Di larang klik kanan

Jumat, 24 Juni 2011

Panduan -> Final Fantasy XII ( Walktrough & Karakter



Nahhh ini Gamerz, permainan yang ku suka sampai sekarang Final Fantasy XII, maklum lah saya anak yang bertipe pemain RPG sejati yang pantas coba ini game.


_____Panduan Final fantasy Mendapatkan Espers disini
_____Panduan Final fantasy Mob Hunter List disini

ohh ya nee bagi para Gamerz yang belum tahu siapa2 saja karakter dalam FFXII nii, silahkan cek saja daftarnya ... (maaf nggak bagus ya maklum agak bocah hehehe)

_________KARAKTER UTAMA_________
Vaan
adalah tokoh utama dalam game FFXII yang terlahir di rabanestre kaum bawah, dia seperti karakter yang penuh semangat dan berani dalam segala hal,di balik keberaniannya tersebut sebenarnya ia dapat dari kebencian yang ia dapatkan dari kerajaan yang membunuh kakak kandungnya yaitu Reks yang terbunuh oleh Gabranth saudara kembar dari Basch.
_____________________________________________________

Basch Fon Rosenburg
adalah seorang prajurit terbaik dari Rosenburg dan sebagai pemimpin pasukan penyerangan di Nalbina Fortress yang dijebak saudara kembarnya sendiri Gabranth yang menuduhnya membunuh semua pasukan terkuat yang dimiliki Rabanestre dan Raja Raminas. Dia pun diselamatkan oleh Vaan dan membalas budi baiknya serta berpetualang bersama sebagai satu team.

Capten Basch sendiri adalah karakter yang sering kujadikan Party Leader dan menjadi jagoan ku dalam game RPG ini jatuh cinta karna sifatnya yang dewasa dan berjenggot .. ckckckckck serta Serangannya yang keren abiiiis dah.

_____________________________________________________

Penelo
nee dia adalah seorang gadis yang periang dan sangat baik terhadap semuanya termasuk vaan. dia juga adalah karakter idola ku dalam jenis karakter cewek.

_____________________________________________________

Ashelia B'nargin Dalmasca
Ashe Alt Render
saat pertama memainkan ini game, saya seakan mengira bahwa dia adalah Yuna di FFX ahaha... gk tahu lain menjulurkan lidah soalnya mirip sih. Ashe atau nama lainnya Ashelia ini adalah seorang putri kerajaan Dalmasca yang mana suaminya bernama Rasler Heios Nabradia yang terbunuh dalam pertempuran melawan pemberontakkan yang mengambil alih Dalmasca pada abad silam. Ashe pun bersumpah akan membalaskan dendam suaminya tersebut dan berpetualang dengan Vaan dan kawan-kawan pun dimulai.
_____________________________________________________

Ffamran "Balthier" Mied Bunansa
Balthier-ffxii-render
adalah sosok Pemimpin bagi ku, karena dia adalah salah satu sosok karakter di skual ini yang berkarisma tinggi dan sangat pintar dalam mengatur strategi. awalnya pertemuannya dengan Vaan membuatnya harus atau mungkin juga dibilang wajib deh kata yang tepat, soalnya tujuannya sama halnya dengan Vaan yang pada waktu itu ingin menjelajahi dunia luas dan mencari benda-benda langka yang mungkin akan mereka temukan saat melakukan petualangan bersama dan karakter inilah yang paling ku akui dalam game ini applause yang paling baik, kenapa bisa??? karna pas udah tamat ini game, kita akan melihat ending sempurna, yaitu ia akan menolong Fran dalam kapal yang meledak dasyat. Yahh, mereka ngaak mati sih, tapi salut buat si Balthier.
_____________________________________________________

Fran
Fran
tokoh manusia kelinci dari ras Viera, dan ia memiliki dua saudara kandung, Jote dan Mjirn. Fran sendiri merupakan karakter yang mempunyai kepribadian pendiam yang membuatnya tidak banyak berbicara, dan walaupun ia awalnya memakai Bow sebagai senjatanya, Fran adalah karakter yang memiliki Speed terendah laughing dalam game ini.

_________SUPPORT-MEMBER__________

Ada juga Karakter ke - 4 atau bisa dibilang Support Member yang membantu kita dalam misi, dan walaupun tidak selalu ikut dalam setiap petualangan terus menerus, akan tetapi mereka sangatlah berguna untuk membantu kita menghajar musuh-musuh diluar sana winking


Larsa Ferrinas Solidor

Larsa Full
SENJATA :
atau nama samarannya Lamont adalah adik dari pemimpin pemberontakan yaitu Vyne Carudas Solidor, namun dia memihak kepada Rabanastre dan karena dalam kasus ini dia merasa  Vyne Carudas Solidar yaitu kakaknya tersebut salah dalam melakukan pemberontakan terhadap Dalmasca.
_____________________________________________________


Vossler York Azelas

Vossler
SENJATA :
Tokoh yang diutus menjadi mata-mata dalam anggota Vaan dan kawan-kawan, kalau tidak salah ahkirnya mati dalam pesawat saat uji kekuatan batu yang berunsur dari shiva.
_____________________________________________________


Reddas Foris Zecht

Reddas
SENJATA :
adalah pemimpin pertempuran di Ridorana dan teman yang baik serta sangat kuat walaupun sedikit lucu diliatnya dengan celana pink alias merah mudanya laughing 

_________KARAKTER LAINNYA__________

Reks
Reks
adalah kakak kandung dari Vaan, ia adalah karakter pertama yang kita kendalikan sebelum memakai Vaan. Awal cerita di FFXII ini dia terbunuh dengan Gabranth saat umur 17 tahun di awal pertempuran melawan pemberontak yg dipimpin oleh Capten Bach sendiri yg menjadi saudara kembarnya.
_____________________________________________________

Al-Cid Margrace

adalah anak kandung Dr. Cid, namun dia lebih memihak Dalmasca.
_____________________________________________________


Rassler Heios Nabradia
Rasler
adalah seorang pangeran di Dalmasca dan juga suami dari putri Ashe alias Ashelia, sang pangeran gugur di medan pertempuran melawan pemberontakan yang menyudutkan kerajaan tersebut yang menjadikan awal penghancuran dunia oleh Vayne sang juru bicara kerajaan Dalmasca.
_____________________________________________________

Marquis Halim Ondore
Ondore
dia adalah paman dari Ashelia yang membantu anggota Vaan dalam masalah penyerangan balik ke Markas besar Vayne.
_____________________________________________________


Lord Gramis Gana Solidor


Gramis 
Beliau adalah ayah dari Vayne Carudas Solidor dan Larsa Ferrinas Solidor. Pada usia 63 pada awal cerita, ia adalah Kaisar ke-11 dari Archadia. 

Orang yang bertanggung jawab untuk gerakan Archadia ke dalam Nabradia dan Dalmasca,Lord Gramis memimpin Archadia dengan kekejaman yang sama seperti Raja-raja sebelum dia, dengan bantuan putra ketiganya, Vayne. Untuk membunuh seluruh saudara kandung. Saat menjelang kematiannya ia menderita sakit parah dan merasa menyesal akan perbuatannya dimasa lampau, sebelum ia dibunuh ia sempat meminta Gabranth untuk mengawasi Vayne yang berniat menghancurkan kerajaan, termasuk adiknya sendiri Larsa Ferrinas Solidor.
_____________________________________________________

Cidolfus Demen Bunansa
Dr Cid
SENJATA :
Atau biasa dipanggil Dokter Cid ini merupakan seorang ilmuan jenius yang bekerja dibawah kerajaan Archadian, ia juga merupakan ayah kandung dari Al-cid Margrace, tidak ada yang tahu masa lalunya seperti apa, yang jelas ia adalah orang yang dahulu pernah merawat dan membesarkan Balthier kecil. Itu lah alasan mengapa Balthier tidak ingin dokter Cid terjebak dalam kehidupan salah yang ia pilih.
_____________________________________________________

Vayne Carudas Solidar
Vayne solidor

SENJATA :

Vayne adalah anak dari Lord Gramis Gana Solidor dan kakak dari Larsa Ferrinas Solidor, ia orang yang mempunyai sifat tenang dalam segala kondisi dan saat, tetapi di balik itu semua mempunyai suatu ambisi untuk mempersatukan seluruh dunia dalam kekuasaannya, dengan menggunakan segala usaha ia mencoba menjalankan ambisinya tersebut. Meski harus membunuh saudara-saudaranya dan ayahnya sendiri, Lord Gramis.

Mempunyai sosok kepimpinan yang terlihat baik di masyarakat, dan ia juga yang memimpin semua komandan saat kematian ayahnya, dan sementara menduduki kuasa ayahnya tersebut. Dengan begitu, ia dapat memerintakan semua armada pasukan, terutama para jugde Magisters sekalipun untuk tunduk dalam kuasanya dan memerintahkan perang ke penjuru dunia.


Vayne Novus

Vayne The Undying (Final Boss)

_____________________________________________________

Pasukan Judge Magisters


Pasukan hukum dan ketertiban di Kekaisaran Archadian, mereka juga biasa disebut para komandan militer tinggi Archadian dan Penjaga elit pasukan Kediaman yang ditempatkan untuk menjaga kediaman keluarga kerajaan sekarang yaitu Solidor.

Pasukan ini juga mempunyai berbagai senjata kuat, pasukan hebat dari setiap skuat masing-masing judge, akan tetapi untuk menjadi pasukan militer ini, hanya diperbolehkan bangsa manusia saja, karena ada pendikriminasian dan permusuhan yang dibuat  oleh para Jugde yang sekarang untuk menjadi aturan mutlak kerajaan.

Judge Gabranth - Noah Fon Ronseburg
 Gabranth-FFXII
SENJATA :
Tugas Gabranth biasanya adalah sebagai penyebaran dan pengumpulan informasi penting. Ia juga adalah saudara kembar dar Basch fon Rosenburg dan menurut kabar, ia mempunyai dendam yang dalam terhadap saudaranya tersebut, lantas ia akan melakukan segala cara untuk menggunakan kekuatan dan jabatannya tersebut untuk menyudutkan pasukan Vaan.

Ia juga yang pernah menjebak Basch dan membunuh kakak kandung, Vaan yaitu Reks dengan menyamar sebagai kapten Basch saat pemberontakan di Nalbina Fortress.


Menjelang Akhir permainan Gabranth mencoba membantu Basch, untuk melarikan diri, dan berakhir dengan kematiannya. Kedudukannya pun akhir digantikan saudaranya tersebut Basch dan merubah sistem yang tidak benar, yang dahulu ia jalankan selama ini sebagai judge Magisters.

_____________________________________________________


Judge Zargabaath


Zargabaath
SENJATA :

Pasukan angkatan darat ke 12, sang kapten Alexander. Ia merupakan satu-satunya Jugde Magisters pada game ini yang bertahan hidup.
_____________________________________________________

Judge Bergan
Bergan
SENJATA :

ia adalah seorang Judge Magister, pangkat tertinggi dalam militer Archadian. Seorang pria yang kejam, ia sangat percaya pada kekuatan militer, dan bahwa hanya yang kuat harus memerintah.

Bergan bersukutu dengan Kepimpinan Vayne dalam membunuh Lord Gramis Gana Solidor, Ia menyudutkan Gabranth untuk membunuh Jugde Drace yang mengacungkan pedangnya ke pada Vayne karena mencoba menuduh Vayne yang adalah pembunuh asli Lord Gramis. Ia sempat bertemu dengan Pasukan Vaan dan kawan-kawan, akan tetapi setelah tersudut, ia menggunakan kekuatan batu nethicite yang ditanamkan di tubuhnya, dan tidak dapat mengontrol kekuatan besar batu tersebut, membuatnya mati di MT.Bur- Omisace.

_____________________________________________________

Judge Ghis

Ghis Full
SENJATA :

Ia adalah pasukan komandan bagian barat angkatan udara Dreadnought Leviathan. Setelah mengetahui kebenaran akan pemberontakan Vayne terhadap dunia, ia menjadi tidak waras dan berfikir egois untuk mengusai tahta kerajaan. Ia mencoba menangkap Pasukan vaan dan mengambil batu Dawn Shard, yang ia gunakan sendiri, kemudian dalam adegan saat team Vaan melarikan diri. Ia berhasil dikalahkan oleh Basch dengan sekali tebasan pedang yang membuat berakhir, dan kapal udara yang di naikinya terjatuh dari ketinggian.


_____________________________________________________

Judge Drace
Drace Full
SENJATA :

Merupakan satu-satunya Wanita yang menjabat sebagai jugde Magisters. Drace biasanya ditugaskan untuk menjadi penasehat Ibunda Larsa Ferrinas Solidor, Dia adalah orang yang pertama yang menentang dan merasa ada keganjalan dari kematian Lord Gramis Gana Solidor, dan menuduh Vayne lah yang sebenarnya membunuhnya.

Karena akibat tindakannya tersebut, ia dihukum mati ditempat oleh Vayne, dengan dibunuh oleh Gabranth, temannya sendiri. Dengan menguji kesetian Gabranth, dengan terpaksa ia rela di bunuh teman sendiri demi keyakinannya itu. Ia memperingatkan Gabranth untuk tidak meninggalkan tuan muda Larsa, karena ia yakin bahwa suatu saat Larsa akan dibunuh Vayne kalau pemberontakan ini terus terjadi.

_________WALKTHROUGH_________
Kisah dalam Final Fantasy XII diawali ketika kerajaan Archadia menyerang hampir semua kerajaan lain di dunia Ivalice. Dalmasca merupakan salah satu negara terakhir yang belum berada di bawah kendali Archadia, sampai akhirnya ibukota Rabanastre mulai diserang. Seorang remaja bernama Vaan kehilangan keluarganya dalam konflik yang terjadi di ibukota tersebut. Bersama dengan sahabat lamanya, Penelo, Vaan akhirnya terlibat dalam rangkaian pertempuran yang menentukan masa depan Dalmasca dan Ivalice.

Panduan berikut ini akan membantu Anda menjelajahi dunia Ivalice, bertemu kawan-kawan baru dan menghadapi berbagai rintangan yang menghadang. kami sertakan juga panduan mendapatkan seluruh Esper dan menyelesaikan Mob Hunt yang ada dalam permainan.

Nalbina Fortress
Anda akan bermain sebagai Reks, bicaralah dengan Basch untuk mengetahui cara pengontrolan game ini. Pergilah berbicara dengan tentara Dalmasca yang berada di dekatmu. Buka pintu besi yang berada di dekat Basch dan Anda akan dihadang oleh Imperial Swordsman, lawanlah dia dengan dibantu oleh anggota party yang lain setelah itu akan ada scene dan Anda akan berhadapan dengan Air Cutter Remora, cukup gunakan Thunder untuk melawannya, jika kehabisan MP, gunakan saja serangan biasa. Setelah itu, Anda masih akan berhadapan dengan beberapa Imperial Swordsman lagi yang bermunculan, lawanlah mereka jika mau, tetapi jika Anda tidak mau melawan mereka, gunakan tombol R2 untuk melarikan diri.


Masuki ruangan selanjutnya dan lihat event yang terjadi, hadapi musuh yang muncul lalu pergilah ke arah Utara dan lihat event berikutnya. Ambil potion yang berada dalam ruangan yang berada di sebelah kanan, kemudian teruskan perjalananmu ke Utara dan ambil potion yang berada di ruangan ini kemudian naiki tangga. Setelah menemukan Save Crystal, save-lah permainanmu jika mau, lalu naiki tangga sebanyak dua kali dan Reks akan berhadapan dengan tiga Imperial Swordsman tanpa bantuan teman-temannya. Naiki tangga hingga Anda menemukan sebuah gerbang yang besar, masuklah, jalan menuju Barat hingga Anda menemukan sebuah gerbang dan Anda akan melihat sebuah scene lagi.

Royal City of Rabanastre
Sekarang Anda akan bermain sebagai Vaan dan berhadapan dengan tiga Dire Rats. Setelah itu akan ada sebuah scene, pergilah ke Selatan dan temui Migelo. Kalau Anda mau, berbicaralah dengan semua orang yang berada dalam kota ini. Setelah urusanmu di kota ini selesai, pergilah ke arah Timur Laut dan masuklah ke Sand Sea Restaurant, Anda akan bertemu dengan Tomaj dan mendapatkan penjelasan mengenai Mob Hunt, setelah itu Anda akan mendapatkan Clan Primer di dalam Party Menu-mu. Baca Bulletin Board dan bicaralah lagi dengan Tomaj untuk mengaktifkan Mob Hunt pertamamu, “Rogue Tomato”. Mulai sekarang, Anda akan dapat menjalankan Mob Hunt dengan cara memeriksa setiap Bulletin Board yang berada di restaurant yang Anda temui.


Keluar dari restoran dan pergilah ke bagian Utara dari kota, berjalanlah di sisi Barat dari area Utara kota dan Anda akan bertemu dengan dua Bangaa yang berjaga-jaga di depan pintu, bicaralah dengan salah satu Bangaa tersebut dan ia akan membukakan pintu menuju Clan HQ untukmu. Pergilah ke lantai atas dan bicara dengan Montblanc untuk menjadi anggota Centurio Clan.

Dengan menjadi anggota Clan Centurio, otomatis Anda akan dapat menjalani Mob Hunt yang diberikan oleh Montblanc, berbelanja di Muthru Bazaar dan mendapatkan reward setiap kali berhasil mengalahkan “boss” atau “esper”. Barang-barang yang dijual di Muthru Bazaar akan berubah sesuai dengan ranking yang telah Anda peroleh.


Keluar dari Clan HQ dan pergilah ke Muthru Bazaar yang berada di sebelah Barat Rabanastre, penuhi seluruh kebutuhanmu di sini. Setelah selesai berbelanja, pergilah ke Southren Plaza atau area tengah Rabanastre dan bicaralah dengan Bangaa yang sedang berbicara dengan Imperial Soldier.

Setelah itu, pergilah ke gerbang yang berada di Timur, Anda akan mendapatkan sebuah scene lagi dan tiga Imperial Soldier yang berada di sana akan membukakan gerbang untukmu. Masuk dan bicaralah dengan Hapless Merchant yang sedang berjualan, save permainan dan pergilah ke arah Timur.

Dalmasca Estersand
Anda bisa menaikkan level di sini sekaligus mengumpulkan barang dan uang. Di Utara ada tempat untuk beristirahat, tetapi Anda harus mengeluarkan uang sebesar 100 Gil. Musuh yang harus Anda cari adalah Rogue Tomato yang berada di bagian tengah gurun. Ketika sedang melawannya, berhati-hatilah dan berusahalah agar tidak terkena serangannya. Rogue Tomato ini akan melarikan diri ke bawah pada saat HP-nya tinggal setengah, kejar dan kalahkan Rogue Tomato ini untuk mendapatkan Galbana Lilies.

Royal City of Rabanastre
Bicaralah dengan Kytes yang berada di dekat gerbang dan Anda akan mendapatkan sebuah scene yang sangat panjang. Setelah itu, pergilah ke Lowtown, yang berada di Selatan Rabanastre, gunakan Telepo Moogle jika Anda merasa perlu. Ambillah semua barang yang dapat Anda peroleh di South Sprawl ini, lalu masuklah ke rumah Dalan yang berada di area Barat Daya Lowtown untuk mendapatkan sebuah event, keluar dan pergilah ke Utara. Di ruangan ini periksalah pintu yang berada di dekat toko, pergilah ke Utara. Temui Tomaj dan Anda akan mendapatkan hadiah. Mulai sekarang, Anda akan dapat mengambil Mob Hunt – Mob Hunt yang lainnya. Sekarang, pergilah menuju Giza Plains yang berada di ujung Selatan Rabanastre.

Giza Plains
Pergilah ke daerah Selatan dari Giza Plains yang merupakan area perkemahan (Nomad Village), bicaralah dengan Masyua, kemudian bicara dengan Camina. Save permainanmu. Sekarang, pergilah menuju area yang berada di Selatan, lalu ke Barat, seberangi jembatan, lanjutkan ke Selatan lalu menuju ke sisi Barat Daya. Kalau bertemu dengan Were Wolves, jangan dilawan, karena Anda belum cukup kuat untuk melawannya. 


Bicaralah dengan Jinn yang berada di area Selatan. Buka Map dan Anda akan melihat empat tanda X yang merupakan empat lokasi yang harus Anda tuju untuk membuat Sun Stone. Setelah berhasil mendapatkan Sun Stone, bicaralah kembali dengan Jinn, kembali ke perkemahan, bicaralah dengan Masyua untuk mendapatkan beberapa hadiah. Pergilah ke Rabanastre.

Garamsythe Waterway
Kembalilah ke rumah Dalan, Penelo akan meninggalkanmu. Bicaralah dengan Dalan untuk mendapatkan Crescent Stone. Pergilah ke Storehouse yang berada di Utara untuk bertemu dengan Kytes.. Masuklah ke dalam pintu sebelah kiri yang berada di dalam Storehouse, save permainan dan jelajahilah saluran air ini sampai Anda menemukan tangga, pilih pilihan pertama sebanyak dua kali untuk keluar. Setelah Anda berhasil mencapai Rabanastre Palace akan muncul sebuah scene.

Rabanastre Royal Palace
Save permainanmu, periksa Urn berwarna hijau untuk mendapatkan Map, masuk ke pintu dan pergilah ke ruangan sebelah kanan atas dan dekati penjaga yang berada di dekat tangga. Bicaralah dengan Bangaa yang berada di dekatmu lalu tekan kotak untuk memanggil penjaga, pada saat penjaga datang, segeralah menghindar dan naiki tangga.


Di ruangan berikutnya, gunakan strategi yang hampir sama, pancing penjaga untuk meninggalkan tempatnya hingga Anda dapat menuju ke ruangan tengah yang di lantainya terdapat gambar singa. Setelah itu, Anda harus memancing beberapa penjaga lagi hingga bisa menuju ke dinding yang mengeluarkan cahaya hijau di sebelah kiri, periksa dinding tersebut, masuki ruangan, jalan terus hingga Anda menemukan Periksa switch, aktifkan switch tersebut lalu masuki ruangan untuk mengambil Goddess Magicksite. Lanjutkan perjalananmu ke atas.

Garamsythe Waterway
Save permainanmu, turuni tangga. Periksa Fallen Soldier yang berada di dekatmu lalu masuk ke ruangan berikutnya. Ambil Map, teruskan perjalananmu ke kiri hingga memasuki ruangan berikutnya. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di ruangan Selatan di mana terdapat Save Crystal.


Turuni tangga, hadapi lima Imperial Soldier. Bicaralah dengan Amalia/Ashe dan ia akan bergabung denganmu, tetapi Anda tidak akan dapat mengontrolnya. Pergilah ke ruangan berikutnya, lalu masuklah ke dalam ruangan yang luas di mana Anda akan berhadapan dengan empat Flan yang berwarna kuning dan lemah terhadap serangan berelemen api.
Lanjutkan perjalananmu hingga menemukan Save Crystal, save permainanmu, masuki gerbang dan Anda akan berhadapan dengan Firemane, gunakan Blizzard untuk mengalahkannya.

Nalbina Dungeons
Harap diingat bahwa saat ini Anda tidak memiliki Equipment dan Item. Jelajahi Dungeon ini, ambil semua barang yang dapat Anda temukan. Save permainanmu di Save Crystal yang berada di Utara, pergilah ke ruangan selanjutnya dan Anda akan berhadapan dengan Daguiza, Garrido dan Guich. Jangan khawatir, Anda tidak akan berhadapan dengan mereka sendirian.


Setelah scene, ambil kembali Equipment dan Item-mu di ruangan yang berada di sebelah kanan. Save permainanmu dan mulailah menjelajahi Nalbina Dungeon ini. Pergilah ke arah Barat Laut lalu masuki pintu yang dilewati oleh Judge. Setelah event yang lumayan panjang, Basch akan bergabung sebagai karakter tamu.

Barheim Passage
Pergilah ke bawah, periksa switch dan save permainanmu. Turuni tangga dan bicaralah dengan Bangaa yang sedang berjualan, kembalilah ke switch yang berada di atas tadi lalu gunakan Tube Fuse tersebut. Sekarang periksa switch yang berada di dekat Bangaa untuk membuka pagar besi. Masuk ke ruangan berikutnya, lawan semua Battery Mimic yang Anda temui sepanjang perjalanan.


Lanjutkan perjalananmu ke ruangan Selatan, hati-hati dengan kotak harta yang berada di sini karena beberapa dari kotak harta tersebut sebenarnya adalah Mimic. Lanjutkan perjalananmu ke arah Timur Laut, save permainanmu dan setelah scene, Anda akan melawan Mimic Queen dan empat Tiny Battery, hati-hati dengan serangan Thunder Burst-nya karena selain dapat menyerang seluruh anggota party-mu, juga dapat menimbulkan efek poison.

Royal City of Rabanastre
Setelah mengalahkan Mimic Queen, Anda akan muncul di Dalmasca Eastersand. Jelajahilah tempat ini jika Anda mau, setelah selesai, pergilah ke Rabanastre. Temui Kytes yang berada dalam toko milik Migelo yang berada di area Timur Rabanastre. Pergilah menemui dalan di rumahnya untuk mendapatkan Sword Of The Order. Kemudian, bicaralah dengan Balzac yang berada di ruangan Utara. Setelah Basch bergabung denganmu, pergilah ke Sand Sea Restaurant, masuk, naiki tangga dan Balthier serta Fran akan bergabung denganmu.


Sebelum Anda pergi ke Aerodrome, keluarlah dari Rabanastre melalui gerbang Timur. Pergilah menuju Small Camp yang berada di Utara, hati-hati dengan Wild Saurian, ada baiknya Anda menghindarinya. Bicaralah dengan Dantro, buka Map, pergilah ke South bank Village yang berada di area Utara.

Bicaralah dengan istri Dantro yang berada di daerah tengah dari Southbank Village untuk mendapatkan A Bundle of Needles. Bicara lagi dengannya dan ia akan memintamu untuk membawakan Sem Clam Shell. Periksa pantai yang berada di atas Southbank Village dan Anda akan melihat sesuatu berkilau di laut, ambil Sem Clam Shell tersebut dan bicaralah lagi dengan wanita itu yang kali ini akan memintamu membawakan Nebralim.

Bicaralah dengan Dantro lalu periksa guci yang berada di samping Chocobo. Bicara lagi dengan istri Dantro dan kali ini ia akan memintamu membawakan Vale Blossom Dew yang baru akan Anda temui setelah Anda mencapai bagian lebih lanjut dari permainan ini. Setelah itu, pergilah ke Aerodrome yang berada di bagian Barat Rabanastre. Bicaralah dengan Balthier maka Anda akan pergi ke Bhujerba dengan menggunakan Strahl.

Skycity of Bhujerba
Lamont / Larsa akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Sebagian besar jalan yang berada di Bhujerba ditutup oleh penjaga, sehingga Anda tidak akan bisa lewat, tetapi Anda tetap dapat pergi ke Lhusu Mines melalui jalan yang berada di Tenggara lalu menuju ke arah Timur Laut. Setelah scene selesai masuklah ke Lhusu Mines, pergilah ke Barat lalu terus saja ke Utara sampai Anda bertemu dengan Ba’Gamnan, Bwaji, Gijuk dan Rinok. Kalau Anda merasa mampu Anda dapat melawan mereka atau mencoba melarikan diri jika tidak merasa mampu.


Jika Anda mau melawan, fokuskan seranganmu pada Ba’Gamnan. Jika tidak, teruslah melarikan diri dari kejaran mereka hingga Anda mencapai tujuanmu yang bertanda X di dalam Map. Jika Anda berhasil, maka Anda akan melihat sebuah scene. Setelah scene selesai, berjalanlah ke atas dan Anda akan mendapatkan sebuah event. Sekarang, dengan menekan kotak, Anda akan dapat menaikkan Testify, naikkan Testify-mu hingga 100%, tetapi, jangan sekali-sekali menekan kotak di depan penjaga. Kalau Anda mau, Anda bisa berjalan-jalan sebentar untuk mendapatkan beberapa barang atau Gil.

Kalau Anda mau mencoba berjalan-jalan dengan pesawat, gunakan leisure trip dari Rabanastre menuju ke Nalbina Fortrees. Pada saat menggunakan pesawat cobalah mengunjungi Sky Cabin dan dekati Cabin Steward yang sedang bercakap-cakap dengan seorang lelaki. Dekati mereka untuk mengetahui isi pembicaraannya dan lelaki itu akan memintamu untuk pergi ke enam tempat dan mencari enam saudara perempuan yang akan dinikahinya. Anda akan mendapatkan Ann’s Letter.

Gunakan airship dan pergilah berkeliling dengan tujuan seperti ini: Rabanastre ke Archades, Archades ke Balfonheim, Balfonheim ke Nalbina Fortrees, Nalbina Fortrees ke Archades, Balfonheim ke Bhujerba dan Nalbina Fortrees ke Balfonheim. Temukan mereka dan perlihatkan Ann’s Letter kepada mereka.. Kalau Anda berhasil menyelesaikan Quest ini, maka Anda akan mendapatkan Accesory, Pergilah ke Bhujerba dengan menggunakan pesawat dan bicara lagi dengan Cabin Steward.

Selagi sempat, cobalah untuk mendapatkan beberapa barang dan sedikit Gil. Pergilah ke gerbang Selatan Rabanastre dan tunggu lima menit sebelum Anda memasuki Giza Plains hingga musimnya berganti menjadi musim kemarau. Jika gagal, ulangi lagi hingga Anda mendapatkan musim kemarau.

Bicara dengan Nanau untuk mengambil hadiah yang Anda peroleh seteleh berhasil mengalahkan Mob Hunt Gil Snapper (kalau Anda menjalankan Mob Hunt tersebut). Berikan Frog Ring pada Elder Brunoa. Berikan Errmonea Leaf pada Lesina lalu bicaralah dengan Masyua untuk memperoleh Shadow Stone. Anda dapat mengubahnya menjadi Sun Stone dan bicara lagi dengan Masyua untuk memperoleh hadiah, Anda dapat mengulang hal tersebut beberapa kali tetapi hadiah yang diberikan oleh Masyua akan berubah-ubah.

Jika semua urusanmu telah selesai, kembalilah ke Bhujerba dan naikkan Testify-mu hingga 100%. Setelah Testify-mu mencapai 100%, Anda akan “diundang” ke tempat Marquise Ondore. Pergilah ke tempat yang bertanda X di Map-mu untuk bertemu dengan Marquise Ondore.

Dreadnought Leviathan
Setelah scene, Vossler akan bergabung sebagai karakter tamu. Masuk melalui West Gate dan bergeraklah maka Vossler akan memberikan penjelasan mengenai laser. Jelajahilah tempat ini sambil jalan-jalan yang tertutup oleh laser. Di ruangan yang terletak di Selatan, akan ada dua jalur yaitu jalur Selatan dan Timur. Ambil jalan yang Timur lalu lanjutkan ke Utara untuk mengaktifkan Bulkhead Release. Masuki Sub Control Room yang terdekat lalu aktifkan Bulkhead Release lain yang berada di situ. Di sini Anda akan menemukan jalan menuju ke ruangan tengah.
Lalui jalan itu untuk berhadapan dengan dua Judge, tiga Imperial Swordsman dan Imperial Mage, fokuskan seranganmu pada kedua Judge tersebut. Setelah mengalahkan mereka, Anda akan mendapatkan kunci yang dapat digunakan untuk melewati pintu. Di C-201 Anda akan menemukan Map dan Save Crystal. Di C-202, Anda akan bertemu dengan Ashe. Di C-203, Anda akan menemukan Item Shop. Sedangkan C-204 merupakan ruangan kosong.
Keluar lalu masuki pintu kaca. Kembalilah ke Barat melalui jalur Selatan, tiba-tiba tanda bahaya akan berbunyi dan Anda akan berhadapan dengan banyak sekali musuh, lebih baik tidak usah berusaha untuk melawan mereka dan segera melarikan diri. Kalau Anda mengaktifkan System Control Key yang berada di ruangan tengah (lihat tanda di Map) maka Anda akan memiliki waktu 60 detik untuk mencapai tujuanmu sebelum diserang oleh banyak musuh lagi. Vossler dan Larsa akan meninggalkanmu sementara Penelo akan bergabung denganmu, saatnya untuk bertarung menghadapi Judge Ghis dan tiga Imperial Swordsman, hati-hati dan segera mundur jika Judge Ghis hendak menggunakan Aero.

Bhujerba, Dalmasca Westersand
Bicaralah dengan Marquise Ondore. Setelah scene yang lumayan panjang, Anda akan berada di Dalmasca Westersand. Anda bisa langsung menuju ke arah Barat untuk ke Ogir Yensa.
Sekarang pergilah menuju Ogir Yensa. Jika Anda berjalan dari Rabanastre dan tidak menggunakan Telepo Crystal, hati-hati jika Anda bertemu dengan Gnome Entiti yang biasanya muncul setelah terjadi Sandstorm, lebih baik Anda menghindarinya dan jangan mencoba untuk melawannya.

Ogir-Yensa Sandsea
Teruslah berjalan hingga Anda bertemu dengan Vossler. Vossler akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Lanjutkan perjalananmu. Masuk ke bangunan yang berada di sebelah Barat untuk mengambil Map yang berada di dalam Urn yang berwarna hijau. Pergilah ke arah Barat menuju Nam Yensa Sandsea. Ketika Anda melihat jalan bercabang tiga, ambil jalur yang di tengah.

Nam-Yensa Sandsea
Save permainanmu, bicara dengan Moogle yang berada di area ini dan lanjutkan perjalananmu menuju area berikutnya. Teruskan perjalananmu hingga Anda melihat beberapa Urutan Yensa yang sedang mengeroyok Urutan Eater. Hati-hatilah ketika berhadapan dengan Urutan Eater, karena pada saat HP-nya kritis ia akan mengeluarkan serangan yang dapat menimbulkan damage yang cukup besar, selain itu ia juga dapat menyembuhkan diri. Setelah berhasil mengalahkan Urutan Eater, bicaralah lagi dengan Moogle tersebut lalu kembalilah ke Ogir Yensa Sandsea. Naik ke atas bangunan dan Anda akan melihat Moogle tersebut sedang bertemu dengan Urutan Yensa. Turun dan segeralah mengejar mereka ke Nam Yensa Sandsea dan Anda akan melihat sebuah scene. Bicara dengan Moogle, periksa bunga yang ada di dekatnya dan Anda akan mendapatkan Eksar Berries. Lanjutkan perjalananmu ke ruangan area berikutnya. Ambillah jalur sebelah Barat dan untuk melanjutkan cerita, Anda bisa langsung masuk ke jalan yang berada di Barat.

Tomb of Raithwall
Save permainanmu, lanjutkan perjalanan dan Anda akan berhadapan dengan Garuda. Gunakan saja Ekser Berries, maka Anda secara otomatis sudah hampir memenangkan pertarungan karena Ekser Berries membuat serangan Garuda menjadi lemah. Setelah mengalahkan Garuda, save permainanmu, gunakan Ancient Device dan Anda akan berhadapan dengan Demon Wall. Musuh ini terlalu kuat, jadi cepatlah masuki pintu yang lain untuk berhadapan dengan Demon Wall yang lain. Kali ini Anda dapat melawannya, tetapi Anda harus berhasil mengalahkannya sebelum ia tiba di pintu.
Setelah berhasil mengalahkan Demon Wall kedua, kembalilah ke Save Crystal dan save permainmu lalu masuk kembali ke tempat Anda bertemu dengan Demon Wall pertama, kali ini Anda akan dapat mengalahkannya. Periksa benda berkilauan setelah Anda berhasil mengalahkannya, save permainanmu dan gunakan tangga yang baru terbentuk, Anda akan menemukan pedang Evil Slayer di pertemuan kedua anak tangga tersebut, kalau Anda tidak menemukannya, coba untuk me-reload game-mu dan masuk kembali.
Kembali ke tempatmu mengalahkan Demon Wall kedua lalu lanjutkan perjalananmu. Turun dan ambil Map. Ambil jalan sebelah kanan hingga tiba di ruangan Utara. Periksa Northfall Pedestal yang berada di tengah ruangan untuk menggerakkan platform. Gunakan Ancient Device lalu pergilah ke ruangan Selatan.
Hindari musuh yang berada di sini lalu periksa Southfall Pedestal untuk menggerakkan platform. Jalan rahasia akan terbuka. Ikuti jalan, masuk pintu lalu turuni tangga dan Anda akan berhadapan dengan Belias.. Kalahkan dia dengan menggunakan magicks berelemen Water atau gunakan serangan Mist. Setelah mengalahkan Belias, masuki ruangan berikut untuk mendapatkan Dawn Shard.
Gunakan Ancient Device hingga mencapai Telepo Crystal lalu save permainanmu. Turuni tangga untuk keluar dari tempat ini dan setelah scene yang panjang Anda akan berada di dalam Light Cruiser Class Airship Shiva dan harus melawan Captain Azelas beserta tiga Imperial Swordsman. Kalahkan mereka. Saksikan scene.

Jahara, Land of the Garif
Selagi di Rabanastre, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, pergilah ke gerbang Barat Rabanastre dan bicara dengan Rimzat, lalu pergilah ke Southren Plaza. Bicaralah dengan Cotze yang sedang berada di pinggiran air mancur lalu pergilah ke ruangan Utara Lowtown untuk menemui Northon yang berada di sekitar Storehouse, dekat Milha. Pergilah menuju Dalmasca Wetersand.
Pergilah menuju area Tenggara dengan melewati area Selatan, periksa dua Dynast Cactoid yang berada di sana salah satunya terdapat Wind Globe. Bicara lagi dengan Rimzat dan Anda akan mendapatkan Wind Vane.
Setelah itu, dari Rabanastre pergilah ke Giza Plains, keluarlah dari sisi Timur Giza Plains menuju Nalbina Fortress. Temui Imperial Soldier yang berada di kiri untuk melihat event. Sewa Chocobo. Pergilah menuju Southbank Village, tempat Anda bertemu dengan istri Dantro. Bicara dengan Tchigri untuk event kemudian pergilah ke North Bank dengan menggunakan perahu.
Bicaralah dengan Ruksel, setelah itu, kembalilah ke Southbank Village dan bicara dengan istri Dantro, periksa bunga yang berada di belakang tenda istri Dantro. Anda akan diikuti oleh Flowering Cactoid, pergilah ke North Bank dan dekati Cactoid untuk melihat event.
Pergilah ke Broken Sands Oil, periksalah bunga berwarna merah muda yang terdapat di pinggir tebing di tengah area tersebut. Bicara dengan istri Dantro dan Anda akan mendapatkankan hadiah. Keluar dari Southbank Village dan kembalilah untuk bicara lagi dengannya. Periksa belakang rumah istri Dantro, bicaralah dengan orang yang berada di situ untuk mendapatkan Barheim Key. Sekarang Anda dapat melewati gerbang Barheim Passage yang berada di dekat Southbank Village untuk mendapatkan esper Zalera.
Kembalilah ke Rabanastre dengan menggunakan Telepo Crystal dan Anda akan tiba di gerbang Selatan, bicara dengan Wandering Viera. Bicara lagi dengan Viera yang kali ini berada di Gambit Shop. Pergilah ke Sand Sea Restaurant dan Anda akan menemukan Viera di lantai dua. Setelah itu, bicaralah dengan Hume yang berada di depan fountain yang berada di Southern Plaza, pilih pilihan pertama.
Kembali bicara dengan Viera yang masih berada di Sand Sea Restaurant. Susul Viera ke Southren Plaza, bicara dengan Viera atau Hume dan Anda akan memperoleh hadiah.
Setelah urusanmu selesai, lanjutkan perjalananmu menuju Jahara dengan melewati Ozmone Plain. Setibanya di Jahara, bicaralah dengan salah satu Garif Soldier dan Anda akan menyaksikan sebuah event. Bicara dengan Chief dan lanjutkan perjalananmu menuju ke bagian Barat tempat ini.
Berjalanlah menuju ke arah dua Garif Soldier dan pilih pilihan pertama untuk dapat menemui Elder. Setelah menyaksikan scene maka Larsa akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Sekarang, Anda bisa langsung pergi menuju Golmore Jungle melewati Ozmone Plain, pergilah ke area Timur Laut, setelah scene, save permainanmu dan masuki Golmore Jungle.

Golmore Jungle, Eruyt Village
Teruskan perjalananmu hingga mencapai area ujung Timur Golmore Jungle. Setelah menemukan lambang yang berwarna biru Anda akan melihat sebuah scene. Masuki jalan yang telah dibuka oleh Fran tersebut dan Anda akan tiba di Eruyt Village. Jelajahi desa ini, di ujung desa Anda akan mendapatkan sebuah scene dan bertemu dengan Jote. Setelah melihat beberapa event, pergilah ke Ozmone Plains.

Ozmone Plain
Berikan Potion pada Imperial Soldier yang berada di dekat Save Crystal. Anda akan mendapatkan Chocobo jika berbicara lagi dengannya. Pergilah menuju Wind Waving Plains yang berada di Barat. Di arah Selatan Anda akan menemukan jalur yang dapat dilalui hanya jika Anda mengendarai Chocobo. Lanjutkan perjalananmu hingga tiba di Henne Mines, setelah scene, masuki Henne Mines ini.

Henne Mines
Di Henne Mines. Anda hanya dapat membuka pintu untuk melanjutkan perjalanan dengan cara mengaktifkan switch (switch dapat diaktifkan berkali-kali). Lanjutkan perjalananmu dan Anda akan menemukan switch, aktifkan switch tersebut. Jalan terus hingga bertemu dengan switch lain.
Kalau Anda mengaktifkannya maka Anda akan membuka ruangan di mana di dalamnya terdapat Map, tetapi dalam ruangan tersebut berkeliaran banyak sekali kelelawar yang menyebalkan. Lanjutkan perjalananmu menuju ke arah Timur dari pertambangan ini melalui jalur Barat. Hindari dua ekor Dinosaurus hingga tiba di ruangan Timur Laut, lanjutkan ke Selatan, aktifkan switch, hindari Flan yang berjatuhan dan segera masuk ke dalam pintu yang terbuka.
Hindari dua Dinosaurus lagi, lanjutkan perjalanan dan kali ini Anda dapat memasuki pintu sebelah Utara yang tadi tertutup. Anda akan bertemu dengan Mjrn. Save permainanmu, masuki ruangan selanjutnya dan hadapi Tiamat. Setelah berhasil mengalahkannya, Anda dan Mjrn secara otomatis akan kembali ke Eruyt Village. Save permainanmu. Lanjutkan perjalananmu menuju ke Golmore Jungle.


Golmore Jungle
Jelajahi ruangan ini tapi lebih baik hindari area Timur setelah Save Crystal, karena di sana Anda harus berhadapan dengan Wyrm serta dua Trent. Ambil jalur Selatan menuju Feywod, hindari Dinosaurus yang Anda temui. Lanjutkan perjalanan melalui Timur Laut menuju ke Paramina Rift.

Paramina Rift
Area bersalju yang sangat luas untuk dijelajahi. Setelah puas berkeliling dan melawan musuh di area ini, lanjutkan perjalananmu melalui jalur Timur Laut, masuki ruangan yang terletak di kiri lalu berjalanlah lagi menuju Timur Laut, Anda akan mendapatkan scene.

Mt. Bur-Omisace

Tujuanmu adalah menemui Gran Kiltias dan Al Cid yang berada di area Utara. Setelah bertemu mereka, pergilah menuju Stillshrine of Miriam, melalui jalur Selatan Paramina Rift.

Stillshrine of Miriam

Lengkapi Dawn Shard yang Anda dapatkan dari Raithwall. Periksa panel yang berada di tengah ruangan dengan menggunakan karaktermu yang dilengkapi Dawn Shard. Lepaskan Dawn Shard dan lanjutkan perjalananmu. Hindari tiga Dragon yang menghalangi jalanmu.

Lanjutkan perjalananmu hingga Anda menemukan panel lagi, lengkapi lagi Dawn Shard dan periksa panel dengan menggunakan karakter yang dilengkapi Dawn Shard, lepaskan Dawn Shard. Kembali ke ruangan di mana Anda bertemu dengan Dragon dan lewati jalan baru yang terbentuk. Periksa kristal yang berwarna hijau, kalahkan dia dan save permainanmu.


Turuni tangga dan masuki ruangan yang terletak di Barat. Jalan ke Selatan, periksa Sword of Judgement untuk membuka pintu yang terletak di Utara, masuki pintu itu, gunakan Wayward Stone dan Anda akan kembali ke ruangan awal. Ambil jalur Barat, masuki pintu dan lewati lorong, terus ke Barat sampai Anda menemukan tiga buah patung, buat tiga buah patung tersebut menghadap ke tengah ruangan (lihat Map untuk melihat arah panah).


Save permainanmu, ambil jalur Timur dan masuki pintu yang ada di Timur, turuni tangga, masuk ke ruangan berikut dan Anda akan berhadapan dengan Vinuskar, gunakan serangan Mist untuk mengalahkannya. Kembalilah ke ruangan pertama Stillshrine of Miriam, gunakan Warp menuju ke ruangan yang baru terbuka dan Anda akan berhadapan dengan Mattheus beserta lima Ice Aze, setelah Anda mengalahkan mereka, lanjutkan perjalananmu untuk mengambil Sword of the King.


Mt. Bur-Omisace

Kalau Anda mau, bicaralah dengan orang-orang terluka yang Anda temui sepanjang perjalananmu menuju ruangan Utara. Persiapkan dirimu karena begitu masuk Anda akan langsung berhadapan dengan Judge Bergan serta tiga Judge. Setelah berhasil mengalahkan mereka Anda akan melihat scene dan harus pergi ke Mosphoran Highwaste.
Sebelum itu, jika Anda mengambil Mob Hunt Antlion dari restaurant, maka Anda akan bertemu dengan Niray yang berada di Staras Residence, selagi Anda berada di Staras Residence, coba periksa botol wine yang berada di sudut kanan bawah untuk mendapatkan sebotol Bhujerban Madhu.

Setelah itu Anda dapat berkeliling Bhujerba untuk mencari tiga belas Bhujerban Madhu lainnya.

Berikut ini adalah tempat-tempat di mana Anda dapat menemukan ketiga belas Bhujerban Madhu yang lainnya:

  1. Di dalam Aerodrome, berada di dalam tas yang terletak di ruangan kanan dari pintu masuk.
  2. Di dalam Armor Shop, periksa lemari ketiga di sebelah kiri.
  3. Di dalam Weapon Shop, berbeloklah ke kanan dari tangga pertama dan periksa sudut ruangan.
  4. Di dalam Magicks Shop, periksa lemari yang berada di sebelah kiri tangga yang pertama.
  5. Di luar Magicks Shop, berjalanlah ke arah selatan dan kamu akan menemukannya di belakang lelaki yang sedang jongkok di depan anak kecil.
  6. Di dalam Technick Shop, periksa area sekitar tangga kedua.
  7. Di dalam Gambit Shop, periksa rak buku yang terletak di sebelah kiri.
  8. Di luar Gambit Shop, periksa peti yang berada di sebelah kanan.
  9. Di sebelah kiri dari Item Shop yang terletak di barat, periksa peti yang diduduki oleh Moogle.
  10. Di tumpukan peti yang terletak di luar Staras Residence yang berada di area tengah. Periksa tumpukan peti tersebut.
  11. Di dalam Tavern, temukan di meja yang berada di tengah.
  12. Di depan Lhusu Mines, periksa pinggir kolam untuk menemukannya.
  13. Di area tenggara, di belakang Seeq yang berwarna biru.
Bhujerban Madhu dapat Anda jual kepada orang-orang yang berada di Bhujerba dengan harga 1000 Gil per botol.

Berikut ini adalah tempat di mana Anda dapat menjual Bhujerban Madhu tersebut:


  1. Di dalam Aerodrome, temui orang bertopi biru yang sedang bersama Imperial Soldier di ruangan sebelah kanan dari pintu masuk.
  2. Di dalam Armor Shop, temui wanita tua yang sedang berada di depancounter.
  3. Di dalam Weapon Shop, temui wanita berbaju hijau yang berada di lantai bawah.
  4. Di dalam Magicks Shop, temui Bhujerban Guru yang berada di sudut kiri.
  5. Di dalam Technicks Shop, temui Moogle yang berada di tengah ruangan.
  6. Di dalam Gambit Shop, temui Shop Clerk yang merupakan suku Seeq disebelah kiri.
  7. Di luar Gambit Shop, berjalanlah ke selatan dan temui Bangaa berwarna abu-abu yang berada di tempat itu.
  8. Di Staras Residence yang berada di area tengah, temui Niray. Kamu dapat menjual Bhujerban Madhu kepada Niray sebanyak dua kali, tetapi harus satu persatu.
  9. Di dalam Tavern, temui Seeq yang sedang berada di dekat jendela.
  10. Di luar Tavern, temui lelaki yang berada di depan Tavern.
  11. Di depan Lhusu Mines, temui perkerja tambang yang berada di dekat Item Shop.
  12. Area tenggara, pergilah ke area sebelah kiri, temui wanita yang berada di tempat ini, sama seperti Niray, kamu dapat menjual dua buah Bhujerban Madhu pada wanita ini.

Pergilah menuju Nalbina Fortrees. Begitu tiba di Nalbina Fortrees, gunakan jalur barat untuk menuju Mosphoran Highwaste, dua orang penjaga akan menghalangimu masuk. Pergilah untuk menyewa Chocobo dan dengan menggunakan Chocobo tersebut dekati penjaga itu, hal tersebut akan membuat penjaga itu melarikan diri. Lanjutkan perjalananmu menuju Mosphoran Highwaste.


Golmore Jungle
Jelajahi ruangan ini tapi lebih baik hindari area Timur setelah Save Crystal, karena di sana Anda harus berhadapan dengan Wyrm serta dua Trent. Ambil jalur Selatan menuju Feywod, hindari Dinosaurus yang Anda temui. Lanjutkan perjalanan melalui Timur Laut menuju ke Paramina Rift.

Paramina Rift
Area bersalju yang sangat luas untuk dijelajahi. Setelah puas berkeliling dan melawan musuh di area ini, lanjutkan perjalananmu melalui jalur Timur Laut, masuki ruangan yang terletak di kiri lalu berjalanlah lagi menuju Timur Laut, Anda akan mendapatkan scene.

Mt. Bur-Omisace

Tujuanmu adalah menemui Gran Kiltias dan Al Cid yang berada di area Utara. Setelah bertemu mereka, pergilah menuju Stillshrine of Miriam, melalui jalur Selatan Paramina Rift.

Stillshrine of Miriam

Lengkapi Dawn Shard yang Anda dapatkan dari Raithwall. Periksa panel yang berada di tengah ruangan dengan menggunakan karaktermu yang dilengkapi Dawn Shard. Lepaskan Dawn Shard dan lanjutkan perjalananmu. Hindari tiga Dragon yang menghalangi jalanmu.
Lanjutkan perjalananmu hingga Anda menemukan panel lagi, lengkapi lagi Dawn Shard dan periksa panel dengan menggunakan karakter yang dilengkapi Dawn Shard, lepaskan Dawn Shard. Kembali ke ruangan di mana Anda bertemu dengan Dragon dan lewati jalan baru yang terbentuk. Periksa kristal yang berwarna hijau, kalahkan dia dan save permainanmu.

Turuni tangga dan masuki ruangan yang terletak di Barat. Jalan ke Selatan, periksa Sword of Judgement untuk membuka pintu yang terletak di Utara, masuki pintu itu, gunakan Wayward Stone dan Anda akan kembali ke ruangan awal. Ambil jalur Barat, masuki pintu dan lewati lorong, terus ke Barat sampai Anda menemukan tiga buah patung, buat tiga buah patung tersebut menghadap ke tengah ruangan (lihat Map untuk melihat arah panah).


Save permainanmu, ambil jalur Timur dan masuki pintu yang ada di Timur, turuni tangga, masuk ke ruangan berikut dan Anda akan berhadapan dengan Vinuskar, gunakan serangan Mist untuk mengalahkannya. Kembalilah ke ruangan pertama Stillshrine of Miriam, gunakan Warp menuju ke ruangan yang baru terbuka dan Anda akan berhadapan dengan Mattheus beserta lima Ice Aze, setelah Anda mengalahkan mereka, lanjutkan perjalananmu untuk mengambil Sword of the King.


Mt. Bur-Omisace

Kalau Anda mau, bicaralah dengan orang-orang terluka yang Anda temui sepanjang perjalananmu menuju ruangan Utara. Persiapkan dirimu karena begitu masuk Anda akan langsung berhadapan dengan Judge Bergan serta tiga Judge. Setelah berhasil mengalahkan mereka Anda akan melihat scene dan harus pergi ke Mosphoran Highwaste.
Sebelum itu, jika Anda mengambil Mob Hunt Antlion dari restaurant, maka Anda akan bertemu dengan Niray yang berada di Staras Residence, selagi Anda berada di Staras Residence, coba periksa botol wine yang berada di sudut kanan bawah untuk mendapatkan sebotol Bhujerban Madhu.

Setelah itu Anda dapat berkeliling Bhujerba untuk mencari tiga belas Bhujerban Madhu lainnya.

Berikut ini adalah tempat-tempat di mana Anda dapat menemukan ketiga belas Bhujerban Madhu yang lainnya:
1. Di dalam Aerodrome, berada di dalam tas yang terletak di ruangan kanan dari pintu masuk.
2. Di dalam Armor Shop, periksa lemari ketiga di sebelah kiri.
3. Di dalam Weapon Shop, berbeloklah ke kanan dari tangga pertama dan periksa sudut ruangan.
4. Di dalam Magicks Shop, periksa lemari yang berada di sebelah kiri tangga yang pertama.
5. Di luar Magicks Shop, berjalanlah ke arah selatan dan kamu akan menemukannya di belakang lelaki yang sedang jongkok di depan anak kecil.
6. Di dalam Technick Shop, periksa area sekitar tangga kedua.
7. Di dalam Gambit Shop, periksa rak buku yang terletak di sebelah kiri.
8. Di luar Gambit Shop, periksa peti yang berada di sebelah kanan.
9. Di sebelah kiri dari Item Shop yang terletak di barat, periksa peti yang diduduki oleh Moogle.
10. Di tumpukan peti yang terletak di luar Staras Residence yang berada di area tengah. Periksa tumpukan peti tersebut.
11. Di dalam Tavern, temukan di meja yang berada di tengah.
12. Di depan Lhusu Mines, periksa pinggir kolam untuk menemukannya.
13. Di area tenggara, di belakang Seeq yang berwarna biru.
Bhujerban Madhu dapat Anda jual kepada orang-orang yang berada di Bhujerba dengan harga 1000 Gil per botol.
Berikut ini adalah tempat di mana Anda dapat menjual Bhujerban Madhu tersebut:
1. Di dalam Aerodrome, temui orang bertopi biru yang sedang bersama Imperial Soldier di ruangan sebelah kanan dari pintu masuk.
2. Di dalam Armor Shop, temui wanita tua yang sedang berada di depancounter.
3. Di dalam Weapon Shop, temui wanita berbaju hijau yang berada di lantai bawah.
4. Di dalam Magicks Shop, temui Bhujerban Guru yang berada di sudut kiri.
5. Di dalam Technicks Shop, temui Moogle yang berada di tengah ruangan.
6. Di dalam Gambit Shop, temui Shop Clerk yang merupakan suku Seeq disebelah kiri.
7. Di luar Gambit Shop, berjalanlah ke selatan dan temui Bangaa berwarna abu-abu yang berada di tempat itu.
8. Di Staras Residence yang berada di area tengah, temui Niray. Kamu dapat menjual Bhujerban Madhu kepada Niray sebanyak dua kali, tetapi harus satu persatu.
9. Di dalam Tavern, temui Seeq yang sedang berada di dekat jendela.
10. Di luar Tavern, temui lelaki yang berada di depan Tavern.
11. Di depan Lhusu Mines, temui perkerja tambang yang berada di dekat Item Shop.
12. Area tenggara, pergilah ke area sebelah kiri, temui wanita yang berada di tempat ini, sama seperti Niray, kamu dapat menjual dua buah Bhujerban Madhu pada wanita ini.
Pergilah menuju Nalbina Fortrees. Begitu tiba di Nalbina Fortrees, gunakan jalur barat untuk menuju Mosphoran Highwaste, dua orang penjaga akan menghalangimu masuk. Pergilah untuk menyewa Chocobo dan dengan menggunakan Chocobo tersebut dekati penjaga itu, hal tersebut akan membuat penjaga itu melarikan diri. Lanjutkan perjalananmu menuju Mosphoran Highwaste.


Mosphoran Highwaste
Berjalanlah ke arah Utara hingga Anda menemukan Camp. Jelajahi Camp tersebut, belilah perlengkapan selengkap mungkin. Save permainanmu.
Dari Camp, berjalanlah terus ke Utara hingga Anda menemukan jembatan gantung, seberangi jembatan itu untuk mencapai Salikawood.

Salikawood
Jika Anda salah jalan dan tiba di Nabudis yang terletak di sebelah Barat, Anda akan menghadapi musuh-musuh yang sangat kuat, jadi sangat disarankan untuk segera melanjutkan perjalananmu menuju area Timur Laut dengan hati-hati.
Pergilah ke arah Timur Laut dari Salikawood.

Setelah melewati Save Crystal, jalan akan bercabang, coba periksa sisi Tenggara dan Anda akan menemukan Map Salikawood. Teruskan perjalananmu hingga menuju area Timur Laut dan Anda akan menemukan Telepo Crystal beserta Moogle yang sedang kebingungan, pergilah ke area Utara setelah telepo Crystal untuk berhadapan dengan Bomb King dan teman-temannya.


Setelah mengalahkannya, pergilah ke area Timur Laut yang kedua dan bicaralah dengan Boss Moogle yang berada di depan gerbang dan Anda harus menemui sembilan Moogle yang lain. Cukup tekan select untuk melihat lokasi gubuk semua Moogle tersebut.

Setelah bicara dengan mereka semua, kembali bicara dengan Boss Moogle yang berada di dekat gerbang. Boss Moogle akan membuka gerbang untukmu, lalui gerbang tersebut dan bicaralah lagi dengan Boss Moogle untuk mendapatkan barang. Sekarang, lanjutkan perjalanan menuju ke Phon Coast-Hunter Camp.

Phon Coast-Hunter Camp

Save permainanmu dan berlarilah ke arah Tenggara. Hindari musuh yang berada di tempat ini karena Anda belum cukup kuat untuk melawan mereka. Setelah tiba di area ketiga, Anda akan melihat scene dan tiba di Hunter Camp.
Jelajahi tempat ini, kalau sudah selesai dan ingin melanjutkan cerita, pergilah ke arah Utara dan gunakan Gysahl Green untuk dapat menaiki Chocobo. Lanjutkan perjalananmu dan Anda akan menemukan area kecil di mana di dalamnya terdapat Save Crystal. Teruskan perjalananmu hingga tiba di Tcita Uplands.

Tchita Uplands

Pergilah ke area kecil di mana terdapat Telepo crystal dan bicaralah dengan pengembara di sini untuk mengambil Mob Hunt dan Soul-Ward Key. Pergilah terus ke Utara hingga menemui gua, masuklah ke dalam gua tersebut.

Sochen Cave Palace

Anda dapat melawan semua monster yang berada di sini tetapi hati-hati dengan monster yang mengeluarkan magicks Sleep. Jalan terus ke Utara dan Anda akan menemukan sebuah gerbang terkunci, gunakan Soul-Ward Key untuk membuka gerbang tersebut dan Anda akan berhadapan dengan Onion Queen, King Alraune, Mandragora Prince, Pumpkin Star dan Topstalk.

Gunakan Summon Mattheus dan curi barang mereka semua. Setelah berhasil mengalahkan mereka, kembalilah ke Telepo crystal di Tcita Uplands, bicara dengan pengembara yang telah memberikan Mob Hunt tersebut dan ambil hadiahmu. Kembali ke Sochen Cave Palace. Dari tempat Anda mengalahkan lima musuh tadi, pergilah ke Utara. Periksa kristal yang berwarna biru dan Anda akan berhadapan dengan Crystal Bug.


Save permainanmu, lewati pintu Timur terus masuki pintu yang ada menuju ke ruangan berikutnya. Kalau Anda ambil jalan kanan, Anda akan mendapatkan Map tempat ini. Dari tempat Anda mengambil Map, ambil jalan kiri dan Anda akan menemukan Door of The Pilgrim yang untuk saat ini belum dapat dibuka.


Pergilah ke area kecil di Utara dan perjalananmu akan terhalang oleh air terjun. Singkirkan air terjun tersebut dengan berjalan mengelilingi seluruh area Utara. Ada trik khusus untuk dapat melewati bagian ini.

Jika Anda melakukannya dengan benar maka akan ada pemberitahuan bahwa air terjun telah menghilang. Masuki area M tersebut untuk mendapatkan tiga buah barang. Untuk mendapatkan tiga-tiganya, Anda harus memasuki ruangan ini sebanyak tiga kali.

Lanjutkan perjalananmu ke Utara dan Anda akan berhadapan dengan Arihman, gunakan Summon Mattheus dan serangan Mist untuk mengalahkannya. Setelah berhasil mengalahkan Arihman, keluarlah melalui pintu yang terdapat di Timur, gunakan Libra untuk melihat jebakan-jebakan yang menghalangi jalanmu.

Lanjutkan perjalananmu ke Utara dan aktifkan panel untuk menjalankan lift. Save permainanmu, lanjutkan perjalanan menuju Old Archades dan Anda akan melihat sebuah scene.


Old Archades
Jelajahi tempat ini dan beli perlengkapan yang Anda perlu. Telusuri jalan hingga Anda menemukan Save Crystal, bicaralah dengan Imperial Soldier yang berada di ujung jalan. Bayar 1500 Gil kepada Jules dan ia akan menyuruhmu untuk bicara dengan orang-orang di sekitarmu.
Pergi ke arah Timur Laut dan bicaralah dengan lelaki (Lucky Man) yang berada di situ, jika benar akan ada tulisan yang berwarna emas. Temui Jules lagi. Kembali ke tempat lelaki tadi dan bicara dengan Beasley yang sedang duduk di dekat Lucky Man. Pergi temui Jules lagi yang kali ini sedang duduk di atas kotak kayu di tengah area ini dan Anda akan melihat sebuah event.

Imperial City of Archades

Jelajahi kota ini dan berbelanjalah jika perlu, tetapi sisakan uang sebanyak 2500 Gil karena Anda memerlukannya nanti. Lanjutkan perjalananmu menuju Barat Daya dan bicara dengan Cab Guide yang akan meminta bayaran gila-gilaan. Jules akan datang untuk membantumu, tapi setelah itu ia akan memintamu untuk mengumpulkan sembilan Pinewood Chops.
Jelajahi tempat ini dan bicaralah dengan orang-orang untuk mengumpulkan Pinewood Chops tersebut. Di Nilbave Section Anda dapat memperoleh enam Pinewood Chops. Di Rienna Section Anda dapat memperoleh tujuh Pinewood Chops. Di Molberry Section Anda dapat memperoleh sembilan Pinewood Chops dan di Trant Section Anda dapat mengumpulkan enam Pinewood Chops.

Meskipun sebenarnya Anda hanya membutuhkan sembilan Pinewood Chops, tetapi kumpulkan saja dua puluh delapan Pinewood Chops yang ada. Anda dapat menanyakan jumlah Pinewood Chops yang tersisa dengan berbicara dengan Tarot Reader yang berada di Rienna Section.

Setelah selesai mengumpulkan Pinewood Chops, pergilah ke Shop dan bicara dengan Chop Master, pilih pilihan pertama dan Anda akan mendapatkan Sandalwood. Bicara dengan Cab Guide, pilih pilihan pertama dan Anda akan berangkat menuju Tsenoble Section. Gunakan Telepo Crystal yang berada di sebelah kiri.

Lanjutkan perjalananmu dan Anda akan melihat sebuah scene. Bicaralah kembali dengan Cab Guide untuk dapat menuju ke Draklor Laboratory. Tapi sebelum itu, kalau mau, pergilah ke Nomad Village pada saat musim kemarau dan Anda akan melihat bahwa kandang tempat Cockatrice telah kosong, bicaralah dengan Dania. Sekarang Anda dapat mulai menemukan Cockatricenya yang menghilang.

Cockatrice pertama dapat Anda temukan di area tengah Jahara. Bicaralah dengan Cockatrice itu lalu bicara dengan orang yang ada di sebelahnya, setelah itu bicaralah dengan Eldest untuk mendapatkan senjata.

Cockatrice kedua dapat Anda temukan di Dalmasca Eastersand dengan mengantar anjing (atau serigala), anak kecil dan Cockatrice ke Northbank.

Cockatrice ketiga, Anda temukan di Eruyt Village. Bicaralah dengan Mjrn dan Cockatrice yang berada di sekitarnya, ambil barang yang berada di sebelah kiri Mjrn dan berkelilinglah di Eruyt Village untuk mencari kesembilan batu yang tersisa. Anda dapat menemukan batu-batu tersebut di lokasi berikut:
- Di depan pintu yang ada Viera-nya di area utara Eruyt Village
- Di balik pintu yang ada Viera-nya di area utara Eruyt Village
- Di tangga yang terdapat di area setelah area utara Eruyt Village
- Di persimpangan jalan tiga arah yang ada jembatannya di area setelah area utara Eruyt Village
- Di rak senjata yang terdapat di sebelah kiri di area setelah area utara Eruyt Village
- Di tengah ruangan tempat berkumpulnya iera (ruangan yang bulat) bicaralah dengan Viera yang terdekat untuk mendapatkannya.
- Di tengah tangga yang menuju ke bawah, periksa pinggirannya.
- Di jembatan yang berada di sebelah kanan di area setelah area utara Eruyt Village
Setelah menemukan semuanya, berikan semua pada Mjrn dan ambil batu terakhir di dekat Cockatrice yang berada di dekat Mjrn.

Cockatrice keempat dapat Anda temukan setelah Anda mendapatkan Sandalwood Chops yang memungkinkanmu untuk menggunakan Taxi dan lift yang berada di Tsenoble Section Imperial City of Archades. Setelah menggunakan Lift (area Utara Tsenoble) Anda akan melihat Cockatrice besar di tengah ruangan dan Cockatrice tersebut akan melarikan diri jika berdekatan denganmu, kejar dan bicaralah dengan Cockatrice tersebut.

Cockatrice kelima dapat Anda temukan setelah Anda menyelesaikan keempat event yang berada di atas.

Pergilah ke Rabanastre dan temukan Cockatrice yang berada di area Utara Rabanastre. Jika Cockatrice itu melarikan diri, Anda harus mengejarnya, cukup berjalan pelan-pelan jika Anda telah dekat dengan Cockatrice tersebut. Bicaralah dengan Cockatrice itu dan pilih pilihan kedua untuk mendapatkan senjata (pilihan pertama akan membuat Cockatrice itu diam di tempat).


Cockatrice keenam dapat Anda temukan di area Telepo Crystal Balfonheim. Bicaralah dengan Moogle yang berada di sekitar tempat itu (bukan si penjual Map dan si Gurdy loh), bicara dengan anak perempuan yang berada di luar tempat Chocobo. Setelah itu bicaralah dengan Moogle yang berada di kandang Chocobo. Setelah Anda menemukan keenam Cockatrice tersebut, kembalilah ke Nomad Village pada saat musim kemarau dan bicara dengan Dania untuk mendapatkan barang.


Draklor Laboratory

Telusuri jalan ke Utara hingga Anda menemukan North Lift Terminal. Gunakan lift menuju ke 67F, setelah tiba, pergilah ke Research Room yang berada di Timur Laut dan Anda akan mendapatkan Map serta Card Key. Periksa panel yang berada di Room 6703 east lalu save permainanmu dengan menggunakan Save Crystal yang berada di Room 6704 east. Gunakan lift untuk menuju lantai 68F. Masuki Room 6803 east yang berada di Timur dan periksa panel yang ada di dalamnya.

Berputarlah ke arah Barat dan periksa panel yang berada di dalam Room 6804 west. Terakhir, periksa panel yang berada di dalam Room 6811 west yang terletak di arah Barat Daya. Gunakan lift menuju ke lantai 70F. Save permainanmu, pergilah ke Laboratory yang berada di Utara dan hadapi Doctor Cid yang dibantu oleh empat Rook. Kalahkan keempat Rook terlebih dahulu baru setelah itu Anda dapat mengalahkan Doctor Cid.



Port at Balfonheim
Pergilah menuju area hijau yang berada di Timur Laut. Di tempat itu Anda dapat membeli Map Balfonheim dan Map Cerobi Steppe. Di area Timur, Anda akan menemukan Aerodrome dan Telepo Crystal.

Gunakan Telepo Crystal itu untuk pergi ke Dalmasca Eastersand, bicaralah dengan Ruksel yang berada di pinggir sungai di Southbank Village. Pergilah ke area Tenggara Balfonheim (dekat Aerodrome). Bicaralah dengan orang tua yang berada di sekitar area peti-peti sebanyak dua kali lalu pilih pilihan pertama. Menjauhlah dari orang tua itu, usahakan agar ia tidak berada satu layar denganmu tetapi jangan tinggalkan area Tenggara Balfonheim. Setelah beberapa saat, kembalilah ke tempat orang tua itu dan periksa alat pancing yang ditinggalkannya (Muramata).

Kembalilah ke Southbank Village dan bicara dengan Ruksel untuk memberikan Muramata tersebut. Jika Anda bicara lagi dengan Ruksel, maka Anda akan memulai minigame memancing.


Kalau Anda menjalankan Mob Hunt Vyraal, Anda akan mendapatkan Dragon Scale dan bisa melawan HellWyrm. Setelah mendapatkan Dragon Scale, pergilah ke area Timur Laut Cerobi Steppe. Periksa bangunan nomor 10 yang berada di Timur. Serahkan Dragon Scale untuk mendapatkan kunci.


Gunakan kunci tersebut pada ruangan terakhir (Door of Pilgrim) di Sochen Cave Palace untuk berhadapan dengan HellWyrm, naga ini memiliki HP yang banyak, jadi hati-hati, tetapi kalau Anda merasa Anda tak sanggup mengalahkannya, Anda dapat melarikan diri darinya dan mencoba lagi nanti.


Jika Anda mau melanjutkan cerita, langsung saja menggunakan Telepo Crystal yang berada di Balfonhein ini menuju ke Golmore Jungle, dari Golmore Jungle berjalanlah menelusuri jalur Selatan untuk menuju Feywood.


Feywood

Berhati-hatilah terhadap berbagai jebakan yang berada di sini. Pergilah menuju area yang berada di Selatan. Lanjutkan perjalananmu menuju ke Tenggara, save permainanmu, lanjutkan ke Selatan, setelah scene masuki area berikutnya dan Anda akan berhadapan dengan Rafflesia. Segera gunakan Dispelll dan serang Rafflesia dengan serangan Mist, kalau bisa, berusahalah agar Rafflesia tidak sempat mengeluarkan serangan Magicks.

Kembalilah ke area di mana terdapat Save Crystal dan save permainanmu. Berjalanlah ke Selatan dan ambil Map yang berada di dalam urn hijau. Jelajahi tempat ini dan Anda akan menemukan empat buah bangunan dengan piringan bulat. Tiga diantaranya terdapat Crest yang dapat diaktifkan (jika Anda telah mengaktifkannya akan terlihat di Map).


Pergilah ke area terakhir, periksa bangunan yang terdapat di tempat ini dan aktifkan tiga crest yang Anda temui lalu pergilah menuju ke Gate Gigas yang berada di arah Barat Daya. Gunakan Belias, periksa gerbang dan pilih pilihan kedua untuk membukanya.


Ancient City of Giruvegan

Seberangi jembatan dan Anda akan melihat Telepo Crystal di percabangan jalan, save permainanmu. Pergilah ke Barat dengan menggunakan Warp dan Anda akan berhadapan dengan Daedalus. Setelah mengalahkannya, gunakan Warp untuk mencapai area selanjutnya.
Aktifkan switch yang Anda temui untuk membuka jalan. Lanjutkan perjalananmu ke Selatan, lawan dua Mythrill Golem dan aktifkan switch berikutnya. Di sudut area Barat, Anda akan dihadang lagi oleh dua Mythril Golem, kalahkan mereka, berjalanlah ke Utara, periksa sekeliling dan Anda akan menemukan sebuah jalan yang baru terbuka, gunakan jalan itu.

Di area berikutnya, aktifkan ketiga switch yang berada di tengah jalur Selatan, sudut Timur Laut dan di tengah jalur Barat Daya. Hadapi juga masing-masing Mythril Golem yang berada di dekat switch. Setelah itu, pergilah ke ujung jalan, lawan dua Mythril Golem lagi dan jalan baru akan terbuka kembali, lewati jalan tersebut menuju area berikutnya.


Setelah beberapa event, buka gerbang yang berada di depanmu untuk mendapatkan Save Crystal, save permainanmu, buka gerbang yang lain, cari jalan rahasia yang berada di tengah ruangan (perhatikan cahaya hijau yang jika diinjak akan berubah menjadi jalan) dan Anda akan berhadapan dengan Tyrant. Untuk pertarungan ini, Anda tidak akan dapat menggunakan Technicksks tetapi masih dapat menggunakan Magicks. Gunakan Dispelll, serang Tyrant dengan menggunakan Magicks Blizzaraga dan Confuse.


Setelah mengalahkannya, gunakan Warp untuk menuju ke area selanjutnya. Gunakan jalan yang menuju ke bawah, berhati-hatilah dengan jebakan yang berada di tempat ini. Berjalanlah terus hingga Anda menemukan Warp, gunakan Warp tersebut dan Anda akan tiba di jalan yang bercabang tiga, ambil jalan yang berada di tengah lalu aktifkan switch. Sekarang, kembalilah ke persimpangan jalan tadi dan ambil jalan yang menuju ke bawah, jangan hiraukan switch yang Anda temui, teruskan perjalanan hingga menemukan Warp di ujung jalan.


Save permainanmu dan gunakan Warp tersebut, teruskan perjalanan hingga Anda menemukan Way Stone I, gunakan, masuk ke area berikut dan Anda akan berhadapan dengan Shemhazai. Jangan gunakan serangan Magicks yang berelemen untuk menghadapinya, gunakan saja Magicks Bio untuk menyerang dan Magicks Shell untuk bertahan.


Setelah Anda berhasil mengalahkan Shemhazai, maka Anda akan mendapatkan Shemhazai dalam License Board-mu. Lanjutkan perjalananmu ke arah Selatan, di ujung jalan Anda akan menemukan Warp, gunakan warp tersebut untuk mendapatkan Treaty-Blade, setelah itu, gunakan Warp yang berada di dekatmu.



Port at Balfonheim
Anda dapat mengaktifkan sub-quest berburu monster langka dengan kembali ke Phon Coast Hunter Camp. Bicaralah dengan Bangaa yang berada di sekitar area Barat Daya Telepo Crystal. Pergilah ke area paling Timur Laut dari Phon Coast, tunggulah di atas bukit dan Anda akan melihat monster langka pertamamu di bawah.

Kalahkan monster tersebut lalu bicaralah kembali dengan Bangaa yang tadi dan mulai sekarang Anda akan bisa berburu monster langka di seluruh daratan Ivalice. Monster-monster langka tersebut biasanya akan meninggalkan barang, dengan memberikan barang-barang tersebut kepada Bangaa yang berada di Phon Voast, maka toko yang berada di Phon Coast akan mulai menjual barang.

Sekarang mari kita lanjutkan perjalanan, pergilah ke arah Barat Daya Balfonheim, bicaralah dengan bajak laut yang berada di area tersebut, pilih pilihan pertama dan masuklah ke Reddas’ Mansion, maka Reddas akan bergabung denganmu sebagai karakter tamu. Sekarang Anda dapat menggunakan Strahl baru, pesawat yang telah diperbaiki dan berada di Aerodrome. Pergilah ke Ridorana Cataract yang berada di sisi Barat Daya Balfonheim.


Ridorana Cataract

Berjalanlah terus hingga Anda menemukan Save Crystal. Di area selanjutnya Anda akan menemukan jebakan-jebakan, jadi pergunakan Magicks Libra. Di area bulat yang berada di Tenggara, periksalah area yang berada di sudut Barat Laut dan Anda akan mendapatkan Map.. Lanjutkan perjalanan menuju Timur Laut, save permainanmu di Save Crystal, berhati-hatilah dengan jebakan yang berada di dekatnya. Naiki tangga yang berada Timur.

Pharos at Ridorana

Gunakan Support Magicks karena Anda akan langsung berhadapan dengan Hydro. Gunakan Dispell agar Hydro tidak menyerangmu dengan menggunakan Magicks, lalu gunakan Magicks Slow. Setelah mengalahkan Hydro, lanjutkan perjalananmu hingga menemukan Telepo Crystal, save permainanmu.

Untuk bisa memasuki pintu yang berada di area sebelah Timur, Anda harus mengaktifkan ketiga Black Altar yang berada di sekeliling area ini. Setiap altar membutuhkan satu Black Orb untuk mengaktifkannya. Kalahkan saja musuh-musuh yang berada di sini dan Anda akan mendapatkan Black Orb tersebut.


Setelah berhasil mengaktifkan ketiga altar tersebut masuki Treshold of Night, untuk berhadapan dengan si kura-kura, Pandaemonium. Gunakan Magicks Dispell dan jangan menggunakan Magicks Thunder, Water dan Darkness untuk melawannya. Jangan serang Pandaemonium pada saat ia menggunakan Full Barier. Setelah mengalahkannya, kembalilah ke area pertama dan save permainanmu.


Gunakan Warp dan Anda akan sampai di lantai 10F.. Lanjutkan perjalananmu menuju ke lantai 17F dan kalahkan semua Brain Pan untuk membuka jalan. Begitu juga dengan Brainpan-brainpan yang berada di lantai 28F dan lantai 36F. Begitu tiba di lantai 48F, save permainanmu, gunakan Support Magicks, pergilah ke arah Barat Daya, naiki tangga, masuki pintu untuk menuju ke lantai 49F, di pintu berikutnya, pilih pilihan kedua untuk memasuki ruangan dan Anda akan berhadapan dengan Slyt. Gunakan Magicks Dispell, Haste, Slow, Confuse dan Magicks yang berelemen api untuk mengalahkannya.


Setelah berhasil mengalahkannya, buka pintu yang ada di depanmu dan gunakan Warp yang berada di ujung untuk melanjutkan perjalananmu. Anda akan tiba di lantai 60F. Di lantai 60F ini terdapat empat pintu yang didepannya terdapat altar. Pintu yang berada di Barat Laut akan menyegel kemampuanmu untuk menggunakan Magicks (Treshold of Magicks).


Pintu yang berada di Barat Daya menyegel kemampuanmu untuk melakukan serangan normal (Treshold of Steel). Pintu yang berada di Tenggara akan menyegel kemampuanmu untuk melihat mini map (Treshold of Knowledge). Sedangkan pintu yang berada di Timur Laut akan menyegel kemampuanmu untuk menggunakan Item (Treshold of Wealth).


Setelah memutuskan untuk memasuki pintu yang mana, periksalah altar yang berada di depan pintu yang Anda pilih untuk memasuki ruangan. Di lantai 61F, pergilah menuju area berikut melalui sudut Barat Daya. Di lantai 62F, gunakan tangga yang berada di sudut Tenggara.


Di lantai 63F, berjalahlah ke arah Barat Laut untuk menuju ke area berikutnya. Di lantai 64F, Anda akan menemukan Save Crystal, lanjutkan perjalanan ke arah Barat Daya. Di lantai 65F, pilih pilihan kedua untuk memasuki pintu dan Anda akan berhadapan dengan Fenrir. Gunakan Magicks Dispell, Bio dan serangan biasa untuk mengalahkannya. Setelah mengalahkannya, lanjutkan perjalananmu menuju ke lantai 66F, periksa altar yang telah Anda pilih di lantai 60F.


Gunakan lift untuk menuju ke lantai 67F, save permainanmu dan gunakan Warp untuk menuju ke area berikutnya. Di area ini, Anda harus memilih way stone yang benar untuk menuju area berikutnya, jika Anda salah pilih, secara otomatis Anda akan berada di lantai 79F dan harus berhadapan dengan banyak musuh.


Di lantai 80F, periksa way stone yang berwarna hitam, pilih pilihan pertama untuk menuju ke area berikutnya. Di lantai 81F, pergilah ke arah Tenggara dan hancurkan tembok untuk menemukan Way Stone berwarna hijau, gunakan Way Stone tersebut untuk menuju ke area berikutnya. Di lantai 83F, hancurkan tembok sebanyak dua kali dan gunakan way stone yang berwarna merah, hati-hati terhadap jebakan yang berada di area ini.


Di lantai 84F, ambil barang yang berada dibalik kedua burung besar yang berada di ruangan ini dan gunakan Way Stone yang berwarna merah jambu untuk menuju area berikutnya. Di lantai 86F, berjalanlah ke Utara, hancurkan tembok dan gunakan Way Stone yang berada di dalamnya untuk menuju ke area berikutnya.


Di lantai 88F, gunakan lift untuk menuju ke lantai 90F dan Anda akan berhadapan dengan Hashmal.. Jangan gunakan serangan Magicks yang berelemen terhadapnya. Pada saat HP-nya sudah berkurang banyak, Hashmal akan menggunakan Full Barrier, tunggu saja hingga pengaruhnya hilang untuk menyerangnya kembali. Setelah Anda berhasil mengalahkannya maka Anda akan menemukan Hashmal di dalam License Board-mu.


Sekarang, lanjutkan perjalananmu menuju ke lantai 92F.. Setelah event, pergilah menuju lantai 98F. Gunakan Save Crystal yang berada di lantai ini, lanjutkan perjalananmu dan gunakan Warp untuk berhadapan dengan Gabranth.


Setelah berhasil mengalahkan Gabranth, Anda akan berhadapan dengan Doctor Cid. Pada saat HP-nya tinggal setengah, Doctor Cid akan memanggil Famfrit dan menggunakan Full Barrier. Gunakan Dispell pada Famfrit dan berhati-hatilah dengan serangan Wateraja-nya yang dapat menyerang sekaligus memberikan bad status Silence.


Sebisa mungkin gunakan serangan Mist dengan combo tinggi untuk mengalahkannya. Setelah Anda berhasil mengalahkan mereka, maka Anda akan mendapatkan Famfrit di dalam License Board milikmu. Setelah Famfrit kalah, Anda bisa menyerang Doctor Cid kembali. Save permainanmu.


Port at Balfonheim

Tempat terakhir sebelum pertarungan terakhir. Habiskan seluruh uangmu di sini untuk membeli perlengkapan yang selengkap-lengkapnya dan selesaikan seluruh urusanmu yang masih belum selesai. Save permainanmu dan gunakan Strahl (Balfonheim Aerodrome) untuk menuju ke World Map dan lanjutkan perjalananmu menuju ke Sky Fortress Bahamut yang berada di dekat Rabanastre.

Sky Fortress Bahamut

Jalan terus dan Anda akan melihat scene. Pergilah ke Central Area, periksa Lift Control dan Anda akan berhadapan dengan Gabranth. Segera gunakan Magicks Dispell dan hati-hati menghadapinya, apalagi jika ia mengeluarkan Innocence yang bisa mengurangi banyak sekali HP.

Setelah mengalahkannya, periksa Lift Control lagi dan Anda akan berhadapan dengan Vayne dengan dibantu oleh Larsa. Untuk mengalahkannya, sesering mungkin gunakaan Magicks Dispell dan Magicks Darkness. Setelah mengalahkannya, Vayne akan berubah menjadi Vayne Novus dibantu dengan enam Sephira. Untuk pertarungan kali ini, Gabranth akan membantumu.

Secepatnya, kalahkan dahulu keenam Sephira yang membantu Vayne tersebut dan jangan menyerangnya dengan menggunakan Magicks pada saat Vayne Novus menggunakan Magicks Barrier. Setelah berhasil mengalahkan Vayne Nuvos, saksikan scene yang panjang dan Anda akan berhadapan dengan The Undying.

Gunakan seluruh Item, Magicks dan Technicks yang Anda miliki, hati-hati karena pertarungan ini akan berlangsung lama sekali (mungkin Anda akan mengalami sakit kepala saat berhadapan dengan The Undying ini karena kegemarannya yang berputar-putar). Setelah Anda berhasil mengalahkannya, nikmati ending dari Final Fantasy XII ini. Selamat !


_____Panduan Final fantasy Mendapatkan Espers disini
_____Panduan Final fantasy Mob Hunter List disini

15 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

15 komentar:

  1. kak tolongin aq donk!!!!
    Cara lawan esper exodus nee? susah amat lawan ya apalagi kena serangan apa itu lupa yang kayak cahaya gitu kena langsung 4 ratusan langsung KO semua charater aku nee kk,
    tolong bantuin donk pake susunan gambit yang gimana? mohon pencerahannya ..

    BalasHapus
  2. ggrrrr ane kagak tau kalau ternyata ada panduannya. kmaren2 ane susah payah namatin tu game sampe buka2 youtube.

    BalasHapus
  3. hahaha.. ku baru tahu ada anak cewee main FFXii enee ( SALUUT GEDE )...tapi.pokoknya selamat deh buat kk . .

    Selamat berjuang.. kapan2 dicek dulu ada atw gk panduan game yang mau dimainin, kan susah payah tu harus buka2 youtube teruss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmm,, kk bsa bntu aq q dappetin smua esper , n skrang tnggal zodiak ne,, v aq bngung krna pntu msuknya g kbuka" , pdahal prsyaratan y sdah q slsaikan.... gmna kk .. pa da prsyaratan laen y kak,,???

      Hapus
    2. hahha ... ok deh kk kalau mau dapetin esper Zodiak kk harus punya minimal 10 esper dulu.
      truss ada juga persyaratannya kk yaitu MISI harus diselesaikan, n misi yang harus diselesaikan yaitu : -->The Mine Flayer (Petitioner: Geomancer Yugelu, Jahara, Lull of the Land.
      Mark: Mindflayer, Henne Mines, Phase 1 Dig.)

      kalau misinya udah diselesaikan.. kk harus mempunyai minimal 60+ levelbuat kalah ne esper (karna nee esper kuat minta ampun kk)T_T

      kk akan sadar sedang berada pada fase 2 Dig. Temukan the Henne Candle pada bagian timurlaut map. Exit Tengara menuju Crossover C, exit selatan menuju ke fase 2 Shaft, exit timur menuju Special Charter Shaft dan Akhirnya exit barat laut menuju Special Charter Dig dan pada akhirnya anda sampai ke tempat Esper terakhir dan terkuat, Zodiark.

      Pertempuran dengan Zodiark benar-benar berat (maklum aja esper terkuat). Zodiark kebal semua elemen kecuali Holy. Esper yang disaran memulai pertempuran adalah Shemhazai, gunakan Soul Purge Shemhazai sebelum Zodiark mengeluarkan spell khasnya Darkja. Zodiark bakal sering mengunakan Darkja (jadi bersiaplah dengan phoniex down + Pheasant Nutsuke).

      Pastikan karakter anda memakai equip Black Masks atau Demon Shields. Dan pastikan party anda full kondisi dan full positif debuff karena pertempuran dengan Zodiark bakal berat.

      Sangat menyebalkan saat HP Zodiark tipis ia akan kebal pada serangan fisik, dan serangan magic bergantian. jadi tetap waspada kapan harus berganti jenis serangan. Dan jangan asal casting magic karena Zodiark juga bisa reflect T_T

      Selamat berjuang kk Gamerz ..

      Hapus
    3. o.. sip.. dah.. mkasih yy.....

      Hapus
  4. Kk thanks banget yaa! panduan game nya ngebantu banget! soalnya aku mentok main pas dah sampe the feywood (krn ga tau cara buka gerbang giruvegan).. aku bete banget dah tuh, sampe gak main FF12 2thn, tapi klo tau caranya cuma gitu, aaa!! mau main FF12 lagi!! sekalian menikmati liburan sekolah nih.. hahaha :D

    BalasHapus
  5. gimana sih cara dapetin senjata yang bagus sama ngalahin quest2 yang ada di clan soalnya susah banget ngelawannya padahal sudah dapet temen 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam game ini yg bertemakan RPG, selalu diimbangi dengan strategi dan ketelitian dalam bermain gan, jangan sampai lupa buat leveling jg :)

      Hapus
    2. saya sarankan party ini aja...:


      Vaan
      senjata: murasame (katana)
      equipment:(pake helm light,baju heavy)
      cocok buat party leader

      klo battle lawan musuh berat, cocok di cast bravery,haste,decoy,berserk sama ganti armor jadi genji armor sama genji gloves


      basch
      senjata: great sword
      equipment:(sama kayak vaan)
      yg ngecast bravery,haste,decoy,berserk ke vaan
      sama bisa dijadiin healer kedua


      balthier
      senjata:gun dulu, klo udh dapet rod of faith,pake rod of faith aja
      equipment: mystik helm sama mystik armor
      sebagian besar tugasnya jadi healer sama menstabilkan status buruk di party

      baguskah...??

      Hapus
  6. duh brader saya jujur ajah udh strezz gila maen in game ini ,,, dan saya ga pake buku panduan

    maen dr awal baru sampe Draktor Lab

    puyeng jg tuh tiap mencet tombol Biru ,,ke buka pintu ,,, terus mencet lg tombol merah kebuka lg pintu merah terus ajah muter2 di situ naek lift mau sampe ke puncak susah bgt bro,,, saya udh mentok neh


    mohon pencerahan nya sobat

    oh yah 1 hal lg saya msh krg paham ke nomad Vilage buwat dpt in senjata

    BalasHapus
  7. kk saya bingung nih,saya kan udah sampek di small camp trus saya udah bicara dengan dantro tapi kok saya nemuin istrinya dantro yang berada di south bank village kok gk dikasih apa apa ??,MOHON PENCERAHANNYA,,,,

    BalasHapus
  8. Bang saya di waystone 84F kok gk bisa naik ya bang ke 86F. Dh coba 10x tetep turun

    Pencerahan dong

    BalasHapus
  9. Yg di draklor lab yah ka ? Itu beda lift ka, yg buat ke atas di tengah map tp yg di bawah nya

    BalasHapus
  10. jawab ini,
    Yiazmat bisa di bunuh pakai odin dan yojimbo

    BalasHapus

Jangan lupa JOIN ME ya ! admin perlu saran dan kritik, Terima Kasih