di acara Festival Spring, jika Marcia bertanya apa Anda pernah melihat Nature Spirit, jawab "yes". Esok harinya, penduduk memberikan hadiah berupa basket. Esoknya ada dua masakan yang bisa Anda pelajari yaitu vegetable juice dan fruit juice.



35 Spring – 6 Summer 
Hari Minggu merupakan hari terakhir di musim Spring. Max akan mengatakan bahwa jembatan telah diperbaiki. Jelajahi gua-gua yang ada di hari berikutnya. Jangan lupa membuka semua pintu kuning dan dapatkan blue jewel untuk membuka Animal Barn. Bicaralah pada Jonathan untuk mendapatkan robot hewan ternak setelah itu Anda beli hewan ternak lewat Ranch Channel. 

Di musim Summer sering terjadi badai yang datang secara acak. Jika badai terjadi, bersihkan ladang keesokkan harinya dari tanaman yang sudah mati. Ruangan di sebelah kiri ruins kini terbuka, Anda bisa membeli bibit dari mesin di sana. Dr.Hope akan memberikan mobil Buggy pada Anda. Setelah badai berlalu, carilah fisherman untuk meminjam pancingannya dan gunakan untuk mendapatkan ikan. Temui Hermit untuk membuka gua yang terhalang pohon tumbang. Anda bisa menempatkan dua jewel dalam Animal Area untuk memberikan efek yang berbeda. Bicara pada Jonathan, dia akan menyuruh Anda menemui fisherman untuk bisa menaiki kuda. Ada 4 masakan yang bisa Anda pelajari adalah Boiled Fish, Boiled Vegetable, Pot-au-feu, Spaghetti.

Summer
Di awal-awal musim Summer, Marcia akan datang berkunjung ke tempat Anda, untuk membicarakan perihal kucing miliknya yang ada di luar. Dia akan meminta Anda untuk mengambil dan memeliharanya. Esoknya pergilah ke tempat sebelum ke hutan jamur, periksalah tempat tersebut, Anda akan menemukan seekor kucing berwarna oranye. Anda ajak bicara kucing tersebut untuk mendapatkan perhatiannya, untuk bisa membawa pulang Anda harus ajak bicara setiap hari sampai 3-4 hari. Di hari keempat anda bisa memberi nama kucing itu dan setelah itu kucing tersebut ada di Easter Ruins.

7 – 13 Summer
Hari Minggu, Anda pergi ke rumah Dr. Hope. Marcia akan datang mengajak Anda melihat pembicaraan antara Mayor dengan Dr.Hope yang membahas masalah Anda, tanpa disadari Marcia mendengar bahwa Anda adalah sebuah robot. Esok harinya belilah bibit tambahan dan lengkapilah hewan ternak kamu. Tingkatkan penggunaan peralatan kebun Anda ke level 2 untuk bisa menggunakan peralatan kebun level 2. Ada 2 masakan yang bisa Anda pelajari yaitu Omelet dan Salisbury Steak.

14 – 20 Summer
Hari Minggu, Anda seperti biasa pergi ke rumah Dr. Hope. Bicara dengan Dr.Hope untuk mendapatkan binatang peliharaan. Gayak akan memberikan anak anjing miliknya pada Anda. Esoknya ada 2 masakan untuk dipelajari yaitu Grilled Fish dan Steak.

21 – 27 Summer
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope, lalu Masami akan datang memberitahu Anda bahwa cerita gunung api meletus ternyata benar, dia juga berkata bahwa ada 3 sprites yang tinggal di pulau (Fire, Water, Forest Sprite) dan kemarahan mereka akan membuat gunung api meletus. Masami akan memberikan Red Jewel yang keempat. Taruhlah keempat jewel merah di altar perkebunan dan masuki pintu di belakang yang ada di lantai dasar Easter Ruin, telusuri tempat tersebut untuk menemukan Water Crest, berikan Crest itu pada Hermit dan dia akan memberikan Forest Crest pada Anda.



Pergi ke area sebelah kiri rumah Hermit dimana ada pohon pepaya, sampai Anda menemukan pinggir danau, tekan segitiga di pinggir danau, Anda akan bertemu dengan Mermaid. Dia akan menghilangkan kabut yang menghalangi jalan di giant forest. Pergilah ke giant forest, di sana Anda akan menemukan Mansoon Watering Can dan bicaralah dengan 2 Sprite yang ada di sana. Saat ini, Anda harus meningkatkan level menyiram Anda sampai level 3 untuk bisa menggunakan Monsoon Watering Can sebelum Winter. Esoknya ada 3 masakan yang bisa Anda pelajari yaitu Roast Beef, Macaroni and Cheese, Pizza

28 – 34 Summer 
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope, lalu Dr. Hope menceritakan bahwa telah terjadi kecelakaan pembangunan dalam proyek perusahaan Marco Contruction. Lalu Dr. Hope menyuruh Anda untuk temui Gallion. Pergilah ke tempat Gallion dan bicara padanya, dia meminta bantuan Anda untuk menanam Rosemary dan Lavender di gua tempat diadakannya Spring Festival. Gunakan Earth Power Sand sehingga Anda bisa membuat lahan di gua tersebut, lalu sebarkan Strange Moss dan tanami dengan Rosemary dan Lavender. Anda bisa mendapatkan bibit tersebut di mesin penjualan di Easter Ruins.  Anda harus menanam ke 25 petak yang ada dengan bibit tersebut dan jangan lupa Anda harus senantiasa memeriksanya dua hari sekali. Setelah tanamannya sudah panen, Marco akan menyambutmu di luar. Masakan yang bisa Anda pelajari minggu ini adalah Bread dan Cake.

35 Summer – 6 Autumn
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope, lalu Dr. Hope menceritakan tentang kucing miliknya yang hampir melahirkan. Jangan memetik jamur berwarna merah di sebelah timur Mushroom Forest karena Anda harus menjualnya saat Autumn.

7 – 13 Autumn
Hari Minggu seperti biasa Anda pergi ke rumah Dr.Hope, dan Dr.Hope mempunyai dua kabar untuk Anda, kabar pertama kucingnya Dr.Hope baru saja melahirkan dan mempunyai 2 anak, Anda boleh memilih salah satu anak kucing tersebut, kabar kedua kucingnya Dr.Hope mati karena habis melahirkan, tiba2 Marcia datang menanyakan kabar Dr.Hope, betapa sedihnya Dr.Hope kehilangan kucing kesayangannya, lalu Dr.Hope menyuruh Marcia untuk mengajak anda ke tempat makam kucing tersebut, anda dan Marcia pun pergi dan sesampainya di sana Marcia bercerita ttg kucingnya Dr.Hope, lalu Marcia pun pergi, Anda pun mulai memahami arti dari hal tersebut, Anda pergi ke tempat Dr.Hope lagi untuk memilih dan mengasih nama anak kucing tersebut, dan Anda berbicara kepada Dr.Hope, lalu Dr.Hope  berkata akan menyuruh Moonlight tuk mengantar anak kucing ini, setelah itu Anda kembali bekerja, memori yg sangat menyentuh hati.

14 – 20 Autumn 
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope. Mushroom Cooking Contest akan segera tiba dan Dr.Hope menceritakan bahwa Nana membutuhkan bantuanmu. Segera temui Nana di sekolah, dia akan meminta bantuan Anda untuk menemukan Jamur Porcini. Anda dapat mencari jamur Porcini di bagian timur Mushroom Forest lalu berikan jamur itu pada Nana.

21 – 27 Autumn
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope. Mushroom Cooking Contest diadakan minggu depan jadi persiapkan diri Anda. Jika sebelumnya Anda belum menemui Nana, temui dia di Market pada hari Sabtu untuk memberikan Jamur Porcini yang Anda peroleh.

28 – 34 Autumn
Mushroom Cooking Contest diadakan hari Minggu, Pergi ke kontes lebih dulu, lalu temui Dr.Hope untuk mendapatkan beberapa Earth Power Sand dari Max karena Anda sudah membantu Nana. Nana bisa Anda tamui di Bar.

35 Autumn – 6 Winter
Hari Minggu Anda pergi ke rumah Dr. Hope. Esok adalah musim Winter. Saat Winter, gunakan Mansoon Watering Can dan Spirit Water (air di luar kandang ayam dan sapi) untuk mencairkan es yang menutupi perkebunan Anda. Anda juga bisa menggunakan keempat jewel warna sama untuk membuat lahan baru.
Temui Dorothy untuk mendapatkan janji darinya pada tanggal 23 winter untuk membuat kue. Gunakan Spirit Water dan Monsoon Watering Can untuk menumbuhkan Poinsettia dan Kale. Bicara pada Masami, dia akan menyuruh Anda menanam 20 Poinsettia. Bicara pada Gallion untuk mendapatkan 20 bibit Poinsettia.

7 – 23 Winter

Setiap hari Minggu Anda tetap pergi ke rumah Dr. Hope. Mulai sekarang Anda harus memfokuskan untuk menanam Poinsettia. Anda harus menanam lebih dari 20 Poinsettia karena terkadang terjadi badai di musim Winter dan untuk memenuhi permintaan 20 Poinsettia. Setelah bunganya sudah mekar Anda jual melalui Herbal Garden, secara otomatis Poinsettia tersebut akan terkirim ke kota untuk digunakan pada saat perayaan. Tanggal 23 Winter Anda berjanji memasak dengan Dorothy pada jam 20:00, temui dia di dapurnya.

24 – 29 Winter
Tanggal 24 ada perayaan di rumah Mayor, secara otomatis Anda langsung ada di tempat perayaan. Bicara pada semua orang yang ada di perayaan dari dapur sampai aula, saat Anda bicara dengan Marlene, dia akan memberikan Seed Bag. Setelah Anda berbicara pada semua orang, Anda cari dan berbicara dengan Dr. Hope, lalu Dr. Hope mengajak Anda ke rumahnya, dalam perjalanan Anda dan Dr. Hope bertemu dengan Vita, tiba-tiba Dr. Hope terjatuh. Anda dan Vita mencemaskan keadaan Dr. Hope, lalu pada saat itu munculah harvest memori, dia pun langsung memeriksa keadaan Dr. Hope untuk memberikan pertolongan pertama dan setelah itu dia pergi.

Setelah kejadian itu, Anda dan Vita langsung berada di rumah Dr. Hope dengan kondisi Dr. Hope sedang terbaring di tempat tidurnya. Vita akan menyuruh Anda pergi ke giant forest untuk bertemu dengan harvest memori, pergilah ke sana sambil membawa forest crest. Jelajahi hutan untuk membuka semua kotak harta karun, lalu bicara pada harvest memori, Anda akan mengasih forest crest dan kemudian membuka jalan yang terhalang oleh pohon. Setelah itu, Anda lanjutkan ke manara untuk membuka kotak harta karun selanjutnya. Anda akan menemukan beberapa patung, Anda geser ke tempat kotak berwarna merah muda. Anda juga akan 4 kotak di atas tanah yang berisikan simbol tiap musimnya. Anda urutkan simbol tersebut dari simbol musim spring (bunga), summer (matahari), autumn (daun kering) dan Winter (salju). Jika Anda benar akan membuka pintu menuju puncak menara, di sana Anda akan menemui Hermit.

Setelah itu kembali ke perkebunan Anda untuk menaruh keempat jewel hijau di altar. Esoknya pergi ke pintu hijau di gua yang dulu terhalang pohon tumbang. Telusuri area tersebut hingga menemukan Fire Crest, lalu pergi ke East Lake, tempat Fisherman memancing di musim Winter. Anda akan menemukan air yang membeku dan lubang besar, turunlah ke bawah Anda bisa mendapatkan 2 Blue Jewel, lalu ke atas altar untuk menaruh Fire Crest. Anda akan bertemu dengan Flame Spirit dan setelah itu Anda akan berada di kota, mendapatkan penghargaan dari walikota dan ucapan terima kasih dari penduduk. Kemudian Anda akan diajak Marcia ke tempatnya Dr. Hope untuk melihat kondisinya, tapi tak lama berselang Dr. Hope meninggal, Anda pun bersedih dan itu merupakan akhir untuk episode pertama.

30 -  35 Winter
Setelah akhir dari episode pertama, Anda akan melanjutkan permainan episode kedua. Marco sedang membangun sesuatu di tempat gua dekat sekolah, ketika dia memasuki tempat tersebut, terjadi insiden ledakan di sana, hingga membuat seluruh badan Marco hitam  tapi dia tidak apa-apa.

Anda pergi ke Construction Site (gua yang dekat sekolah) dan ikuti jalan sampai Anda menemukan gurun tandus di dalam gua tersebut, tempat tersebut adalah lokasi 5000 crops berada. Anda akan disambut oleh Flame Spirit, ketika dia mengajuka pertanyaan, jawab dengan pilihan "no" lalu "yes". Saat itu Anda menjawab tantangan dari Flame Spirit untuk menanam dan menjual 5000 crops dan Anda harus menyelesaikan tantangan tersebut sebelum akhir tahun kedua. Setelah itu, bicara pada Vita dan Anda akan mendapatkan Life Arm untuk dipakai memanen tanaman dengan radius 5 kotak.

Setelah itu, Anda persiapkan Earth Power Sand sebanyak-banyaknya digunakan untuk membut lahan perkebunan di tempat 5000 crops. Dan

1 – 3 Spring 
Temui seorang penjual dari Pink Mask Company di sebelah ruangan Moonlight, dia akan menjual Mother's Touch dengan harga 48900G. Item itu dapat meningkatkan kualitas apapun, termasuk meningkatkan Heart hewan ternak Anda. Kemudian, belilah bibit musim spring yang masa pertumbuhannya cepat, seperti potato dan turnip. Lalu anda tanami di tempat tantangan tersebut.


4 Spring – Akhir Tantangan
Anda fokuskan perhatiaan pada tantangan 5000 crops. Setelah tantangan ini berhasil Anda selesaikan, Anda bebas melakukan apapun.

____Karakter dalam Game ini____
Pada game ini terdapat 40 lebih karakter yang dapat anda temukan disini, berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang menurut saya sangat disayangikan tentang game ini yaitu pada saat anda berbicara langsung dengan karakter-karakter yang ada di game ini, tidak akan ditampilkan gambar atau melihat wajah mereka saat berbicara langsung dengan kita dan karakter disini tidak bergerak ke tempat lain sama halnya dengan sebelumnya sampai suara jam berganti lalu mereka tiba-tiba sudah ada disuatu tempat menurut settingan game.

 Karakter Utama (Life)
Life juga sama seperti halnya manusia yang mempunyai karakter, di dalam game ini diharapkan anda dapat memberi dan menaikkan tingkat kemanusia dari Life sendiri
Life adalah seorang Android dengan Model yang menyerupai manusia dan dibuat oleh langsung oleh Dr. Hope dengan tujuan agar dia dapat mempelajari dan mengetahui nilai-nilai kehidupan serta menjadi lebih manusiawi.

Serta dalam game ini anda akan menentukan pilihan serta karakternya kedepannya demi menyelamatkan Heartflame Island dari bencana.
 Dr. Hope Grain


Dia menciptakan berbagai mesin pertanian yang sangat canggih dan ia tinggal di sebuah villa di dekat danau dan sebagai seorang pencipta Life, ia juga dapat dikatakan ayah Life.
Ia juga dikenal sebagai Profesor Hope yang lahir dari keluarga yang mengoperasikan peternakan keluarga Grain, tetapi ketika ia masih muda orang tuanya tewas dalam kecelakaan.

Di sekolahnya ia menunjukkan bakat besar dalam berbagai bidang, termasuk bioteknologi dan rekayasa manusia.

 Vita
Vita adalah pelayan terbaik dari Dr. Hope yang juga tinggal dengan dia di Villa.

Dia juga menangani Dokter dengan baik dan mengurus kebutuhan semuanya, dan terkadang ia dapat sedikit memberi saran tentang cara berkebun. 
 Franco


Berbicaralah dengannya karena ia sangat tahu banyak tentang sejarah dari pulau  Heartflame ini.
Seorang pria tua yang tinggal disebelah Easter RuinsFranco juga selalu mengawasi Hidupmu di perkebunan dan ia juga selalu percaya kepada Life yang akan mampu menyelamatkan Heartflame Island dari bencana besar.

 Moonlight


Moonlight juga sering berkata kepada Life bahwa ia sedikit tidak percaya bahwa sebuah robot android akan bisa menyelamatkan pulau Heartflame dari bencana besar yang menurutnya hal tersebut tidak masuk akal.
Seorang seniman yang tinggal di Easter Ruins, Moonlight juga adalah orang yang sedikit aneh, karna ia tidur di sepanjang hari dan melakukan pekerjaannya di malam hari. Dia bertanggung jawab untuk semua karya seni yang tersebar di sekitar pulau tersebut.
Tuan Gayak


Dia adalah orang yang menentang pertanian dengan sistem mekanik canggih dan terus bekerja peternakan dengan tangan kosong.

Dia mempunya anak bernama Marco Banks, yang sempat menawarkannya tinggal di rumah mewahnya tetapi tuan Gayak menolaknya karena ia hanya mau menjalani hidup dengan kehidupan sederhana dan menjadi seorang petani.
Dia adalah teman dekat dari Dr Hope. Orang tuanya sangat miskin, dan ketika ia berada di sekolah dia menghabiskan hari-harinya bekerja di ladang untuk membantu membayar biaya rumah tangga keluarganya dan membayar sekolah saat waktu kecil.

Ketika mereka masih muda, Dr Hope dan Mr. Gayak berpendapat seperti apa gaya pertanian lebih baik itu, tetapi mereka mulai memahami satu sama lain dan menjadi teman dekat.
 Marlene Berry
Marlene adalah istri dari tuan Gayak. Dia adalah seorang wanita tua yang baik dan suka membuatkan anda makan yang lezat dan nikmat.

Ia juga sangat pandai memasak, ia mempunya cucu bernama Marcia yang sering membantunya di rumah.
 Marcia Banks


Meskipun ayahnya, Marco Banks menjalankan Banks Corporation yang sangat megah dan terkaya dipulau ini, tetapi Marcia justru lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama kakek dan neneknya dipertanian.
Marcia adalah cucu Gayak dan Marlene. Seorang gadis ceria dan optimis, Marcia adalah salah satu teman pertama mu dalam game ini.

Marcia juga seusiamu dan merupakan pemimpin di sekolah, tapi dia sangat suka pertanian dan hewan-hewan ternak.

 Marco Banks


Marco juga merupakan ayah dari Marcia dan Big, dan isterinya Lucia.
Marco adalah pemimpin tertinggi di Banks Corporation dan Ia cenderung selalu membuat kesalahan, tapi selalu berusaha untuk membantu dan memperbaikinya kesalahannya tersebut.
 Lucia Banks
Lucia adalah istri dari Marco dan ibu dari Marcia dan Big, dia sangatlah bangga akan karya suaminya.

Dia juga teman baik dari istri Walikota, yaitu Dorothy.
 Big Banks
Big adalah saudara dari Marcia dan anak dari Lucia dan Marco Banks.

Dia mengambil gaya seperti ayahnya. Big juga suka sekali menonton televisi (khususnya saluran anime) dan akan berbicara tentang berbagai episode padamu.
 Liberta


Ia juga akan memberikan sebuah buku kepadamu yaitu kamus yang isinya tentang semua yang ada di game ini
Pemilik dari "Winery Liberta", setiap hari ia hidup untuk mencicipi anggur dan akan sering melakukan kegiatan lain untuk membantu meningkatkan apresiasinya. 

Dia selalu memakai jas dan topi hitam.
 Neo
Dia adalah seorang pembawa acara ramalan cuaca dari Heartflame Island. Dia memberitahukan dengan akurasi luar biasa.

Sampai saat ini tidak ada ramalan yang meleset, dan salah sedikit pun.

 Tuan Gallion
Dia adalah ayah dari Million dan mempunyai isteri bernama Masami.

Ia juga adalah pemilik Supermarket di Heartflame island ini.
 Masami
Istri dari tuan Gallion. Dia mengelola Bar di pulau ini dan ia juga mengajarkan Haiku dan Ikebana pada akhir pekan libur.

Karakter yang penting di game ini karena ia bisa memberikan beberapa barang yang dibutuhkanmu untuk meningkatkan hasil ladang.
 Million
Dia adalah anak dari Pemilik toko Shop A Million yaitu ayah tuan Gallion, ia orang sangat pemalu dan memiliki kesulitsn saat berbicara dengan gadis-gadis.

Dia tinggal di belakang toko dengan ayah dan ibunya.
 Lemmy Cossack
Lemmy adalah saudara dari Emma. Dia saat ini bekerja pada dua pekerjaan, yang pertama sebagai penjaga toko Million dan kedua bekerja paruh waktu di Bar Masami.

 Emma Cossack
Dia tinggal dan bekerja di Winery Liberta. Saudara laki-lakinya adalah Lemmy, ia menjalankan bisnis bersama suaminya tuan Jean.
 Jean
Pembuat anggur Liberta Winery, Liberta menggajinya dengan harga tinggi atas kerja kerasnya.


Ia mempunya Isteri bernama Ema dan bekerja bersama di Liberta Winery ini.
 Jonathan Branch
Dia adalah Pemilik World Ranch dan ia juga dapat memberimu beberapa alat-alat cangih untuk membantu pengembangan peternakanmu.

Ia adalah suami dari Vanesa dan juga ayah dari Becky, Lionel dan Simon.
 Vanessa Branch
Vanessa adalah istri dari Jonathon dan ibu dari tiga bersaudara, Lionel, Becky, dan Simon.

Dia mengajar kelas melukis di sekolah pada hari Sabtu sore.
 Simon Branch
Saudara laki-laki tertua dari 3 bersaudara dari anak Jonathan dan Vanessa ini, mempunyai sifat yang jauh lebih terbuka dan begitu baik terhadapmu.

 Lionel Branch
Lionel adalah adik dari Becky. Lionel cenderung menjadi sedikit kasar, meskipun saudaranya Simon, meyakinkanmu bahwa dia tidak berniat untuk bersikap kasar kepadamu.
 Becky Branch
Putri Jonathon ini sangatlah mencintai hewan dan suka sekali menunggangi kuda, sehingga dia tidak pernah terlihat tanpa topi koboi-nya tersebut.

Ia juga sangat mengagumi ibunya Vanessa dan berharap kelak saat dewasa menjadi sepertinya.
 Chuck Grimly
Chuck adalah seorang walikota dan orang yang bertanggung jawab atas kota Heartflame Island, tetapi tidak banyak orang yang memiliki kepercayaan padanya. karna ia tidak benar-benar menyetujui dari setiap kreatifitas Dr. Hope, termasuk anda sendiri.
 Dorothy Grimly
Ia adalah istri dari Walikota dan bekerja sebagai seorang koki di acara memasak yang dapat anda saksikan di TV.

 Charles Grimly
Anak Chuck dan Dorothy sekaligus bekerja langsung sebagai bahawan dari walikota Heartflame Island ini.

Ia mempunyai cita-cita sebagai seorang walikota seperti ayahnya, Chuck Grimly.
 Jessica Grimly
Jessica adalah putri dari Chuck dan Dorothy serta mempunya saudara laki-laki Charles Grimly.

 Ia juga sedang melakukan penelitian di sekolah. Dia memiliki pendapat, tapi terlalu malu untuk mengatakan apa pun tentang hal itu.
 Kepala Sekolah Rose
Dia adalah kepala sekolah kota Heartflame Island dan juga seorang teman lama dari Marlene.
Nana
Nana adalah istri dari Max. Dia bekerja di Bar dengan Masami dan mengajarkan musik pada Minggu sore.
 Max
Guru Olahraga di Sekolah, ia juga seorang penyanyi yang hebat karna dia selalu diajarkan oleh isterinya Nana cara bernyayi dengan baik.
Bobby
Ia adalah Seorang salah satu guru di sekolah Heartflame Island ini, dia jadi sangat rewel setiap kali anda berjalan melalui salah satu kelasnya. Dia suka komik dan bermain game di laptop-nya.
 Sharon
Seorang guru muda di sekolah, dia suka berjalan dengan anjingnya Polo, di pagi hari.

Ia sebenarnya sudah tahu apabila, Million menyukainya karena ia pun sama halnya dengannya karena ia juga sama.
 Fisherman (Nelayan)
Dia tinggal di Dunes bagian timur, tetapi ia dapat ditemukan di lubang tempat memancing di sekitar pulau.

Jika anda mempunyai minat dalam memancing di game ini temui ia, dan bicaralah dengannya lalu ia akan memberikan sebauh alat pancing kepadamu.
 Mermaid
Dia adalah Penjaga Menara Mermaid, ia juga setengah wanita dan setengah ikan Duyung.

Dia pun dapat membantumu dalam pencarian untuk menyelamatkan pulau Heartflame Island.
 Harvest Spirite


Knowledge (merah) dan Friendship (biru).
Mereka mengawasi Sleeping Forest dan mereka adalah peri yang ditugaskan untuk memberitahumu kehancuran pulau Heartflame ini.

Tetapi mereka sangat bersahabat dan akan membantu mu menyelamatkan pulau.
 Hermit

Dia tinggal di dekat pantai Danau Mermaid, dia adalah seorang nenek tua yang akan membantumu mencari jalan keluar untuk menyelamatkan pulau Heartflame Island.
 Pink  Mask
Dia adalah seorang penjual aneh yang menjual barang-barang langka pada saat tahun ke-2.

 Alien
Kabarnya para alien akan menyerang bumi dan menghancurkan seisinya termasuk Heartflame Island.

(tetapi hal tersebut ternyata hanya mimpi dari Life saja)
Alien adalah karakter yang muncul pada tahun ke 2 sebagai tambahan saja, tidak ada gunanya di game ini.

____Efek Stone dan Jewel____
Jika kamu menghancurkan batu-batu yang terdapat di dalam gua atau ruangan di ruins maka kamu dapat menemukan stones. Stones memiliki fungsi-fungsi tertentu dan memiliki ukuran yang berbeda (besar dan kecil). Jika stones tidak kamu gunakan, ketika kamu keluar dari tempat itu maka stone itu akan menjadi plain ore dan nilainya sangat kecil. Sedangkan jewel dapat kamu temukan di blue chest/peti biru di dalam gua, di ruins atau diberikan oleh orang lain. Jewel juga memiliki kekuatan yang berbeda-beda disetiap warnanya.

Efek Stone (kecil)
  • Red Stones mengisi 1/4 PP dan jika dipasangkan pada peralatan, dapat menghilangkan penggunaan PP untuk sementara
  • Blue Stones meningkatkan SP peralatan secara acak
  • Yellow Stones, tidak ada.
Efek Stone (besar)
  • Red Stones mengisi 1/2 PP dan jika dipasangkan pada peralatan, dapat menghilangkan penggunaan PP untuk sementara lebih lama
  • Blue Stones meningkatkan SP lebih banyak pada peralatan secara acak
  • Yellow Stones meningkatkan SP peralatan lebih banyak secara acak.
Efek Jewels (jika dipasangkan pada ladang)
  • Yellow Jewels membuat ladang bertahan 1 hari tanpa disiram
  • Red Jewel dapat membuat crops tumbuh lebih cepat, tetapi air cepat kering
  • Blue Jewels membuat ladang bertahan 7 hari tanpa disiram
  • Orange Jewels membuat crops tumbuh lebih cepat
  • Purple Jewels membuat ladang bertahan 4 hari tanpa disiram, harga crops meningkat
  • Green Jewels membuat ladang bertahan 7 hari tanpa disiram, harga crops meningkat
  • Black Jewls membuat crops 50% tumbuh lebih cepat, membuat ladang bertahan 7 hari tanpa disiram, dan harga crops menigkat 2x lipat
Catatan: Jewels itu juga bisa dipasang pada barn/kandang ternak. Efeknya meningkatkan level hati lebih cepat, dan harga hasil ternak meningkat.

Efek Jewels (jika dipasangkan pada tools/peralatan)

  • Red Jewel PP akan terisi kembali sebelum 0
  • Blue Jewel double SP
  • Yellow Jewel kekuatan selain Yellow slot tidak akan turun
  • Black Jewels PP atau SP tidak akan turun
Catatan: Lebih baik tidak menggunakan jewel-jewel itu pada tools karena hasilnya tidak akan sebanding jika dipasangkan pada ladang anda.

____Hasil Pertanian, Tanaman Liar dan Tambang____
Di Innocent Life memiliki jenis-jenis hasil tani tani yang asing, seperti Poinsettia, Cat’s Tail, Green Pea, Asparagus, dan lain-lain dan uniknya tanaman liar memiliki jenis yang paling banyak dari Harvest Moon yang lain. Sedangkan hasil tambang sayangnya memiliki jenis yang terlalu sedikit.

Berikut adalah hasil Pertani (Crops):
Nama Tanaman
Harga
Harga Bibit
Waktu Tumbuh
Panen Ulang
Musim
Asparagus
100G
40G
6 Hari
v
Spring
Cabbage
250G
30G
10 Hari
-
Spring
Cucumber
80G
12G
10 Hari
v
Spring
Potato
50G
8G
5 Hari
-
Spring
Strawberry
100G, 10G (PS2)
20G
14 Hari
v
Spring
Turnip
60G
10G
6 Hari
-
Spring
Corn
150G
25G
9 Hari
v
Summer
Lemon
90G
30G
12 Hari
v
Summer
Onion
60G
10G
5 Hari
-
Summer
Squash
240G
35G
9 Hari
v
Summer
Watermelon
250G
35G
10 Hari
v
Summer
Tomato
50G, 20G (PS2)
15G
6 Hari
v
Summer
Green Pea
40G
18G
7 Hari
v
Summer
Melon
500G
75G
14 Hari
v
Summer
Pinaple
250G
100G
14 Hari
v
Summer
Eggplant
70G
12G
6 Hari
-
Autumn
Sweet Potato
70G
10G
5 Hari
-
Autumn
Green Pepper
60G
15G
7 Hari
v
Autumn
Carrot
120G
18G
7 Hari
-
Autumn
Hot Pepper
40G
20G
7 Hari
v
Autumn
Tangerine
100G
25G
14 Hari
v
Autumn
Kiwi
90G
30G
12 Hari
v
Autumn
Kale
40G
15G
7 Hari
-
Winter


Dan berikut adalah hasil tani tanaman herbal dan bunga (Herbs):
Nama Tanaman
Harga
Harga Bibit
Waktu Tumbuh
Panen Ulang
Musim
Pansy
80G
12G
7 Hari
v
Spring
Tulip
60G
9G
7 Hari
v
Spring
Hyacinth
60G
9G
7 Hari
v
Spring
Basil
50G
8G
7 Hari
v
Spring
Peppermint
50G
8G
7 Hari
v
Spring
Lavender
70G
12G 
10 Hari
v
Spring
Rosemary
70G
12G
7 Hari
v
Spring
Chamomile
70G
12G 
10 Hari
v
Spring
Roses
(White Roses, PS2)
300G,
600G
45G
12 Hari
-
Summer
Sunflower
70G
10G
8 Hari
-
Summer
Cosmos
70G
10G
7 Hari
-
Autumn
Cat’s Tail
20G
3G
5 Hari
v
Autumn
Poinsettia
100G
15G
14 Hari
v
Winter


Berikut adalah daftar tanaman liar:
Nama Tanaman
Harga/3000g
Black Truffle
36000G (Muncul setelah Sharon memintamu untuk mencarikannya pada tanggal 22, Autumn, tahun kedua)
Porcini
2700G
Enoki
900G
Shimeji
2400G
Wood Ear
2400G
White Wood Ear
3000G
Matsuke
30000G
Fly Agaric
150G
Purple Shimeji
300G
Papaya
12000G
Banana
600G
Rambutan
3000G
Cacao
15000G
Fig
9000G
Olive
15000G
Mock Strawberry
3000G
Persimmon
3600G
Chestnut
3000G
Peach
9000G
Blueberry
18000G
Apple
4500G
Pawpaw
600G
Pepino
1500G
Lily Bells
2700G
Lily
12000G

Berikut adalah hasil tambang:
Nama Tanaman
Harga
Wood
10G
Stone
5G
Giant Wood
250G
Volcano Ore
920G
Easter Ore
120G
Plain Ore
50G

____Tips dan Trik____
  • Kunci dari game ini adalah penjelajahan. Untuk itu, sebelum melanjutkan game ini, kenali dulu kota dan sudut-sudut pulau dengan melakukan penjelajahan. Dan Jangan meng-save game dulu karena waktumu terbuang sia-sia. 
  • Selalu ikuti saluran memasak “Cooking Life”. Cooking kind baru muncul setiap episode di hari senin. Terdapat 10 cooking kind yaitu: drinks, cutting, cutting (advance), boiling, cutting drinks, boiling (advance), grilling, grilling (advance), oven baked dishes, dan oven baked treats. Dan ada 10 episode untuk menyelesaikannya.
  •  Tidur sebelum pukul 21.00 PM, kamu bisa memilih untuk bangun pagi pagi sekali (04.00 AM) atau bangun seperti biasa (06.00 AM).

  • Kamu bisa beraktivitas sampai pukul 02.00 AM. Jika terlambat, kamu akan langsung terdidur di kamarmu dan bangun kesiangan pukul 08.00 AM.
  • Untuk hasil maksimal, tahan segitiga untuk menggunakan alat level 2 atau 3. Untuk bibit, tahan segitiga untuk menanam 3x3 petak sekaligus.
  • “Power Soles” atau “Snow Soles” hanya berfungsi jika kamu menggunakan tombol keypad. Kamu bisa terus berlari tanpa power/snow soles dengan menggunakan analog stick. 
  • Ketika memasak, kamu tidak perlu mencari bahan-bahan, karena hasil pertanian, ternak, tanaman liar yang kamu jual sebagian darinya akan otomatis masuk ke kulkas. Dan bahan-bahan itu tidak terbatas.
  • Di akhir tahun ke-2, Untuk mentuntaskan semua resep, kamu harus sudah menjual semua hasil pertanian, hasil ternak, dan hasil tanaman liar tanpa kecuali. Setelah itu mulailah memasak dari 1-10 cooking kind  berulang-ulang sampai resep tuntas.
  • Untuk memulihkan energimu, diam dan berdiri saja, tak terlalu lama PP/energimu akan meningkat secara perlahan. Lebih cepat lagi jika kamu berdiri di air panas di samping cave#2. Cara paling cepat adalah masuk ke shiping pod, yaitu tabung bewarna biru yang terdapat di rumah Dr. Hope atau gubuk milik Fisherman.
  • Memancing di Innocent Life? kamu hanya perlu bicara pada Fisherman pada saat dia memancing di tebing tinggi di tepi lautan dekat kincir angin raksasa saat Summer, di sebelah jembatan batu saat Autumn, dan di tepi danau di East Lake saat Winter.  Pada saat memancing, waktu akan berhenti, jadi kamu bisa meningkatkan levelmu tanpa memakan waktu lama.

32 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

32 komentar:

  1. game yang sangat asyk

    BalasHapus
  2. kk ku dah dpt permata kuning 4 ku letakan permata dlm rangkaian berhubungan sdh ke buka lahan tp gimana buka pintu x kk permata birru 1 lg bru kebuka ladang biru yg dibawah gimana kk buka lahan kuning x

    BalasHapus
  3. maaf saya kurang paham apa maksudnya.
    yang jelas gini, kalau kita menyatukan k-4 permata entar dapat membuka lahan utk pertanian kita.

    nahh.. kalau maksud kk,,gimana sih cara buka pintu yang warna kuning yang berada dibawah dungen(atau tempat tinggal kita)yang entar jadi tempat kandang hewan?? caranya mudah aja kk letakan 4 permata kuning itu kedalam rangkaian penghubung yang kk bilang tadi.nah entar tidurlah dan sekarang lahan kuning pun terbuka serta pintu kuning di kejauhan akan terbuka.Ini akan menjadi kandang hewan nantinya :D
    bicara lah dengan jonathon(pemilik World Ranch)utk mendapatkan robot ayam(agar dapat beli ayam) besoknya datang lagi kedia dan ia akan memberi robot domba yg membuat kk bisa membli domba.. dan datang lagi utk mendptkan robot sapi agar kita bisa dpat memelihara/membeli sapi ..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kk .. kn aq udh ada 2 jewel biru ... nah yg 2 lagi carinya dmn yaa ?? n itu gunanya apa jewel biru itu ?? klo kuning kn buat ngluas'in lahan kebun .. klo yg biru apa ?

      Hapus
    2. kalau itu pertama kamu kan udah membuka lahan kuningnya..nah sekarang kebuka deh pintu warna kuning nahh di dalam sana ada deh permata biru yang dicari ..

      truss apa sih kegunaan permata biru?? yg prtama yang jelas membuka lahan baru(plus efeknya membuat lahan menjadi basah lebih lama) trus kedua yaitu mebuka pintu buat berternak sapi, domba dan ayam ...

      Hapus
  4. setelah 5000 crops, ngapain kk ?

    BalasHapus
  5. @Arnoldus Donny:cara ketemu mermaidnya gimana kak ? terus sekalian sebtin tempatnya iya !!

    BalasHapus
  6. @Arnoldus Donny:yahh.. gak bsa di copy buat disalin ke microsoft gara2 kursornya gambar chelsea :(

    BalasHapus
  7. @Arnoldus Donny:yahh.. gak bsa di copy buat disalin ke microsoft gara2 kursornya gambar chelsea :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, kalau mau mencari kalimat yg diinginkan, tekan ctrl + F aja di atas situs gan.

      saya hanya mencoba mengantisipasi saja, terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
  8. @Arnoldus Donny:yahh.. gak bsa di copy buat disalin ke microsoft gara2 kursornya gambar chelsea :(

    BalasHapus
  9. @Arnoldus Donny:yahh.. gak bsa di copy buat disalin ke microsoft gara2 kursornya gambar chelsea :(

    BalasHapus
  10. Min kalo dapetin/membuka power sand di toko galion tuh gmna ?

    BalasHapus
  11. kk kalau mau naikin level penyiram katanya bicara ke masami tapi aku kok bicara pada masami bicarax gak nyambung kak mohon dijawab kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naikin leveling penyiram itu dengan cara lakukan terus menyiram di ladang anda, sampai leveling penyiraman meningkat gan.

      Hapus
  12. Kk aku kesulitan download geme ini. . ?
    Tlong penjelasanya
    makasih

    BalasHapus
  13. allo bro. .aq mau tanya apa yg dmksud life arm. .soal aq setelah menemui vita udah mndapat life arm tp aq cari2 kok ga ada. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Life arm sendiri berguna utk memperpanjang jangkauan anda saat memanen.

      panjangan jangkauan sendiri sekitar 5 kotak :)

      Hapus
  14. apa yg trjadi kalau aq gagal ditantangan 5000 crops

    BalasHapus
  15. apakah harvest moon inocent live tdak dapat nikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar dalam game ini, tidak dapat menikah dan mempunyai keturunan :)

      Hapus
  16. Aq udh tamat maen ntu game,, wkt 2 q gk brhsil nylesaiin tntngan 5000 crops,, alhsil pndu2k kotax jd aneh wkt d ajak ngmong, gk ngluarn kta2

    BalasHapus
  17. Harvest Moon ini bisa nikah apa nggak..?

    BalasHapus
  18. ada yg tau gx, cara nemu'in 3 spirite di hutan yg awalnya ada kabutnya?

    BalasHapus
  19. Ada yang bisa di blog di sebelah nyarinya gue gini caranya: Klo u dah dapet angle ribbon jangan kasih ke jessica kasih ke emma . . dan kau harus melengkapi kamus liberta & menyelesaikan tantangan 5000 Crops dan klo udah terkumpul kamus liberta ,, liberta kan mengasih kita obat ajaib yang bisa mengubah kita menjadi manusia minumlah obat itu pada suatu malam sekitar jam 7'30 - 8.00 pm kau kerumah Becky di sana ada Becky & ortu'a kmu tanya ke becky dan jawab lah ` Yes ` dan besok'a kamu akan menikahi becky branch kiki emotikon

    BalasHapus
  20. Kalo masami ngasih kita red jewel tp udh di altar gmn cara lepasnya dan yg mana krn dr hope nanyain itu? Dan dmn bisa bertemu harvest Sprite?

    BalasHapus
  21. gan kalau tentang black jewel itu gimana dapatinnya?

    BalasHapus
  22. Cara ketemu peri ke tiga gimana gan? Soalnya di hutan itu cuma ada 2 peri, merah dan biru

    BalasHapus
  23. Untuk buah/sayur sendiri, jika sudah matang akan bertahan berapa lama?
    (buah/sayur dalam kondisi masih ditanah/belum dipanen)

    Ditunggu jawabannya, terimakasih.

    BalasHapus

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih