Di larang klik kanan

Senin, 18 April 2011

Panduan -> Harvestmoon: A Wonderful Life SE


Sama Halnya dengan seri-seri sebelumnya, pada game Harvestmoon : A Wonderful Life SE ini, akan mengajari kita untuk membagi waktu, dan bagaimana kita menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam Konteks cerita ini kita akan bermain sebagai seorang laki-laki yang berpropesi sebagai petani. Kesuksesan Karakter utama pun, dapat dibilang ditentukan oleh kita dalam  memainkannya, dari keputusan yang kita ambil ini. Akan perpengaruh terhadap positif dan negatif dari keseluruhan permainan.

Game ini juga menyajikan beberapa fitur mini-games seperti lomba minum susu, atau menyusun puzzle dan masih banyak lagi. Karakter kita pun dapat memilih seorang isteri dari 4 perempuan lajang di desa ini, serta memiliki seorang anak laki-laki/perempuan yang suatu saat juga bertumbuh dewasa layaknya manusia, yang berbeda dari seri-seri sebelumnya.



______Hal yang Baru !______

Berbeda dari beberapa seri-seri sebelumnya, Harvestmoon : A Wonderful Life SE kali ini mempunyai beberapa tambahan di dalamnya yang membuat game ini lebih seru dan menarik untuk dimainkan dan masuk dalam jajaran game Harvestmoon terbaik sepanjang hidup kita. Apa saja hal-hal yang baru dalam game ini, mari kita cek satu-satu dengan seksama.

Karakter Menua

Pada setiap karakter di game ini, berbeda dari seri sebelumnya. Mereka akan bertambah tua seiring tahun atau chapternya. contoh karakter utama akan mengalami pemutihan pada rambutnya, dan beberapa karakter juga seperti Takakura, Gustafa, Griffin dan masing banyak lagi. Serta anak laki-laki/perempuanmu akan mengalami kedesawaan juga.

Hewan Ternak

Ada beberapa hewan baru yang akan muncul yang dapat kamu ternakkan seperti bebek, kambing, lalu ada juga bermacam-macam jenis sapi baru yang akan menghiasi game ini. Beberapa jenis sapi tersebut juga dapat di bagi dari beberapa kualitas susu yang dihasilkan tentunya.

Hewan Peliharaan

Bukan hanya seekor anjing saja yang dapat kamu pelihara, tetapi juga seekor kucing hitam yang diberikan Romana kepadamu setelah kamu berteman baik dengannya.

Tanaman pohon buah dan Beberapa sayuran Baru

Beberapa buah seperti apple, pisang, jeruk, anggur, dan masing banyak lagi buah-buah yang lain yang dapat kamu tanam di perkebunanmu. Serta ada beberapa juga sayuran baru akan muncul di game ini seperti semangka, Strowberi, dan lain-lainnya.

Mesin Pemerah susu sapi

Akan ada tambahan baru di game ini yang akan membuat anda mudah memerah susu sapi, yaitu tempat mesin pemerah susu sapi, ruangan ini akan membuat susu sapi keluar dengan sendiri dari ketempat khusus agar mempermudahkan anda dalam mengambil susu sapi dan tentunya tidak mengeluarkan tenaga dengan memerahnya langsung. Dorong saja sapi kerunangan perah, kemudian tunggu sampai susu diperah secara instan dan mudah. Dapat di di pesan pada Takakura, dengan harga 60.000G.

Pupuk dan Mesin pembuat pupuk
Berbeda dari seri sebelumnya, saat kita menanam beberapa sayuran, kita harus menunggu lama untuk dapat dipanen ulang, dengan adanya pupuk dapat mempercepat hasil panen sayur kita tentunya. Serta ada juga mesin pembuat pupuk, yang dapat digunakan kita untuk membuat beberapa pupuk baru tanpa harus membelinya. Dapat di di pesan pada Takakura, dengan harga 15.000G.

Mesin Pembuat Keju dan Mentega
Akan ada juga ruangan yang membuat susu kambing atau sapi anda menjadi berharga baik dengan merubahnya menjadi keju atau mentega. Dapat di di pesan pada Takakura, dengan harga 30.000G.

Mesin Pembuat Benih (seed Maker)

Akan ada juga mesin pembuat benih, dengan memasukkan satu buah-bauah/sayuran ke mesin ini, akan menghasilkan beberapa benih dari buah dan sayuran tersbut.

Kolam

Anda dapat memesan kolam pada Takakura dengan harga 2.500 G, pesan kolam juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ternak baru yaitu sepasang bebek yang tidak dapat kamu beli atau pesan ini.

Tartan

Adalah sebuah tumbuhan yang dapat berbicara yang mempunya dua kepala ini, mempunyai keahlian untuk mencampurkan benih A dan Benih B menjadi benih baru yang tentu saja harga benih baru tersebut memiliki kualitas yang baik dari penggabungan sebelumnya. Cara mendapatkannya dengan bersahabat dahulu dengan Takakura, setelah meminta ia memesan barang atau ternak kekota, keesokkannya datanglah kerumahnya, lalu akan muncul cut scene dimana ia akan memberikan Tartan sebagai hadiah kepadamu.

Waktu akan terasa Lama
Saat memainkan game ini, ada 4 musim setiap tahunnya/chapter. Setiap musim memiliki 10 hari saja, tetapi waktu di game ini menurut saya sangat lama, dan gerak dari setiap karakter terlihat lambat, jadi untuk mencapai suatu tempat terkadang sedikit lama dari seri sebelumnya.

Seorang Anak Perempuan

Berbeda dari seri-seri sebelumnya, kita hanya memiliki seorang anak laki-laki saja, tetapi berbeda dengan game ini. Kita dapat juga memiliki seorang anak perempuan. Dengan begitu sedikit membedakan dari game lainnya.

Your daughter (chapter 3)Your daughter chapter 4Your daughter (chapters 5 and 6)
Tentu kita juga akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan seorang anak perempuan sebelum akhir tahun pertama. Pada game ini juga menampilkan setiap tahunnya, anak kita juga akan mengalami pertumbuhan layak anak-anak manusia lainnya.

Kerja Tambahan
Pada game ini akan ada di tiga cara kerja tambahan yang mungkin sedikit menyenangkan untuk dilakukan pada game ini. 3 macam kerja tambahan tersebut, yaitu:
  1. Memancing : Pada game ini memancing bukanlah suatu hobi sesaat, atau saat kita bosan untuk menunggu waktu berlalu saja. Tetapi disini, beberapa ikan yang kita tangkap akan menghasilkan uang yang bagus untuk kita, cara termudah juga untuk mendapatkan uang di game ini.
  2. Hasil Hutan : Setiap hari kamu dapat memetik hasil hutan yang berupa tanaman yang dapat dikomsumsi atau dijual. Setiap kali kamu memetiknya maka keesokan harinya akan tumbuh lagi, begitu seterusnya sepanjang tahun. Asalkan kamu dengan rajin berkeliling mencari dan menemukan hasil hutan yang dapat di temukan di sekeliling desa. Hasil jual dari tumbuhan yang dapatkan kamu kumpulkan di berbagai sudut dan di berbagai tempat di desa memiliki nilai jual walaupun tidak mahal tetapi jumlahnya yang cukup memadai.
  3. Penggalian situs Arkelogi : Lalu kerja tambahan yang dapat membantu meningkatkan penghasilan dari kekayaanmu yang terakhir adalah Penggalian di situs Arkelogi. seperti yang kita ketahui dari beberapa seri yang terdahulu bahwa kerja tambang atau penggalian di tambang memang menjadi alternatif termudah untuk mencari uang. Walaupun mengeluarkan banyak tenaga untuk mendapatkannya tetapi hasilnya pun dapat sepadan dengan yang di inginkan.
Membuka Toko/ Lapak Sendiri
Layaknya seperti petani yang berkebun di ladang dengan kerja keras, dan kemudian menjual hasil sayuran/dan buah-buahan kepada penduduk dengan harga murah atau mahal tergantung harga yang kamu tawarkan kepada penduduk. Terkadang tawar harga juga terjadi antar penduduk dengan mu sebagai seorang pedagang. Jika kamu memberi penduduk harga yang murah, maka ia bisa saja membeli lagi barang-barang di tokomu.

______Awal Cerita______

Takakura adalah teman lama ayahmu, persahabatan mereka terjalin sejak mereka masih muda. Suatu hari mereka berdua mengembara dan secara tak sengaja mereka menemukan sebuah tempat yang indah, dan diberi nama Forgetten Valley. Ayahmu memiliki cita-cita untuk membuka sebuah perkebunan di tempat itu, lalu bersama dengan Takakura mereka berusaha untuk mewujudkannya. Tetapi ayahmu belum sempat mengelolanya terlalu lama, setelah berhasil membuka perkebunan itu ia meninggal dunia dan mewariskannya semua kepadamu.

Waktu berlalu, akhirnya kamu pergi mengunjungi perkebunan peninggalan ayamu. Disana kamu telah di sambut oleh Takakura, ia tampak senang akan kehadiranmu, dan menyambut kedatanganmu dengan ceria. Selanjutnya ia meminta bantuanmu untuk melanjutkan perkebunan ini, dengan maksud melanjutkan cita-cita dari ayah sebelum ia meninggal dunia.


Ada dua pilihan yang diberikan Takakura kepadamu, Ya, Saya mau! atau tidak, saya tidak mau ! dengan memilih Ya, maka ia akan sangat senang dan mengajakmu untuk berkeliling desa untuk memperkenalkanmu kepada penduduk lain didesa ini. Tetapi, jika kamu menjawab pilihan sebaliknya atau menolak permintaannya, maka kamu akan melihat adegan kamu akan meninggalkan Takakura dan berjalan keluar desa menuju kota untuk hidup disana.


______Map______

Pengenalan beberapa lokasi, serta siapa-siapa saja yang ada di tempat ini untuk membantu anda mengetahui keberadaan penduduk sekitar desa dan kegiatan yang biasa mereka lakukan.

1.Villa Romana
2.Rumah Keluarga Wally
3.Rumah Galen (tahun pertama) atau Dr. Hardy (tahun 2)
4.Blue Bar
5.Pondok Kessey dan Patrick
6.Rumah Cody
7.Rumah dan Lab Prof. Daryl
8.Pondok Gustafa
9.Tempat kamu membuka Toko/Lapak sendiri atau Toko Van
10.Penginapan milik Tim
11.Perkebunan milikmu !
12.Spring Forest
13.Tenda Carter dan Flora/ Tempat penggalian
14.Perkebunan milik Vesta  

______Chapter (Ending)______

Permainan ini dibagi menjadi 6 Chapter (Ending). Setiap chapter sendiri mencakup periode selama waktu 1 tahun untuk berganti ke Chapter berikutnya, yang memiliki 4 musim setiap tahunnya. Pada pergantian Chapter sendiri, anda harus di wajibkan untuk melaksanakannya sesuai tugas anda sebagai seorang petani, yang memiliki keluarga. Maksudnya pada tahun pertama misalnya, anda harus di wajibkan untuk mendekati dan melamar gadis pujaan anda, sebelum tahun berakhir. Jika anda belum melamarnya, pada akhir tahun salah satu gadis yang memiliki persentase tingkat hati terbanyak akan memintamu melamarnya. Jika kamu tidak mau maka permainan akan berakhir.

Chapter 1 - The Beginning

Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya :
  1. Memiliki Blue Father untuk melamar gadis
  2. Menikahi salah satu dari 4 Gadis pujang di desa (Celia, Nami, Lumina dan Muffy).
Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) : 
  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Mencari Penghasilan;
  3. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  4. Mendapatkan peralatan baru.
Perubahan yang terjadi (?) : Untuk tahun pertama tidak ada yang berubah.

Chapter 2 - Happy Birthday
Pada Chapter ini atau tahun ke dua, anda akan tinggal bersama dengan isteri dan seorang anak laki/laki atau perempuan yang masih balita yang bisa berjalan sendiri. Disini anda telah menjadi seorang ayah sekarang, jadi beberapa saat sempatkan waktu yang ada untuk memberi perhatian kepada isteri dan anakmu. Berbicara soal rumah anda pun sekarang telah sedikit berubah dari tahun pertama, dimana akan ada tambahan dapur dan dua kamar mandi di belakang rumah.

Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya : Tidak ada.


Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) : 
  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Menambah Penghasilan;
  3. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  4. Membuat kolam;
  5. Mendapatkan peralatan baru seperti sepasang bebek;
  6. Mendapatkan Tartan dari Takakura;
  7. Mendapatkan seekor Kucing Hitam dari Romana
Perubahan yang terjadi (?) :
  1. Nina meninggal Dunia, yang membuat Galen sedih dan berpindah ke bukit seberang jalur menuju kota (disamping perkebunan Vesta);
  2. Hugh telah tumbuh sedikit berbeda dari semasa kecil;
  3. Lumina telah mejadi gadis dewasa yang cantik sekarang;
  4. Grant, Samantha dan Kate pindah ke desa
  5. Dokter Hardy juga pindah kedesa, ia tinggal di tempat yang dulu Galen dan Nina Tempati;
  6. Tambahan Dapur dan dua Kamar mandi di rumahmu.
Chapter 3 - Harvest Life
Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya : Tidak ada.

Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) : 

  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Menambah Penghasilan;
  3. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  4. Mendapatkan Peralatan Baru.
Perubahan yang terjadi (?) :
  1. Anak perempuan atau laki-lakimu mulai tumbuh menjadi anak seusia Hugh atau Kate dahulu, dan ia mulai bisa diberi hadiah, dan mulai mengerti seni, memancing, dan ia sangat suka sekali bermain.
  2. Tambahan Kamar baru untuk anak;
  3. Hugh dan Kate telah tumbuh menjadi remaja dewasa;
  4. Situs Penggalian tambang milik Carter telah sedikit berubah besar.
Chapter 4 - Happy Farm Life
Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya : Tidak ada.

Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) :

  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Membeli Lahan ke 3 dengan Takakura;
  3. Menambah Penghasilan;
  4. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  5. Mendapatkan Peralatan Baru.
Perubahan yang terjadi (?) :
  1. Rumahmu sekarang telah menjadi besar dengan dua kamar tidur, yang satu untukmu dan isterimu, dan satunya untuk anakmu. Tambahan juga ada dapur dan dua kamar mandi;
  2. Anak laki-laki/perempuanmu mulai menginjak usia Remaja, dimana pada tahun/chapter ini ia akan sedikit melawan, dan kasar terhadap orang tuanya;
  3. Kate dan Hugh mulai menginjak usia kedewasaan, terlihat dari pergantian pakaian mereka;
  4. Usia anda telah bertambah berarti rambut anda coklat secara menyeluruh, Takakura mulai mengalami pemutihan pada rambutnya dan begitu juga Griffin, Gustafa dan penduduk laki-laki lainnya.
Chapter 5 - The Journey
Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya : Tidak ada.

Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) :

  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Menambah Penghasilan;
  3. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  4. Mendapatkan Peralatan Baru.
Perubahan yang terjadi (?) :
  1. Perluasan rumah sekarang tidak dilakukan lagi hingga tahun-tahun berikutnya;
  2. Anakmu sepertinya mulai menyukai Hugh atau Kate/Lumina (jika kamu tidak menikahinya);
  3. Situs Penggalian tambang milik Carter telah bertambah sangat besar mulai tahun ini.
Chapter 6 - Twilight
Pada Chpater ini akan benar-benar menjadi seorang yang berusia sangat tua, walaupun masih bisa bekerja, berladang dan mengurus berbagai hal di ladang. Pada akhir tahun ke 6 ini juga anda akan menyaksikan kematian anda, tetapi bukan berarti Ending akan berakhir disini. Sebab anda masih bisa melanjutkan game ke tahun ke 7 dan seterusnya sesukamu.

Syarat untuk ketahun/ Chapter berikutnya : Tidak ada.


Yang Harus Dilakukan Tahun Ini (?) :
  1. Bersahabatlah dengan semua penduduk didesa;
  2. Menambah Penghasilan;
  3. Mendapatkan Hewan Ternak Baru;
  4. Mendapatkan Peralatan Baru.
Perubahan yang terjadi (?) :
  1. Rambutmu mulai memutih secara keseluruhan, dan wajahmu mulai berkerut;
  2. Anak Telah mencapai kedewasaan yang matang, dan ia mulai berfikir untuk membantumu di perkebunan;
  3. Di akhir tahun ke 6 ini anda akan menyaksikan even kematianmu, banyak orang-orang desa menjadi sedih, terutama isteri dan anakmu.
Setelah Chapter berikutnya, terlihat anda dapat memainkan ulang lagi tetapi tidak dari awal, sebab anda akan meneruskan permainan ini dengan karakter utama yang kembali muda kembali. Tetapi tidak dengan anakmu yang sudah dewasa. Jadi, anda bebas untuk melanjutkan permainan ini tanpa mengulang dari awal, serta anda tidak kehilangan kekayaan serta ternak yang telah anda kumpulkan selama ini.

______Festival______

Pada setiap musim akan diadakan sebuah festival. Jadi,  semuanya ada 4 festival yang dapat kamu ikuti sepanjang tahun. Festival Pepper dan fesitval bintang akan dibatalkan jika pada hari penyelenggaraannya turun hujan dan akan akan diselenggarakan lagi pada tahun berikutnya pada musim yang sama. Festival-festival ini tidak wajib kamu ikuti, karena hanya sebagai tambahan game saja dan bukan menjadi peristiwa atau even penting yang dapat meningkatkan keuntungan perkebunanmu.

Festival Tahun Baru (Pada tanggal 1 Parrot/Spring)
Pada tahun pertama saat kamu memulai memainkan game ini, kamu tidak dapat mengikuti festival ini. Tetapi, untuk tahun berikutnya atau tahun kedua dan tahun-tahun selanjutnya kamu bisa mengikuti festival ini. Berkunjunglah ke villa Romana antara pukul 10:00am-09:00pm, bila pesta tahun baru tidak dibatalkan maka Romana akan berada di rumahnya dan menyambut kedatanganmu. Ia mengajakmu untuk menghadiri pesta tahun baru yang akan diadakan di tempatnya.

Setelah semua berkumpul pesta segera dimulai, kalian bergembira dan bernyanyi bersama diiringi alunan musik piano dari Lumina. Selanjutnya kamu juga memperoleh kesempatan untuk berbincang-bincang dengan semua orang yang hadir di pesta tahun baru ini.

Festival Pepper (Pada tanggal 2 Pepper/Summer)
Suatu siang Gustafa datang ke rumahmu, ia bermaksud untuk menjemputmu untuk menghadiri Festival Pepper yang diadakan pada setiap tanggal 2 pepper/summer pada setiap tahunnya. Festival akan diadakan antara pukul 10:00am-05:00pm, tetapi festival akan dibatalkan bilamana turun hujan.

Selanjutnya kamu akan berkumpul bersama beberapa penduduk desa di depan rumah Gustafa di dekat pantai. Kamu bersama yang lainnya menyanyikan sebuah lagu dan Gustafa sang pemusik memainkan gitar mengiringinya.

Festival Panen (Pada tanggal 5 Amber/Fall)
Suatu hari Vesta datang kerumahmu, ia bermaksud untuk menjemputmu untuk menghadiri Festival Panen yang diadakan pada setiap tanggal 5 Amber/Fall setiap tahunnya.

Festival ini akan diadakan dari siang sampai pukul 05:00am. Selanjutnya kamu akan berkumpul di Blue Bar milik Griffin bersama beberapa penduduk desa lainnya, diantaranya Vesta dan Marlin. Vesta telah menyiapkan berbagai hidangan yang dimasaknya sendiri untuk disantap bersama.

Tetapi, diluar dugaan, Marlin mengatakan bahwa kamu harus membayarnya jika ingin ikut bersama. Mendengar hal itu Vesta menjadi kesal dan memarahi Marlin karena telah berlaku tidak sopan terhadapmu. Mereka dinasihati oleh peserta lainnya yang hadir agar tidak membuat keributan dan akhirnya semua makan bersama dan merasa gembira.

Festival Bintang (Pada tanggal 7 Indigo/Winter)
Suatu malam Rock datang ke rumahmu, ia bermaskud untuk menjemputmu dalam menghadiri Festival Bintang yang diadakan pada setiap tanggal 7 Indigo/Winter pada setiap tahunnya. Festival akan diadakan antara pukul 07:00pm-11:00Pm, tetapi Festival akan dibatalkan bilamana turun hujan.

Selanjutnya kamu akan berkumpul bersama beberapa penduduk desa di depan rumah Gustafa di dekat pantai. Kamu bersama yang lainnya menyanyikan sebuah lagu dan Gustafa sang pemusik memainkan gitar untuk mengiringinya.

______Karakter______
Pada Game ini terdapat berbagai karakter yang mempunyai sifat dan keunikan tersendiri dari yang lain. Setiap karakter dibawah ini, tidak semua dari mereka akan muncul pada tahun pertama (Chapter Ke satu), sebab bisa jadi diantara mereka akan muncul setelah tahun atau chapter berikutnya, seperti Grant dan keluarganya, serta akan ada karakter yang menghilang di tahun berikutnya karena suatu alasan seperti Nina contohnya yang akan meninggal dunia pada tahun kedua nantinya.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap karakter akan bertumbuh besar dan terkadang baru akan muncul pada tahun berikutnya. Lumina, Kate, Hugh, dan anak laki-laki/perempuanmu pada setiap chapter atau tahunnya akan mengalami pertumbuhan dari anak-anak ke remaja. Serta beberapa karakter akan mengalami pemutihan pada rambutnya karena usia yang bertambah sebagai contoh karakter utama yang kamu gunakan, dan Takakura akan mengalaminya saat Chapter atau tahun-tahun berikutnya.


Tips memberi hadiah ke pada penduduk :

Jangan memberi hadiah, saat mereka sedang beraktivitas, sebab hadiah pemberianmu pasti akan ditolak mereka.

Lalu untuk mengetahui bahwa penduduk sudah mulai menyukaimu, adalah dengan mencoba teknik ini : berlarilah dihadapan mereka, jika mereka menoleh atau melihat kearahmu, maka mereka sudah bersahabat denganmu. Tetapi sebaliknya jika saat kamu berlari didepan mereka, dan penduduk tidak melihat berarti anda masih kurang bersahabat dengan mereka. Terkadang untuk membuka suatu even atau cutscen pun kita juga harus berteman baik dengan penduduk desa terlebih dahulu.


Karakter Utama 
 Kesukaan*
Semua Masakan Rumah, herbal, Bertani, dan Segala hal yang anda sukai !
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Kamu akan bermain sebagai karakter pria yang berasal dari kota, dan menerima permintaan Takakura untuk meneruskan Pertanian milik ayahmu dahulu, hingga kamu sukses.

Dalam Game ini juga, ia akan dapat menikah dengan salah satu dari ke 4 orang gadis di desa, serta memiliki seorang anak laki-laki. Pemilihan namanya sendiri, dapat dipilih menurut kesukaan anda sendiri atau nama sendiri.
 Hadiah*
-
Takakura
 Kesukaan*
Telur, Susu dan Masakann rumah
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Takakura adalah teman lama ayahmu, dahulu mereka yang menemukan desa Forgotten Valley ini secara tidak sengaja saat itu mereka masih muda dan suka berkelana. Takakura tinggal di rumah kecil di sekitar lokasi perkebunanmu dan ia sekarang sudah berumur tua, tetapi ia adalah orang yang sangat baik yang mau membantumu dengan memberi beberapa informasi penting mulai dari cara bercocok tanam, merawat ternak, dan segala hal lainnya. Saat memesan dan menjual ternak, atau membeli peralatan perkebunan di kota sana, ialah orang pertama yang akan membantumu melakukan segalanya.

Ia juga mempunya cita-cita besar yaitu agar kamu dapat meneruskan dan merawat perkebunan yang telah ditinggalkan ayahmu, sebagai seorang petani yang sukses.
 Hadiah*
1.Tartan (Pencampur benih Tanaman
2.Seekor Kuda
Tim
 Kesukaan*
Ikan, Tomat, Kentang dan semua jenis buahan
 Yang dibenci*
Bekerja Keras, Berlari
 Keterangan*
Tim adalah suami Ruby dan ayah dari Rock, ia pemilik penginapan (Inner Inn). Ia adalah seorang yang ramah dengan semua orang, walaupun ia berbandan besar dan sewaktu ia masih muda, ia sangat suka berpetualang dan berkeliling ke berbagai tempat bersama isterinya.

Buktinya saat kamu berbicara dengannya, ia sering menceritakan pengalamannya sewaktu muda, yang terkadang ia lupa dengan sekitar.
 Hadiah*
1.Strange Hoe (Cangkul Aneh)
Ruby
 Kesukaan*
Bunga, Susu, Mentega, Masakan Rumah
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Ruby adalah isteri dari Tim dan anaknya adalah Rock, ia seorang ibu yang lembut dan ramah. Ia memiliki keahlian memasak yang diperolehnya saat berkeliling dunia.

Terkadang ia sering memberi beberapa infomarmasi kepada mu tentang memasak sesuatu.
 Hadiah*
1.Ruby's Spice (Bumbu Masakan)
2.Resep Masakan Stew
Rock
 Kesukaan*
Bunga, Jamur, Koin, susu, Keju, tertawa dan begadang
 Yang dibenci*
Tidur malam, bekerja keras, suara keras
 Keterangan*
Rock adalah anak dari Tim dan Ruby, ia tinggal di salah satu ruangan bagian atas penginapan. Sedikit mudah didekati dan ramah seperti ibunya, saat bertemu pun selalu terjadi gelak tawa bersamanya.
 Hadiah*
1.Kaset musik Flower Buds in Autumn
Nami HM64 bfeather clear

Kiri (ver. HM: AWL SE) & kanan (ver. HM: AWL)
 Kesukaan*
Bunga BlueTrick, semua jenis Hasil tambang, Patung, dan masakan Kari
 Yang dibenci*
Orang yang banyak bicara
 Keterangan*
Nami adalah salah salah satu dari ke 4 wanita yang dapat kamu nikahi dalam game ini.

Ia adalah seorang gadis pendiam, yang tidak begitu sangat suka berbicara banyak, ia juga terlihat kurang ramah tetapi sebenarnya ia adalah orang yang sangat baik. Nami tinggal di lantas dua pada penginapan, ia sangat sulit ditemukan karena ia sangat suka berkeliling desa hingga tengah malam.


Nami menyimpan Diary di dalam kamarnya penginapan lantai dua.
 Hadiah*
-
Griffin
 Kesukaan*
Koin, Telur emas, ikan, bermain gitar, dan mendengar curhat
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Griffin adalah ayah dari Muffy dan merupakan pemilik Blue Bar. Ia adalah orang pendengar dan penasihat yang baik, jika kamu kelelahan saat bekerja, datang dan beli lah beberapa minuman kepadanya karena dia akan melayanimu dengan baik.
 Hadiah*
1.Kaset Musik Jazz Mari
Muffy HM64 bfeather clear
Muffy (AWL)
 Kesukaan*
Bunga, susu, Koin, permata (ore)
 Yang dibenci*
Hewan yang menakutkan
 Keterangan*
Muffy adalah salah salah satu dari ke 4 wanita yang dapat kamu nikahi dalam game ini.

Ia adalah gadis yang cantik, secara keseluruhan karena sifanya yang cukup baik, ramah dan cepat akrab dengan siapa saja. Ia adalah anak dari Griffin, dan biasanya ia bekerja di Blue Bar milik ayahnya. Muffy menyimpan Diary pada pot bunga yang berada di dalam Blue Bar.
 Hadiah*
-
Galen
Galen (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Ikan, Sayuran, buah-buahan, Tanaman liar, dan berjalan berkeliling desa
 Yang dibenci*
Berdiam diri, pemabuk dan wanita cerewet
 Keterangan*
Galen adalah seorang kakek tua yang merupakan suami dari Nina, ia tinggal bersamanya di daerah dekat Blue Bar.

Ditahun kedua, saat kematian Nina isterinya, ia menjadi sedikit kasar terhadap sekitarnya. Ia juga berpindah tempat ke daerah seberang perkebunan Vesta dan menetap sendiri disana.


Galen juga akan banyak berubah setelah tahun kedua, ia sering mabukkan, menyendiri, dan bahkan sering menolak pemberian hadiah darimu, Jadi sebaiknya kamu membantunya mengatasi masalah yang dihadapinya.
 Hadiah*
1.Fishing Pole (alat pancing)
Nina
Nina (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Semua Jenis Bunga dan Berkeliling desa
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Nina adalah seorang wanita tua yang mempunya suami bernama Galen, dan ia tinggal bersama dengannya di bagian daerah dekat Blue Bar.

Ia adalah orang sangat ramah terhadapmu, ia tidak terkadang tidak sungkan berbagi cerita cintanya dengan Galen. Pada tahun kedua, ia meninggal dunia karena sakit yang di deritanya.
 Hadiah*
1.Resep Masakan
2.Cara memilih anak lelaki/perempuan
Dokter Hardy
Hardy (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Ikan, Koin, Fosil, dan berbagi tips kesehatan
 Yang dibenci*
Sakit
 Keterangan*
Dokter Hardy terlihat seperti orang yang mengintimidasi sekitar karena penampilan yang menakutkannya. Tetapi sebenarnya ia adalah orang yang baik dan ramah terhadap siapa saja, terbukti saat kamu sakit ia akan membantumu dan sedikit berbagi tips kesehatan agar kamu memahami kesehatan jauh lebih penting dari apapun.

Pada tahun pertama, ia akan tinggal di kota, dan hanya datang ke desa untuk memeriksa kesehatan dari Nina saja atau sekedar berkeliling desa. Setelah Tahun kedua, baru ia akan pindah dan menempati tempat Galen yang tidak digunakan lagi.
 Hadiah*
1. Weird Sickle (Sabit Aneh)
Grant
Grant (HMDS)
 Kesukaan*
Susu, telur dan Ikan
 Yang dibenci*
Bangun kesiangan dan tidak bekerja
 Keterangan*
Grant dan keluarganya pindah ke desa ini pada tahun kedua, jadi saat tahun pertama, ia tidak akan muncul sebagai orang-orang desa yang dapat ditemui.

Saat tahun kedua kepindahanya kedesa bersama isterinya Samantha dan anak perempuanya Kate, ia bertempatan di tengah-tengah antar rumah Wally dan Dr. Hardy/rumah Galen dahulu.


Grant adalah orang yang selalu tepat waktu dalam segala hal, ia bekerja di kota saat hari masih pagi sampai tengah malam.
 Hadiah*
1.Jam Alarm
Samantha
Samantha (AWL)
 Kesukaan*
Bunga, susu, Sayur/buah-buahan dan memasak
 Yang dibenci*
Menyisakan Makanan dan Bergosip
 Keterangan*
Samantha adalah isteri dari Grant dan mempunya seorang anak perempuan bernama Kate. Ia adalah tipe seorang ibu kebanyakan yang baik dan ramah terhadap orang lain.

Ia juga pandai memasak, dan bersih-bersih rumah. Tetapi membuatnya spesial karena ia tidak mirip kebanyakan ibu lainnya yang suka gosip dan memanjakan anak.
 Hadiah*
1.Resep Masakan
Kate
Kate (HMDS)Kate aged
Kanan (Tahun ke 2), Kiri (Tahun ke 3 dan seterusnya)
 Kesukaan*
Bunga, koin dan Permata (ore)
 Yang dibenci*
Berdiam diri
 Keterangan*
Anak dari Samantha dan Grant, ia adalah anak yang tidak takut mengeluarkan pendapatnya dan tidak takut terhadap apapun.

Pada tahun kedua ia terlihat hanya sebagai seorang anak kecil saja, walaupun begitu ia sudah mempunyai mulut yang kasar dan suka berpendapat yang aneh-aneh saat usia sekecil itu. Kemudian pada tahun ke 3 dan seterusnya, ia akan tumbuh menjadi gadis yang cantik yang memakai pakai putih, serta rok berwarna biru.
 Hadiah*
-
Wally
Wally (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Telur, susu dan berolahraga
 Yang dibenci*
Berdiam diri dan tidak berolahraga sehari saja
 Keterangan*
Wally adalah seorang ayah dari Hugh, dan mempunya isteri bernama Chris.

Wally dahulu adalah mantan pelari marathon, ia sangat mudah di temukan di sekitar desa, karena ia sering berlari ke berbagai tempat.
 Hadiah*
1.Alat pencukur
Chris
Chris (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Semua jenis Bunga, susu dan Buah-buahan
 Yang dibenci*
Marah dan bersedih
 Keterangan*
Chris adalah ibu dari Hugh dan isteri dari Wally. Ia adalah seorang ibu rumah tangga yang baik dan ramah, ia bekerja di kota.

Mudah akrab dan sangat baik diajak untuk berbicara serta seorang yang periang.
 Hadiah*
1.Kaset Musik The Bride
Hugh
Hugh (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s PhotoHugh (Teenager)
Kanan (Tahun ke 1 dan 2), Kiri (Tahun ke 3 dan seterusnya)
 Kesukaan*
Susu, Koin dan berolahraga
 Yang dibenci*
Seranga dan Menangis
 Keterangan*
Hugh adalah seorang anak dari pasangan Wally dan Chris. Ia merupakan harapan terbesar ayahnya, karena Wally ingin Hugh meneruskan bakatnya sebagai seorang atlet yang hebat di kemudian hari.

Sama seperti Kate, ia akan bertambah tinggi dan tumbuh menjadi seorang remaja yang berbeda dari semasa kecilnya. Ia akan memberikan beberapa tips kesehatan kepadamu.
 Hadiah*
-
Romana
Romana (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Semua jenis Bunga, susu, koin, buah-buahan, mendengar musik, Melihat keindahan desa atau Lukisan yang mahal
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Romana adalah seorang nenek tua yang baik hati, sepanjang hidupnya ia habiskan untuk bermacam-macam hal.

Ia tinggal di atas Villa besar pada desa ini bersama cucu perempuannya bernama Lumina, dan pelayan setianya Sebastian.


Dari game ini, ia tidak pernah mengalami sakit, ataupun sesuatu yang tidak beruntung yang menimpanya. Ia seorang yang dermawan kaya raya di desa ini, ia sangat akrab dengan siapa saja yang baik hati berteman dengannya.
 Hadiah*
1.Watering Can W (alat penyiram besar)
2.Seekor Kucing Hitam
3.Buku Musik (untuk Anakmu)
Lumina HM64 bfeather clear
Non
Kanan (Tahun ke 1), Kiri (Tahun ke 2 dan seterusnya)
 Kesukaan*
Semua Jenis Bunga, Permata (ore), Mendengar dan bermain musik piano
 Yang dibenci*
Sendirian
 Keterangan*
Lumina adalah salah salah satu dari ke 4 wanita yang dapat kamu nikahi dalam game ini. Pada seri biasa Harvestmoon A Wonderful Life untuk konsul Gamecube sendiri, Lumina tidak dapat dinikahi karena suatu alasan.

Ia adalah cucu dari Romana, ia tinggal bersama dengannya dan Sebastian di Villa. Pada tahun pertama, ia terlihat seperti seorang anak kecil, tetapi setelah chapter atau tahun berikutnya, ia akan tumbuh menjadi seorang gadis yang cantik dan ramah terhadap semua penduduk. Lumina menyimpan Diary Pada Boneka Teddy bear dikamarnya.
 Hadiah*
-
Sebastian
Sebastian (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Koin emas, fosil, patung kuda/orang, Bersih-bersih, dan Memasak
 Yang dibenci*
Orang yang tidak jujur
 Keterangan*
Sebastian adalah pelayan yang tinggal bersama dengan Romana dan Lumina di Villa, ia sudah lama sekali melayani Romana sejak mereka masih muda.

Sebastian merupakan orang yang baik, jujur dan ramah terhadap siapa saja yang ada di desa, ia juga terkadang selalu menanyakan bagaimana model rambutnya sekarang kepadamu terutama.
 Hadiah*
1.Resep Masakan
Vesta
Vesta (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Semua jenis bunga, susu, sayuran/buahan, Masakan Kari dan Berkebun
 Yang dibenci*
Orang pemalas
 Keterangan*
Vesta adalah seorang wanita pemilik pertanian di dekat jalur menuju kota, disana ia menjual berbagai benih sayur dan buah-buahan.

Ia tinggal disana bersama saudara laki-lakinya bernama Marlin, serta Celia yang menjadi tanggung jawabnya. Ia adalah orang yang sedikit tidak ramah terhadap siapa saja, tetapi sebenarnya ia adalah orang yang baik.
 Hadiah*
1.Weird Hoe (cangkul Aneh)
2.Resep Masakan
Marlin
Marlin body
 Kesukaan*
Sayur-sayuran, Masakan Rumah, dan Bersantai
 Yang dibenci*
Keju, ikan, dan sesuatu yang membuang waktunya
 Keterangan*
Marlin adalah saudara dari Vesta, ia kelihatan sedikit terlalu melindungi Celia mungkin karena ia menyukai Celia, ia juga sering membuatmu sedikit kesal karena tingkahnya.

Marlin membantu Vesta dalam menjual berbagai bibit di pertanian di dekat jalur menuju kota.
 Hadiah*
1.Kaset Musik Butterfly
Celia HM64 bfeather clear
Celia (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Bunga, telur, koin dan sayur-sayuran
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Celia adalah salah salah satu dari ke 4 wanita yang dapat kamu nikahi dalam game ini.

Ia adalah seorang gadis pemalu yang menyukai kesederhanaan, ia tinggal di pertanian milik Vesta dan Marlin. Setiap hari ia membantu mereka menjual bibit dan berladang. Ia tinggal di lantai atas dan Ia menyimpan Diary didekat tempat tidur.
 Hadiah*
-
Daryl
Daryl (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Ikan, telur, keju dan koin
 Yang dibenci*
Kegagalan dan berdiam diri
 Keterangan*
Orang liar yang gila akan penelitian, dengan tampilan seperti seorang profepesor dengan mata yang sedikit besar ini bernama Daryl. Ia sangat senang dalam bereksperimen dalam segala hal yang ia sukai.

Rumahnya sangat mudah dikenali karena disana terlihat banyak aliran listrik di atas rumah dan kabel-kabel yang bertebaran dimana-mana. Ia sangat suka sekali berkeliaran tengah malam seperti burung hantu dan tidur sampai siang hari.
 Hadiah*
1.Seed Maker (Pembuat bibit) secara Gratis
Cody
Cody (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Bunga, telur, fosil, permata(ore) dan berkreasi
 Yang dibenci*
Mengganggu pekerjaannya
 Keterangan*

 Hadiah*
1.Sabit Aneh (strange sickle)
2.Patung Logam Aneh (Meningkatkan Keahlian anak di bidang seni)
Kassey
Kassey (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Bunga, ikan dan susu
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Kassey adalah kakak tertua dan mempunyai saudara kembar bernama Patrick, mereka berdua berprofesi sebagai seorang pembuat kembang api.

Saat bertemu dengan mereka, cara termudah untuk mengetahui perbedaan mereka hanya pada pakaian yang di kenakan mereka saja, Kassey memakai baju warna biru dan Patrick memakai baju warna hijau.
 Hadiah*
1.Kaset Musik Memories (Kalahkan mereka dalam mini-games Puzzle "Capture Total")
Patrick
Patrick (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Bunga, ikan dan susu
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Patrick adalah adik termuda dan mempunyai saudara kembar bernama Kassey, mereka berdua berprofesi sebagai seorang pembuat kembang api.

Saat bertemu dengan mereka, cara termudah untuk mengetahui perbedaan mereka hanya pada pakaian yang di kenakan mereka saja, Patrick memakai baju warna hijau dan Kassey memakai baju warna biru.
 Hadiah*
1.Kaset Musik Memories (Kalahkan mereka dalam mini-games Puzzle "Capture Total")
Gustafa
Gustafa body
 Kesukaan*
Bunga, koin, patung, permata, masakan kari dan bermain gitar
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Gustafa adalah seorang pujangga pengelana yang banyak menciptakan beberapa musik indah dan juga beberapa puisi cinta.

Sehari-hari ia hanya berkeliling desa dan sibuk dengan dunia kecilnya sendiri. Ia adalah orang yang sangat ramah, terbuka dan suka sekali dengan alam sekitar.
 Hadiah*
1.Drum (gendang) sebagai Hadiah untuk meningkatkan Keahlian musik anakmu
Carter
Carter (HMDS)
 Kesukaan*
Buah-buahan, susu, keju, telur dan arkelog kuno
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Carter adalah seorang ahli arkelog yang bertanggung jawab atas situs tambang di dekat air terjun. Ia tinggal di tenda kecil disekitar bukit sana, bersama dengan mitra kerjanya Flora.

Ia adalah orang yang tegas dan selalu tepat waktu dalam pekerjaanya, ia tidak pernah segan-segan memarahimu jika kamu melakukan kesalahan pada saat membantunya di situs penggalian.
 Hadiah*
1. Kaset Musik Summer Memories
Flora
Flora (Harvest Moon: A Wonderful Life)'s Photo
 Kesukaan*
Ikan, Keju, Mentega, Sayur-sayuran
 Yang dibenci*
Barang hasil tambang, seperti patung, koin, permata dan lain-lain
 Keterangan*
Flora adalah seorang wanita mudah dengan penampilan modis berkaca mata dan memiliki wajah cantik. Di situs ia membantu Carter untuk menemukan Arkeolog kuno, ia merupakan teman dekat dari Carter.
 Hadiah*
1.Kalung
Mukumuku
Mukumuku (HMDS)
 Kesukaan*
Bunga, Ikan dan Telur
 Yang dibenci*
-
 Keterangan*
Mukumuku adalah makhluk putih besar yang berkeliaran di sekitar danau selama musim dingin saja. Ia berteriak-riak jika ada yang berbicara dengannya.
 Hadiah*
1.Kaset Musik Joy of Fall
Debit (Merah)           Eboni (Biru)

Flat (Kuning)
 Kesukaan*
-
 Yang dibenci*
Hewan liar
 Keterangan*
Mereka adalah para peri Harvest yang tinggal di diujung utara di Spring Forest, tepatnya di pohon Tunggal yang besar di daerah sana.

Kalau ingin menemui mereka dengan cara memakan salah satu jamur merah yang ada disana, dan tubuh karakter utama akan mengecil, kemudian kamu dapat bertemu mereka di dalam poon tersebut yang menjadi rumah mereka.


Mereka juga dapat ditemukan saat kamu, menginjakkan kakimu untuk pergi ke jalur menuju kota, mereka akan menanyakan "apakah kamu akan meninggalkan desa, dan pergi kekota?" Jawab tidak, maka kamu akan melanjutkan permainan ini.
 Hadiah*
-
Van
 Kesukaan*
Menjual Barang dan Tawar menawar
 Yang dibenci*
Tawaran Terlalu mahal
 Keterangan*
Van adalah orang yang berasal dari kota sana, ia hanya datang ke desa pada tanggal 3 dan 8 setiap musimnya untuk menjual beberapa barang penting. Tepat pada jam 12 siang sampai jam 6 sore.

Ia adalah orang yang suka sekali berdagang, jika anda beruntung, ia akan memberikan diskon murah kepadamu sebagai hadiah jika kamu sering membeli di tokonya.
 Hadiah*
-
Murrey
 Kesukaan*
Tulang, Masakan Rumah, Wol domba, buah-buahan, serta seluruh makanan kecuali ikan
 Yang dibenci*
ikan dan bunga
 Keterangan*
Murrey adalah seorang pengemis yang berkeliaran di desa, ia biasa berkeliling desa atau duduk di dekat jembatan di daerah pemukiman jalur kota, suka mengemis disana.

Ia juga merupakan orang yang harus di waspadai karena ia sering mencuri hasil buah-buahanmu jika sudah menghasilkan buah segar lalu jatuh ketanah, jika anjijng peliharaanmu tidak sering kamu latih maka ia akan sering mencuri hal tersebut.
 Hadiah*
-
______Bercocok Tanam______
Pada awal permainan, kamu hanya memiliki dua lahan yang berbeda-beda penempatannya, tetapi jika sudah pada chapter ke 4 atau tahun ke 4, Takakura akan menjual lahan ke 3 yang baru dengan harga 20.000 G, pada lahan tersebut berada di ujung rumah sebelah kanan dekat rumah kosong yang ada di perkebunanmu. Dimana Lahan ke 3 ini sangat subur tanahnya dan luas lahan pun mempunyai kapasitas yang besar untuk di tanami sayur-sayuran atau buahan.

Untuk memperjelas beberapa lahan yang dapat kamu miliki di perkebunan, dari tingkat kesuburan serta kapasitas luasnya lahan, dapat di lihat sebagai berikut :

  • Lahan Pertama, lokasi di samping rumahmu, kapasitas luas sedang dan tingkat kesuburan rendah, hanyak cocok di tanami pepohonan/ buah-buahan.
  • Lahan Kedua, lokasi berada di samping kandang ayam, kapasitas luas sedang dan tingkat kesuburan sedang, cocok ditanami pepohonan dan sayur-sayuran.
  • Lahan Ketiga, lokasi berada di ujung rumah sebelah kanan dekat rumah kosong yang ada di perkebunanmu, kapasitas luasnya sangat besar mampu di tanami banyak buah dan sayuran, tingkat kesuburan Sangat baik. Cara mendapatkanya saat tahun ke 4 dengan cara memesan pada Takakura dengan harga 20,000G.
Dalam Game ini ada bermacam-macam jenis benih yang dapat anda tanam sebagai penghasilan anda, selain berternak sapi atau domba. Dari beberapa jenis benih tersebut dapat dibagi menjadi tiga macam :
  1. Benih Generasi Pertama, didapat dengan membeli benih di Perkebunan milik Vesta atau membuatnya pada seed Maker/pembuat bibit. contoh : Tomat, kentang, semangka, aple, anggur dan lain-lain.
  2. Benih Generasi kedua, adalah benih yang di campur dari Tartan dengan penggabungan dua macam benih generasi pertama, sebagai contoh : Carrot + Potato = Tataro, potato + Yam = Bashota dan masih banyak lagi benig generasi kedua.
  3. Benih Generasi ketiga, adalah benih yang di campur dari Tartan dengan penggabungan dua macam benih generasi kedua, pada benih generasi ketiga sendiri tidak memiliki nama, jadi kamu sendiri yang harus memberikan nama tersebut. Kualitasnya benih Generasi ketiga sangat mahal.
Adapun beberapa benih sayuran dan buah-buahan yang dapat kamu beli pada perkebunan milik Vesta (benih Generasi pertama), sebagai berikut :
Catatan : Yang Bertanda (*) adalah tidak dapat dipanen ulang!
      -Yang Bertanda (*) adalah di panen pada musim tertentu saja untuk jenis buahan.

 Benih Generasi Pertama
 Nama Benih
Harga Jual
Musim Menanam 
Jenis Sayuran

Tomato


35 G


Spring - Fall
Semangka (Watermelon)
65 G
Spring - Summer
Strawberry
35 G
Spring - Fall
Melon
70 G
Summer - Fall
Lobak (Turnip)
25 G*
Summer - Winter
Kentang (Potato)
60 G*
Winter - Spring
Wortel (Carrot)
45 G*
Fall - Winter
Sweet Potato
60 G*
Fall
 Jenis Buahan

Persik (Peach)


40 G*(Summer)


Semua Musim
Jeruk (Orange
30 G*(Summer)
Semua Musim
Anggur (Grape)
35 G*(Fall)
Semua Musim
Pisang (Banana)
35 G*(Summer)
Semua Musim
Apel (Apple)
25 G*(Fall)
Semua Musim
Perlu kita ingat bahwa jenis buahan atau pepohonan, dapat anda tanam pada setiap musimnya. Tidak sama degan jenis sayuran, buah-buahan akan menyerupai tanaman pohon yang menjalar dan akan berbuah pada musim tertentu saja, jadi 1 pohon yang anda tanam akan berbuah hanya satu sekali dalam setahun saja. Tetapi, jenis buahan tidak memerlukan banyak tenaga untuk menguruskannya karena kita hanya menyiramnya sampai ia benar-benar tumbuh menjadi pohon kecil, sampai suatu hari pohon tersebut dapat mengairi dirinya sendiri tanpa kita siram lagi.

Walaupun satu pohon yang kita tanam di ladang, hanya akan dapat dipanen pada musim tertentu saja. Tetapi, hasil yang di keluarkan oleh jenis buah-buahan sangat banyak, terkadang satu pohon mencapai 20 lebih buah, jadi kalikan jika anda menanam 10 buah pohon persik misalnya sebagai contoh, lalu satu pohon menghasilkan 20 buah x 40 G = 800G untuk satu pohon, lalu 800 G anda kalikan dengan 9 pohon lain yang anda tanam. Maka anda mungkin menghasilkan 7000 G lebih dalam setahun.


Berikutnya saya akan menjelaskan beberapa list dari benih generasi kedua dan Generasi ketiga. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa benih generasi kedua adalah penggabungan dari kedua macam jenis benih generasi pertama. Dan begitu juga benih yang generasi ketiga, yaitu penggabungan antara kedua macam jenis benih generasi kedua.


Tetapi untuk mendapatkan benih generasi kedua dan generasi ketiga, terlebih dahulu anda harus mendapatkan Tartan (apa itu Tartan cek di list Karakter), terlebih dahulu, karena dengan bantuan Tartan tersebut anda dapat mencampur berbagai jenis benih menjadi benih yang baik atau berkualitas tinggi untuk meningkatkan penghasilan anda. Untuk Mendapatkan Tartan, cek penjelasan di list bawah untuk Mendapatkan Peralatan Baru disana akan di jelaskan secara terperinci.



Benih Generasi Kedua
Ini adalah jenis tumbuhan baru generasi kedua yang dihasilkan dengan mencampurkan dua jenis benih generasi pertama yang berbeda.

Benih Sayuran dan Umbi-umbian Generasi ke 2
Campuran Benih
Hasil Benih
Waktu Tanam
Potato+Watermelon
Bashber
Parrot-Pepper
Potato+Sweet Potato
Bashota
Indigo-Pepper
Strawberry+Water
Berryber
Parrot-Pepper
Melon+Strawberry
Berryto
Amber-Parrot
Strawberry+Sweet Potato
Berryto
Amber-Parrot
Strawberry+Tomato
Berrytoma
Parrot-Amber
Carrot+Watermelon
Cabber
Parrot-Pepper
Carrot+ Strawberry
Caberry
Amber-Parrot
Carrot+Turnip
Cady
Indigo-Pepper
Carrot+Melon
Camelo
Pepper-Amber
Strawberry+Turnip
Dhibe
Amber-Parrot
Melon+Turnip
Dhilon
Pepper-Amber
Tomato+Watermelon
Gretoma
Parrot-Amber
Sweet Potato+Turnip
Kandy
Indigo-Pepper
Carrot+Sweet Potato
Kanro
Pepper-Amber
Sweet Potato+Watermelon
Kashry
Parrot-Pepper
Melon+Tomato
Melatoma
Parrot-Amber
Melon+Watermelon
Melober
Parrot-Pepper
Potato+Strawberry
Paberryta
Amber-Parrot
Melon+Potato
Potamelo
Pepper-Amber
Potato-Turnip
Radita
Indigo-Pepper
Turnip+Watermelon
Raury
Parrot-Pepper
Melon+Sweet Potato
Sholo
Pepper-Amber
Carrot+Tomato
Tataro
Indigo-Pepper
Potato+Tomato
Tobatama
Parrot-Amber
Carrot+Tomato
Tomaca
Parrot-Amber
Tomato+Turnip
Trady
Parrot-Amber
Sweet Potato+Tomato
Yamato
Parrot-Amber
                    
Benih Buah-Buahan Generasi ke 2
Campuran Benih
Hasil Benih
Waktu Tanam
Banana+Apple
Appage
Amber
Banana+Grape
Gehju
Amber
Grape+Peach
Jurum
Amber
Orange+Peach
Lanmuge
Amber
Banana+Orange
Magenge
Indigo
Banana+Peach
Magerum
Indigo
Grape+Orange
Orahge
Pepper
Apple+Orange
Oraphu
Parrot
Apple+Grape
Phuju
Pepper
Apple+Peach
Phurum
Amber

Benih Generasi Ketiga
Ini adalah jenis tumbuhan baru generasi ketiga yang dihasilkan dengan mencampurkan dua jenis generasi kedua yang berbeda. Benih jenis generasi ketiga tidak mempunyai nama, jadi kamu harus memberikannya sebuah nama jika berhasil membuatnya. Pada Tabel berikut ini untuk campuran benih sayur-sayuran dan umbi-umbian diberi nama Rare Crop. Sedangkan untuk campuran benih buah-buahan diberikan nama Rare Tree.

Benih Sayuran dan Umbi-umbian Generasi ke 3
Campuran Benih
Hasil Benih
Waktu Tanam
Berryber+Cabber
Rare Crop #01
Parrot
Berryber+Melober
Rare Crop #01
Parrot
Berryber+Raury
Rare Crop #01
Parrot
Melober+Raury
Rare Crop #01
Parrot
Berryber+Melatoma
Rare Crop #02
Parrot
Berryto+Gretoma
Rare Crop #02
Parrot
Berrytoma+Melober
Rare Crop #02
Parrot
Berrytoma+Gretoma
Rare Crop #02
Parrot
Berrytoma+Melatoma
Rare Crop #03
Pepper
Berrytoma+Trady
Rare Crop #03
Pepper
Gretoma+Melotoma
Rare Crop #03
Pepper
Gretoma+Trady
Rare Crop #03
Pepper
Melotoma+Trady
Rare Crop #03
Pepper
Tomaca+Trady
Rare Crop #03
Pepper
Bashber+Gretoma
Rare Crop #04
Pepper
Bashber+Kashry
Rare Crop #04
Pepper
Gretoma+Kashry
Rare Crop #04
Pepper
Gretoma+Melober
Rare Crop #04
Pepper
Gretoma+Potamelo
Rare Crop #04
Pepper
Gretoma+Tobatama
Rare Crop #04
Pepper
Kashry+Melober
Rare Crop #04
Pepper
Kashry+Melotoma
Rare Crop #04
Pepper
Melober+Potamelo
Rare Crop #04
Pepper
Melober+Tobatama
Rare Crop #04
Pepper
Melotoma+Potamelo
Rare Crop #04
Pepper
Melotoma+Tobatama
Rare Crop #04
Pepper
Camelo+Dhilon
Rare Crop #05
Amber
Cady+Cabber
Rare Crop #06
Parrot
Cady+Caberry
Rare Crop #06
Parrot
Cady+Camelo
Rare Crop #06
Parrot
Cady+Kanro
Rare Crop #06
Parrot
Cabber+Tataro
Rare Crop #06
Parrot
Caberry+Tataro
Rare Crop #06
Parrot
Camelo+Tataro
Rare Crop #06
Parrot
Kanro+Tataro
Rare Crop #06
Parrot
Bashota+Kandy
Rare Crop #07
Pepper
Kandy+Kanro
Rare Crop #07
Pepper
Cabber+Kanro
Rare Crop #08
Amber
Caberry+Kanro
Rare Crop #08
Amber
Camelo+Kanro
Rare Crop #08
Amber
Basher+Bashota
Rare Crop #09
Amber
Basher+Paberryta
Rare Crop #09
Amber
Basher+Potamelo
Rare Crop #09
Amber
Basher+Tataro
Rare Crop #09
Amber
Basher+Tobatama
Rare Crop #09
Amber
Bashota+Paberryta
Rare Crop #09
Amber
Bashota+Potamelo
Rare Crop #09
Amber
Bashota+Tataro
Rare Crop #09
Amber
Bashota+Tobatama
Rare Crop #09
Amber
Paberryta+Potamelo
Rare Crop #09
Amber
Paberryta+Tataro
Rare Crop #09
Amber
Paberryta+Tobatama
Rare Crop #09
Amber
Potamelo+Tataro
Rare Crop #09
Amber
Potamelo+Tobatama
Rare Crop #09
Amber
Tataro+Tobatama
Rare Crop #09
Amber
Berryto+Dhibe
Rare Crop #10
Parrot
Dhibe+Dhilon
Rare Crop #11
Pepper
Berryto+Cady
Rare Crop #12
Amber
Cabery+Dhilon
Rare Crop #12
Amber
Camelo+Dhibe
Rare Crop #12
Amber
Cabber+Caberry
Rare Crop #13
Indigo
Cabber+Camelo
Rare Crop #13
Indigo
Cabbery+Camelo
Rare Crop #13
Indigo
Bashota+Cady
Rare Crop #14
Pepper
Kandy+Tataro
Rare Crop #14
Pepper
Kanro+Radita
Rare Crop #14
Pepper
Cady+Tataro
Rare Crop #15
Parrot
Potamelo+Sholo
Rare Crop #15
Parrot
Berryto+Kashry
Rare Crop #16
Amber
Berryto+Sholo
Rare Crop #16
Amber
Berryto+Yamato
Rare Crop #16
Amber
Kashry+Sholo
Rare Crop #16
Amber
Kashry+Yamato
Rare Crop #16
Amber
Sholo+Yamato
Rare Crop #16
Amber
Cady+Kandy
Rare Crop #17
Indigo
Berryto+Trady
Rare Crop #18
Parrot
Berrytoma+Camelo
Rare Crop #18
Parrot
Berrytoma+Dhilon
Rare Crop #18
Parrot
Cabbery+Melotama
Rare Crop #18
Parrot
Dhibe+Melotama
Rare Crop #18
Parrot
Berryber+Camelo
Rare Crop #19
Pepper
Berryber+Dhilon
Rare Crop #19
Pepper
Berryto+Cabber
Rare Crop #19
Pepper
Berryto+Raury
Rare Crop #19
Pepper
Caberry+Melober
Rare Crop #19
Pepper
Dhibe+Melober
Rare Crop #19
Pepper
Berryto+Dhibe
Rare Crop #20
Amber
Berryto+Cabbery
Rare Crop #20
Amber
Berryto+Camelo
Rare Crop #21
Indigo
Berryto+Dhilon
Rare Crop #21
Indigo
Cady+Radita
Rare Crop #22
Parrot
Kandy+Radita
Rare Crop #22
Parrot
Dhilon+Kashry
Rare Crop #23
Pepper
Dhilon+Yamato
Rare Crop #23
Pepper
Kandy+Melotama
Rare Crop #23
Pepper
Kandy+Melober
Rare Crop #23
Pepper
Raury+Sholo
Rare Crop #23
Pepper
Sholo+Trady
Rare Crop #23
Pepper

Benih Buah-Buahan Generasi ke 3
Campuran Benih
Hasil Benih
Waktu Tanam
Jurum+Phurum
Rare Tree #01
Indigo
Jurum+Phuju
Rare Tree #01
Indigo
Phuju+Phurum
Rare Tree #01
Indigo
Gehju+Lanmuge
Rare Tree #02
Pepper
Magerum+Orahge
Rare Tree #02
Pepper
Jurum+Magenge
Rare Tree #02
Pepper
Appage+Magenge
Rare Tree #03
Indigo
Appage+Oraphu
Rare Tree #03
Indigo
Magenge+Oraphu
Rare Tree #03
Indigo
Lanmuge+Magenge
Rare Tree #04
Pepper
Magenge+Magerum
Rare Tree #04
Pepper
Magerum+Lanmuge
Rare Tree #04
Pepper
Appage+Lanmuge
Rare Tree #05
Amber
Magenge+Phurum
Rare Tree #05
Amber
Magerum+Oraphu
Rare Tree #05
Amber
Appage+Oraghe
Rare Tree #06
Amber
Gehju+Oraphu
Rare Tree #06
Amber
Magenge+Phuju
Rare Tree #06
Amber
Appage+Jurum
Rare Tree #07
Pepper
Gehju+Phurum
Rare Tree #07
Pepper
Magerum+Phuju
Rare Tree #07
Pepper
Gehju+Jurum
Rare Tree #08
Amber
Gehju+Oraghe
Rare Tree #08
Amber
Jurum+Oraghe
Rare Tree #08
Amber
Oraghe+Phurum
Rare Tree #09
Parrot
Jurum+Oraphu
Rare Tree #09
Parrot
Lanmuge+Phuju
Rare Tree #09
Parrot

______Hewan Ternak______
Pada bagian ini saya akan menjelaskan beberap hewan Ternak yang dapat anda miliki selama bermain Harvestmoon: A Wonderful Life SE ini.


Sapi (Cow)
Jenis Sapi
Harga Beli
Harga Jual
Normal Bull(sapi jantan)
3.000 G
2.000 G
Normal Cow(sapi betina)
4.000 G
2.500 G
Brown Bull
4.000 G
2.000 G
Brown Cow
5.000 G
2.500 G
Marbel Bull
4.000 G
2.000 G
Marbel Cow
5.000 G
2.500 G
Star Bull
6.000 G
3.500 G
Star Cow
7.000 G
4.000 G
Pemesan dan penjualan ternak dapat di lakukan dengan Takakura
Sikat(Brush)
Harga beli 500 G
pada Van (tanggal 3 dan 8 setiap musimnya)
Jenis Susu
Harga Jual
Takakura
Van
Susu Normal grade B
75 G
75 G
Susu Normal grade A
115 G
115-138 G
Susu Normal grade S
150 G
150-180 G
Susu Brown grade B
115 G
115-138 G
Susu Brown grade A
175 G
175-210 G
Susu Brown grade S
225 G
225-270 G
Susu Marbel grade B
115 G
115-138 G
Susu Marbel grade A
175 G
175-210 G
Susu Marbel grade S
225 G
225-270 G
Susu Star grade B
270 G
270-324 G
Susu Star grade A
405 G
405-486 G
Susu Star grade S
540 G
540-648 G
Diskon
x
Sapi merupakan binatang yang paling menyenangkan untuk ditangani, karena disepanjang tahun mereka menghasilkan banyak susu. Memelihara sapi membutuhkan banyak tenaga, waktu dan uang tetapi sangat menguntungkan. Jadi, sapi merupakan cara yang harus diambil jika kamu benar-benar ingin kaya. Jadi dari hal ini dapat disimpulkan bahwa kamu akan mendapatkan lebih banyak uang karena mengeluarkan lebih banyak uang pula, tetapi harus diingat bahwa pengembalian modalnya akan lebih lama pula.

Ada empat jenis sapi yang dijual di kota:
1.Normal Cow(Betina)/Bull(jantan);
2.Brown Cow(Betina)/Bull(jantan);
3.Marbel Cow(Betina)/ Bull(jantan);
4.Star Cow(Betina)/Bull(jantan).

Diawal permainan kamu telah mendapatkan seekor sapi betina dan kamu harus langsung merawatnya lalu memerah susunya. Setelah memiliki uang yang cukup banyak kamu dapat membeli lagi sapi-sapi lainnya pada Takakura, tuliskan pada papan pemesan agar keesokan harinya Takakura akan membawakan sapi pesananmu.

Sapi harus diberi makan rumput setiap hari agar pertumbuhannya baik. Sapi akan sehat bila makan dua kali sehari, isilah kedua kotak makanannya setiap hari agar kebutuhan makanannya terpenuhi. Jika telah setengah hari rumput di kotak makanannya masih penuh berarti sapimu sama sekali belum makan. Bila hal ini terjadi berarti kamu harus memberikan perhatian lebih kepadanya, ambilah rumput dari tempat persediaan rumput lalu berikan kepada sapimu dengan menggunakan tangan, usahakan sampai ia mau makan rumput dari tanganmu.

Rumput adalah makanan utama sapimu, kontrol terus persediaannya dan jangan sekali-kali kamu mengabaikannya. Jumlah persediaan rumput dapat dilihat pada lubang kotak di dinding kandang tempat kamu mengambil rumput. Setiap kali kamu mengambil rumput maka persedian rumput ditempat itu akan berkurang. Kamu dapat menambah persediaan rumputmu dengan cara menyabit rumput yang berada di halaman berpagar di sebelah kandang ternakmu. Tetapi sebelumnya kamu harus memupuknya terlebih dahulu agar rumput di tempat itu tumbuh subur, setelah kurang lebih tiga belas hari, kamu dapat memotongnya dengan menggunakan sabit. Rumput yang telah kamu potong dengan sabit akan langsung masuk kedalam tempat penyimpanannya, jadi kamu tidak perlu lagi untuk mengambil dan membawa rumput-rumput itu ke tempat penyimpanannya.

Mungkin suatu saat kamu lupa mengontrol persediaan rumputmu sehingga kamu tidak dapat memberi makan sapimu dengan rumput. Tidak perlu mencoba untuk mencari rumput dari luar perkebunanmu karena usaha itu tidak akan berhasil. Jika hal itu terjadi hanya ada satu jalan pemecahannya yaitu dengan membeli pakan ternak (makanan ternak) dari Takakura, tetapi resikonya kamu akan mengeluarkan biaya yang tinggi karena harga pakan ternak tersebut mahal. Setelah itu cepat beri pupuk rumput yang berada di halaman berpagar segera.

Kamu dapat mendorong sapi ke arah mana saja yang kamu inginkan. Bahkan kamu juga dapat mendorongnya keluar masuk kandang, tetapi ajab lebih mudah bilamana kamu memanfaatkan tombol merah yang berada pada dinding kandang. Ada dua tombol merah, satu berada di dalam kandang dan yang lainnya berada di luar kandang. Tombol merah yang berada di luar kandang berfungsi untuk mengeluarkan semua ternak yang berada di dalam kandang sedangkan tombol merah yang berada di dalam kandang berfungsi sebaliknya.

Bila cuaca cerah sebaiknya sapi di keluarkan dari kandangnya, gembalakan sapi di halaman berpagar yang berada di sebelah kandang. Biarkan sapi merumput di sana sehingga kamu tidak perlu lagi mengisi kotak makanannya di kandang. Sapi akan mudah sakit bilamana tidak pernah di keluarkan dari kandangnya karena stress-nya akan meningkat dan bertambah terus. Satu hal yang perlu diingat, jangan mengeluarkan sapimu sewaktu turun hujan karena dapat membuatnya sakit.

Sapi akan sakit bilamana kelaparan, mengalami stress atau kehujanan sewaktu di gembalakan di luar kandang. Dengan demikian kamu memerlukan obat hewan untuk menyembuhkannya. Obat hewan dapat kamu beli dari Takakura. Jika sakitnya tidak terlalu parah berikan saja obat satu kali sehari, tetapi bila hal ini tidak berpengaruh maka sebaiknya kamu memberikan lebih dari satu kali, mungkin kamu dapat memberikannya obat sebanyak tiga kali atau lebih. Jangan lupa untuk memberinya makan dengan tangan setiap hari sampai ia sehat dan mau makan sendiri dari kotak makanannya.

Jangan menggembalakan sapi yang sedang sakit karena dapat membuat sakitnya semakin parah dan mengakibatkan kematian. Perhatikanlah kesehatan setiap sapi peliharaanmu pada Diary yang berada di samping tempat tidurmu. Sedangkan pada papan tulis hijau di dinding kandang kamu dapat mengontrol keadaannya (normal atau hamil).

Rawatlah sapi dengan baik, sapi-sapi peliharaanmu memerlukan sentuhan tanganmu. Sapi senang dielus, baik badannya ataupun kepalanya. Jika kamu mengelusnya maka akan muncul sebuah icon hati diatas kepalanya yang menandakan ia menyukainya dan merasa bahagia. Bila ia tidak menyukai tindakanmu maka akan muncul icon seperti benang kusut di atas kepalanya, misalnya saat sapimu tidur dan kamu membangunkannya. Kamu dapat pula membeli sebuah sikat dari Van karena sapi senang bila bulu badannya disikat, atau kamu dapat memandikannya. Manfaatkan bak air yang berada di sisi halaman berpagar di samping kandang ternak untuk memandikan sapi milikmu. Bawa sapimu kesisi bak air lalu keluarkan sikatmu untuk membersihkan badannya.

Sapi betina dapat hamil dan melahirkan seekor anak sapi, bila menghendaki hal ini terjadi maka kamu harus meminta bantuan Takakura untuk melakukan kawin silang sapi betinamu dengan seekor sapi jantan dari kota atau dari pernakanmu sendiri. Kawin silang dapat dilakukan pada sapi-sapi yang tidak sejenis, misalnya sapi betina Marbel dengan sapi jantan Brown. Sapi yang baru dibeli dari Takakura tidak dapat langsung melakukan kawin silang. Sapi itu belum cukup dewasa sehingga kamu harus memeliharanya terlebih dahulu selama kurang lebih 18 hari lamannya sampai ia menjadi sapi dewasa. Biaya kawin silang untuk seekor sapi akan langsung muncul di tempat Takakura bilamana sapi tersebut telah siap untuk melakukan kawin silang.

Kamu dapat memilih sapi jantan dari kota jika peternakanmu belum memiliki sapi jantan, tetapi kamu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit tergantung dari jenis sapi betina yang kamu miliki.

Kawin silang dengan sapi jantan(Bull) dari kota:
Jenis sapi jantan
(Bull) di kota
Biaya Kawin Silang
Dapat di kawin Silang dengan jenis sapi betina apa?
Norma Bull
2.500 G
-Normal Cow
Brown Bull
3.500 G
-Brown Cow
-Marbel Cow

Marbel Bull
3.500 G
-Marbel Cow
-Brown Cow

Star Bull
5.500 G
-Star Cow
Lain halnya bila kamu memiliki seekor sapi jantan sejenis dengan sapi betina, maka kawin silang dapat dilakukan tanpa harus mengeluarkan biaya lagi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, jika sapi betinamu telah siap untuk melakukan kawin silang maka biaya untuk melakukan kawin silang tersebut akan muncul. Selain itu kamu juga harus menyediakan sedikitnya satu tempat kosong dikandang untuk anak sapi yang akan dilahirkan nantinya, jika tidak ada tempat maka kawin silang juga tidak dapat dilakukan. Kawin silang hanya dapat dilakukan untuk membuat hamil seekor sapi betina saja, maksudnya di peternakanmu tidak diperbolehkan ada dua sapi betina yang hamil secara bersamaan. Setelah kawin silang sapi betina akan hamil, setelah mencapai usia kehamilan 15 hari, ia akan di karantina dalam sebuah pagar besi di dalam kandangnya selama 3 hari. Setelah itu ia akan melahirkan seekor anak sapi.


Anak sapi yang baru dilahirkan akan ditempatkan pada sebuah tenda di halaman rumput yang berada di luar kandang ternak. Ia akan berada di tempat itu selama kurang lebih 9 hari lamanya. Selama 3 hari pertama kamu harus memerah susu dari sapi induknya dan memberikannya dengan menggunakan sebuah botol susu(dot), berikan pagi dan sore (sehari dua kali). Tetapi anak sapi juga memerlukan rumput, jasi selama sembilan hari kamu harus mengisi juga kotak makanan anak sapi tersebut di dalam tendanya.

Jika kamu membeli seekor sapi betina dan kamu belum melakukan kawin silang dengan jantannya maka sapi betina itu selamannya tidak akan menghasilkan susu. Jadi kamu harus mulai berpikir untuk segera melakukan kawin silang sapi betinamu jika sudah lama dipelihara tetapi tidak menghasilkan susu.

Hanya sapi betina yang sudah melahirkan yang dapat menghasilkan susum ia dapat menghasilkan susu terus menerus sepanjang tahun (40 Hari). Gunakan alat pemerah susu atau kamu dapat langsung berdiri di sampingnya untuk memerah susunya. Jumlah dan kualitas susu yang dihasilkan tergantung dari jenis sapi dan kondisi kesehatannya.

Kamu dapat memerah susu sapi dua kali sehari jika kesehatannya mendukung, jika memang sehat perahlah susunya pagi dan sore. Semakin sehat sapi peliharaanmu maka ia akan semakin banyak menghasilkan susu kualitas S(super) atau susu kualitas terbaik.

Perlu untuk diingat, sapi betina yang sakit tidak akan menghasilkan susu dan ia akan kembali menghasilkan susu setelah kesehatannya pulih. Begitu pula sapi betina yang hamil, susunya baru dapaat kamu ambil kembali setelah ia melahirkan. Tetapi pada tiga hari pertama setelah melahirkan, susu yang dihasilkannya akan ditempatkan pada sebuah dot karena selama tiga hari tersebut susu yang dihasilkannya akan digunakan untuk menyusui anaknya.

Lain halnya jika kamu langsung menjual anak sapi tersebut pada hari pertama kepada Takakura, maka susu yang dihasilkannya dapat kamu jual ataupun diproses menjadi keju dan mentega.

Jenis Anak Sapi
Harga Beli
Harga Jual
Normal
-
1.500 G
Brown
-
(?)
Marbel
-
(?)
Star
-
3.000 G
Dijual pada -
Takakura
Susu sapi dapat diolah menjadi mentega atau keju. Tetapi walau demikian, untuk sampai sejauh itu kamu harus tahu bagaimana merawat sapi-sapimu agar dapat menghasilkan susu dengan jumlah yang banyak dan kualitas yang baik. Masing-masing sapi memiliki keistimewaan masing-masing dari susu yang dihasilkannya. Hal ini akan berpengaruh terhadapa produk-produk yang dibuat dari susu tersebut yaitu kualitas mentega dan keju. Demikian pula dengan harganya, semakin baik kualitas susu yang digunakan maka semakinb tinggi harga mentega dan keju yang dihasilkannya. Untuk membuat mentega dan keju kamu harus membeli sebuah ruang produksi dari Takakura dengan harga 30.000 G. Ruangan ini telah dilengkapi dengan sebuah mesin untuk membuat mentega dan keju.

Ruang Produksi
(Seharga 30.000 G)
Jika uangmu telah cukup banyak maka selanjutnya kamu dapat membeli mesin untuk   membuat keju dan mentega. Untuk menyimpan mesin ini Takakura akan membuat sebuah bangunan baru disamping gudang pangan. Mesin ini akan mengubah susu sapi dan kambing menjadi keju dan mentega yang memiliki harga jual yang lebih tinggi dari susu biasa.

Ruang Perah Susu
(Seharga 60.000 G)
Setelah kamu memiliki uang yang cukup banyak kamu dapat segera memesannya pada Takakura. Jika kamu membelinya maka selanjutnya Takakura akan membangun sebuah ruangan baru di belakang gudang peralatan.

Alat pemerah susu di dalam ruangan ini akan mempermudahkan pekerjaanmu. Kamu hanya perlu mendorong ternak yang berada di dalam kandang ternak. Selanjutnya susu sapi dan kambing akan diperah secara otomatis dan kamu tinggal mengambil hasilnya saja.

Domba Jantan (Sheep)
A006.JPG
Domba
Harga Beli 1.500 G
Harga Jual 750 G

pada Takakura
Sikat(Brush)
Harga Beli 500 G
pada Van (tanggal 3 dan 8 setiap musimnya)
Jenis Wol
Harga Jual
Takakura
Van
Wol biasa
75 G
75 G
White Wol
115 G
115-138 G
Golden Wol
600 G
600-720 G
Diawal permainan kamu belum memiliki domba tetapi kamu dapat membeli domba-domba dari Takakura dengan harga 1.500 G dan ia hanya menjual domba jantan saja. Tuliskan pada papan pemesan agar keesokan harinya Takakura akan membawakan domba pesananmu. Domba yang kamu beli akan langsung berada di dalam kandang ternak beserta lengkap dengan kotak kayu untuk tempat makanannya.

Cara merawat domba tidak berbeda dengan cara merawat sapi. Domba juga memerlukan rumput untuk makanannya, harus di gembalakan sewaktu cuaca cerah, memerlukan obat sewaktu sakit dan senang disentuh serta dimandikan. Jadi kamu harus senantiasa memperhatikan kesehatannya dan membuatnya bahagia. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menyikat bulunya dan memandikannya agar domba-dombamu dapat dengan cepat menghasilkan wol putih dan wol emas.

Lain halnya dengan sapi yang menghasilkan susu, domba menghasilkan wol(bulu domba). Belilah sebuah gunting dari Takakura untuk memangkas bulu domba, selanjutnya sepuluh hari kemudian kamu dapat memangkasnya lagi. Kualitas bulu domba yang dihasilkan tergantung dari kesehatannya, semakin sehat domba peliharaanmu maka semakin baik kualitas wol yang dihasilkannya.

Kambing (Goat)
Guruguru
Kambing
-Harga Beli 4.000
(Harga diskon 2000 G)

-Harga Jual 1.000 G
-Pada Van (tanggal 3 dan 8 Parrot/Spring saja)

-jual pada Takakura
Sikat(Brush)
Harga beli 500 G
pada Van (tanggal 3 dan 8 setiap musimnya)
Susu, kejun dan
Mentega Kambing
Harga Jual
Takakura
Van
Susu Kambing
115 G
115-138 G
Keju Kambing
155 G
155-186 G
Mentega Kambing
150 G
150-180 G
Kambing adalah salah satu hewan ternak yang dapat kamu pelihara, ia bermuka masam dan tidak terlalu menguntungkan seperti sapi. Kamu baru dapat membeli kambing setelah mengakhiri tahun pertama (setelah menikah). Seekor kambing dapat dibeli dari Van, ia hanya menjual kambing betina pada musim parrot/spring saja dan pada tiga musim lainnya ia tidak menjualnya.

Cara merawat kambing tidak berbeda dengan cara merawat sapi, kambing juga memerlukan rumput untuk makanannya, harus digembalakan sewaktu cuaca cerah, memerlukan obat sewaktu sakit. Rawatlah kambing dengan baik agar kesehatan dan kebahagiaannya meningkat, ia memerlukan sentuhan, senang disikat bulunya dan dimandikan.

Kambing menghasilkan susu sepanjang tahun (40 hari), tetapi ia hanya dapat menghasilkan susu satu kali dalam sehari. Kambing menghasilkan susu lebih sedikit dari pada sapi, hal ini dapat terlihat dari ukuran botol susu yang digunakan untuk mengambil susunya. Botol susu yang digunakan untuk susu kambing lebih kecil dari botol susu sapi. Walaupun kesehatan dan kebahagiannya menunjang, kambing tetap menghasilkan susu dengan kualitas jelek, jadi dalam hal ini hanya ada satu kualitas susu saja.

Setelah kurang lebih dari satu tahun (40 Hari) kambing tidak menghasilkan susu lagi, jadi saat itu kamu harus menjualnya karena sudah tidak produktif lagi. Takakura dapat membantumu menjual kambing tersebut ke kota tetapi harga jualnya tidak sepadan dengan harga belinya (jika anda membeli kambing tanpa diskon murah dari Van)

Ayam (Chicken)
Ayam Jantan (Rooster)

-Harga Beli 900 G
-Harga Jual 450 G

Ayam betina (Hen)

-Harga Beli 900 G
-Harga Jual 450 G
Anak Ayam

-Harga Beli -
-Harga Jual 150 G

Pakan Ayam/burung
Harga beli 150 G
pada Takakura
Jenis Telur/egg
Harga Jual
Takakura
Van
Norma egg
40 G
40 G
Fertilized egg
50 G
50 G
Golden egg
300 G
300-360 G

Kandang tambahan
di luar

Harga Beli 10.000 G
pada Takakura
Diawal permainan kamu belum memiliki ayam tetapi kamu dapat membeli ayam-ayam pada Takakura, ia menjual ayam betina (Hen) dan ayam jantan (Rooster). Tuliskan pada papan pemesanan agar keesokan harinya Takakura akan membawakan ayam pesananmu. Ayam yang kamu beli akan langsung berada di dalam kandang ayam.

Ayam memerlukan pakan burung untuk makanannya, kamu dapat membelinya juga dari Takakura. Satu bungkus pakan burung akan cukup memenuhi kebutuhan makanan ayam-ayam untuk beberapa hari jika ayam peliharaanmu tidak terlalu banyak. Taburkan saja pakan burung pada kotak makanan yang berada pada lantai di tengah kandang ayam. Selanjutnya ayam-ayam akan makan sendiri dari tempat itu. Isilah kembali kotak makanan ayam bila sudah habis dan jangan sekali-kali kamu biarkan tempat makanannya kosong.

Bila cuaca cerah sebaiknya ayam dikeluarkan dari kandangnya, lepaskan ayam-ayam mu di depan kandangnya bilamana kamu belum membeli kandang ayam tambahan yang berada di luar. Tetapi Resikonya ayam-ayam peliharaanmu dapat berjalan kemana saja ia suka sehingga berada jauh dari kandang. Hal ini akan membuatmu lebih sibuk jika hujan datang secara tiba-tiba. Tetapi jika sudah memiliki kandang ayam yang terbuka di samping kandang ayammu yang lama maka ayam-ayam peliharaanmu akan selalu berada di tempat itu.

Saat ayam berada di luar kandangnya ia akan mencari makanannya sendiri dan kamu tidak perlu untuk memberinya makanan kagi di dalam kandangnya. Ayam akan sakit bilamana tidak pernah dikeluarkan dari kandangnya karena stressnya akan bertambah terus.

Ayam akan sakit bilamana kelaparan, mengalami stress atau kehujanan sewaktu ayam-ayammu berada di luar kandang. Dengan demikian kamu memerlukanobat hewan untuk menyembuhkannnya. Jangan mengeluarkan ayam yang sakit dari kandangnya karena dapat membuat sakitnya semakin parah dan mengakibatkan kematian. Perhatikanlah kesehatan setiap ayam peliharaanmu dengan cara mengontrol kesehatannya pada Diary yang berada di samping tempat tidurmu.

Rawatlah ayam dengan baik, ayam-ayam peliharaanmu memerlukan sentuhan tanganmu. Angkatlah ayam peliharaanmu lalu elus-elus bulunya lalu letakkan kembali ke lantai, selanjutnya akan muncul sebuah icon hati di atas kepalanya yang menandakan ia menyukainya dan merasa bahagia.

Hanya ayam betina (Hen) yang sehat yang akan menghasilkan sebutir telur setiap hari sedangkan ayam jantan (Rooster) hanya diperlukan untuk menyuburkan telurnya agar dapat ditetaskan. Jika kesehatannya dan kebahagiannya menunjang maka ia dapat menghasilkan telur emas.


Kamu dapat menetaskan telur ayam dengan menggunakan alat penetas yang berada di sudut kandang. Setelah 7 hari lamanya maka telur akan menetas menjadi anak ayam. Telur yang dapat kamu tetaskan adalah telur yang subur (Fertilized Egg). Untuk mendapatkan telur yang subur (Fertilized Egg) kamu memerlukan seekor saja ayam jantan (Rooster) di dalam kandangmu, tetapi walaupun demikian tidak semua telur yang dihasilkan akan subur semuanya.

Bebek (Duck)
Bebek Jantan

-Harga Beli -
-Harga Jual 500 G

Bebek betina

-Harga Beli -
-Harga Jual 500 G
Anak Bebek

-Harga Beli -
-Harga Jual 300 G

Pakan Ayam/burung
Harga beli 150 G
pada Takakura
Jenis Telur/egg
Harga Jual
Takakura
Van
Norma egg
40 G
40 G
Fertilized egg
50 G
50 G
Golden egg
-
-

Kolam
Harga Beli 2.500 G
pada Takakura
Bebek hanya akan di peroleh setelah kamu menikah, tetapi terlebih dahulu kamu harus memiliki sebuah kolam di dalam halaman rumput yang berpagar di samping kandang ternak dan sedikitnya telah memiliki 4 ekor ayam di dalam kandang.

Pada suatu pagi istrimu memberitahukan kedatangan sepasang bebek liar di kolam yang baru kamu beli dari Takakura. Lalu kalian akan datang ke kolam itu untuk melihatnya, istrimu meminta agar kamu mau untuk memelihara kedua bebek liar tersebut. Jawab “ya” saat istrimu memintanya, selanjutnya kamu akan diminta untuk memberi nama untuk kedua bebek itu. Istrimu merasa bahagia dan kemudian kedua bebek liar itu akan berjalan mengikutimu masuk ke kandang ayam.

Bebek akan dipelihara di dalam kandang ayam dan akan berbaur bersama dengan ayam-ayam peliharaanmu. Cara merawat bebek sama seperti merawat ayam. Mereka memerlukan pakan burung untuk  makanannya, perlu digembalakan saat cuaca cerah, memerlukan obat saat sakit, dan memerlukan sentuhan tanganmu. Peliharalah bebek-bebek tersebut dengan baik karena hanya sekali itu saja kamu mendapatkan kesempatan untuk memilikinya. Kamu tidak dapat memiliki bebek dengan cara membelinya karena tidak ada seorangpun yang memiliki bebek untuk di jual.

Bebek akan bertelur setiap hari di dalam kandang jika kesehatan dan kebahagiannya telah mendukung, telur-telurnya akan memiliki warna serta ukuran yang sama dengan telur ayam sehingga telur bebek akan sulit dibedakan dengan telur ayam.


Setelah kamu memiliki bebek maka bilamana kamu menetaskan telur kemungkinan akan menetas menjadi anak ayam atau anak bebek. Sama seperti telur ayam, hanya telur bebek yang subur yang dapat ditetaskan. Kamu hanya memerlukan seekor bebek jantan saja untuk menyuburkan telur-telurnya agar bisa di tetaskan, jadi bilamana kamu memiliki lebih dari satu ekor bebek jantan kamu dapat segera menjualnya.

kuda (Horse)
Kuda adalah hewan yang paling mudah dipelihara, ia hanya memerlukan sedikit makanan dan sedikit sentuhan saja untuk membuatnya bahagia. Yang harus kamu perhatikan adalah kebahagiannya.

Kuda tidak pernah sakit dan kamu dapat menunggainya untuk berkeliling desa, mendatangi tetangga ataupun mengambil hasil hutan, dengan demikian kamu dapat menghemat waktu dan tenaga yang digunakan untuk berpergian.

Hewan ini tidak akan pernah sakit walaupun kamu tidak memberikan makanan yang cukup untuknya, tetap kebahagiannya akan terus menurun jika kamu membiarkan kotak makanannya kosong atau tidak memberinya sentuhan.

Tiga (3) warna kuda yang dapat anda pilih
Kuda Putih (White Horse)
Warna Tubuh
Putih terang
Warna rambut
Kuning (blonde)
Warna mata
Biru
sifat
Ceria, penuh semangat, dan baik terhadap orang asing

Kuda Hitam (Black Horse)
Warna Tubuh
Hitam kecoklatan
Warna rambut
Hitam
Warna mata
Coklat
sifat
Pemalas, suka bermain

Kuda coklat (Brown Horse)
Warna Tubuh
Coklat (brown)
Warna rambut
Merah tua
Warna mata
Coklat
sifat
Pendiam, sensitif, suka berlari
Tips Mendapatkan Kuda dengan cepat
  1. Cobalah bersahabat dengan Takakura dengan memberi hadiah kesukaanya (seperti susu, telur).
  2. Setelah anda bersahabat dengan Takakura. Cobalah pesan suatu barang/item padanya dipapan pesanan, tetapi ingatlah jangan mencoba memesan hewan ternak.
  3. Keesokan harinya tepat jam 12 siang atau sore hari, Takakura akan datang memanggilmu ke kandang dan ternyata dia membawakan seekor kuda untukmu, yang sengaja ia pesan dari kota. Jadi, anda tidak perlu membayar seekor kuda tersebut.
Tips Mengganti warna kuda
  1. Save dahulu permainan anda sebelum tepat jam 12 siang hari.
  2. Jika seekor kuda yang diberikan Takakura, bukan merupakan pilihan anda. Cobalah untuk mereset/ restart ulang permainan dan load kembali save yang tadi.
  3. Ulang terus langkah kedua di atas hingga anda menemukan seekor kuda dengan warna yang anda inginkan.

______Hewan Peliharaan______
Pada bagian ini saya akan menjelaskan beberapa hewan peliharaan yang dapat anda miliki selama bermain Harvestmoon: A Wonderful Life SE ini.

Anjing (Dog)
Pada awal permainan akan datang dua ekor anjing ke peternakanmu. Satu bertelinga tegak dan yang lainnya bertelinga panjang, tidak ada perbedaan kecuali penampilannya. Kamu dapat memiliki salah satu dari anjing-anjing tersebut dan yang tidak terpilih akan dibawa olhe Takakura ke kota untuk diberikan pada seseorang yang mau memeliharanya.

Hewan ini sangat mudah untuk di rawat, beri makan anjingmu, jenis makanan apa saja, seperti rumput liar, masakan gagal dan lainnya. Jika kamu tidak pernah lalai memberinya makanan maka ia akan lebih mencintaimu. Isilah piring makanannya bila sudah kosong agar kebahagiannya bertambah terus.

Kamu juga harus melatihnya beberapa trik untuk anjingmu agar kebahagian dan kepandaiannya bertambah. Dalam hal ini kamu dapat melatihnya beberapa trik agar ia dapat melompat, berdiri sambil berputar, dan berjabat tangan. Semakin sering ia kamu latih maka lompatannya akan semakin tinggi, lalu ia dapat berdiri dan melakukan beberapa putaran. Jika kamu sering melatihnya maka ia akan menjadi semakin pandai, dengan demikian ia akan mulai dapat menjadi penjaga perkebunanmu dari serangan si Murrey yang suka mencuri di gudang.

Kucing Hitam (Black Cat)
Kucing tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu hanya perlu memberinya makanan untuk meningkatkan kebahagiannya, kamu tidak perlu mengelusnya karena hal itu tidak berpengaruh dengan kebahagiannya. Untuk memberinya makan, kamu hanya perlu untuk mengisi piring makanan anjing, karena keduanya bisa makan dari tempat yang sama. Ingatlah bahwa piring perlu sering diisi, karena adanya mulut tambahan yang makan dari situ.

Hanya  didapatkan saat anda bersahabat dengan Romana (ia menyukai semua jenis bunga), suatu hari pada tahun kedua atau seterusnya, pada musim Amber/Fall sekitar pukul 2-3 siang hari, Romana akan datang kerumahmu dengan membawa seekor kucing hitam serta menawarkan kepadamu untuk dipelihara. Jawablah “yes” dan selanjutnya kamu akan menjadi pemilik tetap kucing tersebut.

Catatan: saat musim Amber/Fall pada tahun kedua atau tahun berikutnya tepatnya sekitar pukul 2-3 siang hari, masuklah kedalam rumahmu lalu keluar lagi hingga anda mendapat scene Romana memberikan kucing hitam kepadamu, jika belum coba lagi besok hari. Dan jika pun anda masih belum mendapatkan scene diatas berarti satu kemungkinan yaitu anda belum berteman dengan Romana.

______Pernikahan dan Anak______
Pada bagian ini saya akan membantu kamu dalam memilih satu dari 4 wanita lajang di game ini yang dapat kamu nikah dan tentunya kalian akan menghabiskan sisa hidup bersama dengan isteri pilihanmu dan seorang anak laki-laki atau anak perempuan.


Pertama-tama saya akan membantu anda dalam memilih pasangan yang baik dan tepat menurut pemikiran anda sendiri, dan tentunya saya juga akan memberi beberapa tips sebelum memilih pasangan yang tepat bagi anda.


Ketahui dahulu pada game Harvestmoon: A Wonderful Life SE ini, terdapat 4 pasangan yang dapat anda nikahi, yaitu Muffi, Lumina, Celia dan Nami. Keempatnya merupakan gadis yang memiliki sifat, cara berpakaian atau cara hidup yang berbeda-beda, tetapi setelah menjadi isterimu kelak nanti mereka akan mempunyai sifat dan cara hidup yang sama saja, sebagai seorang ibu dari anakmu dan sebagai isteri yang menjadi pasangan hidup di game ini.


Berbicara dari tingkat kesulitan untuk mendapatkan salah satu pasangan yang menjadi isterimu dari ke 4 gadis lajang di desa, yang tersulit adalah Nami, dan yang termudah adalah Muffy. Untuk lebih jelas alasannya kenapa, lihat dibawah.


Tingkat tersulit ke 4 gadis lajang di desa yang dapat dijadikan isteri, adalah:

  1. Nami, adalah gadis di desa ini yang tersulit pertama yang berbicara untuk dijadikan seorang isteri karena ia memiliki sifat yang sulit ditebak, bahkan hadiah kesukaan yang harus diberikan kepadanya begitu sulit dicari dengan mudah, tetapi ada beberapa yang hadiah kegemaran yang dapat dengan mudah dicari saat musim tertentu seperti ia menyukai bunga BlueTrick yang hanya tumbuh saat musim fall. Tetapi ia termaksud gadis yang memiliki parameter hati yang besar untuk dapat di nikahi.
  2. Luminaadalah gadis di desa ini yang tersulit kedua yang berbicara untuk dijadikan seorang isteri, menurut berbagai media yang saya baca sebenarnya Lumina lah yang seharusnya pertama mempunyai tingkat kesulitan untuk dijadikan isteri karena ia memiliki parameter hati yang besar dari beberapa gadis lajang didesa. Tetapi tidak menurut saya, karena saya mempunyai bukti penguat bahwa Lumina mempunyai kegemaran terhadap semua jenis bunga yang ia sukai kalau kamu memberikan ia kepadanya, jadi untuk mencari beberapa bunga lalu diberikan kepadanya menurut saya sangatlah mudah untuk dilakukan, walaupun ia memiliki parameter yang besar sekalipun.
  3. Celia, menduduki urutan ketiga menurut persi saya, karena ia mempunya kegemaran yang sama seperti gadis kebanyakan yang menyukai bunga. Jadi, tingkat kesulitan untuk menjadikannya seorang isteri menurut saya sangat sedikit mudah.
  4. Muffy, dari ke 4 gadis lajang di desa, ialah menurut saya yang paling mendekati mudah. Dengan alasan bahwa ia hampir menyukai semua hadiah termasuk bunga yang menjadi kegemarannya, dan tingkat parameter hatinya pun sangat kecil di bandingkan dari beberapa gadis lajang didesa.
Untuk mengetahui tingkat kesulitan dari parameter hati gadis lajang di desa dari tingkat hatinya yaitu dapat kamu lihat dari Diary mereka. Diary bagi seorang gadis merupakan suatu tempat yang pas untuk menjelaskan isi hati kepada seseorang yang cintai, jadi dengan melihat isi Diary mereka, maka kamu dapat mengetahui seberapa besar sudah parameter hati mereka untukmu.

 Tempat Persembunyian Diary
 Nama Gadis
Disembunyikan di
(?
 Nami
*di atas meja kamarnya, di penginapan (lantai 2).
 Lumina
*diatas meja di dalam kamarnya di Villa Romana, dekat boneka berwarna merah muda besar.
 Celia
*ditempat tempat tidurnya (lantai 2) perkebunan milik Vesta.
 Muffy
*dibalik vas/pot bunga di sudut Blue Bar.
Untuk pertama mereka hanya memiliki satu hati berwarna hijau saja, yang artinya mereka belum menyukai dirimu, tetapi seiring pendekatan yang kamu lakukan maka Heart Parameter dari gadis pujaanmu akan berubah menjadi merah yang berarti mereka menyukaimu. Parameter hati setiap gadis lajang di desa memiliki 4 tingkatan gambar icon hati berwarna merah (maksimal 4 icon berwarna merah, maka mereka siap untuk dilamar).

Setelah kita mengetahui beberapa penjelasan dan tingkat kesulitan gadis-gadis lajang di desa yang dapat kita jadikan isteri, sekarang saya akan menjelaskan pendekatan dan cara melamar gadis pujaan dengan memakai Blue Feather (), seperti yang kita ketahui bahwa Blue Feather berguna sebagai sebuah alat yang digunakan setiap karakter di Harvestmoon untuk melamar gadis pujaan hatinya. Dengan Blue Feather tersebut kita dapat menjadikan gadis pujaanmu menjadi seorang isteri yang sah. Jadi, bukan hanya sekedar dekat dan bersosialisasi saja dengan gadis pujaanmu, tetapi juga kamu harus melamarnya kelak saat parameter hatinya telah mencapai batas. Tetapi jika kamu melamarnya saat parameter hatinya masih satu atau dua maka tentu saja ia akan menolakmu dan bahkan mengurangi parameter hatinya kepadamu.

Cukup penjelasannya tentang Melamar dengan Blue Feather, sekarang bagaimana cara mendapatkannya (?). Pada seri sebelumnya Blue Feather dapat kita beli di toko atau supermarket terdekat, tetapi tidak dengan seri ini, pada seri ini kita akan mendapatkan secara gratis, yaitu dengan cara tingkatkan terus parameter hati gadis pujaan anda (Muffy, Celia, Lumina atau Nami) sampai ketingkat yang full atau telah memenuhi syarat utama untuk melamar. Maka suatu hari, anda akan melihat sebuah kejadian saat memasuki rumah para peri harvest di Spring Forest, dimana kedua dari para peri Eboni dan Debit merebutkan sebuah bulu biru yang mereka telah mereka temukan, karena Flak merasa persaudaraan keduanya menjadi rusak hanya karena sebuah bulu biru tersebut, maka ia menyarankan agar Blue Feather tersebut diberikan saja kepadamu, kemudian mereka setuju dan menaruh Blue Feather tersebut ke dalam lemari yang ada di tempat penyimpan barang yang terdapat di perkebunanmu. Kemudian keesokan  harinya Takakura mengatakan kepadamu bahwa ia telah menemukan seseorang telah menaruh Blue Feather yang indah di lemari penyimpanan barang yang ada diperkebunanmu, lalu ia menceritakan kepadamu kegunaan dari Bulu biru tersebut adalah untuk melamar gadis pujaan, karena bulu tersebut berasal dari burung biru yang langka menurut cerita dongeng yang pernah ia dengar karena burung tersebut melambangkan kebahagian abadi bagi kedua pasangan.


Setelah mendapatkan Blue Feather () maka kamu telah siap melamar gadis pujaan hatimu sekarang, dengan ini yang harus dilakukan sekarang adalah mencari mereka, kemudian melamarnya. Tetapi untuk melamarnya, sebagai tips saja, melamarlah gadis pujaanmu saat mereka berada di dalam kamar atau saat mereka berada di dalam rumah. Hanya sebagai tips kecil saja, dan tentu saja, jangan lupa untuk melamarnya saat parameter hatinya telah mencapai 4 icon hati, cek dahulu pada diary gadis pujaan anda sebelum melamarnya.


Sekarang setelah anda berhasil melamarnya, kemudian lamaran anda telah diterima pasangan anda, kemudian yang anda lakukan adalah menunggu sampai tahun pertama berakhir, karena hanya pada tahun atau chapter kedua saja gadis pujaan anda akan menjadi isteri anda, karena pada tahun pertama mereka hanya seorang gadis biasa sama seperti penduduk lainnya, hingga di tahun kedua baru mereka akan menjadi isteri anda. Baca list Chapter (Ending) diatas.


Pada tahun kedua maka kamu akan memiliki seorang anak laki-laki yang masih balita, dan tentunya mereka memiliki ciri-ciri yang sama seperti ibunya, maksudnya dari warna bola mata, hingga warna rambut yang sama seperti ibunya.

Anak Lumina
Luminas child+Your daughter (chapter 2)Lumina's Son (Chapter 3)Lumina's Son (Chapter 4)

Anak Celia
Toddlercerlia1Childcelia1Celiasonadultstage

Anak Nami
Namison1Namison2Namison3Namison4

Anak Muffy
Muffychild1Muffychild2Muffychild3Muffychild4
Jadi, setiap chapter atau tahunnya anak laki-lakimu akan tumbuh menjadi seorang  pria dewasa yang kelak akan menentukan minat dan bakat yang ia cita-citakan sejak kecil. Maksudnya sebagai contoh kecil anak nami mempunyai minat dan bakat terhadap seni, jadi ia akan menjadi seorang seniman, lalu contoh lainnya, anak Lumina misalnya suatu saat setelah dewasa akan menjadi seorang pemusik. Jadi minat dan bakat setiap anak yang kamu didik harus kamu ketahu dengan baik agar meningkatkan parameter tingakat minatnya terhadap bidang yang ia sukai. Lihat karakter setiap anak disini

Lalu benarkah kita dapat memiliki seorang anak perempuan di game ini (?), jawabannya sudah saya jelaskan pada bagian diatas, yang membuat game Harvsetmoon ini berbeda dari seri-seri sebelumnya adalah yaitu dapat memiliki seorang anak perempuan


Catatan : Perlu diingat bahwa siapapun isteri yang kita pilih dari ke 4 gadis lajang didesa yang kamu nikahi, anak perempuan yang kamu dapatkan pasti memiliki ciri-ciri seperti anak Lumina. Jadi, walaupun kamu menikahi Celia, Muffy atau Nami, kemudian kamu menginginkan anak perempuan maka mereka akan memiliki ciri-ciri seperti Lumina, tetapi hanya saat ia berusia di chapter atau tahun kedua dan ketiga saja, setelah tahun ke 4 dan ke lima dan seterusnya maka ia akan memiliki warna rambut dan mata sama seperti karakter utama atau dirimu, Minat dan bakatnya pun tetap akan sama dengan Ibunya, So, jangan khawatir akan hal tersebut.
Luminas child+Your daughter (chapter 2)Your daughter (chapter 3)Your daughter chapter 4Your daughter (chapters 5 and 6)
Sebagai bukti lihat gambar di atas, pada tahun atau chapter kedua (gambar pertama, sebelah kiri) anak perempuanmu akan memiliki ciri-ciri seperti anak Lumina yang berjenis kelamin laki-laki, kemudian saat tahun ke tiga (gambar no.2) maka ia akan menyerupai gadis kecil yang memiliki rambut serta mata yang sama seperti Lumina. Tetapi setelah kamu mencapai tahun atau chapter ke 4 dan kelima maka anak perempuanmu akan mempunyai mata dan warna rambut yang sama sepertimu (gambar no.3 dan 4) yaitu coklat terang.

Ok setelah mendengar penjelasan di atas saya akan menjelaskan bagaiman cara mendapatkan anak perempuan pada Harvestmoon: A Wonderful Life SE ini, cekedot !
  1. Lamarlah salah satu Gadis pujaan anda (Muffy, Lumina, Nami atau Celia) sebelum tahun pertama berakhir;
  2. Pergilah ke spring Forest tempat dimana para ketiga peri Harvest tinggal, kemudian masuklah kesana dengan memakan salah satu jamur merah di halaman tersebut.
  3. Ketika anda telah berada di dalam tempat kediaman para peri Harvest, temukanlah ketiga guci yang berada di kanan layar anda. Dan Berbicaralah dengan guci yang paling besar (Ia dipanggil Mr. Pots) buatlah ia marah, dengan mengajaknya berbicara sebanyak 100x lebih hingga ia merasa lelah akan keberadaanmu disana yang mengajaknya berbicara terus menerus, berbicaralah terus dengannya sampai Mr. Pots merubah kata-katanya menjadi "You.. Win.. ".
  4. Kemudian berbicaralah dengan salah satu peri Harvest disana, dan ia akan memberitahukan kepadamu bahwa Mr. Pots akan mengabulkan keinginanmu. Dan menanyakan apakah kamu ingin memiliki anak perempuan (Daughter)? atau anak laki-laki (Son)?
  5. Pilihlah jawaban "i want a daughter", yang artinya anda memilih untuk memiliki anak perempuan, dan selamat anda akan memiliki anak perempuan saat tahun pertama berakhir.

Untuk Mengetahui sifat dan karakter anakmu, ada disini cek linknya. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mengarahkan minat dan meningkatkan bakat yang ia miliki saat ia beranjak dewasa nantinya.


______Cut Scene______

Dalam game Harvest Moon: a Wonderful Life Special Edition kalian akan menemukan banyak cut scene yang membuat permainan lebih seru. Berikut ini adalah cara mendapatkan cut scene dengan para penduduk.


Karakter Anak Muffy _____ disini

Muffy- First Encounter (1 hati)Keluar dari rumah sekitar pagi menjelang siang. Kalian akan melihat anjing kalian mencoba menyerang Muffy. Ambil pilihan "are you hurt" dan dia akan pulang ke rumahnya

 - Breaking Dish (2 hati)Masuki Blue bar. Dia akan senang jika kalian mangmbil pilihan untuk mendengarkannya

- Whom You Want to Meet?Masuki ruangannya saat dia ada di dalam. Dia akan bertanya apa kalian ingin bertemu dengannya atau dengan Griffin,ambil pilihan pertama

- Friend's Wedding (3 hati)Keluar dari rumah kalian menuju sungai. Muffy akan maminta kalian untuk mendengarkannya. Ambil pilihan "you belong here" untuk membuatnya senang

- One Night (4 hati)Tidurlah antara jam 6-8pm.. Muffy akan mengetuk pintu rumah kalian dan ingin menginap di rumah kalian karena dia merasa ada yang mengikutinya dari belakang. Jika kalian mengizinkannya, Griffin akan datang dan membawa Muffy pulang dan Muffy akan berterima kasih pada kalian

- Dating (4 hati)Masuki Blue Bar saat siang.. Muffy akan berkata bahwa dia sedang bosan. Jika kalian mengajaknya kencan,dia akan setuju dan setelah pulang,dia akan berkata bahwa dia bersenang-senang hari itu

- I'm Really on to You (4 hati) 
syarat Event : Saat kalian masuk ke dalam rumah,Muffy akan datang dan dia akan berkata bahwa dia kecewa pada kalian,lalu dia pulang sambil menangis

 - The Bridge 1 Setelah menikah dengan wanita lain,pergilah ke sungai. Dia akan berkata bahwa dia patah hati dan dia mencintai pria yang sudah menikah

- The Bridge 2Keluar dari rumah dan pergilah ke sungai. Dengarkan Muffy

- Not Young Anymmore Chapter 5, syarat Event : tidak menikahi Muffy. Pergi ke Bar. Kalian akan melihat event Muffy dan Griffin

Karakter Anak Celia _____ disini

Celia- Farm Life (1 hati)Saat Celia berada di depan rumahnya,masuk ke rumahnya lalu keluar. Celia akan berkata pada kalian. Ambil pilihan 'it doesn't bother' lalu pilih 'no'

- Shopping Trip (2-3 hati)Masuki rumah Vesta sekitar jam 8..18 - 10.47 am. Saat kalian akan mengetuk pintu,Celia akan akan keluar dan mengajak kalian pergi dengannya. Marlyn akan keluar dan barkata bahwa Celia harus belanja. Jika kalian memilih untuk mengantar Celia, Marlyn akan marah pada kalian. Lalu Vesta akan keluar,jika kalian meminta maaf, Celia akan meminta kalian mengantarnya

- Silent Spring (2-3 hati)Keluar dari rumah kalian saat siang,Celia akan mengajak kalian ke Spring, ikuti dia. Ambil pilihan "silent"

- Getting Married (3-4 hati)Masuki rumah Vesta saat Celia ada di dalam. Celia akan keluar saat kalian akan mengetuk pintu,dia akan mengajak kalian ke spring. Dengarkan dia (ambil pilihan "tell me"), lalu pilih "don't knock" yang berarti Celia harus menolak pernikahan itu

- The Decision (3-4 hati)Masuki rumah Vesta saat pagi (saya mendapat event ini saat jam 6am lebih sedikit). Ambil pilihan "you didn't hear anything",Vesta akan berkata bahwa Celia akan bertemu calon suaminya, lalu Celia akan melihat kalian dan berkata dia butuh waktu untuk memutuskan.

- Runaway Celia? (4 hati)Keluar dari rumah kalian saat jam 6am. Vesta berkata pada kalian bahwa dia tidak menemukan Celia. Setelah kalian membantu mencarinya,ternyata Celia ada di rumah kalian dan sedang bermain dengan anjing kalian. Dia berkata bahwa dia mencintai kalian. Jika kalian memilih mencintainya juga, dia akan senang lalu pulang ke rumahnya

Karakter Anak Nami _____ disini

Nami- First Encounter (1 hati)keluar dari rumah saat siang. Nami akan melihat-lihat peternakan kalian. Ambil pilihan "what ever you say"
- Bar Chat (2 hati)Masuk ke bar saat Nami, muffy dan Griffin ada di dalam. Ambil pilihan 1 lalu pilihan 2 untuk menceritakan kenapa kalian datang ke desa ini. Saat Nami pulang, dia lupa membayar minumannya, jika kalian membayarnya, Muffy akan berkata bahwa kalian baik hati.

- Nami's Gone (3 hati)Masuk ke rumah kalian saat jam 8pm, Tim dan Ruby akan datang dan bertanya apa kalian melihat Nami. Ambil pilihan untuk membantu mencarinya. Setelah kalian menemukannya, Nami akan berkata pada kalian bahwa dia baik-baik saja

- Nami's Letter (4 hati)Masuk ke penginapan saat malam hari (10pm), saat Nami ada di dalam. Tim mendapat telepon dari ayah Nami. Setelah event,Nami akan bertanya apa dia bisa bekerja di peternakan kalian, jika kalian menjawab boleh, dia akan senang.

- Out of Money (4 hati)Masuki penginapan saat malam hari di winter,Tim akan bertanya kenapa kalian datang, jawab untuk bertemu dengan Nami dan Tim akan senang. Lalu Nami akan turun dan pergi keluar, ikuti dia dan kalian akan menemukannya menangis di pantai. Nami akan menjelaskan bahwa dia kehabisan uang dan harus meninggalkan desa. Kalian bisa berkata bahwa dia bisa tinggal bersama kalian (artinya kalian melamarnya) dan dia akan setuju.

- Nami's BackTidak menikahi Nami,masuki bar saat malam setelah patrick masuk.. Cody dan Patrick akan berkata bahwa mereka kesepian setelah Nami pergi. Lalu Carter datang dan berkata bahwa dia melihat Nami. Jika kalian mengambil pilihan untuk mengejarnya, Cody, Gustafa dan Patrick akan menemukan Nami. Tim akan menawarkan Nami untuk tinggal di penginapan. Ambil pilihan "yes" untuk membuat Nami senang.

Karakter Anak Nami _____ disini

Lumina- Piano is difficult (1 hati merah,bukan hijau)Masuki ke vila saat Lumina bermain piano. Romana akan memuji permainan Lumina. Saat Romana pergi,Lumina akan mengobrol dengan kalian. Ambil pilihan "just have more fun" untuk membuatnya senang. Jika kalian mengambil pilihan "just try harder", Rock akan datang dan mengobrol dengan Lumina. Event ini bisa kalian dapatkan di musim semi.
- AccompanimentMasuki kamar Lumina saat dia ada di dalam. Tanyakan apa dia ingin bermain piano bersama orang lain. Dia akan menjawab ya dan akan mengatakan bahwa kalian sudah seperti kakak baginya

- In Love?Masuki vila saat mereka semua ada di dalam. Sebastian akan mengajak kalian untuk mencoba resep barunya. Saat kalian menuju dapur,kalian akan mendengar pembicaraan antara Romana dengan Lumina. Lalu Sebastian akan bilang bahwa menguping pembicaraan orang lain itu tidak baik. Lalu Sebastian akan memberitahu kalian bahwa Lumina semakin cantik dan dia mengira Lumina sedang jatuh cinta. Lalu dia akan memberi kalian masakannya,ambil pilihan kalian menyukai masakannya untuk membuatnya senang

- Timid ConfessionKeluar dari vila dan Lumina akan meminta kalian menemaninya ke pantai (ambil pilihan yes). Di pantai,dia akan menannyakan siapa cinta pertama kalian,ambil jawaban yang menanyakan tentang cinta pertama Lumina. Sebastian akan datang menjemput Lumina pulang.

- ProposalBerikan Blue Feather pada Lumina saat dia memiliki 4 hati. Dia akan bertanya apa itu untuknya,jawab ya. Kalian akan berada di kamar Romana,saat Romana bertanya apa kalian bisa membahagiakan Lumina, jawab saja ya.

Child - BathDalam chapter 2, masuki dapur sekitar 6:30pm. Istri kalian akan meminta kalian memandikan anak kalian. Untuk mendapatkan event ini, kalian harus bekerja di peternakan kalian dan mengurus tanaman, juga anak kalian harus dengan keinginannya sendiri untuk mandi (kalian tidak bisa memaksanya)

- Son Watering CropsDalam chapter 3, masuki kamar anak kalian saat dia ada di dalam. Dia sedang melihat sebuah kotak yang mereka temukan di pantai. Jika kalian ingin skill pendidikan mereka naik, ambil pilihan "what's in the box", lalu pilih "something else could be inside", lalu "your future".

Chris- Women's MeetingDalam chapter 2, masuki rumah Hardy,lalu keluar lagi. Kalian akan melihat Chris sedang mengobrol dengan Samantha.

Daryl- Experiment 1Untuk mendapatkan event ini, kalian harus berteman dengan Daryl. Masuki rumahnya sekitar jam 1pm. Kalian akan melihat Daryl yang sedang mencoba penemuannya namun gagal.

- Experiment 2Hampir sama seperti experiment 1, masuki rumahnya sekitar jam 1pm

- Idea StolenMasuki rumahnya sekitar jam 1pm. Dia akan mengeluh soal idenya tentang seed maker yang sudah dibuat di kota. Jika kalian belum memiliki seed maker, maka Daryl akan memberikan seed maker nya pada kalian untuk membuktikan bahwa dia yang menemukan seed maker pertama kali

- Mukumuku 1Masuki rumah kalian lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kalian akan melihat Daryl berjalan ke spring, ikuti dia. Daryl akan kaget melihat kalian, dia akan bertanya apa kalian melihat makhluk aneh di sekitar desa. Kalian akan melihat mukumuku di belakang Daryl, saat Daryl melihat Mukumuku, dia akan keget lalu berlari ke rumahnya

- Mukumuku 2Masuki rumah kalian lalu keluar lagi sekitar jam 6pm. Kalian akan kembali melihat Daryl dan mengikutinya. Kali ini dia menyimpan makanan sebagai umpan untuk memancing Mukumuku. Sayang,Murrey mengambil semua makanan itu

- Mukumuku 3Lakukan hal yang sama dengan yang kalian lakukan di event mukumuku sebelumnya. Kali ini Daryl membawa makanan untuk memancing mukumuku, tapi kembali gagal karena Murrey memakan semuanya

- Mukumuku 4Lakukan hal yang sama seperti di event sebelumnya. Daryl tetap menggunakan makanan sebagai umpan, namun kali ini Van, Murrey, dan Mukumuku memakan semua makanan itu.

- MukumukuLakukan hal yang sama dengan event sebelumnya. Kali ini Daryl memasukkan obat tidur pada makanan yang dia jadikan umpan. Saat Mukumuku memakan makanan itu,dia tidak tertidur. Daryl pun menyadari bahwa yang dia masukkan adalah vitamin,bukan obat tidur

- Plotting Against The Cows Keluar dari rumah kalian sekitar sore. Kalian akan melihat Daryl mengamati sapi kalian. Saat hampir ditabrak sapi kalian, dia akan pulang.

- Observing KidsDalam chapter 2, keluar dari rumah kalian. Kalian akan melihat Daryl mengintip anak kalian melalui jendela, setelah kalian memergokinya, dia akan pulang.

Dr. Hardy- a Noble DeedDalam chapter 3, saat musim dingin, pergilah menuju spring. Kalian akan mendapatkan event ini saat berjalan kesana. Dr. Hardy ingin memberikan obat pada Mukumuku, tapi Mukumuku ketakutan melihat bekas luka di wajah Hardy. Lalu dia akan menceritakan kisahnya pada kalian.

Galen- ReminiscingDalam chapter 3, berjalanlah munuju rumah Vesta. Galen akan bercerita bagaimana dia bertemu dengan Nina.

Harvest Sprites- Reviving The GoddessPergilah menuju Spring saat malam (sekitar 7pm), mereka akan memberitahu kalian Goddess terperangkap di Spring, dan mereka harus mengumpulkan nices untuk membebaskannya
- Nices? part 1Keluar dari rumah kalian saat malam (musim semi). Mereka akan bertanya apakah sapi-sapi kalian termasuk nices
- Nices? part 2Pergi ke vila setelah Nices part 1 (musim panas). Mereka akan mencari nices disana, tapi mereka tidak menemukannya.
- Nices? part 3Saat musim gugur (setelah nices part 2),pergilah ke tengah desa. Mereka masih tidak menemukan nices disana.
- Nices? part 4Setelah nices part 3 (musim dingin), pergilah ke tengah desa. Kalian akan melihat Gustafa meninggalkan rumahnya dan bermain gitar. Para harvest sprites setuju bahwa suara Gustafa termasuk nices.

Murrey- Murrey Stealing!!Simpan beberapa makanan di di freezer (bukan di kulkas di dapur kalian), lalu 1 atau 2 hari kemudian keluar dari rumah dan kalian akan melihat Murrey mencuri makanan kalian. Jika kalian meminta dia mngmbalikan makanannya,dia akan meminta maaf dan pergi.

- Goodbye, Murrey ?Kalian harus terus menerus memberikan uang padanya sampai dia tidak mau menerima uang kalian lagi. Saat kalian masuk ke rumah kalian antara 10am - 4pm, Murrey akan datang dan mengucapkan selamat tinggal dan memberi kalian item hasil penggalian

Ruby- Ruby's SpiceBertemanlah dengan Ruby,masuk ke dapur di penginapan saat dia ada disana. Ruby akan bertanya apa kalian suka memasak, jawab ya dan dia akan memberikan item pada kalian.

Samantha- Eat Your CarrotsMasuki rumah Samantha saat dia dan Kate ada di dalam rumah. Samantha akan menyuruh Kate untuk memakan wortelnya. Jika kalian ingin membuat Samantha senang, pilih "she's not being harsh".

- Nami and CodyMasuki rumah Samantha sekitar siang hari. Samantha berkata bahwa dia melihat Nami dan Cody bersama

Sebastian- Talking With The ExpertEvent ini melibatkan Celia dan Lumina. Sebastian dan Celia akan mengobrol di kebun di luar vila. Celia akan memuji kebunnya. Lalu Lumina akan keluar dari vila dan melihat mereka. Sebastian akan berkata "what can i do for you,miss Lumina?" dan Lumina pergi sambil marah.

- Just for LuminaSaat Van masuk ke vila,ikuti dia (sekitar jam 8pm). Van akan berusaha membeli lukisan dari Romana, tapi Romana menolaknya dengan alasan lukisan ini sangat berharga baginya. Lalu Lumina bertanya kenapa Romana tidak ingin menjualnya, ternyata karena yang melukis itu adalah Lumina. Sebastian akan datang dan menawarkan Lumina untuk melukis lagi. Ambil pilihan untuk mengikuti Sebastian yang bertarung dengan Mukumuku.

- ReminicenseKalian harus berteman dengan Sebastian untuk mendapatkan event ini. Masuki kamarnya di vila. Ambil pilihan "is this picture of Romana?" dan Sebastian akan meminta kalian tidak menceritakannya pada siapapun. Ambil pilihan I Understand untuk membuat dia senang.

______Mendapatkan Peralatan Baru______

Bagian ini saya akan menjelaskan beberapa cara mudah untuk mendapatkan berbagai hadiah atau barang-barang yang sebelumnya tidak dijual dikota, atau di pesan dengan Takakura. Yaitu dengan cara bersahabat erat dahulu dengan penduduk yang terkait, agar kita menerima beberapa hadiah dari mereka.

Nama
Barang
Harga
Cara Memperoleh
(UNLOCK)
G
Diskon (*Van)
 Cangkul Berat
(Heavy Hoe)
-
 -
Cangkul yang sudah diperoleh sejak di awal Permainan !
Cangkul Biasa
(Hoe) 
800
Dapat di pesan dari Takakura
 Cangkul Ringan
(Light Hoe)
1.000 
Dapat di pesan dari Takakura
 Strange Hoe
 -
 -
Bersahabatlah dengan Tim (Ia menyukai Ikan dan Telur), masuklah ke dalam kamarnya saat ia sedang sendiri pada jam 7 malam & akan muncul Cut Scene



*Harus memiliki Lahan ke 3 dahulu (Lahan Besar)
 Wierd Hoe
 -
Bersahabatlah dengan Vesta (Ia menyukai semua jenis Bunga dan Hasil Panen), masuklah ke Gubuk ia pada jam 10 malam atau jam 2:30 siang hari dan bukan rumahnya, tepat di dalam ia akan memberikan sebuah cangkul tua yang tidak terpakai lagi !

*Harus memiliki Lahan ke 3 dahulu (Lahan Besar) dan harus memiliki dahulu Cangkul dari Tim  
 Sabit Berat
(Heavy Sickle)
 -
Cangkul yang sudah diperoleh sejak di awal Permainan !
 Sabit Biasa
(Sickle)
600 
Dapat di pesan dari Takakura 
 Sabit Ringan
(Light Sickle)
 750
 -
Dapat di pesan dari Takakura
 Strange Sickle
-
Bersahabatlah dengan Cody (Ia Menyukai Bunga), datanglah ke tempat kediamannya, tepat didalam rumah ia akan memberikan sebuah sabit merah yang ditemukakannya di sekitar pantai !



*Harus menanam rumput dahulu di padang rumput, tapi ingat jangan di potong dahulu !
Weird Sickle 
 -
Bersahabatlah dengan Dr.Hardy (Ia menyukai semua jenis Koin, susu dan Mugwort), pergilah kedalam rumah yang dahulu ditempati Galen dan Nina, disana ia akan memberikan sabit bedah operasi yang tidak ia gunakan lagi  

*Harus memiliki dahulu Sabit dari Cody !
Goat Milker
-
*V
GRATIS, apabila membeli seekor Kambing dari Van pada musim Parrot atau Spring setiap tahunnya !
Cow Milker
-
-
Alat perah yang sudah diperoleh sejak di awal Permainan !
Small
Watering Can
-
-
Penyiram yang sudah diperoleh sejak di awal Permainan !
Medium
Watering Can
600
-
Dapat di pesan dari Takakura
Large
Watering Can
750
-
Dapat di pesan dari Takakura
Watering
Can W
-
-
Bersahabatlah dengan Romana (Ia menyukai semua jenis Bunga), masuklah ke dalam kamarnya sekitar jam 12 siang, ia akan memberikan sebuah penyiram yang sudah tua kepadamu, akan tetapi alat tersebut sangatlah berguna bagimu dikebun karena : Kapasitas air didalam sangat besar dan menghemat tenaga pemakainya !



*Harus memiliki Lahan ke 3 dahulu (Lahan Besar)

Gunting Pencukur
400
-
Dapat di pesan dari Takakura

Gunting

Elektrik
1.300
-
Dapat di pesan dari Takakura


Clippers

Wally

-
-
Bersahabatlah dengan Wally (ia menyukai susu dan Telur), datanglah kerumahnya pada malam hari setelah ia pulang dari kota, datanglah saat ia belum tidur dan dia akan memberikan alat pencukur elektrik yang tidak digunakan lagi dan memberikan kepadamu sebagai hadiah !
Brush
500
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Tidak dapat di Diskon !
Fishing Pole
-
-
Bersahabatlah dengan Galen pada tahun pertama (Ia menyukai semua jenis tumbuhan liar seperti : Trumpet, Bracken, Mugwort dan lain-lain), datanglah kerumahnya yang berada dekat rumah Vesta atau jalan keluar desa, bicaralah padanya lalu ia akan menanyakan kepadamu "Do you like Fishing?" dan jawablah "Yes", lalu ia akan memberikan sebuah alat pancing tua yang dahulu sering ia pakai bersama dengan Nina sang isteri yang dahulu masih hidupsedihpada Awal Cerita *tahun Pertama
Fishing Rod
500
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Tidak dapat di Diskon !
Pada bagian ini merupakan Barang atau item pelengkap dari permainan ini yang tujuannya hanya untuk dikoleksi atau satu hasil peningkatan bagaimana cara meningakatkan kemampuan genetik anak contohnya seperti Piringan Hitam atau bisa dipanggil Recorder, Karpet, bola biru, Block, Kalung dan masih banyak lagi seperti Barang berikut :
Nama
Barang
Harga
Cara Memperoleh
(UNLOCK)
G
Diskon (*Van)
Puzzle
(Block)
   300
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) 

*Meningkatkan kemampuan Genetik anak pada bidang Scholar atau Pengetahuan
Bola Biru
(Blue Ball)
   300
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) 

*Meningkatkan Kemampuan Genetik anak pada bidang Athlete atau Olahraga
Toy Car
450
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) 

*Meningkatkan kemampuan Genetik anak pada bidang Scholar atau Pengetahuan 
Boneka Teddy Bear
1.200
*V
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Hanya sebagai pelengkap di kamar anak
Guci (Pot)
3.000
*V
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Hanya sebagai pelengkap isi Rumah !
Karpet Biasa

(2)
5.000
*V
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Hanya sebagai pelengkap isi Rumah !
Karpet Terbaik
(3)
30.000
*V
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya) *Hanya sebagai pelengkap isi Rumah !
Gendang
-
-
Bersahabatlah dengan Gustafa (Ia menyukai Bunga, Koin dan Ore), datanglah ke tendanya pada tahun ketiga dan tepat jam 10 malam serta jangan lupa berbicara dengannya, karena pada kesempatan ini tidak akan ada Cut Scene

*Meningkatkan Kemampuan Genetik anak pada bidang Music atau Musik
Jam Weecker
-
-
Pada tahun kedua, datanglah kerumah Grant pada jam 5 pagi atau setelah ia pulang dari kota !
Ruby Spice
-
-
Bersahabatlah dengan Ruby (Ia menyukai bunga, susu dan sayuran), masuklah ke dapur di Penginapan tersebut pada jam 2:30 siang dan Cut Scene pun terjadi !
Kalung
(Necklace)
-
-
Bersahabatlah dengan Flora (Ia menyukai Semua hasil sayuran dan ikan), bicaralah dengannya pada tahun ketiga saat dia berada di luar jam kerjanya !
Tartan
-
-
Tartan dapat diperoleh pada tahun kedua, setelah Bersahabat dengan Takakura (Ia menyukai susu dan masakan rumah), pesanlah suatu barang padanya atau juga bisa menjual hasil panen  padanya, serta temuilah ia pada jam 9 malam di dalam rumahnya dan Cut Scene pun terjadi !

Cara menghybrid tanaman :

1) Masuklah kedalam rumah Takakura dan berbicaralah kepada Tartan;

2) Ia akan bertanya "I want to Analze" atau "I want to Talk";


3) Pilih "I want to Talk" sebanyak 3x agar menghybridnya Succes.


4) Lalu dia akan memberi pilihan untuk menghybrid tanaman milikmu, selama menikmati Hybrid bersama Tartan !


Patung Aneh
dari Cody
-
-
Bersahabatlah dengan Cody (Ia menyukai semua jenis bunga), pada tahun keempat masuklah ke dalam rumahnya pada jam 1 siang atau jam 9 malam !

*Harus memiliki dahulu sabit dari Cody !
Recorder
Jazz Marine
-
-
Bersahabatlah dengan Griffin (Ia menyukai semua jenis Koin dan ikan), berbicaralah kepadanya saat ia berada di dalam kamar Bar tersebut pada jam 2 sampai 3 sore
Recorder
Butterfly
-
-
Bersahabatlah dengan Marlin (Ia menyukai semua jenis sayuran dan masakan rumah), pada tanggal 3 atau 8 setiap musimnya saat ia berada di air terjun !
Recorder
Flower Buds In
Autumn
-
-
Bersahabatlah dengan Rock (Ia menyukai jamur, koin dan susu), berbicaralah padanya saat ia berada di dalam kamar penginapannya, pada jam 12 siang hari !
Recorder
Memories
-
-
Kalahkan Patrick dan Kassey pada permainan mini game 'Capture Total' sebanyak 10x
Recorder
The Bride
-
-
Bersahabatlah dengan Chris (Ia menyukai semua jenis bunga dan susu), temui ia saat berada di dalam rumahnya !
Recorder
Town Spirit
-
-
Bersahabatlah dengan Sebastian (Ia menyukai koin, fosil dan masakan rumah), temuilah ia ke dalam kamarnya pada jam 10 pagi hari !
Recorder
Summer Memories
-
-
Bersahabatlah dengan Carter (Ia menyukai susu, ikan dan mentega), temuilah ia di dekat pantai pada tanggal 3 atau 8 setiap musimnya, saat jam 4 sore !
Recorder
Joy of Fall
-
-
Bersahabatlah dengan Mukumuku (Ia menyukai semua jenis bunga, ikan dan telur), berbicaralah padanya saat musim Winter atau Indigo !
Recorder
Spring Song
430
-
Dapat di beli dari Van (Ia dapat ditemukan disamping penginapan atau Bar setiap tanggal 3 dan 8 pada setiap musimnya)
______Stamina______
 Jika karaktermu beker terlalu berat maka staminanya akan menurun. Pada awalnya ia hanya akan merasa lapar dan kamu dapat mendengar suara perutnya yang keroncongan. Selanjutnya saat ia mulai merasa letih ia akan berhenti sejenak untuk beristirahat melepas lelahnya.

Tetapi akan lebih parah jika kamu biarkan terus tanpa berusaha untuk memulihkan tenaganya dengan memakan atau meminum sesuatu, saat itu ia akan merasa pusing. Diatas kepalanya akan bermunculan bintang-bintang yang berputar-putar disertai suara cicit burung. Jika stamina karaktermu semakin lemah maka semakin sering pula ia merasa pusing dan semakin lama ia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Bila hal ini kamu biarkan terus maka frekuensinya akan semakin tinggi sehingga akan memperlambat dan mengganggu aktifitas dan kegiatanmu.

Rasa letih yang berlebihan tentunya akan mengganggu aktifitas dan kegiatanmu, jadi sebaiknya karaktermu mendapatkan tambahan minuman atau makanan dari dalam ranselmu. Jika hal ini dirasakan kurang maka sebaiknya berikan minuman atau obat pemulih tenaga yang dapat kamu beli di Blue Bar milik Griffin atau membelinya dengan Van.

Tetapi hal lain yang tidak kalah penting adalaha istirahat tidur. Bilamana karaktermu kurang tidur atau telah beberapa hari tidak tidur maka sewaktu melakukan kegiatan sering kali ia mengeliat meregangkan badannya. Saat ia menggeliat akan muncul kepulan asap diatas kepalanya yang menandakan bahwa ia benar-benar merasa ngantuk. Bila hal ini terjadi sebaiknya langsung pulang kerumah, biasannya sesampainya dirumah secara otomatis ia akan langsung tidur.

Satu hal yang perlu kamu ingat, kamu tidak perlu cemas karaktermu akan pingsan atau jatuh sakit. Jika memang kamu harus mengerjakan sesuatu yang penting, kamu boleh saja memaksakan karaktermu untuk terus bekerja walaupun ia telah merasa benar-benar letih. Hal ini biasanya terjadi pada awal tahun pertama ketika kamu belum memiliki banyak uang dan persediaan makanan.

Tips Menjaga Stamina
Saat bangun tidur di pagi hari biasakan untuk melihat Diary, lihatlah dulu stamina karaktermu, bila kurang baik sebaiknya makan atau minumlah dulu sesuatu untuk memulihkannya. Tetapi akan lebih efektif jika membeli minuman pemulih tenaga di Blue Bar atau Van.

8 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

8 komentar:

  1. Ini baru namanya panduan lengkap makasih. kunbalnya h4ndhika.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Mantab bro menambah wawasan saya

    BalasHapus
  3. Mantab bro menambah wawasan saya

    BalasHapus
  4. wah bagus banget! sangat sangat sangat membantu, terimakasih!!!!

    BalasHapus
  5. Mantap gan thank.fans HM dr awal muncul sampai ke ps4 gua udh main semua tp mah blm ada yang tamat.
    Thanks bro.....

    BalasHapus
  6. Bro sapi ku sudah hamil 18 hari lebih kenapa belum melahirkan ya ?
    Tolong jawabannya

    BalasHapus

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih